CONTOHH KOPERASI

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-
Nya, penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini dengan baik.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini
masih banyak kesalahan dan kekurangan. Namun berkat kesabaran dan ketelitian laporan ini
dapat diselesaikan. Sebelumnya penulis ingin mengucapkan kepada :

1. Ibu Nenik Diah Hartanti selaku dosen softskill ekonomi koperasi.

2. Bapak dan ibu koperasi PT. Sanyo yang telah membantu menyelesaikan laporan ini.

Semoga apa yang telah di berikan, mendapatkan balasan dari Allah SWT, sekaligus penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya tugas
laporan ini.Semoga bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, serta
penulis menerima saran dan kritik dari berbagai pihak yang bersifat
membangun agar tercapainya kesempurnaan tugas laporan ini, Akhir kata penulis
mengucapkan Terima kasih.

Depok, November 2013

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Laporan penelitian Koperasi ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat nilai dalam mata
kuliah Ekonomi Koperasi. yang melatar-belakangi dalam pembuatan laporan ini adalah:

 Memenuhi salah satu syarat nilai dalam mata kuliah Ekonomi Koperasi.

 Melaporkan hasil dari tugas-tugas yang telah dilaksanakan.

 Meneliti dan melihat secara langsung kegiatan Koperasi di Lingkungan Masyarakat.

1.2 RUANG LINGKUP

Pembatasan Ruang Lingkup penulisan Tugas Laporan ini mencangkup :

 Sejarah mengenai pembentukan Koperasi PT.Sanyo

Sanyo bergerak dalam bentuk simpan pinjam.Sanyo itu sendiri. BAB II PEMBAHASAN 2. Mitra usaha yang menguntungkan menuju anggota sejatera. Sanyo. 1. Keanggotaan koperasi PT.4 WAKTU PELAKSANAAN Teknik pengumpulan data yang dipergunakan oleh penyusun antara lain :  Observasi. Latar belakang berdirinya koprasi ini memang karena ingin membantu perekonomian anggotanya. cara pengumpulan data laporan dengan mengadakan tugas pencatatan serta penelitian secara langsung terhadap objek untuk mendapatkan data. Koperasi PT.3 MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dari pembuatan laporan ini adalah untuk kita bisa mengetahui tentang kegiatan koperasi dan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai koperasi tersebut. Sanyo yang dapat diterima menjadi anggota Koperasi PT. mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau tanya jawab langsung dengan pihak yang bersangkutan.2 KEANGGOTAN KOPERASI Pengurus sangat selektif dan hati-hati dalam menerima anggota.mandiri dan bermanfaat bagi masyarkat dan anggota. Sanyo tidak disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang tujuannya hanya untuk memanfaatkan koperasi sebagai lahan yang mudah bagi mereka. dan jual beli barang cash dan kredit. bantuan permodalan. Adapun visi dari koperasi ini adalah memberdayakan koperasi dan pengusaha kecil sebagian pelaku ekonomi yg di arahkan untuk menciptakan struktur ekonomi yang kuat. menggalang solidaritas dan toleransi antar anggota. Koperasi PT. Sanyo yaitu: . koperasi ini merupakan koperasi simpan pinjam .tangguh.dan mandiri. memenuhi kebutuhan anggota dalam hal ekonomi.1 SEJARAH Koperasi PT.maju. ikut membantu pemerintah dengan berperan membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujukan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Ketua Koperasi PT. Berdasarkan AD/ART koperasi PT. 2. memajukan dan mengembangkan unit usaha yang sifatnya bisnis.  Wawancara. Bapak Subroto Jusuf .Sanyo adalah sebuah koperasi karyawan yang beranggotakan karyawan dari PT.  Organisasi dan sistem yang bergerak dalam Koperasi tersebut. Sanyo di dirikan pada tahun 1999 dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup seluruh anggota pada khususnya dan lingkungan daerah kerja pada umumnya. Dan bisa berinteraksi langsung dengan anggota-anggota koperasi tersebut. Dan misi dari koperasi ini adalah memperkokoh gerakan ekonomi rakyat agar dapat mempercepat proses kesejahteraan rakyat. Memberdayakan koperasi agar mampu mengembangkan dirinya sendiri menjadi koperasi maju. 1.

