BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang KKN Profesi
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa
kepada masyarakat sehubungan pelaksanaan “Tridharma Perguruan Tinggi”. KKN
memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah
masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani
masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat. KKN dilaksanakan oleh
mahasiswa di dalam masyarakat, di luar kampus dengan maksud meningkatkan
relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat
akan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk melaksanakan pembangunan yang
semakin meningkat, serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi
antara materi yang dipelajari di kampus dengan realita ditengah masyarakat.
KKN merupakan bagian dari proses pendidikan yang berhubungan erat
dengan pembinaan mahasiswa secara utuh, serta pengembangan dan peningkatan
kemampuan bermasyarakat. Dengan demikian KKN menjadi bagian integral dari
kurikulum pendidikan tinggi dan merupakan persyaratan bagi setiap mahasiswa
program Strata 1 (S1).
Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan dapat menjalin kerja sama yang
baik dengan seluruh lapisan masyarakat, dimana setiap mahasiswa dituntut untuk
berperan aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang ada disekitar masyarakat, tempat
dimana penyelenggaraan KKN diadakan. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat
membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang
dimiliki, serta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah didapat ke dalam
bentuk program kerja kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat sesuai
dengan masalah yang timbul.
KKN profesi merupakan kebijakan khusus dari Rektor Universitas
Mulawarman yang mengizinkan tiap fakultas untuk mengadakan kegiatan profesi
sesuai keilmuannya masing-masing. KKN profesi muncul karena adanya
kesadaran untuk dapat mengaplikasikan keilmuan yang telah didapat di bangku
kuliah agar dapat bermanfaat bagi orang lain.

merumuskan. Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan. namun bersifat fleksibel dan realistis dengan situasi yang dihadapinya dan dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi wilayah kerja dan kemampuannya.2. d.2. 1. Menjadikan lebih dewasa kepribadian mahasiswa dan bertambah luasnya wawasan mahasiswa. .2 Tujuan KKN Profesi a.2 Maksud dan Tujuan KKN Profesi 1. 1. Pada pelaksanaan KKN ini mahasiswa dituntut untuk memadukan ilmu yang diperoleh dalam mengikuti perkuliahan dengan kegiatan nyata yang ada dilapangan. membantu dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat sesuai dengan ilmu yang dimiliki. 1. sehingga mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori saja. Memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi kekuatan sendiri. c.3 Hasil KKN Profesi yang Diharapkan Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan. Mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat. yang mana sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengalaman. Dengan demikian pola pendidikan tahap sarjana yang diterapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan ilmu yang dipelajari dan keterampilan yang mencakupi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.1 Maksud KKN Profesi Maksud diselenggarakannya KKN Profesi adalah untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa dan terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan keilmuan yang dimiliki. b.

termasuk dusun Karang Tunggal. Awalnya. dusun Karang Tunggal resmi menjadi desa persiapan Karang Tunggal. Mengingat dusun Karang Tunggal memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat pemerintahan Desa Manunggal Jaya maka pada tahun 2002 diajukanlah pemekaran wilayah. Desa Karang Tunggal berada di ketinggian dari permukaan laut kurang lebih 17 meter dengan topografi dataran rendah dan pegunungan dengan batas-batas wilayah sebagai berikut: Tabel 2. Pada tahun 2003. Pada tahun 2004. Dusun Rejo Sari. Desa persiapan ini terdiri dari 3 dusun. Desa Karang Tunggal adalah bagian Integral dari KecamatanTenggarong Seberang. Kabupaten Kutai Kartanegara. Desa Karang Tunggal resmi menjadi desa definitip berdasarkan SK Bupati Kutai Kartanegara Nomor 140/290/PD-III/SK/VI/2004. Provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah 1300 Ha. Desa Karang Tunggal masih bernama Desa persiapan Manunggal Jaya yang merupakan unit Pemukiman Transmigrasi Unit II.1 Profil Lokasi Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Karang Tunggal merupakan kawasan pedesaan transmigran dari beberapa daerah di Pulau Jawa dan kemudian disusul oleh transmigran setempat lainnya.1 Batas Wilayah Desa . Desa Karang Tunggal dibagi menjadi 3 dusun yaitu dusun Rejo Makmur. Berdasarkan SK Bupati Kutai Kartanegara Nomor 41/239/PD-III/SK- DUSUN/VII/2005. dan Dusun Mekar Jaya (dahulu dusun Tanjung Ruang).BAB II PROFIL INSTANSI DAN LOKASI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2.

Jenis tanaman pertanian yang ada pada desa tersebut beraneka ragam antara lain seperti padi. lapangan. Lapangan terdiri dari 2 lapangan sepak bola dan 1 lapangan voli yang aktif di gunakan dan 1 lapangan voli yang telah tidak terpakai. Desa ini belum mempunyai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. singkong. administrasi desa. posyandu dan balai pertemuan warga. yakni pada tingkat pra sekolah. Desa Tanjung Barat Batu Masyarakat Desa Karang Tunggal sebagian besar bermata pencaharian petani karena letak geografis dan luas wilayah sangat memungkinkan untuk bidang pertanian. Bagian administrasi desa terlihat memiliki gedung yang kondisinya masih sangat bagus. 2.1. Pendidikan dan Keterampilan Desa Karang Tunggal memiliki sarana pendidikan yang cukup memadai dengan akses yang cukup mudah. dan beberapa jenis buah-buahan.1 Gambaran Umum 1. Desa Karang Tunggal juga dikelilingi oleh tambang batubara yang juga merupakan sumber penghasilan oleh sebagian warga yang menjadi karyawan di tambang tersebut. jagung. tingkat Sekolah Dasar serta tingkat Sekolah Lanjutan Pertama. 2. Sarana dan Prasarana Sarana dan prasarana Desa Karang Tunggal cukup lengkap diantara lain seperti dalam rumah peribadatan. Batas Desa Arah Desa Manunggal Jaya Utara Desa Kelurahan Air Putih Selatan Desa Kelurahan Sempaja Timur Desa Bukit Raya. Terdapat masjid dan gereja serta beberapa langgar kecil. .

Dusun Rejo Sari Dusun Rejo Makmur. warga dapat menempuh jarak 4 kilometer. Tabel 2. Sekolah Dasar 2 Dusun Mekar Jaya Sekolah Menengah 1 Dusun Rejo Makmur Pertama . Keadaan Pendidikan Jenis Pendidikan Jumlah (buah) Domisili Dusun Rejo Makmur. Taman Kanak-Kanak 6 Dusun Mekar Jaya.2.Namun untuk menuju ke sekolah lanjutan tersebut.