Godeliva Agra Arcigita

12014000582

Judul Skripsi : ANALISIS PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN,
PELUANG INVESTASI, DAN REPUTASI KAP TERHADAP
KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR
YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE
2012-2014
Nama Peneliti : Serli, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tahun Penelitian : 2016
Daftar Tabel : terdapat 9 tabel dalam skripsi tersebut.

Daftar Gambar : terdapat 5 gambar dalam skripsi tersebut.

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Menjelaskan berkualitas atau tidaknya laba sebuah perusahaan.
1.2 Rumusan dan Pembatasan Masalah
Penelitian ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh komisaris
independen, peluang investasi, dan reputasi KAP terhadap kualitas laba.
1.3 Tujuan Penelitian
Skripsi ini ingin memecahkan masalah ada atau tidaknya pengaruh
komisaris independen, peluang investasi, dan reputasi KAP terhadap kualitas laba.
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi akademisi, manajemen
perusahaan, serta investor dan calon investor.
1.5 Sistematika Penulisan

Skripsi ini di susun dalam 5 bab, yaitu pendahuluan, landasan teori, metode
penelitian, analisis data dan pembahasan, serta simpulan dan saran.

BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Kerangka Teoritis
Menggunakan teori agensi dan penting untuk memiliki komisaris
independen untuk meminimalkan terjadinya praktik manajemen laba tetapi tetap
memiliki peluang investasi yang tinggi dan memiliki auditor spesialis dari KAP
yang memiliki reputasi yang baik.
2.2 Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berisi tentang beberapa penelitian yang pernah dilakukan
oleh para ahli untuk menguji pengaruh komisaris independen terhadap kualitas
laba, peluang investasi terhadap kualitas laba, dan reputasi KAP terhadap kualitas
laba.
2.3 Model Penelitian
Model penelitian yang digunakan berupa hipotesa konseptual yang terdiri
dari variabel independen dan variabel dependen.

3. uji asumsi regresi klasik. serta data diolah menggunakan program SPSS.4 Hipotesis Konseptual Dari hasil penelitan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh para ahli maka didapat 3 hipotesa.2 Saran . 3.2 Analisis Data Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.1 Kesimpulan Dari 162 data yang digunakan didapat hasil bahwa hanya 2 variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laba.2. sedangkan variabel independennya adalah komisaris independen. peluang investasi. dan reputasi KAP. BAB III METODE PENELITIAN 3. dan uji hipotesis. 4.3 Metode Pengumpulan Data Data yang digunakan merupakan data sekunder.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu 2012-2014 dengan jumlah populasi sebanyak 145 perusahaan.3 Pembahasan Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa komisaris independen dan peluang investasi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba.4 Metode Analisi Data Data-data tersebut diuji menggunakan statistika deskriptif. analisis regresi berganda.2 Definisi Operasional Variabel Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualiatas laba yang diukur melalui discretionary accruals. BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4. 5. BAB V SIMPULAN DAN SARAN 5. uji asumsi regresi klasik. 3. dan uji hipotesis. yaitu variabel komisaris independen dan variabel peluang investasi. analisis regresi berganda. sedangkan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. 4.1 Waktu dan Tempat Penelitian Pada skripsi ini tidak dijelaskan kapan dan dimana penelitian dilakukan.

1. Daftar Tabel : terdapat 14 tabel dalam skripsi tersebut. menambah periode penelitian.2 Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi tentang beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli untuk menguji variabel independen tersebut.3 Model Penelitian . Saran yang diberikan adalah menambahkan perusahaan yang bergerak di sektor lain. BAB I PENDAHULUAN 1. Lampiran : terdapat 2 lampiran.1 Latar Belakang Masalah Menjelaskan riset gap dari penelitian yang sudah ada. profitabilitas. ukuran perusahaan. dan ukuran dewan komisaris terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial. 1. analisis data dan pembahasan. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Tahun Penelitian : 2016 Daftar Gambar : terdapat 5 gambar dalam skripsi tersebut. Daftar Rujukan : penulis menggunakan 31 buku dalam menyusun skripsi tersebut. Judul Skripsi : ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN. 2. 1. yaitu pendahuluan. metode penelitian. dan menambah variabel independen lain.2 Rumusan dan Pembatasan Masalah Penelitian ini membahas tentang pengaruh ukuran perusahaan. BAB II LANDASAN TEORI 2. dan ukuran dewan komisaris terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial. profitabilitas. profitabilitas. dan ukuran dewan komisaris. 2.5 Sistematika Penulisan Skripsi ini di susun dalam 5 bab.1 Kerangka Teoritis Menjelaskan teori legitimasi.3 Tujuan Penelitian Skripsi ini ingin memecahkan masalah tentang pengaruh ukuran perusahaan. serta simpulan dan saran. DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM LAPORAN TAHUNAN INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013 Nama Peneliti : Aprilia Dwi Pangestu.4 Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi akademisi dan perusahaan. 1. landasan teori. PROFITABILITAS. tanggung jawab sosial perusahaan.

