RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Bakongan
Mata Pelajaran : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/Smester : VIII/2 ( dua )
Materi Pokok : Membuat olahan bahan pangan seralia dan umbi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. KOMPOTENSI INTI
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air
dan bangga pada produk Indonesia
3.4 Memahami manfaat dan proses olahan dari hasil samping seralia dan umbi
menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat
4.4 Membuat olahan dari hasil samping seralia dan umbi menjadi produk non pangan
sesuai wilayah setempat

C. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian bahan pangan serelia dan umbi, serta pengertian makanan

Prosedur/tahap pembuatan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan sesuai yang ada di wilayah setempat 5. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka 10 menit pelajaran. Pendekatan : Saintifik 2. LCD. Media : Peralatan memasak 2. Karakteristik (jenis. Sumber belajar : G.dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama (menghayati ajaran agama) dilanjutkan dengan absensi. Penyajian dan kemasan bahan pangan serelia dan umbi E. Model : Cooperatif Learning 3. meliputi: 1. manfaat. Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama . kandungan) bahan pangan serelia dan umbi 3. Menjelaskan prosedur/tahap pembuatan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan sesuai yang ada di wilayah setempat 5. Menjelaskan teknik pengolahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan 4. Teknik pengolahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan 4. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU Pendahuluan a. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN 1. MATERI PEMBELAJARAN Pengolahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi makanan. Metode : Diskusi F. Alat /Bahan : Komputer/laptop. Pengertian bahan pangan serelia dan umbi. Melakukan penyajian dan kemasan bahan pangan serelia dan umbi D. Mendeskripsikan karakteristik (jenis. serta pengertian makanan 2. manfaat. kandungan) bahan pangan serelia dan umbi 3. MEDIA PEMBELAJARAN: 1.Power Point. 2. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu) c. b. 3.

dan kandungan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan agar terbangun rasa ingin tahu Menanya:  Melakukan diskusi tentang aneka jenis bahan pangan serelia dan umbi yang dapat dimanfaatkan menjadi produk makanan agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan Mengeksplorasi/Mengumpulkan Data  Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan bahan.. jawabannya “tetep asyik. Allahu Akbar !” Inti Mengamati: 100 menit  Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengertian. jawabannya “ Alhamdulillah.. alat dan teknik pengolahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu. jenis. jenis. manfaat.” dan jika ditanya “masih semangat?”. manfaat dan kandungan pada pengolahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara. pembelajaran d.  Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar/tertulis untuk kegiatan pembuatan . bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa Mengasosiasi  Menyimpulkan dari hasil analisis pengamatan/kajian literatur tentang pengertian pengolahan pangan seralia dan umbi. bersikap santun.. Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan mengucapkan yel yel ( jika ditanya apa kabar dunia ?..

Mengakhiri pembelajaran dengan mengajak peserta didik berdo’a sesuai keyakinan masing-masing. Peserta didik dengan guru bersama-sama 15 menit menyimpulkan materi pembelajaran. serta penyajian dan pengemasannya berdasarkan konsep dan prosedur berkarya. juga untuk memperlihatkan kejujuran. dan pembuatan olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi makanan.  Membuat dan menyajikan produk olahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama. tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya. sikap percaya diri dan mandiri.  Mempresentasikan rancangan gagasan.  Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan. b. Penutup a. teknik dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk olahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural. foto dan gambar yang mendeskripsikan bahan. Mengkomunikasikan  Mengevaluasi/menguji hasil produk pengolahan makanan yang dibuat dari bahan pangan serelia dan umbi untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya. c. dan tanggung jawab dalam berkarya. alat. olahan bahan pangan serelia dan umbi menjadi makanan berdasarkan orisinalitas ide yang jujur. mandiri. d. disiplin. toleransi. . Memberikan tugas di rumah untuk membaca materi yang akan disajikan pada pertemuan berikutnya. Melaksanakan test tulis.

