I.

Pendahuluan

Hiperkolesterolemia dan hipertrigliserida adalah kondisi dimana jumlah

kolesterol dan trigliserida darah yang berlebihan sehingga berpotensi penyebab

penyakit kardiovaskuler, seperti aterosklerosis (penumpukan lemak), jantung

koroner, dan hipertensi. Data terakhir menyebutkan hingga tahun 2010,

penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit peringkat teratas penyebab

kematian. Indonesia sebagai negara berkembang juga menunjukkan angka

prevalensi penyakit ini terus meningkat dan merupakan penyebab kematian

pertama, menggantikan penyakit akibat infeksi.

Penggunaan obat-obatan untuk penyakit degeneratif tersebut dapat

menimbulkan efek yang tidak diinginkan apabila digunakan selama bertahun-

tahun. Maka sebaiknya dicari terapi alternatif dengan menggunakan bahan

alam tanaman. Pemanfaatan pengobatan obat tradisional lebih aman digunakan

dan lebih menguntungkan dibandingkan obat-obat sintetis. Bahan yang dapat

dijadikan pilihan adalah angkak merah. Menurut beberapa literatur, angkak

merah dapat menurunkan kolesterol dapat menaikan trombosit.

Angkak atau beras merah adalah produk fermentasi menggunakan kapang

Manascus sp. berasal dari negara China. Mevinolin dan lovastatin adalah dua

komponen bioaktif yang diketahui terdapat di dalam angkak sehingga dapat

menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa-senyawa ini diketahui

sangat efektif dalam terapi hiperkolesterolemia, karena kemampuannya untuk

menghambat kerja enzim 3-hydroxy-3-methylglutaryl CoA reductase (HMG-

CoA reductase); enzim yang bertanggung jawab dalam proses sintesis

(pembentukan) kolesterol.

sehingga menghasilkan pangan fungsional yang berkualitas pula. Begitupun di beberapa toko kue belum ada yang menjual pangan fungsional ini. juga sangat mudah pembuatannya dan harganya cukup terjangkau masyarakat. Diharapkan konsumen menjadi sehat dengan . sehingga para pasien penderita hiperkolesterolemia dan demam berdarah dapat mengobati penyakit tersebut dengan angkak merah yang diolah dengan agar-agar. Agar ini dibuat tidak sembarangan dan asal karena berdasarkan bahan-bahan yang berkualitas. Salahsatunya adalah diolah dengan agar-agar. cocok sebagai cemilan yang bisa dimakan setiap saat sekaligus sebagai obat terapi penunjang penyakit tersebut. Survei. Hasil observasi. kenyal. Angkak merah dapat diolah dengan berbagai jenis makanan. Agar ini selain enak. II. III. Alasan memilih usaha tersebut Angkak merah memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan menaikan trombosit. Studi Banding Telah dilakukan observasi ke pasar tidak ada yang memproduksi makanan tersebut. Pembuatan agar-agar angkak merah selain modalnya tidak terlalu besar. bebas pengawet.

tunggu dingin 6. Bahan baku dan peralatan Bahan baku Alat Beras angkak merah 300 gram Cup kecil Gula pasir 1 kg Agar-agar powder 10 bungkus V. agak kental 5. Prosedur cara pembuatan 1. Masak hingga mendidih dan berbuih.IV. dan air saringan angkak merah jadi satu. Rebus beras angkak merah dengan air panas 2. aduk rata 4. gula. Simpan didalam lemari es . Tuang agar. Angkat dan cetak di cup kecil. Modal Bahan-bahan Jumlah Modal Beras angkak merah 300 gram 250 ribu Gula pasir 1 kg 25 ribu Agar-agar powder 10 bungkus 30 ribu Cup kecil 200 pcs 20 ribu Jumlah modal 325 ribu VI. sisihkan 3. Saring beras angkak merah.

Perebusan angkak merah sampai tersari sempurna. Sekali produksi bisa mencapai 100 cup. Prosedur cara evaluasi dan kontrol Beras angkak merah diperoleh dari toko simplisia ‘babah kuya’ yang berada di kota bandung. . Agar segera dituang kedalam cup supaya tidak langsung mengental.VII. yang dipakai adalah filtratnya. Peralatan dan fasilitas pembuatannya pun sangat bersih. Diaduk hingga mendidih dan agak kental. Begitupun dengan agar-agar yang paling berkualitas. Gula yang digunakan tidak terlalu banyak karena supaya tidak terlalu manis. Agar akan dijual langsung kepada yang telah pre-order terlebih dahulu. air angkak merah digunakan sebagai airnya pada agar-agar jadi tidak perlu ditambahkan air lagi. Residu hasil penyaringan tidak dipakai lagi. Agar angkak merah bisa langsung dikonsumsi. Agar ini dibuat tidak sembarangan dan asal karena berdasarkan bahan- bahan yang berkualitas. Beras angkak merah yang digunakan bahan berkualitas tinggi. lebih kaku. Filtrat akan dicampur dengan agar-agar. Gula pasir yang digunakan yang paling berkualitas yaitu dengan merk dagang ‘gulaku’. Cup yang digunakan cukup baik tidak mudah sobek. Didiamkan dahulu beberapa menit sampai dingin lalu disimpan didalam lemari es. Setelah pencampuran diaduk terus menerus supaya terpantau kekentalannya. Angkak merah memang telah digunakan sebagai zat pewarna makanan alami dan sehat. dan penyimpanan didalam lemari es. Warna agar yang dihasilkan warna merah yang berasal dari warna asal angkak merah.