Diagnosa

:
• Luasnya pemeriksaan diagnostik ditunjukkan dalam setiap kasus tertentu tergantung pada
kondisi keseluruhan
pasien. Pada pasien diharapkan untuk hidup lebih dari 1 sampai 2 bulan dan yang tidak
sudah lumpuh tes berikut ditunjukkan:(1)
• Bukti metastasis epidural dapat dilihat pada x-ray polos di sekitar 85%
pasien(1) tetapi hanya memprediksi tingkat kompresi di 19%.(3)
• rujukan mendesak untuk CT scan dan MRI meningkatkan deteksi dini. scan MRI
lebih sensitif dari CT Scan dan merupakan standar untuk diagnosis.(3, 6, 7) Seluruh
tulang MRI lebih sensitif dalam mendeteksi metastase CNS kecil yang dapat dilewatkan
dengan metode pencitraan lainnya.(6, 11) Myelography memiliki tempat di mana CT scan dan
MRI tidak tersedia.(4)

PROGNOSA

Tingkat fungsi neurologis pada diagnosis dan awal pengobatan adalah faktor yang paling
penting dalam menentukan pemulihan fungsi.
• Onset yang cepat (kurang dari 48 jam) dan perkembangan gejala kurang dapat dijadikan
indikator. Pasien yang tidak dapat bergerak umumnya tidak mendapatkan kembali
kemampuan untuk berjalan sepenuhnya. Pasien yang telah lumpuh pada pra-pengobatan, hanya
10% yang dapat kembali berjalan setelah perawatan.
• Jika pasien telah lumpuh selama lebih dari 48 jam, kemungkinan perbaikan neurologisnya
sangat kecil. Pengobatan "darurat" pada saat ini mungkin tidak diindikasikan tapi
radiasi paliatif untuk manajemen nyeri mungkin bermanfaat (per British Columbia
Cancer Agency).

Mulai kortikosteroid IV untuk mengurangi edema dan meningkatkan fungsi neurologis
sementara
menyelesaikan pemeriksaan diagnostik ketika sejarah dan pemeriksaan fisik menyarankan
spinal
kabel kompresi.(1, 3, 16)
• kompresi sumsum tulang belakang adalah keadaan darurat yang memerlukan penilaian
langsung
dan pengobatan(2, 3, 6, 14) membutuhkan konsultasi mendesak onkologi radiasi dan
ahli bedah saraf.(10)Sebuah Radiasi Onkologi akan memperlakukan dengan radioterapi
pada akhir pekan.(13)

PENDIDIKAN

 Pasien berisiko harus diidentifikasi dan diajarkan tanda-tanda dan gejala sumsum tulang
belakang

5. 7. di mana ada kambuh setelah pengobatan radiasi. dan dalam kasus ketidakstabilan tulang belakang atau perpindahan vertebral.(3) • Pasien yang mengalami defisit neurologis progresif meskipun menerima radioterapi harus dipertimbangkan calon dekompresi bedah mendesak dan / atau stabilisasi. 11) Hal ini juga harus dipertimbangkan ketika neurologis gejala kemajuan selama radioterapi. 16)indikasi untuk terapi radiasi termasuk dikenal tumor radiosensitif dan tidak ada ketidakstabilan tulang belakang(1.(17) • Manajemen memerlukan upaya gabungan dari onkologi radiasi dan ahli bedah tulang belakang. di plegia onset yang cepat. 6. 4) dan efektif dalam lebih dari 85% dari kasus kompresi sumsum tulang belakang.(1)  Menjelaskan prosedur dan rincian investigasi yang sedang berlangsung dengan pasien dan keluarga. co-morbiditas. 3. 14) • Rehabilitasi harus dimulai pada diagnosis dan harus mencakup keterampilan berbagai profesional.(7) • Terapi radiasi saja memberikan hasil yang setara dengan Laminektomi ditambah adjuvant terapi radiasi(1.(1. kehadiran kompresi tulang dan ketidakstabilan tulang belakang. 5. 14.(6) NON PHARMAOLOGY PENGOBATAN Ganas kompresi sumsum tulang belakang harus individual dan harus mengambil mempertimbangkan Status pretreatment rawat jalan. 13) • Terapi radiasi memberikan pengobatan definitif pada kebanyakan pasien. atau di mana tumor tidak radiosensitive.kompresi dan urgensi pelaporan segera.(6) • Pasien yang rawat jalan pada saat diagnosis memiliki probabilitas yang lebih tinggi memperoleh respon yang baik terhadap pengobatan dan kelangsungan hidup lebih lama. 17) dan untuk terapi paliatif pada pasien yang hadir dengan paraplegia. reaksi radioterapi potensial dan preferensi pasien. 12. faktor bedah teknis.(7) • Operasi dapat dipertimbangkan jika pasien rawat jalan dan dinyatakan stabil dengan Status kinerja yang baik.(1-3) • Operasi adalah pilihan pertama di mana lokasi tumor primer tidak diketahui.(4. pengobatan sebelumnya. potensi komplikasi bedah. Memastikan bahwa tujuan jangka pendek dapat dicapai sehingga mencapai .(14) • Terapi radiasi harus dimulai segera setelah diagnosis. 11.(2.(8. 8.

