ASUHAN KEBIDANAN

HYPEREMEMSIS GRAVIDARUM

Pengkajian Data
Tanggal : 27 April 20011
Jam : 09.00 WIB
A. Data Subjektif
 Identitas
Nama Ibu : Ny. “E” Nama Suami : Tn. “M”
Umur : 25 tahun Umur : 30 tahun
Suku/ Bangsa: Jawa/Indonesia Suku/ Bangsa : Jawa/Indonesia
Agama : Islam Agama : Islam
Pendidikan : SMA Pendidikan : Akademi
Pekerjaan : IRT Pekerjaan : Swasta
Alamat rumah : Jl.Raya Menganti Kedurus
8 no.4 Mojokerto

 Keluhan Utama
Ibu mengatakan mual-mual dan muntah bila selesai makan, ibu tidak berselera
makan, makan nasi 4-5 sendok, kadang hanya makan roti.

HPHT : 03 Desember 2010
HPL : 10 September 2011
 Riwayat Kehamilan Sekarang
Ibu mengatakan ini adalah kehamilan ke 2, dengan usia kehamilan 3 bulan ( 12
minggu ) .
 ANC teratur di Bidan :
TM 1 = 2 X dengan keluhan mual muntah dan pusing
 Penyuluhan yang telah didapat dari Bidan :
- Penyuluhan gizi Ibu hamil
- Penyuluhan tentang istirahat

3300 L Hidup 4 thn ya . Keluhan : -  Riwayat Kesehatan 1) Riwayat penyakit yang pernah atau sedang di derita. Lama pemakaian : 2 tahun . . .minum alcohol.Penyuluhan tentang aktivitas .dan tidak minum jamu  Riwayat Kehamilan. Persalinan dan nifas yang lalu Hamil Persalinan Anak Nifas Anak ke Peny KB Usia Jenis Pnolng Tmpt Pnyult BBL Seks Hidup Umur ASI Jns ulit 1 Aterm Spt Bidan BPS . Jenis kontrasepsi yang dipakai : KB Suntik . Suntik 2  Riwayat Menstruasi Menarche : 13 tahun Siklus menstruasi : 30 hari Lama : 5-6 hari Warna : merah kecoklatan Dismenorhea : ya Bau : anyir Fluor albus : tidak  Riwayat pemakaian kontrasepsi .Penyuluhan tentang personal hygient .Ibu tidak punya kebiasaan merokok.Obat yang didapat : vitamin dan tablet Fe .

Menikah :1x b. tahu tempe/ lauk pauk dan sayuran). Umur pertama kali menikah : 20 tahun c. tahu tempe. 2) Riwayat penyakit keluarga. sayuran). Status Perkawinan a. BAB kadang- kadang 2 x/hari. . Penyakit menurun seperti DM dan HT ataupun menahun seperti asma. BAB ± 1 x/hari kadang- kadang 2 x/hari. kadang makan roti. Saat hamil : Ibu mengatakan tidak selera makan. Minum air putih 6-7 gelas/hari. Lama menikah : 5 tahun . 2) Pola eliminasi Sebelum hamil : Ibu mengatakan BAK ± 4-5 x/hari. dan jantung dan juga tidak ada keturunan kembar.  Riwayat Bio Psikososial . Respon Keluarga terhadap keh Kehamilan : Keluarga sangat merespon kehamilan sehingga selama kehamilan ibu merasa bahagia . Ibu mengatakan dalam keluarganya tidak memiliki penyakit menular seperti TBC dan campak. Dukungan Suami dean Keluarga : Mendapat dukungan penuh dari Suami dan Keluarga  Pola kehidupan sehari-hari 1) Pola nutrisi dan cairan Sebelum hamil : Ibu mengatakan makan 2-3 x/hari (nasi. tidak rutin setiap hari. Ibu mengatakan tidak memiliki penyakit menular seperti TBC dan campak. HT. Minum air putih 4-5 gelas/hari. Saat hamil : Ibu mengatakan BAK lebih sering ± 5-6 x/hari. penyakit menurun seperti DM dan hipertensi ataupun penyakit menahun seperti asma. hipertensi dan jantung. kadang 1 x/hari (nasi.

