PUCAU (PUDING ROTI CINCAU

)

MARTHA RIA WIJAYANTI

101611233035

KALSIUM

Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Memperoleh laba maksimal dari penjualan produk Bab II . dimana dari segi rasa. Sedangkan cincau sendiri merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Bab I Pendahuluan Latar Belakang Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Mengoptimalkan peluang usaha di bidang kuliner dengan memanfaatkan cincau sebagai produk olahan yang memiliki nilai saing di pasaran. dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia. roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak. ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Oleh karena itu. roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat. baru kemudian memikirkan harga. 2. maka kami memiliki inisiatif untuk memanfaatkannya sebagai bahan dasar makanan. Dari fenomena tersebut. roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan. Tujuan : 1. Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa. dari segi harga. Karena selama ini pemanfaatan cincau hanya sebagai bahan dasar minuman. Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli. gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika manusia membeli makanan. maka kami berinisiatif mendirikan sebuah usaha kuliner berbahan dasar roti.

Analisis Produk Nama Produk Nama produk yang akan dihasilkan adalah PUCAU (Puding Roti Cincau) Deskripsi Produk Produk yang dihasilkan adalah PUCAU (Puding Roti Cincau). dimana dalam proses pembuatannya kami menggunakan bahan baku terbaik dan proses pembuatannya sudah menggunakan peralatan yang modern. 1. Karena para mahasiswa. Produk ini dibuat dengan bahan utama berupa puding dan roti. Dalam tiap kemasan. Cincau ditambahkan sebagai perisa utamanya. Bidikan pasar disekitar sekolah tersebut telah direncanakan secara cermat dan matang karena berdasarkan analisa pasar yang ada. sekitar perguruan tinggi merupakan ladang yang sangat subur untuk membuka bisnis baru khususnya di bidang makanan ringan. biasanya lebih menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari saat santai serta dapat pula sebagai alternatif makanan ringan sebagai penunda lapar saat perut kosong atau tidak sempat sarapan saat beraktivitas dipagi harinya. Place Target pasar yang kami tuju adalah lingkungan Universitas Airlangga Surabaya dan wilayah sekitarnya. terdapat sepotong Puding Roti Cincau yang dipotong balok dengan ukuran sekitar 5 x 10 cm dan ketebalan 4 cm. produk akan dikemas dalam mika bening dan diberi label pada bagian atas kemasan. 2. PUCAU merupakan makanan ringan yang memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang cukup baik. PUCAU yang dihasilkan adalah PUCAU dengan kualitas terbaik. People . Produk ini memiliki tekstur yang lembut dan dibuat tanpa tambahan bahan kimia berbahaya.

Produk Puding Roti Cincau akan dipasarkan dengan harga 3000 rupiah tiap kemasannnya. twitter. sasaran yang lain hampir merata disetiap kalangan masyarakat atau siapa saja bisa menikmatinya. Memperkenalkan bisnis secara lisan kepada masyarakat 2. Karena sasaran yang luas itulah. 5. 3. Melanjutkan pemasaran produk ke lingkungan-lingkungan kantor. hotel. Price PUding roti cinCAU ini disesuaikan dengan target pasarnya. 3. usaha Puding Roti Cincau ini dapat dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan. Strategi Pemasaran 1. Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat kalangan atas. kami juga akan melakukan promosi langsung dengan menyampaikan secara lisan tentang produk Puding Roti Cincau pada orang-orang yang ditemui. oleh karena itu harga produk dapat terjangkau atau relatif murah. Promotion Usaha promosi yang akan dilakukan adalah dengan membagikan selebaran atau brosur kepada masyarakat. Selain itu. Selain itu.Sasaran penjualan produk Puding Roti Cincau adalah civitas akademika Universitas Airlangga. . dan lain-lain. cafe. rumah makan. facebook. Kami juga akan mempromosikan produk Puding Roti Cincau melalui media social seperti instagram. dll. Membuat inovasi berupa variasi bentuk dan menambahkan perisa lain agar konsumen tidak merasa bosan dengan bentuk dan rasa yang cenderung homogen. 4. Melakukan promosi melalui media sosial dan brosur 4.

7000 7 Garam 1 sdm Rp. Sehingga total biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 2000 5 Gula 5 sdm Rp. 5000 Jumlah Rp. 35. 12000 3 Telur 4 butir Rp.00 setiap satu kali produksi. 2000 6 Susu kental manis 1 kaleng Rp. 3000 2 Roti 1 bungkus Rp. 500 8 Plastik 1 pak Rp.500. akan dibuat 3 loyang Puding Roti Cincau. 4000 4 Daun Cincau 10 lembar Rp. . Bab III Rencana Anggaran Dana Anggaran untuk memproduksi satu loyang PUCAU (Puding Roti Cincau) NO KETERANGAN BANYAKNYA HARGA 1 Tepung Terigu 1/2 kg Rp.500 Dalam satu hari. 106.