ABSTRAK

KOMPOSISI TANAH DAN PENGARUH PADA TEKNIK PERILAKU
TANAH BERBUTIR HALUS

OLEH
TONI TUNLIU
212160012

Lima puluh persen. dari tanah yang dipelajari berasal dari Amerika Serikat . Oleh karena itu,

tanah liat 50% yang diteliti adalah jenis ilit-smektit, sementara illite-klorit terdiri 15% dari total.

Untuk lempung ilit-smektit, estimasi kuantitatif dari ilit dan smektit persentase diperoleh dari

data total kalium dan retensi glikol. Kesepakatan antara kapasitas tukar kation diukur dan

dihitung stelah itu diambil sebagai bukti pendukung bahawa metode yang digunakan.

Komponen klorit pada lempung ilit-klorit adalah klorit-besi yang tinggi. stratifikasi teratur dan

acak komponen ilit dan klorit diamati. Pengaruh yang paling penting dari komposisi pada

perilaku ini adalah sensitivitas air yang sangat tinggi dari mineral pansive. Sebagian besar tanah

yang dipelajari telah menyebabkan masalah stabilitas atau perubahan volume di lapangan

yang terkandung banyak mineral. Untuk tanah dengan bentuk dari golongan mineral tunggal

atau campuran mineral yang diprediksi perilakunya dapat dibuat dengan akurasi yang tepat

dari pengetahuan tentang komposisi tanah. Dimana tanah adalah mineral interstratified atau

Kristal semen, prediksi jarang dapat dibuat dengan akurasi. Interstratification atau sementasi

biasanya menghambat sensitivitas air mineral yang luas. Fakta ini serius membatasi nilai data

komposisi tanah untukseorang insinyur

Rincian dari metode ini berdasarkan prosedur yang dijelaskan (T.-peralatan yang digunakan untuk mengidentifikasi mineral di tanah berbutir halus meliputi analisis termal diferensial. 550 ° C selama 30 menit menjadi tanah liat illite-montmorillonitic khas memberikan kuat Sebuah variabel yang disebut vermiculite. Torrence Martin. kapasitas tukar kation. Meskipun ini adalah metode yang sewenang-wenang dari perhitungan. Luasnya perjanjian diilustrasikan oleh data pada Tabel 1 di mana rata-rata persentase deviasi dari rerata kapasitas tukar dihitung dan diamati adalah ± 7%. Torrence Martin. ada satu item. ilit-smektit jika pada perlakuan panas. Glikol. Sebagai pengitungan validitas persentase mineral. William Lambe dan R.ANALISIS MINERAL A. 1956). kapasitas tukar kation yang diamati dan dihitung untuk dikurangi fraksi 74 mikron dari sejumlah besar jenis tanah ilit-montmorillonitic telah dibandingkan. Variasi ini . rasio amplitudo dari 600 ° C endotherm untuk fraksi 74 mikron dikurangi dengan yang untuk minus 2 mikron tetap digunakan. perlakuan pada lempung Illit-Smectite yaitu diberi difraksi X-ray dari gliserol diperlakukan untuk komponen montmorillonitic. persentase mineral yang diperoleh dianggap sebagai wajar estimasi kuantitatif komponen tanah liat sebagai hasil perolehannya. Method. B. Setelah kehadiran ilit dan smektit telah ditetapkan. Pengukuran Kimia dan fisika untuk membantu dalam analisis mineral kuantitatif meliputi retensi glikol. sampling. Persentase illite dihitung dari konten kalium pada asumsi bahwa ilit yang ideal mengandung 6% K20. T. 1954. yang layak komentar lebih lanjut. penentuan retensi glikol dan jumlah konten kalium pada fraksi 2 mikron dikurangi memungkinkan perhitungan persentase ilit dan smektit. karena hasil penyelidikan dibatasi. Setiap penyidik yang mempelajari tanah mengakui pentingnya sampling. Untuk menghitung persentase ilit dan smektit dalam fraksi 74 mikron dikurangi. oksida besi bebas dan bahan organik. * difraksi sinar-X dan petrografi dan mikroskop elektron. William Lambe dan R. jumlah kalium. TEKNIK PERILAKU TANAH retensi diperlukan untuk persentase illite dihitung dikurangi dari retensi glikol diukur dari tanah liat dan kelebihan di.ini dikaitkan dengan smektit.

Penukaran kapasitas untuk lempung illite smektit Rata. Sangat fre. Sampel dipilih untuk mencakup semua jenis kurva termal diferensial serta berbagai illite rasio smektit. Suhu puncak ini adalah karakteristik dari smectites nontronite dan beidellite. specimen- . Dalam rangka untuk memastikan. bentuk 600 ° C endoterm untuk nontronite dan beidellite adalah puncak dangkal yang luas. lempung ilit-smektit in vestigated hampir secara universal memberikan reaksi endotermik tentang 600 ° C. apakah 600 ° C endotherm untuk lempung ilit-smektit adalah indikasi dari komposisi komponen smektit.rata diviasi dari mean ± 7% Setelah analisis termal diferensial.Jenis tanah liat berkala ilit-smektit ditemui di mana 600 ° C endoterm sangat sempit dan mirip dengan mineral kaolin. tes-runtuhnya positif. ekstrem di puncak ketajaman untuk illite berbeda untuk rasio smectite ditampilkan. karena untuk rutin kapasitas tukar penentuan reproduktifitas ± 5% dinilai baik Tabel pengamatan dan penghitungan kation. Untuk reaksi kehilangan air hidroksil.diyakini memuaskan. difraksi sinar-X pola dari tanah liat yang memberikan tajam 600 ° C endoterm tidak menunjukkan adanya mineral kaolin. karena semua lempung yang diuji dioctahedral. enam belas sampel dikenai Greene-Kelly (1953) tes untuk identifikasi montmorillonite. jika mungkin. lithium-jenuh. Namun.

sedangkan tes negatif menunjukkan nontronite atau beidellite. .oven-kering gliserol-terlarut menegaskan bahwa tanah liat adalah montmorillonite.