Membayar simpanan wajib sebesar Rp. 2. 1.4 MODAL KOPERASI Modal koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman.(dua puluh lima ribu rupiah) setiap bulan 5. SHU tebagi menjadi dua macam yaitu : 1. dan dana hibah. SANYO yang berstatus karyawan tetap 2.. simpanan sukarela. Bagian (presentase) SHU untuk transaksi usaha anggota. 2. Sanyo adalah orang – orang yang terpilih terdiri dari tiga orang pengurus harian. Keluarga besar PT. tiga orang pengawas.(seratus ribu rupiah) 4.6 PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA Pembagian Sisa Hasil Usaha ( SHU ) kepada anggota telah sesuai dengan keptusan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) serta berdasarakan Anggaran Dasar Koperasi PT. Sanyo. Modal pinjaman terdiri dari anggota.000. simpanan wajib. 25.3 KEPENGURUSAN / PENGAWAS Pengurus Koperasi PT. Modal sendiri terdiri dari simpanan pokok. Sisa Hasil Usaha (SHU) adalah pendapatan Kopertasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dipotong dengan penyusutan nilai barang dan segala biaya yang dikeluarkan dalam tahun buku itu. presentasinya sebagai berikut : . tetapi juga berdasarkan perimbangan jasa usaha anggota terhadap koperasi.. 2. Sanyo telah melakukan penyempurnaan organisasi dengan cara mengangkat seorang manajer sebagai perpanjangan tangan pengurus pelaksanaan operasial harian yang didukung oleh internal control (pengendalian interen) yang di pantau secara tertib dan berkesinambungan oleh pengurus / sekretaris pengurus serta di dukung penempatan job description yang sesuai dengan keahlian masing – masing ( karyawan). Mengajukan permohonan tertulis dengan mengisi formulir permohonan keanggotaan koperasi 3. Memahami dan tidak keberatan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi 6. rumusan pembagian SHU kepada anggota dilakukan tidak semata-mata berdasarkan modal yang dimiliki seseorang dalam koperasi. Mematuhi segala peraturan dan ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh pengelola Koperasi 2. dana cadangan. SHU yang diperoleh dari usaha yang diselenggarakan khusus untuk anggota koperasi. dan tiga orang penasehat.5 PENATAAN ORGANISASI DAN SISTEM MANAJEMEN Guna lebih menyempurnakan system manajemen koperasi PT.000. Membayar simpanan pokok sebesar Rp 100.

Jual beli produk Jual beli produk dengan harga yang lebih murah dari pada di pasaran. Kegiatan-kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan semata-mata untuk manfaat bersama dan agar tidak merugikan anggota lainnya. seperti perusahaan swasta . memasarkan hasil produk barang dan lain sebagainya. arisan antar anggota koperasi.Unit usaha simpan pinjam koperasi Kegiatan yang paling banyak dilakukan dan diminati oleh masyarakat adalah peminjaman modal. Masih banyak lagi kegiatan koperasi seperti. presentasinya sebagai berikut : Presentasi Alokasi 40% Dana cadangan 20% Dana jasa simpanan anggota (mennurut perbandingan simpanannya) 15% Dana Pengurus 10% Dana kesejahteraan karyawan 5% Dana pendidikan karyawan 5% Dana pembangunan daerah kerja 5% Dana sosial Unit Usaha Koperasi Unit usaha koperasi terbagi menjadi dua bagian unit usaha : 1. BAB III PENUTUP 3. SHU yang diperoleh dari usaha yang diselenggarakan untuk umum. 2. transaksi- transaksi lain.1 KESIMPULAN Koperasi sebagai badan usaha dapat melakukan kegiatan usahanya sendiri seperti membuka usaha dan dapat juga bekerja sama dengan badan usaha lain.Presentasi Alokasi 20% Dana cadangan 30% Dana anggota menurut jasanya dalam usaha koperasi 20% Dana anggota menurut perbandingan simpanannya 10% Dana pengurus 5% Dana kesejahteraan koperasi 5% Dana pendidikan karyawan koperasi 5% Dana pembangunan daerah kerja 5% Dana sosial 2.

tolong menolong antara sesama anggota maupun non anggota. Koperasi adalah kumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama yaitu bisa membantu.maupun perusahaan negara. Apabila tidak memiliki tujuan yang sama alhasil koperasi tersebut tidak berjalan dengan lancar dan koperasi bukan sekumpulan modal. .