kemudian di tapering setelah 10 – 14 hari sejak adanya perbaikan • Terbukti meningkatkan fungsi neurologis dan menghilangkan rasa sakit. memperlakukan seolah-olah mereka memiliki tulang belakang yang tidak stabil selama reposisi.(6) • Memastikan dukungan emosional dan psikososial bagi pasien dan keluarga. • Pada pasien dengan keadaan umum yang buruk.(1) .(6) • Terapkan stoking anti-emboli jika pasien telah mengalami gangguan mobilitas. kemudian 16-96 mg PO setiap hari.kualitas mungkin terbaik dalam hidup. sakit parah biasanya akan memerlukan titrasi cepat obat opioid untuk mencapai analgesia. • Pertimbangkan penggunaan heparin profilaksis jika pasien telah mengalami gangguan mobilitas. kortikosteroid mungkin satu-satunya pengobatan yang layak. Deksametason juga dapat mencegah sementara timbulnya iskemik pada medulla spinalis. 8) • Jika pasien tidak bergerak. mengurangi edema dan memiliki efek onkolitik langsung.(6) FARMAKOLOGI PENGOBATAN Dexamethasone 10 sampai 100 mg IV.(6.

Benign. Boies LR. Stenhouse D. Anonym. Salivary Gland Tumors.medscape. Adams GL.medscape. 5. Wiray D. 4. Chachin F. (13 Oktober 2011) 6. 3. Pasaribu ET. 2003. Chruchill Livingstone.scribd. Texbook of General and Oral Surgery. Available at http:// emedicine. Boies: buku ajar penyakit THT. Clark AJE. Dubner S.com/doc/36891265/Tumor- Kelenjar-Saliva (14 Oktober 2011).DAFTAR PUSTAKA 1. Lee D. 305-319. Available at http:// emedicine. (13 Oktober 2011) 7. Parotid Tumors. Ed 6. Jakarta: Sagung Seto. Minor. Benign. Suyatni. Available at . 1997. Bedah Onkologi: diagnostic dan terapi. 2009.com/article/194522-overview#showall. Malignant Parotid Tumor.com/article/1289560-overview. 2. Jakarta: EGC. Available at http://www. Higler PH. 121-148. Tumor Kelenjar Saliva. Amirlak B.

Available at http://adamelsoin. Y. Salivary Gland Tumor.com/2011/04/13/tumor-kelenjar-saliva/ (14 Oktober 2011).com/professional/ear_nose_and_throat_disorders/tumors_of_the_ head_and_neck/salivary_gland_tumors. com/2009/05/tumor-kelenjar-liur. Taqwim A. (13 Oktober 2011) 9. Available at http://www.blogspot. Available at http://dentosca.html.wordpress. (13 Oktober 2011) 10. Tumor Kelenjar Saliva. Available at http://www.mayoclinic.html. Elsoin. Smith RV.http://emedicine.medscape. Tumor Kelenjar Liur. (13 Oktober 2011) 11. 2009. Anonym.com/article/1289616-overview#showall (13 Oktober 2011) 8. .merckmanuals. Salivary Gland Tumors: Tumors of The Head and Neck: Merck Manual Professional.html.org/salivary-gland- cancer/parotid-gland-surgery.