Nama : Fadillatul nisa

Nim : 1507122357

Kelas : Teknik Kimia S1-A

TUGAS AGAMA ISLAM

1. Islam memeiliki keutamaan, yang dengan keutaman tersebut menguatkanya sebagai agama
yang benar.
a. Jelaskan bahwa agama islam adalah agam yang sejalan dengan akal, lengkap dengan
contohnya
Jawaban:

Islam merupakan agama yang logis, bisa dinalarkan dengan akal dan agam yang
menakjukan. Ajaran dalam agama islam sudah banyak dibuktikan kebenarannya pada zaman
sekarang yang membuat ilmuwan- imuawan dunia takhjub.

Contohnya:

islam melarang laki-laki memakai emas karena berdampak bagi kesehatan. Ternyata
diabad ke-20 para ahlik fisika telah menyelidiki dan menyimpulkan bahwa atom yang
terdapat pada emas mampu menembus kedalam kulit dan masuk kedalam pereedaran darah
manusia, jika pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang
lama, dampak yang ditimbulkan adalah didalam darah dan urine akan mengandung atom emas
dalam kadar yang melebihi batas yang dikenal dengan migrasi emas dan apabilla ini terjadi
dalm waktu yang lam akan mengakibatakan penyakit alzheimer.

Islam memperbolehkan perempuan mengunakan emas karena wanita tidak menderita
masalah ini karena setiap bulan partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh perempuan
melalui menstruasi.

b. Jelaskan bahwa agama islam dalam menyeimbanhkan antara kehidupan dunia dan akhirat
Jawaban:
Islam adalah merupakan agama yang fitrah dan hakikat fitrah manusia adalah selalu
menginginkan keseimbangan. Dengan adanya keseimbangan di alam raya ini, maka akan
dapat berjalan dengan teratur. Dalam sebuah hadist menyatakan bahwa “Sesungguhnya
matamu memiliki hak atasmu, tubuhmu memiliki hak atasmu, dan keluargamu juga memiliki
hak atasmu. Maka sholatlah dan tidurlah. Dan puasalah lalu berbukalah. (HR. Bukhari)”.
Dalam hadist tersebut menegaskan bahwa seorang muslimin dianjurkan untuk senantiasa
hidup seimbang antara antara bekerja dan ibadah, seimbang antara jiwa dan ruh, seimbang
antara hati dan akal dan keseimbangan dalam hal-hal yang lain.

baru ditemukan fisika modern pada abad 20. namun Alquran telah menyatakannya sejak 1400 tahun yang lalu dalam QS Asy Syura 42:1. AL-Jumu’ah : 9- 10 menggambarkan bagaimana keadaan yang seharusnya bagi Muslim yaitu menyeimbangkan antara kehidupan di dunia dan akhirat. setelah selesai mengerjakan ibadah. bahwa keseluruhan materi diciptakan melalui big bang (ledakan raksasa dari satu titik tunggal dan membentuk alam semesta ini dengan cara pemisahan satu dari yang lain). Dimana. Jawaban: Menurut pendapat saya perihal diperbolehkan nya seorang muslim (laki-laki) menikahi seorang wanita dari agama lain (kitabiyah). hal ini sangat bagus jika sang suami memiiliki keimanan yang kuat sehingga bisa membimbing istrinya kedalam ajaran islam sehingga keturunan-keturunan dari wanita tersebut akan memeluk islam juga karena dalam islam suami adalah pemimpin dalam rumah tangga sehingga istri dan anak harus mengikutinya . c. sehingga berlaku dan bertindak sekehendak dan semau hati dan memperbolehkan segala cara. Big bang. Fakta bahwa alam ini diciptakan. Bagaimana tanggapan anda tentang kebolehan muslim menikahi kitabiayah. Islam juga melarang sikap terlalu ifrath atau longgar seakan-akan semua hukum itu halal. hal ini sangat tidak baik dan sebaiknya tidak terjadi pernikahan. Namun jika pada pernikahan tersebut sang suami keimanannya lemah dan tidak bisa membimbing istrinya kedalam ajaran islam atau malah semakin terjerumus. kemudian mereka kembali menyebar ke seluruh penjuru bumi untuk mencari rezeki dan karunia Allah dengan tidak melupakan untuk selalu berdzikir dan mengingat Allah swt (Dzikrullah). Dan atau sebaliknya. Dalam ajaran Islam melarang umatnya untuk berlebihan dalam membatasi gerak hidup (tafrith) sehingga mengharamkan dan atau melarang kenikmatan-kenikmatan yang Allah perbolehkan (halal). Konsep ketuhanan adalah monoteisme a. fakta ini merupakan petunjuk nyata bahwa alam semesta ini telah diciptakan . Allah swt berfirman dalam QS. bagaiman membuktikan bahwa allah itu esa Jawaban: cara membuktikan keesaan allah adalah dengan cara membuka akal tentang allah swt dan tentang semua yang ada dialam semesta ini yang diciptakan oleh allah swt dan hanya ia lah yang memiliki formula dan mengatur jalanny alam semesta ini. 2. Namun sebagai manusia kita memeiliki batasan untuk berfikir. pada saat datang waktu untuk beribadah. Akan tetapi. mereka hendaknya bergegas dan bersegera untuk mengingat Allah dan meninggalkan jual beli dan segala kesibukan dunia.