Sikap/nilai Butir Instrumen 1.. Sikap spiritual a. 2. Bentuk Instrumen : Lembar observasi c. Kisi-kisi : NO Indikator Butir Instrumen 1 1 2 2 3 3 4 4 5 6 . Kisi-kisi: No.. Bentuk Instrumen : Lembar observasi c. Sikap sosial a.H. Teknik : Observasi b. Teknik : Tes lisan b. Mensyukuri 1 Instrumen: lihat Lampiran . Peduli 1 Instrumen: lihat Lampiran . Kisi-kisi : No.. Pengetahuan a. Bentuk Instrumen : Quis c. Teknik : Observasi b. Santun 1 2. Sikap/nilai Butir Instrumen 1. PENILAIAN 1.. 3.

...... LAMPIRAN .... Kisi-kisi : No. Diskusi Observasi Lembar observasi 2 3.... 19580213 198012 1 001 NIP.. Keterampilan a.......... Mengobservasi Produk Rubrik 1 2. Keterampilan Teknik Bentuk instrumen Butir Instrumen 1. Bakongan.. 4... Presentasi Observasi Lembar observasi 3 Mengetahui. Juli 2014 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Prakarya MAISARAH ________________________ NIP.................

senyum. 1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut 2.Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut. Tidak berkata-kata kotor dan kasar . Sikap Santun 1) Indikator sikap sosial “santun” .Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. .Sikap Spiritual Sikap Spiritual Sikap Sosial NO Total Skor Nama Mensyukuri Santun Peduli 1-4 1-4 1-4 1 2 3 Keterangan: a. . . Bersikap 3S (salam. sapa) 2) Rubrik pemberian skor . Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain .3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut . 1.2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut . Selalu menjaga barang-barang milik sekolah . .Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas yang berbeda agama. Tidak mencorat-coret sembarangan . 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut. Mengingatkan teman jika ada kesalahan . Sikap Spriritual 1) Indikator sikap spiritual “mensyukuri”: .4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut. 2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut . . Tidak menyela pembicaraan. Menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan nyaman 2) Rubrik pemberian skor . 2) Rubrik pemberian skor: .1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut b. Sikap peduli 1) Indikator sikap sosial “santun” . 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut . Sikap Sosial.

2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut . 4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut. 3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut . .. 1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN .

Nomor Butir Instrumen 1 2 3 4 Nilai = Jumlah skor RUBRIK PENILAIAN DISKUSI (KETERAMPILAN) .

.............................. ........................ ........................................................................................................................................................................................................................................Tema : Sub Tema : Sub sub Tema : Kelompok : ............ Skor 2: Cukup................... .......................................................................................................................... KRITERIA: 45 ke atas = A (Baik Sekali & Berkualitas) 30-44 = B (Baik) 15-29 = C (Cukup) < 14 = D (Kurang memenuhi syarat) KOMENTAR:...-LAIN 1 Cara mengevaluasi atau mengkritik teman 2 Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua Jumlah Keseluruhan Keterangan: Skor 4: Baik Sekali... Skor 3: Baik............................ Skor 1: Kurang........... Kelas /Smt : VIII/1 Alokasi Waktu : 10 menit No Skor Kategori Urut 1 2 3 4 A KUALITAS 1 Persiapan baik 2 Organisasi jelas 3 Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku 4 Informasi disampaikan dengan jelas 5 Argumentasi 6 Pernyataan (statement) bersifat persuasif B ETIKA 1 Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional 2 Saling mendengarkan dan merespon 3 Tidak menghina (menyela pembicaraan) 4 Tidak mendominasi pembicaraan 5 Secara aktif ikut terlibat C LAIN............................................. RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN (PRESENTASI) ......................................... ...................................................

. 4..19 Cukup : apabila memperoleh skor 2. dst Keterangan : Skor rentang antara 1 – 4 dengan rincian : 4 = Amat baik 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : ???? ? 4 = ??????ℎ?? ????????????? Contoh : Skor diperoleh 14. skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20.. Kelas /Smt : VIII/1 Alokasi Waktu : 10 menit Kemampuan Kemampuan Kemampuan Penguasaan Nama Peserta Jumlah No presentasi berargumentasi Menjawab Materi didik Nilai 1-4 1–4 1-4 1-4 1..40 ...80 – 3. 3.20 – 4.00 Baik : apabila memperoleh skor 2..40 – 2. 2....8 20 Peserta didik memperoleh nilai : Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3. maka skor akhir : 14 ? 4 = 2...Tema : Sub Tema : Sub sub Tema : Kelompok : ..79 Kurang : apabila memperoleh skor kurang 2....