BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Adapula latar belang menganalisis teks ekspianasi (Kuman) ini adalah

karena teks ini membahas suatu organism kecil yang dapat menyebabkan

beberapa gangguan kesehatan.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan ,adapun rumusan masalah adalah:

1. Apa yang menjadi objek dalam pembahasan teks tersebut ?

2. Apa yang dijelaskan dalam bagian pendahuluan teks tersebut ?

3. Apa yang dijelaskan dalam bagian rincian teks tersebut ?

4. Bagiamana pola pengembagan teks tersebut?

1.3. Tujuan analisis

Adapun tujuan analisis teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

1. Untuk menngetahui objek dalam pembahasan teks eksplanasi

2. Untuk mengetahui bagian pendahuluan teks eksplanasi

1

3. Manfaat analisis Adapun manfaat analisis teks eksplanasi adalah sebagai berikut : 1. Dapat mengetahui struktur dari teks eksplanasi seperti pendahuluan dan rincian 2. Dengan menganalisis teks eksplanasi kita dapat mengetahui apa saja yang dibahas dalam teks tersebut. Dapat mengetahui kaidah-kaidah dalam teks eksplanasi sperti sebab akibat kronologi dan kata-kata pasif 3.4. Untuk mengetahui pola pengembagan teks eksplanasi 1. Untuk mengetahui bagian perincian teks eksplanasi 4. 2 .

Adapun pola pengembangan yang di gunakan dalam teks tersebut adalah berupa sebab akibat(bersyarat).Dalam kehidupan sehari-hari sering kita melihat dan mengalami sendiri badan kita terserang kuman.jamur protozoa.1. Kata-kata yang menunjukkan pola-pola pengembagan teks eksplanasi antara lain : 3 .microskopik jahat. Uraian isi teks eksplanasi Ada pun yang menjadi objek dalam pembahsan tersebut adalah kuman.bakteri. Dalam bagian perincian menjelaskan tentang aktivitas manusia yang hampir selalu bersentuhan dengan kuman.yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.Serta menjelaskan cara menghindari dan melawan kuman dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun. BAB I PEMBAHASAN 2. Dalam bagian pendahuluan teks tersebut menjelaskan konsep dan keberadaan yaitu : Kuman adalah suatu organisme kecil dapat menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan.Sedangkan konsep contohnya yaitu:kuman adalah organisme kecil seperti virus.knologis dan kalimat pasif.

Digunakan 4 . Menimbulkan  Kata-kata yang menunjukkan kronologis adalah : . Selama  Kata-kata yang menunjukkan kalimat pasif adalah: . Kata-kata yang menunjukkan sebab akibat (bersyarat) adalah : . Disalurkan . Menyebab . Sehari-hari . Terserang . Tersebut . Dibagian .

jamur protozoa mikrospik jahat yang dapat menyebabkan penyakit  Pada bagian pendahuluan terdapat konsep dan keberadaan  Pada bagian perincian terdapat penjelasan tentang aktivitas manusia yang hampir selalu bersentuhan dengan kuman serta cara menghindari dan melawan kuman  Pola pengembangan yang digunakan adalah sebab akibat (syarat).kronologis dan Kalimat Pasif 5 .bakteri . BAB III PENUTUP 3.1 Simpulan Simpulan yang dapat diambil dari hasil analisis teks eksplanasi(Kuman)antara lain :  Kuman adalah organisme kecil seperti virus.

DAFTAR PUSAKA 6 .