keluarga. 5) Pola istirahat/ tidur Sebelum hamil : Ibu mengatakan tidur malam ± 6-7 jam.dan karmas 3x dalam seminggu 4) Pola aktivitas Sebelum hamil : Ibu mengatakan bekerja dan tetap melakukan aktivitas rumah tangga seperti nyapu.ganti baju tiap kali mandi Saat hamil : ibu mandi 3x sehari. . 9) Pola sosial dan budaya Selama hamil tidak ada pantangan makan atau minum tertentu dan tidak pernah minum jamu-jamuan. 6) Pola seksual/ reproduksi Sebelum hamil : Ibu mengatakan melakukan hubungan seksual ± 3-4 x/minggu. Saat hamil : Ibu mengatakan tidak pernah melakukan hubungan seksual selama hamil ini.gosok gigi 3x sehari. 8) Pola hubungan peran/ sosial Ibu mengatakan sebelum ataupun saat hamil hubungan dengan suami. masak dan nyuci.gosok gigi 3x sehari. 7) Pola spiritual dan kepercayaan Ibu mengatakan sebelum ataupun saat hamil tetap mengerjakan shalat 5 waktu dan berdoa sesuai dengan agamanya. Saat hamil : Ibu mengatakan tetap melakukan aktivitas rumah tangga biasa. tidur siang ± 1 jam.dan keramas 3x dalam seminggu. tetangga dan teman-teman tetap harmonis.3) Pola personal Hygient : Sebelum hamil : ibu mandi 2x sehari. Saat hamil : Ibu mengatakan saat hamil ini susah tidur karena kurang nyaman.

mukosa mulut lembab. B. konjungtiva tidak anemis. . tidak ada sekret. Pemeriksaan fisik khusus 1) Inspeksi Kepala : tidak ada benjolan. kulit kepala bersih. bibir agak kering. tidak terdapat gigi palsu. Telinga : simetris. Muka : tidak anemis. Pemeriksaan Fisik (Data Obyektif) a. sklera tidak ikterus. tidak ada polip. sedikit pucat. Suhu tubuh : 36. Mata : simetris. Dada : tidak ada retraksi intercostae. Denyut nadi : 78 x/menit . Hidung : simetris. jumlah gigi lengkap. tidak ada caries gigi. Pernapasan : 20 x/menit . Mulut dan gigi : simetris. tidak ada pernapasan cuping hidung. tidak ada pembesaran vena jugularis. rambut tidak rontok.4 º C 3) Tinggi badan : 157 cm Berat badan sekarang : 42 kg Berat badan sebelum hamil : 40 kg b. Pemeriksaan Umum 1) Keadaan Umum : Lemas Kesadaran : Composmentis Keadaan Emosional : Stabil 2) Tanda vital . tidak ada stomatitis. tidak ada sekret Leher : tidak ada pembesaran kelenjar tyroid. Tekanan darah : 100/70 mmHg . tidak oedema. tidak ada cloasma gravidarum.

tidak ada bekas operasi. puting susu menonjol.Distansia kristarum : 28 cm . hiperpigmentasi pada areola mamae. Ekstremitas atas : simetris. tidak ada tumor. bersih. Pemerisaan panggul luar cm . 2) Palpasi Leopold I : 2 jari di atas sympisis Leopold II : Ballotement (+) Leopold III : Belum teraba Leopold IV : Belum teraba 3) Auskultasi DJJ : Belum terdengar 4) Perkusi Reflek patella : +/+ 5) LILA : 25 CM 6) Pemerisaan panggul a. Payudara : simetris. tidak oedema. tidak ada varices. Anus : bersih. Genitalia : tidak oedema. membesar. Ekstremitas bawah : simetris.Distansia spinarum : 24 cm . Perut : terdapat strie livide. tidak ada haemorhoid. tidak ada varices. tidak ada condiloma.Ukuran lingkar panggul : 55 . tidak ada bartholinitis. tidak ada varices. tidak keluar colostrum. tidak ada oedema. terdapat linea nigra.Conjugata eksterna : 18 cm .

