Belajar Prestasi (IPK

)

IQ

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat belajar
mahasiswa dan variabel dependen yang digunakan adalam tingkat prestasi
mahasiswa yang diukur dengan IPK serta IQ sebagai variabel moderasi.

Definisi Konseptual

Menurut Gagne (The Conditions of Learning 1977), belajar merupakan
sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang
keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan
sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu
pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau
perilaku yang bersifat naluriah. Sedangkan menurut Moh. Surya (1981:32), belajar
merupakan suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu
itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha. Prestasi
diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Dari pengertian prestasi tersebut, maka
pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. Prestasi
dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan
spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapai situasi segala aspek kehidupan.
Karakter orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan
kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh
Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu,
dibutuhkan kerja keras. Sedangkan prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh
atas usaha belajar dengan salah satu alat ukurnya adalah Indeks Prestasi Kumulatif
(IPK).

Skala interval merupakan skala yang membedakan tiap kategori dengan selang atau jarak tertentu yang sama dan tidak memiliki nilai nol mutlak. Hipotesa Konseptual H1 : Semakin banyak waktu belajar yang digunakan maka semakin tinggi IPK yang didapat H2 : IQ mempengaruhi hubungan antara tingkat belajar dan IPK. dan 51-55 jam per minggu. logika. 36-40 jam per minggu. kemampuan memecahkan masalah. belajar. penggunaan bahasa dan lainnya. IQ adalah istilah kecerdasan manusia dalam kemampuan untuk menalar. IQ merupakan kepanjangan dari Intelegence Quotient yang artinya ukuran kemampuan intelektuas. sebagai contoh adalah membagi jumlah waktu yang digunakan oleh sampel untuk belajar ke dalam 5 interval. . Kecerdasan ini pun tidaklah baku untuk satu hal saja tetapi untuk banyak hal. berfikir. Anggapan awal bahwa IQ adalah kemampuan bawaan lahir yang mutlak dan tidak bisa berubah adalah mitos (alias salah kaprah). yaitu : 31-35 jam per minggu. 46-50 jam per minggu. 41-45 jam per minggu. Definisi Operasional Penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval. memahaman gagasan. karena penelitian modern membuktikan bahwa kemampuan IQ seseorang dapat meningkat dari proses belajar. dan rasio seseorang. Satuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah score. analisis. perencanaan sesuatu.

Pendidikan Pendapatan Jenis Kelamin Definisi Konseptual Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan. pelatihan. universitas atau magang. Adanya alat kelamin yang khas untuk masing-masing seringkali dijadikan penciri bagi masing-masing jenis kelamin. atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah. banyak unggas (seperti pada ayam dan merak. Sebagi tambahan. Jenis kelamin merupakan suatu akibat dari dimorfisme seksual. serta sejumlah mamalia. merasa. atau penelitian. sekolah dasar. yang pada manusia dikenal menjadi laki-laki dan perempuan. dan berbagai organisme rendah orang menyebutnya jantan dan betina. Jantan adalah kelompok yang menyediakan spermatozoid (sel gamet yang aktif bergerak). Jenis kelamin (bahasa Inggris: sex) adalah kelas atau kelompok yang terbentuk dalam suatu spesies sebagai sarana atau sebagai akibat digunakannya proses reproduksi seksual untuk mempertahankan keberlangsungan spesies itu. . keterampilan. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir. tumbuhan berumah dua (dioecious). Pada kebanyakan hewan non hermafrodit. sedangkan betina adalah kelompok yang menyediakan sel gamet yang statik dan menunggu untuk dibuahi. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain. tetapi juga memungkinkan secara otodidak. sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi. dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran. sering kali tampak ciri-ciri sekunder yang terjadi seperti pada manusia (misalnya payudara dan sebaran rambut).

