A.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Tanggal : 13 Juni s/d 18 Juni 2017
Pukul : 13.30 – Selesai
Tempat : Masjid Jami’ Al- Falah

B. SYARAT PESERTA LOMBA
1. Santri Putra / Putri TPQ se – Kelurahan Dadaprejo (yang masih aktif)
2. Telah mengisi formulir pendaftaran
3. Telah melakukan daftar ulang pada saat sebelum lomba di mulai
4. Peserta yang terdaftar akan memperoleh snack dan takjil

C. PERATURAN LOMBA
1. Peserta menggunakan busana muslim rapi dan sopan
2. Peserta mengambil nomer peserta saat melakukan daftar ulang
3. Peserta wajib hadir 10 menit sebelum lomba di mulai
4. Peserta akan mendapatkan nomer undian tampil sebelum lomba di mulai
5. Peserta bebas mengikuti semua jenis lomba
6. Durasi lomba setiap penampilan sekitar 5 menit
7. Penilaian juri tidak dapat di ganggu gugat

Peserta Lomba membaca surat pilihan berdasarkan undian yang di ambil 6.Falah 1. Lomba Tartil Al – Qur’an Tanggal : Kamis. Kriteria surat yang di lombakan teridiri dari 3 Kelas : a) Kelas A Usia < 7 Tahun : An – Naas. Materi untuk tartil Al qur’an adalaj Juz 1 sampai Juz 2 3. Al. Al – Ashr. Al – Bayyinah. Kriteria Penilaian a) Kelancaran (40%) b) Adab dan Tata Krama(30%) c) Makhrijul Huruf dan Tajwid(30%) II.Alaq. Waktu membaca berdurasi sekitar 5 – 7 menit 5. Usia Peserta Di bawah 13 Tahun termasuk Play Group. Al – Kafirun. Ketepatan Hukum Tajwid (20%) 3. Al – Qadr.Kautsar. Setiap peserta di wajibkan untuk membaca surat Al.Lahab. c) Kelas C Usia 10 s/d 12 Tahun : Al – Qoriah.Maun. Al – Fill Al . Al – Falaq. Al. Ad – Dhuha. Al – Ashr. Kelancaran (20%) . dan TK 2. Al – Quraisy. Usia peserta di bawah 13 tahun termasuk Play Group. Al – Insyiraah. Al – Zalzalah.Qori’ah. Al. b) Kelas B Usia 7 s/d 9 Tahun : Al.Falah 1.Adiyat. PETUNJUK TEKNIS LOMBA I. Al – Ihklas. Al- Kautsar. Kefasihan/Kejelasan Makhariju al-huruf (30%) 2. Al – Qoriah.Fatihah sebelum membaca surat Pendek 4. Al. Setiap peserta yang sudah mengambil undian akan di uji lagi oleh juri dengan meneruskan surat dari bacaan juri ( sambung ayat) 7. 5. An – nasr. An – nasr. Al.D. 15 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al. LOMBA HAFALAN SURAT PENDEK Tanggal : Rabu. Al. Al – Kafirun.Maun. dan TK 2. 14 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al.Humazah. Kriteria Penilaian 1. Al – Lahab. Peserta di harap hadir 10 menit sebelum lomba di mulai 3. Setiap Peserta tampil sesuai dengan nomer urut yang telah ditentukan panitia 4.At- takasur.

Peserta Mengumandangkan Adzan dan Iqomah 3.Qur’an sebagai pedoman hidup c) Keutamaan puasa Ramdhan d) Akhlaqul kharimah e) Berbakti kepada orang tua 6. Peserta perorangan putra dan putri 3. Mengenakan pakaian muslim / muslimah 4. volume suara. LOMBA ADZAN DAN IQOMAH Tanggal : Kamis. semangat. Kriteria penilaian a) Materi ceramah : alur. Adab (10%) III. Peserta mengumandangkan Adzan dilanjutkan dengan membaca doa setelah Adzan di tutup dengan Iqomah 5. Materi lomba bertemakan a) Nuzulul Qur’an b) Al. Waktu yang diberikan untuk tampil maksimal 7 menit 5. LOMBA PILDACIL Tanggal : Jum’at. Kriteria Penialain a) Lagu dan Suara (25%) b) Mahkrijul Huruf dan Tajwid (25%) c) Adab dan Tata Krama (25%) d) Penjiwaan dan Penghayatan (25%) IV. dan TK 2. Suara dan Lagu (20%) 5.Falah 1. dan TK 2. ekspresi dan gesture tubuh.Falah 1. (30%) . 16 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al.15 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al. Usia peserta di bawah 13 tahun termasuk Play Group. 4. Durasi Waktu 5 menit 6. Pada saat tampil disarankan untuk tidak membawa naskah 7. improvisasi cerita dan penguasaan materi (40%) b) Bahasa : artikulasi dan intonasi (30%) c) Penampilan : Keberanian. Usia Peserta di bawah 13 tahun termasuk Play Group. Adzan yang di kumandangkan adalah Adzan Shubuh 4.