c. Pelaksanaan Rencana Tindakan a. d. Diagnosa kebidanan Ny.Tidak ada . Melakukan pendekatan melalui komunikasi therapeutik b. jalan lahir normal.Albumin : Tidak dilakukan . Masalah : gangguan pemenuhan nutrisi Kebutuhan : Memberikan HE tentang : a. F. Sebelum bangun dari tempat tidur usahakan miring dulu dan mencoba makan makanan ringan seperti biskuit dan teh manis. intra uteri. UK 12 minggu. asam dan pedas. Istirahat yang cukup. Identifikasi Diagnosa Dan Masalah Potensial .Janin tidak mengalami hipoksia dalam rahim E. b.Reduksi : Tidak dilakukan C. c. . K/U ibu dan janin cukup baik. D. “E” GII P10001. Identifikasi Kebutuhan Akan Tindakan Segera Atau Kolaborasi Kolaborasi dengan dokter pemberian terapi. Uji Diagnostik  Darah Hb : Belum dilakukan Hbs Ag : Tidak dilakukan  Urine . Hindari makan makanan yang merangsang yang dapat menyebabkan muntah misalnya terlalu manis. Nutrisi ibu hamil hyperemisis gravidarum yaitu makan sedikit tapi sering. Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan standart 7 T.

f. Menjelaskan pada ibu tentang makanan yang boleh diberikan semua makanan boleh dimakan asal tidak merangsang mual dan muntah h. jalan lahir normal. Memberikan penjelasan pada ibu tentang mual dan muntah adalah hal yang normal yang biasa terjadi pada kehamilan. S : Ibu mengatakan : . K/U ibu dan janin cukup baik. “E” GII P10001. Ibu mengerti penjelasan yang diberikan oleh bidan.30 WIB Diagnosa Ny. UK 12 minggu. Ibu mau melaksanakan nasehat dari petugas kesehatan. Menjelaskan kepada ibu aktivitas yang boleh dilakukan yaitu kegiatan yang tidak membahayakan/ memperburuk kondisinya g. . Memberikan tablet tambah penambah darah dan multi vitamin Buroginol supp 1x1 i. Menganjurkan kepada ibu untuk kontrol 2 minggu lagi atau sewaktu-waktu bila ada keluhan k. Menjelaskan hasil pemeriksaan pada ibu dan keluarganya untuk mengetahui kondisinya dan janin d. . Menganjurkan kepada ibu untuk makan permen untuk menambah nafsu makan dan jangan makan permen yang rasa mint tetapi makan permen yang disukai ibu. Masih mual tetapi sudah tidak muntah dan sudah tidak nyeri uluhati. e. intra uteri. O : Pemeriksaan kehamilan : Bibir : kering BB : 42 kg . G. Ibu mau makan walaupun hanya sedikit-sedikit. . Menganjurkan ibu untuk minum obat secara teratur j. Melakukan kolaborasi dengan dokter untuk memberikan terapi. c. dan ibu bisa mengulang apa yang telah disampaikan serta mengerti tentang kondisi kehamilannya. Evaluasi Tanggal : 27 April 2011 Jam 10.

UK 12 minggu.Anjurkan ibu untuk tetap makan sedikit tetapi sering.waktu juika ada keluhan.Anjurkan ibu untuk istirahat cukup. .Anjurkan untuk menghindari makan makanan yang merangsang mual seperti pedes-pedes dan terlalu asem. . . intra uteri.Anjurkan ibu untuk kontrol ulang 2 minggu lagi atau sewaktu.4 ºC Lila : 25 cm TB : 157 cm BB : sebelum hamil 40 kg UK : 12 minggu HPHT : 3 Desember 2010 A : Ny. “E” GII P10001. . TFU : 2 jari di atas syimpisis Ball : (+) DJJ : belum terdengar TD : 100/70 mmHg Nadi : 78 x/menit RR : 20 x/menit Suhu : 36. . P : . K/U ibu dan janin cukup baik.Anjurkan ibu untuk minum obat secara teratur. jalan lahir normal.