Modifikasi Karburator untuk Putaran Idle pada Konverter Kit LPG

Karburator pada Konverter Kit LPG mempunyai saluran gas dan mekanisme tersendiri untuk
mensuplai udara dan gas LPG pada saat Putaran Idle, hampir mirip seperti pada Karburator
Bensin. Pada modifikasi Karburator untuk putaran idle ini saya memanfaatkan salah
satu saluran (udara dan atau bensin) untuk idle yang sudah ada menjadi saluran untuk gas
LPG.

Karburator LPG hasil Modifikasi

Idle pada Karburator Bensin
Untuk putaran Idle pada Karburator yang menggunakan bensin, udara masuk melalui lubang
khusus yaitu lubang kecil tepat dimulut karburator yang berhubungan dengan filter udara.
Tidak melalui lubang utama (venturi) Karburator, lihat gambar 1. Sedangkan bensin masuk
melalui spuyer pilot jet.

Karburator Venturi Meter (VM)

. Ukuran lubang pilot jet tidak dapat diubah (tetap). 2. Banyaknya udara yang masuk ditentukan oleh Baut Seting Idle. Jadi untuk putaran Idle diset dengan mengatur banyaknya udara yang masuk pada Karburator Venturi dan mengatur banyaknya campuran udara dan gas pada Karburator Vakum. umumnya Baut Seting Idle mengatur jumlah campuran UDARA dan BENSIN yang masuk. PENTING! Pada Karburator Bensin 1.  Pada Karburator dengan skep vakum (CV/Constant Velocity). Baut Seting Idle mangatur jumlah UDARA yang masuk. 3. Lihat gambar 2. jadi bisa diubah. Karburator Constan Velocity (CV)  Pada Karburator dengan skep manual (VM/Venturi Meter). Banyaknya bensin yang masuk ditentukan oleh besarnya ukuran diameter lubang pada pilot jet.

Lubang udara untuk putaran Idle Gambar 2. lihat gambar 3. Lihat gambar 3. Pilot Jet pada Karburator (sumber: Cyclepedia. udara masuk melalui lubang utama Karburator yang melewati venturi yaitu lubang yang dibentuk oleh skep. Gambar 1. Banyaknya gas LPG yang masuk ditentukan oleh Baut Seting Idle. Banyaknya udara yang masuk ditentukan oleh Posisi Skep. Ukuran venturi ini berubah- ubah sesuai posisi skep. Baut Skep dan baut Idle . jadi bisa diubah. jadi bisa diubah. Jadi untuk putaran Idle diset dengan mengatur Baut Seting Idle dan Posisi Skep.com) Idle pada Karburator LPG Untuk putaran Idle pada Karburator LPG. 3. Sedangkan gas LPG masuk melalui lubang khusus dan dapat diatur jumlahnya oleh Baut Seting Idle. 2. PENTING! Pada Karburator LPG 1.

Posisi Baut Seting Idle dan Skep Gambar 4. Skema Karburator LPG Gambar 5. Tutup lubang Pilot Jet dengan Lem Modifikasi Karburator Bensin menjadi Karburator LPG untuk Putaran Idle . Gambar 3.

2. Udara masuk melalui venturi yang yang dibentuk oleh posisi skep. Tutup Saluran udara untuk Idle (gambar 1) dengan lem (lihat label B gambar 6 dan gambar 7) 7.Berikut ini saya sampaikan cara memodifikasi Karburator Venturi menjadi Karburator LPG. Lihat gambar 6 label C. 4. 5. Untuk jalur masuk gas LPG kita modifikasi jalur bekas Saluran udara untuk Idle (gambar 1) dijadikan Saluran masuk gas LPG. gunakan mata bor ukuran 2. Lihat label B pada gambar 4. Pasang naple (gambar 4 label B) untuk selang pada Saluran udara untuk idle (lihat gambar 1). Maka perlu jalur alternatif agar tidak menghalangi saat memasang filter udara. Perhatikan Skema Karburator LPG pada gambar 4 di atas. Pilot jet dikeluarkan karena tidak digunakan lagi. Kalau kita memasang naple selang seperti pada gambar 4 label B itu akan menghalangi pemasangan filter udara. Untuk membuat jalur alternatif seperti gambar 8.5 mm kemudian tutup kembali dengan lem. Baut Seting Idle sekarang digunakan untuk mengatur jumlah gas LPG pada putaran Idle (gambar 3). Tutup lubang pilot jet dengan lem Araldit atau Plastik Steel (lihat gambar 4 label A dan gambar 5). 1. 8. Jalur alternatif masuk gas LPG untuk Putaran Idle . 3. Besarnya celah venturi untuk Idle diatur dengan memutar Baut Seting Skep (gambar 3). SELESAI Gambar 6. 6. Saya sarankan gunakan Karburator Venturi second atau bekas yang penting skepnya masih bisa dipakai.

Jalur alternatif gas LPG untuk Putaran Idle . Gambar 7. Menutup lubang Idel dengan lem Gambar 8.