Peserta yang memberi jawaban yang salah diwajibkan langsung meninggalkan area cerdas cermat. Peserta tidak boleh terlambat mengangkat jawaban 9. Setiap anak akan diberi kertas untuk menjawab pertanyaannya. 13. Usia peserta di bawah 13 tahun 2. Make up untuk fashion tidak boleh terlalu berlebihan (minimalis) 6. 10. Peserta dilarang mencotek. V. Materi cerdas cermat berkaitan dengan Materi Agama Islam secara umum 3. Kriteria Penilaian a) Keserasian gerak dan lagu ( 40%) b) Kostum (20%) c) Ekspresi (40%) . Dilarang meminta atau menerima jawaban dalam bentuk apapun dari peserta lain maupun suporter. Usia peserta di bawah 13 tahun termasuk Play Group. 16 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al. 17 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al. Jika menyisakan 3 peserta maka akan dilaksanakan babak berikutnya 12. Babak berikutnya akan diberi soal sebanyak 10 buah dan langsung ditulis dalam kertas yang telah disediakan peserta.Falah 1. 5. Durasi waktu 5 menit 7. jika diketahui juri maka peserta akan didiskualifikasi. LOMBA CERDAS CERMAT ( RANKING 1) Tanggal : Jum’at. dan TK 2. VI.Falah 1. dan setiap anak diwajibkan membawa peralatan tulis 4. Lagu untuk fashion sudah disediakan oleh pihak panitia 4. Kostum yang digunakan bertema muslimah dan sopan 5. Sistem pertanyaan pada babak berikutnya adalah dengan sistem mencongak. LOMBA FASHION MUSLIM Tanggal : Sabtu. Setiap pertanyaan langsung dijawab oleh peserta dan diberi waktu menjawab selama 30 detik. Peserta wajib mengikuti instruksi pembawa acara 7. Untuk Putra dan Putri 3. Setiap anak akan mendapatkan pertanyaan yang sama dalam waktu yang bersamaan. 6. 11. 8.

Bagi peserta yang terlambat tidak di beri perpanjangan waktu 7. Dilarang membelakangi juri 7.00.Falah 1. Peserta wajib menunjukkan karya seni yang bertema Islami 4. Waktu penampilan maksimal 10 menit 6.00 WIB Lokasi : Masjid Jami’ Al.00 – 10. Usia peserta di bawah 13 tahun 2. Tidak diperbolehkan adanya pedamping 6. Semua pewarna di perbolehkan 5. LOMBA MEWARNA DAN MENGGAMBAR Tanggal : Minggu. Tiap TPQ maksimal boleh mengeluarkan 2 grup 5. Kriteria Penilaian a) Penampilan (25%) b) Penguasaan panggung (25%) c) Formasi dan blocking (25%) d) Kostum (25%) . VII. Mewarna untuk TK s/d kelas 3 SD Dan Menggambar Kaligrafi untuk kelas 4 – 6 SD 2. Panitia hanya menyediakan gambar bagi peserta lomba mewarna dan kertas A3 bagi peserta lomba Kaligrafi 4.Falah 1. Setiap peserta terdiri dari group 3. Kriteria penilaian a) Kerapian(30%) b) Keindahan(30%) c) Keserasian warna (40 %) VIII. Durasi waktu pengerjaan 120 menit 8. Peserta membawa perlengkapan sendiri ( meja dan pewarna) 3.Selesai Lokasi : Masjid Jami’ Al. LOMBA KESENIAN ISLAMI Tanggal : Minggu. 18 JUNI 2017 Waktu : 08. 18 JUNI 2017 Waktu : 10.

bedug. Lagu yang digunakan lagu bebas yang bertema Islami/ Sholawat 6. Tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik 7. Masing masing group menampilkan patrol dengan berkeliling kampung Areng – Areng dengan stat masjid Jami’ Al Falah dan juri akan disebar dibeberapa titik sepanjang rute 8. maksimal 15 orang 3. Peserta dia njurkan untuk ikut jamaah shlat tarawih di masjid Al – Falah 2. Tidak diperbolehkan menggunakan pick up 4. atau tossa hanya untuk menggangkat peralatan yang berat. rebana dll) 5. IX. diperbolehkan menggunakan kendaraan roda dua. Alat yang digunakan adalah alat musik sederhana dan tradisional ( kentongan. 20 JUNI 2017 Lokasi : Masjid Jami’ Al. Waktu pelaksanaan setelah sholat tarawih.Falah 1. Kriteria penilaian a) Keserasian (25%) b) Kekompakan(25%) c) Kesopanan(25%) d) Penampilan(25%) . Tiap group beranggotakan minimal 5 orang. LOMBA PATROL Tanggal : Selasa. Peserta wajib jalan kaki. gerobak.