2.4 Metode Analisi Data Data-data tersebut diuji menggunakan statistika deskriptif. uji asumsi regresi klasik. analisis regresi berganda.2 Saran . 5. BAB V SIMPULAN DAN SARAN 5.2 Analisis Data Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.1 Kesimpulan Dari 62 data yang digunakan didapat hasil bahwa hanya variabel ukuran perusahaan yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laba.3 Pembahasan Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba. 3. 3. BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4.2 Definisi Operasional Variabel Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualiatas laba yang diukur melalui Global Reporting Initiative (GRI).1 Waktu dan Tempat Penelitian Pada skripsi ini tidak dijelaskan kapan dan dimana penelitian dilakukan. dan uji hipotesis. serta data diolah menggunakan program SPSS. profitabilitas. Model penelitian yang digunakan berupa hipotesa konseptual yang terdiri dari variabel independen dan variabel dependen. dan ukuran dewan komisaris. 4.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu 2009-2013 dengan jumlah sampel sebanyak 62 perusahaan. 4. 3. dan uji hipotesis. sedangkan profitabilitas dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.4 Hipotesis Konseptual Dari hasil penelitan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh para ahli maka didapat 3 hipotesa. sedangkan variabel independennya adalah ukuran perusahaan.3 Metode Pengumpulan Data Data yang digunakan merupakan data sekunder. analisis regresi berganda. BAB III METODE PENELITIAN 3. uji asumsi regresi klasik.

Daftar Rujukan : penulis menggunakan 30 sumber buku dan 3 sumber internet dalam menyusun skripsi tersebut. . Saran yang diberikan adalah menggunakan sampel industri yang secara langsung menggunakan SDA dan menambah variabel independen lain. Lampiran : terdapat 3 lampiran.

3 Model Penelitian Model penelitian yang digunakan berupa hipotesa konseptual. yaitu pendahuluan. number of independent non-executive member.5 Sistematika Penulisan Skripsi ini di susun dalam 5 bab.3 Tujuan Penelitian Skripsi ini ingin memecahkan masalah tentang pengaruh size of boarsds. BAB II LANDASAN TEORI 2. number of financial expertise member. dan size of risk management committee terhadap firm performance. dan size of risk management committee terhadap firm performance. BAB I PENDAHULUAN 1. 1.1 Latar Belakang Masalah Menjelaskan enterprise risk management (ERM). metode penelitian. 1. 1.4 Hipotesis Konseptual . analisis dan pembahasan. having risk management committee.2 Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi tentang beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli dan didapat 1 jurnal utama dan 10 jurnal pendukung. 2. Universitas Indonesia Tahun Penelitian : 2015 Daftar Gambar : terdapat 5 gambar dalam skripsi tersebut. number of independent non-executive member. Daftar Persamaan : terdapat 7 persamaan dalam skripsi. 2.Judul Skripsi : ANALISIS PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2014 Nama Peneliti : Meta Sofiyati.4 Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu ekonomi dan bagi perusahaan. having risk management committee. tinjauan pustaka.1 Kerangka Teoritis Menjelaskan tentang Enterprise Risk Management (ERM) dan Firm Financial Performance (FFP). Daftar Grafik : terdapat 5 grafik dalam skripsi tersebut. Daftar Tabel : terdapat 14 tabel dalam skripsi tersebut. serta kesimpulan dan saran.2 Rumusan dan Pembatasan Masalah Penelitian ini membahas tentang pengaruh size of boarsds. number of financial expertise member. 1. 2.