Skala ini tidak membedakan kategori berdasarkan urutan atau tingkatan. Bagi investor. Definisi Operasional Penelitian ini menggunakan cara survey untuk mendapatkan informasi. H2 : Jenis kelamin mempengaruhi hubungan antara tingkat pendidikan dan pendapatan yang dihasilkan. yang merupakan jumlah uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran. . pendapatan kurang penting dibanding keuntungan. Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya. kebanyakan dari penjualan produk dan/atau jasa kepada pelanggan. Hipotesa Konseptual H1 : Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin mudah mendapatkan pendapatan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala nominal. Skala nominal merupakan skala yang hanya membedakan kategori berdasarkan jenis atau macamnya dan membedakan data kelompok yang bersifat kualitatif.

dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran. keterampilan. sektor adalah lingkungan suatu usaha resmi dan tidak resmi yang dapat menampung tenaga kerja. tetapi juga memungkinkan secara otodidak. pelatihan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah. universitas atau magang. fisik. sekolah dasar. lapangan pekerjaan yang diciptakan dan diusahakan sendiri oleh pencari kerja. Menurut KBBI. baik modal. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain. . dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan. unit usaha kecil yang melakukan kegiatan produksi dan/atau distribusi barang dan jasa untuk menciptakan lapangan kerja dan penghasilan bagi mereka yang terlibat unit tersebut bekerja dengan keterbatasan. gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi. Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi. tenaga. merasa. Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. maupun keahlian. dan karenanya disebut dengan biaya personel atau biaya gaji. Para pekerja akan mendapatkan gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan. Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir.Pendidikan Sektor Pekerjaan Upah / Gaji Definisi Konseptual Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan. atau penelitian. atau tindakan dapat dianggap pendidikan.

Skala ordinal merupakan skala yang membedakan kategori berdasarkan tingkat atau urutan. Misalnya membagi tinggi badan sampel ke dalam 3 kategori: tinggi. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala ordinal. . Definisi Operasional Penelitian ini menggunakan cara survey untuk mendapatkan informasi.Hipotesa Konseptual H1 : Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi upah yang akan didapat. H2 : Sektor pekerjaan dipengaruhi oleh pendidikan dan menentukan gaji yang akan didapat. sedang. dan pendek.

bukan hanya sebagai symbol serta memiliki angka nol yang mutlak. 175. 4. Skala Rasio  Merupakan penggabungan dari ketiga sifat skala sebelumnya. dan pendek. 168. Misalnya adalah jenis kelamin terbagi menjadi laki-laki dan perempuan serta pada gedung bioskop terdapat pembagian kursi sehingga tidak ada pengunjung yang memperebutkan kursi yang sama. Dalam ilmu statistika. Godeliva Agra 12014000582 SKALA PENGUKURAN 1. Data pada skala rasio merupakan data kuantitatif dan menunjukkan angka yang sesungguhnya. membagi tinggi badan sampel ke dalam 4 interval yaitu: 140-149. Dalam ilmu statistika. Skala Ordinal  Merupakan skala yang membedakan kategori berdasarkan tingkat atau urutan. Skala interval tidak memiliki nilai nol mutlak. Skala Nominal  Merupakan skala yang hanya membedakan kategori berdasarkan jenis atau macamnya dan membedakan data kelompok yang bersifat kualitatif. Dalam ilmu statistika. 150-159. Akan tetapi. dan 170-179. karena angka dalam data interval selain menunjukkan urutan juga dapat menjadi operasi hitung matematika. 160-169. 156. data ordinal memiliki level pengukuran lebih tinggi dibandingkan dengan data nominal. . data nominal merupakan data dengan level pengukuran yang paling rendah. 145. tinggi badan sampel terdiri dari 143. 173. 153. 2. Misalnya. 165. Skala rasio memiliki nilai nol mutlak dan datanya dapat dikalikan atau dibagi. Misalnya membagi tinggi badan sampel ke dalam 3 kategori: tinggi. jarak antar kategorinya tidak sama karena bukan dibuat dalam rentang interval. 164. skala rasio memiliki level pengukuran paling tinggi dibandingkan dengan ketiga data lainnya. Dalam ilmu statistika. Skala Interval  Merupakan skala yang membedakan kategori dengan selang atau jarak tertentu dan dengan jarak antar kategorinya sama. sedang. Misalnya. Skala ini tidak membedakan kategori berdasarkan urutan atau tingkatan. data interval memiliki level pengukuran lebih tinggi dibandingkan dengan data nominal dan ordinal. 3. 152.