1. Hakikat kemerdekaan bagi suatu bangsa adalah….

A. memiliki konstitusi yang dapat mengatur kehidupan negara
B. memiliki dasar negara yang membawa kemakmuran bangsa
C. dapat menentukan sendiri tujuan bangsa tanpa tekanan bangsa lain
D. kemerdekaan untuk berbuat semua yang dikehendaki tanpa batas

2. Berikut ini yang merupakan faktor-faktor yang mendorong rakyat Indonesia
memperjuangkan kemerdekaan adalah adanya….
A. kekayaan, kebebasan, dan penderitaan
B. penindasan, kemiskinan, dan kesengsaraan
C. kebebasan, penderitaan, dan kemakmuran
D. kebodohan, kemakmuran, dan kekayaan alam

3. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Berkata jujur
(2) Makan dengan tertib
(3) Mematuhi peraturan lalu lintas
(4) Mengucap salam saat masuk rumah
Perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan ditunjukkan nomor….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

jalan. a. Alasan Pancasila dijadikan dasar negara adalah…. (3). secepatnya di Rengasdengklok. Mencintai produksi dalam negeri 2. (4). menunggu saat yang tepat di Jakarta dan tergantung negara lain d. Perhatikan pernyataan berikut! 1. (1). Rumah. A. anak-anak menjadi sakit. A. membuang sampah pada tempatnya B. Letak strategis wilayah Indonesia Faktor-faktor yang mempengaruhi keberagaman di Indonesia adalah…. (1).4. dan (4) C. dan oleh kekuatan bangsa sendiri 9. saling menolong dalam kesulitan ekonomi B. membawa air minum kemasan agar tidak repot 7. dan (3) B. Perhatikan pernyataan berikut! 1. (2). membersihkan lingkungan secara bergotong-royong D. secepatnya di Jakarta dan tergantung negara lain b. Mencintai tanah air dan bangsa . upaya yang dilakukan oleh seluruh peserta didik SMP Harapan Bangsa adalah membersihkan lingkungan sekolah dengan…. jembatan rusak. Pancasila merupakan hasil dari usulan para tokoh pendiri negara D. A. Perbedaan kondisi alam 3. Kondisi negara kepulauan 4. A. secepatnya di Jakarta dengan kekuatan bangsa sendiri c. menjadi dasar bagi bangsa Indonesia dalam berperilaku C. membersihkan lingkungan jika mau C. Banyak memiliki kekayaan alam 5. Pancasila memiliki arti lima dasar dalam kehidupan sehari-hari B. Terletak di katulistiwa 2. kesepakatan nasional yang diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia 5. dan (5) D. (2). Penyebab ketegangan golongan muda dengan golongan tua dalam menentukan proklamasi disebabkan golongan muda menginginkan proklamasi kemerdekaan dilakukan…. Di desa Sukasari pernah terjadi bencana banjir yang mengakibatkan kerugian tidak sedikit. Dalam rangka mengikuti lomba Adipura tingkat Provinsi DKI Jakarta. mengadakan rapat warga untuk musyawarah bersama 8. melaksanakan piket jika disuruh guru D. Senang membantu orang lain 3. (3). dan (5) 6. (3). saling menghormati antarwarga desa tersebut C. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat desa Sukasari untuk menumbuhkan semangat kerjasama agar tidak banjir lagi adalah….