Dan membawa pengaruh di Cina. Pengaruh Hinduisme di Yunani ini. bahasa Sanskertanya. Sebagai contoh. mempengaruhi begitu banyak kebudayaan-kebudayaan lain. nama-nama suku bangsa dan nama-nama orang dalam sejarah Yunani. Begitu juga nama-nama dewa- dewa Olympus. Selain itu. berlangsung jauh sebelum Yesus lahir. Ajaran Trinitas adalah modifikasi dari ajaran Trimurti Hinduisme. 3. dengan mitologinya. dapat dilihat dari persamaan-persamaan mitologi Yunani dengan Hindu. didunia. Indonesia hari ini mengalami “darurat moral” apa formula terbaik menurut anda dalam menyelesaikan masalah ini ? Jawaban: . sebelum masehi. berubah-ubah. yaitu Allah SWT. dengan kata lain ia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Menciptakan. Indonesia. Brahma dalam Hinduisme dimodifikasi menjadi Allah Bapa. dan ia penguasa seluruh alam. Pengaruhnya terhadap Yunani. b. kecuali dalam hukum-hukum yang memang dikhususkan bagi beliau n semata. banyak yang berasal dari bahasa Sanskerta. Mengapa nabi muhammad saw dapat menjadi ushwatul hasnah bagu kita semua? Jawaban : Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebaik-baik teladan (uswah hasanah) dalam semua keadaan beliau. Wisnu dimodifikasi menjadi Yesus Anak Allah dan Syiwa dimodifikasi menjadi Roh Kudus. tidak bergerak. seorang filosof Xenophanes (580-470SM) mengatakan bahwa ’Tuhan Yang Esa itu tidak dijadikan. dapat ditelusiri dari persamaan nama-nama pahlawan dalam mitologi Yunani yang berasal dari bahasa Sanskerta. Kebudayaan ini. Allah swt berfirman menjelaskan kaedah yang sangat agung ini dalam firman-Nya: ً‫اك ككثثيِررا‬ ‫اث أجلسكوةة كحكسنكةة لثكملن ككاَكن يكلرججو ا‬ ‫اك كواًلليِكلوكم اًللثخكر كوكذكككر ا‬ ‫لكقكلد ككاَكن لكجكلم ثفيِ كرجسوثل ا‬ Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh [al-Ahzâb/33:21] 4. bahkan sampai ke Yunani. Studi kritis tentang trinitas (Nasrani) dan trimurti (Hindu) jawaban : Kebudayaan Hindu termasuk kebudayaan tua dunia. Jepang. dari ketiadaan. maupun filsafatnya.

lebih halus dari debu dan lebih lembut dari sutera. Wudhu bukan hanya sekedar ritual dan ucapan tanpa makna namun semua itu syarat hikmah dan bentuk komitmen seorang hamba yang memiliki adab terhadap Tuhannya. telinga dan diakhiri dengan kedua kaki. rasa takut dan dzikir kepada allah. hidung. Wudhu menandakan bentuk pengagungan terhadap keMahasucian Allah SWT. Rasa takut itulah yang mencegah dari perbuatan keji dan mungkar sedangkan dzikir melalui Al Qur’an yang memerintah dan melarang sesuatu. muka. Kesemua anggota badan ini perlu disucikan sebelum menghadap Yang Maha Suci agar kondisi jiwa ikut suci dan bersih. Ikhlas itulah yang memerintahkan kita pada kebaikan. Berwudhu tidak hanya menyegarkan badan namun secara harfiah ikut menyucikan jiwa dari berbagai kotoran rohani yang sadar maupun tidak sangat banyak berhamburan di sekitar kita. telinga suka mendengar obrolan yang tidak berguna dan cenderung fitnah. kedua tangan. pikiran yang seringkali menjadi sumber fitnah. kepala.5. Misalnya tanpa sadar kita seringkali membicarakan aib teman atau saudara kita. . c. Muara syahadat adalah akhlak dari segi moral Jawaban : b. serta kedua kaki yang seringkali melangkah ke tempat yang seringkali menjauhkan dari mengingat Allah. Mata melihat hal-hal yang tidak pantas. Lima kali sehari badan ini dibersihkan dengan harapan ketika kembali kelak insya allah dalam kondisi yang suci dan bersih. Setiap hari tentunya sadar maupun tidak kita selalu ‘menabung’ dosa. Filosofi wudhu Jawaban: Filosofi berwudhu adalah bentuk penyucian diri sebelum menghadap Allah SWT. mulut. tangan yang seringkali digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif. Dimulai dari telapak tangan.. Menurut anda apa intisari utama dalam shalat yang dengannya kita diberi petunjuk oleh allah dan shalat dapat mencegah perbuatan kejia dan mungkar? Jawaban: Didalam shalat ada tiga hal yang mendasari dimana jika tiga hal ini tidak ada maka tidak disebut shalat yaitu ikhlas. Temukan : a.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.