Dari hasil penelitan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh para ahli maka didapat 3 hipotesa.1 Waktu dan Tempat Penelitian Pada skripsi ini tidak dijelaskan kapan dan dimana penelitian dilakukan. 3. 3. BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4.1 Kesimpulan Dari 304 data yang digunakan didapat hasil bahwa 2 variabel memiliki pengaruh positif. Daftar Rujukan : penulis menggunakan 30 sumber buku dan 3 sumber internet dalam menyusun skripsi tersebut. 4. BAB III METODE PENELITIAN 3. 5.2 Analisis Data Analisis digunakan uji asumsi BLUE dan pemilihan model data panel.3 Metode Pengumpulan Data Data yang digunakan merupakan data sekunder.2 Saran Saran yang diberikan adalah agar menambah time series dan memperhatikan jumlah dan komposisi direktur.4 Metode Analisi Data Data yang digunakan merupakan data sekunder dari 304 perusahaan. Lampiran : terdapat 3 lampiran.2 Definisi Operasional Variabel Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return on asset. BAB V SIMPULAN DAN SARAN 5. number of financial expertise member. . dan size of risk management committee.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu 2012-2014 dengan jumlah sampel sebanyak 304 perusahaan.3 Pembahasan Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hanya 2 variabel yang berpengaruh positif. sedangkan variabel independennya adalah size of boarsds. 4. having risk management committee. 2 variabel memiliki pengaruh negative. dan 1 variabel tidak berpengaruh. 3. number of independent non- executive member.

.

manajemen laba. 1. BAB II LANDASAN TEORI 2. 2. 1. dan 4 variabel kontrol.1 Latar Belakang Masalah Menjelaskan penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. serta simpulan dan saran. struktur modal. 2. yaitu pendahuluan. 1.3 Model Penelitian Model penelitian yang digunakan berupa hipotesa konseptual yang terdiri dari 2 variabel independen.2 Rumusan dan Pembatasan Masalah Penelitian ini membahas tentang pengaruh leverage terhadap manajemen laba riil dan pengaruh keketatan pengawasan yang dilakukan oleh bank dengan kualitas pengawasan baik sebagai kreditur. 1variabel dependen. kajian literatur. kualitas laporan keuangan. pengawasan bank. dan faktor lain yang mempengaruhi manajemen laba riil. 2. dan otoritas jasa keuangan.3 Tujuan Penelitian Skripsi ini ingin memecahkan masalah tentang pengaruh leverage terhadap manajemen laba riil dan pengaruh keketatan pengawasan yang dilakukan oleh bank dengan kualitas pengawasan baik sebagai kreditur. BAB I PENDAHULUAN 1.5 Sistematika Penulisan Skripsi ini di susun dalam 5 bab.4 Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan. Universitas Indonesia Tahun Penelitian : 2015 Daftar Gambar : terdapat 1 gambar dalam skripsi tersebut. analisis data dan pembahasan. .Judul Skripsi : PENGARUH LEVERAGE DAN PENGAWASAN BANK TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA RIIL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Nama Peneliti : Galvin. kreditur.4 Hipotesis Konseptual Penelitian sebelumnya banyak yang mendukung debt covenant hypothesis. Daftar Tabel : terdapat 16 tabel dalam skripsi tersebut.2 Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi tentang beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli untuk menguji variabel independen tersebut.1 Kerangka Teoritis Menjelaskan agency theory. metode penelitian.. pengguna laporan keuangan. 1..

uji goodness of fit. analisis korelasi pearson. uji robustness.1 Kesimpulan Dari 73 sampel yang digunakan didapat hasil bahwa leverage dan keketatan pengawasan tidak memiliki pengaruh terhadap praktik manajemen laba riil pada arus kas dari aktivitas operasi. 3. BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4. uji statistic.3 Pembahasan Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa leverage dan keketatan pengawasan tidak memiliki pengaruh terhadap praktik manajemen laba riil pada arus kas dari aktivitas operasi. 5.2 Analisis Data Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.2 Definisi Operasional Variabel 2 variabel independen. BAB V SIMPULAN DAN SARAN 5.3 Metode Pengumpulan Data Metode yang dilakukan adalah non-probability sampling. Daftar Rujukan : penulis menggunakan 90 sumber buku dalam menyusun skripsi tersebut. 4. 4. memasukan proporsi utang kepada kreditur lainnya. dan uji hipotesis. dan 4 variabel kontrol.2 Saran Saran yang diberikan adalah manambah periode sampel penelitian. uji asumsi regresi klasik. . 3. dan menambahkan fungsi pengawasan dari stakeholder lain. serta analisis regresi berganda dan terdapat 3 model untuk menguji pengaruh leverage terhadap praktik manajemen laba riil.1 Waktu dan Tempat Penelitian Pada skripsi ini tidak dijelaskan kapan dan dimana penelitian dilakukan.4 Metode Analisi Data Data-data tersebut diuji menggunakan uji asumsi klasik. uji statistik F. Lampiran : terdapat 3 lampiran. 1variabel dependen.BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Populasi penelitian ini adalah seluruh penelitian yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sampel 73 perusahaan. 3.