raja 12. Mengembangkan sikap tenggang rasa 5. pelaksana kekuasaan kehakiman D. Mengubah dan menetapkan UUD 1945 3.. Mengangkat dan memberhentikan menteri Dari pernyataan tersebut. DPR . ditunjukkan nomor…. A. 1.... A... MPR B. 1 dan 2 B.. 2 dan 4 13. Di sekolah setiap hari Jumat diadakan Jumat bersih. Sekolah yang bersih dan nyaman terwujud. BPK D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan D. Setiap tahun Presiden membuat Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) yang harus mendapat persetujuan dari . hukum D. 3 dan 5 10.... Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 11.. 1.. Semua siswa bersemangat mengisi kegiatan tersebut dengan membersihkan kelas. Kemnausiaan yang adil dan beradab B. Perhatikan pernyataan berikut! 1. MA C.. negara B. dan kamar mandi. 4. sebagai lembaga tinggi negara B. A. merupakan lembaga eksekutif negara C. A. sebagai kepala pemerintahan 14. Kegiatan tersebut merupakan pengamalan sila ... 1 dan 3 C. Persatuan Indonesia C.. Melantik presiden dan/atau wakil presiden 4. Bergaul tanpa membedakan suku dan agama Dari pernyataan tersebut perilaku yang sesuai nilai Pancasila sila ketiga. Memeriksa pengelolaan keuangan negara 2. A. rakyat C. 2 dan 3 B. Semua dilakukan bersama-sama oleh siswa dan guru dengan riang gembira. A. 2 dan 4 C. 1. 2 dan 3 D. Peran MPR dalam ketatanegaraan Republik Indonesia adalah . taman. Kekuasaan tertinggi dalam suatu negara berada di tangan rakyat disebut dengan kedaulatan . 3 dan 5 D. 2. Pekerjaan yang terlihat berat jika dilakukan bersama ternyata cepat selesai.. yang merupakan wewenang MPR ditunjukkan nomor .

.2. 5. Perhatikan jenis peraturan perundang-undangan berikut ! (1) Undang-Undang/Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang (2) Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (4) Peraturan Pemerintah (PP) (5) Peraturan Presiden (Perpres) (6) Peraturan Daerah Provinsi (Perda Provinsi) (7) Peraturan Daerah Kota/Kabupaten (Perda Kota/Kabupaten) Berdasarkan pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011... 4. 1. 1. 2 dan 1 16.4. A. jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan yang tepat adalah . 5 dan 6 C. 7... A. dosa B. Perbuatan pengusaha tersebut merupakan pelanggaran hukum dengan sanksi berupa . 7. 1. 6 dan 7 D.. 3.. 4. 1. 6. 2. A. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Kakak kelas mengintimidasi adik kelas .. 6 dan 7 B. 2. 2.15.. dan 5 D. dikucilkan C. 5. 2. 3. 1. 4. 3. 3. 3.3. 4. hukuman penjara D. arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat ditunjukkan pada nomor . 5. dan 4 C. 1. dan 3 B. Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Kehidupan menjadi tertib (2) Berkembangnya budaya lokal (3) Kehidupan menjadi damai (4) Mudah memperoleh pekerjaan (5) Terbentuknya masyarakat yang adil dan makmur Dari pernyataan tersebut. dan 5 18. dicemooh 17.. Seorang pengusaha melakukan manipulasi pajak dan bekerja sama dengan salah satu oknum petugas pajak untuk mengurangi jumlah tagihan pajak yang seharusnya.

berkumpul.. mengeluarkan pikiran dengan lisan. pekerjaan dan penghidupan yang layak 20. Kemerdekaan berserikat. Penegakkan hak asasi manusia di Indonesia . 1 dan 2 b. a. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. tulisan. Kasus kekerasan pada anak banyak terjadi saat ini memerlukan perhatian dan penanganan serius. A. yang mengamanatkan jaminan …. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi maraknya pelanggaran tersebut adalah….. Hal ini sesuai UUD 1945 pasal 28. pengembangan nilai kebudayaan B. Menjamin pelaksanaan hukum B. Pengawasan terhadap aparat hukum C. A. (2) Kekerasan dalam rumah tangga (3) Memberikan santunan kepada anak yatim (4) Membantu nenek menyeberang jalan Dari pernyataan tersebut yang merupakan pelanggaran hak asasi manusia ditunjukkan pada nomor . perlindungan hukum dan pemerintahan D... Pengawasan peradilan di Indonesia D. dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang. 3 dan 4 19. hak asasi manusia dalam bidang politik C.