opportunity. BAB II LANDASAN TEORI 2. fraud. 2.4 Hipotesis Konseptual Dari hasil penelitan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh para ahli maka didapat 7 hipotesa. Daftar Tabel : terdapat 15 tabel dalam skripsi tersebut. serta kesimpulan dan saran. dan rationalization terhadap kemungkinana terjadinya fraud pada laporan keuangan suatu perusahaan. metode penelitian. dan pengukuran fraud triangle. auditor. investor.3 Model Penelitian Model penelitian yang digunakan mengacu pada oenelitian yang dilakukan oleh Skousen. 2.Judul Skripsi : FRAUD TRIANGLE DAN PROBABILITAS TERJADINYA KECURANGAN PADA LAPORAN KEUANGAN Nama Peneliti : Niry Queen Sari.3 Tujuan Penelitian Skripsi ini ingin memecahkan masalah tentang pengaruh pressure. Statement on Auditing Standards (SAS) no. analisis data dan pembahasan. 1.2 Rumusan dan Pembatasan Masalah Penelitian ini membahas tentang pengaruh pressure. 2.99. 1. yaitu pendahuluan. serta akademisi dan peneliti. tinjauan pustaka. 1. Universitas Indonesia Tahun Penelitian : 2014 Daftar Gambar : terdapat 3 gambar dalam skripsi tersebut.1 Latar Belakang Masalah Menjelaskan manipulasi laporan keuangan dengan contoh kasus PT Kimia Farma Tbk pada tahun 2001.1 Kerangka Teoritis Menjelaskan agency theory.4 Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kreditur. 1. dan rationalization terhadap kemungkinana terjadinya fraud pada laporan keuangan suatu perusahaan.5 Sistematika Penulisan Skripsi ini di susun dalam 5 bab.2 Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi tentang beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli untuk menguji variabel independen tersebut. opportunity. . BAB I PENDAHULUAN 1.

2 Definisi Operasional Variabel Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualiatas laba yang diukur melalui Global Reporting Initiative (GRI). 4. profitabilitas. 3.3 Metode Pengumpulan Data Data yang digunakan merupakan data sekunder.2 Saran Saran yang diberikan adalah menggunakan sampel perusahaan yang melakukan berbagai macam fraud. analisis regresi logistik.1 Kesimpulan Dari 32 sampel yang digunakan didapat hasil bahwa pressure. uji asumsi regresi klasik. opportunity. dan rationalization memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemungkinana terjadinya fraud pada laporan keuangan suatu perusahaan.4 Metode Analisi Data Data-data tersebut diuji menggunakan statistika deskriptif. dan ukuran dewan komisaris. 4. dan uji sensitivitas. BAB V SIMPULAN DAN SARAN 5. Daftar Rujukan : penulis menggunakan 43 sumber buku dalam menyusun skripsi tersebut. BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 4. opportunity.3 Pembahasan Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pressure. dan rationalization memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemungkinana terjadinya fraud pada laporan keuangan suatu perusahaan. sedangkan variabel independennya adalah ukuran perusahaan. uji kelayakan model.2 Analisis Data Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. dan uji sensitivitas. 3. . Lampiran : terdapat 3 lampiran. 5.1 Gambaran Umum Objek Penelitian Objek penelitian ini adalah laporan keuangan dan laporan tahunan periode 2000-2012 dan didapat 32 sampel perusahaan.1 Waktu dan Tempat Penelitian Pada skripsi ini tidak dijelaskan kapan dan dimana penelitian dilakukan. analisis regresi logistik. uji kelayakan model.BAB III METODE PENELITIAN 3. 3. uji asumsi regresi klasik.