Mengatur Putaran Load Running pada Sepeda Motor LPG

Putaran Load Running adalah ketika mesin mulai berjalan dengan beban. Beban itu adalah
berat motor itu sendiri ditambah pengendara atau penumpangnya. Load running dimulai dari
tarikan awal sampai putaran tertingginya atau red line. Putaran load running diatur oleh:

1. main jet yaitu Jarum skep dan Needle jet
2. Tekanan Regulator (HP).

Pengaturan jarum skep dan tekanan LPG yang tepat menghasilkan tarikan awal yang bagus
dan bisa mencapai putaran tertinggi atau red line. Red line untuk tiap jenis motor berbeda-
beda, dan dibatasi oleh CDInya.

Ciri pengaturan load running yang tepat pada
sepeda motor LPG
Sebelum kita melakukan pengaturan jarum skep dan tekanan regulator pada saat pertama kali
instalasi Konverter Kit LPG, kita harus tahu dulu tujuan dan ciri-ciri bahwa pengaturan jarum
skep dan tekanan regulator sudah tepat atau benar. Sehingga kita tahu bahwa putaran load
running mesin sudah optimal dan nyaman saat digunakan. Diantara ciri-ciri yang paling
penting adalah:

1. Tarikan awal responsif, bertenaga dan tidak tersendat
2. Pada putaran rendah (pelan), menengah ataupun tinggi mesin bertenaga dan tidak
tersendat (brebet)

Urutan pengaturan putaran load running
Sebelum melakukan penganturan Putaran Load Running pada Karburator LPG pada
saat pertama kali instalasi Konverter Kit, WAJIB melakukan pengaturan Putaran Idle dulu
sampai dapat putaran yang stabil. Lihat postingan sebelumnya Mengatur Putaran Idle pada
Sepeda Motor LPG. Kalau sudah dapat putaran idle-nya jaga posisi akhir baut skep (lihat
gambar 2), jangan sampai terputar/berubah. Kemudian lakukan sesuai dengan urutan sebagai
berikut::

1. Seting jarum skep sebelum karburator dipasang pada sepeda motor.
2. Seting jarum skep saat mesin idle.
3. Seting tarikan awal saat load idle (tanpa beban)
4. Seting putaran tinggi saat load idle
5. Seting tarikan awal saat load running (dengan beban)
6. Seting putaran tinggi saat load running

Ring ini digunakan untuk sedikit menaikkan jarum skep. Caranya dibor dulu baru digunting. Pasang clip (C) pada celah terbawah jarum skep (A). 4.. Cabut satu buah ring tipis (B). Ring ini digunakan untuk mendorong jarum skep ke arah skep. Kawat grip jangan dulu dipasang. Jika terasa bocor . Buat celah clip yang baru di bawah celah clip terbawah yang sudah ada. Lihat gambar 1 bagian B. Lihat gambar 2. Masukkan 5 buah ring tipis (B) dibawah clip (C). Jika ring tipis sudah habis (5 buah). Jika terasa tertutup. 7. Bahannya bisa gunakan kaleng bekas minuman ringan. 10. pindahkah clip ke celah clip yang lebih tinggi dan 5 buah ring tipis dipasang kembali di bawah clip. 14. Bongkar kembali jarum skep dari skep-nya. 12. Usahakan pas dengan jarum skep jangan terlalu besar/longgar.(F). Lihat gambar 3. 11. Buat 5 buah ring kecil tipis dengan lubang sebesar diameter jarum skep. Pasang jarum skep (A) pada skep (E) kemudian ke karburator. Pasang ring (D) sebelum memasang pegas. Tiup manual (dengan mulut) bagian main jet (gambar 2) dengan kuat. 8. Gambar 1. sehingga jarum skep tidak goyang. lanjutkan kelangkah no 11. Kemudian pasang penutup karbu (G). Bongkar kembali jarum skep dari skep-nya. Jika terasa tertutup SELESAI !!! . 6. Lihat gambar 1 bagian D. Perlengkapan Skep dan Jarum Skep Pengaturan ke 1 Seting jarum skep sebelum karburator dipasang pada sepeda motor 1. Jika terasa bocor kembali kelangkah 11. 9. Lihat gambar 3. 3. Buat sedikit "coakan" dibagian sisi luar untuk celah kawat grip. Kemudian pasang kembali pada skep dan karbu. Kembali kelangkah no 3. Cari atau buat ring dengan diameter luar lebih besar sedikit dari diameter pegas (F) dan diameter dalam lebih kecil dari diameter clip (C). Urutan pemasangan seperti terlihat pada gambar 1. 2. 5. lanjutkan kelangkah no 10. Tiup manual (dengan mulut) bagian main jet (gambar 2) dengan kuat. 13.

Selang ke main jet dilepas dan ditutup. . bisa juga selang ke main jet dipasang tapi sebelumnya gunakan keran gas dgn posisi tertutup. Pasang karburator yang sudah diseting (pengaturan ke 1) pada sepeda motor dengan susunan seperti pada gambar 4. gunakan standar dua atau tengah. Jarum skep Pengaturan ke 2 Seting jarum skep saat mesin idle 1. Pengaturan Jarum skep Gambar 3. Gambar 2. Hidupkan mesin. Jangan menarik hand grip selama pengaturan ke 2 ini. 2. biarkan beberapa menit sampai mesin agak panas dan putaran idle stabil.

kembali lakukan ulang dari langkah ke 1. Hidupkan mesin. tutup keran gas dari regulator. Tarik grip (gas) sedikit saja. Lepaskan satu ring tipis (gambar 1 bagian B). Baut pengatur idle Pengaturan ke 3 Seting tarikan awal saat load idle (tanpa beban) 1. Jika mesin tetap hidup. Skema kit untuk seting jarum skep Gambar 5. Jika mesin menjadi mati. gunakan standar dua atau tengah. 3. agar skep terangkat sedikit kira-kira 1 mm. 4. 5. Kalau menggunakan keran gas tinggal buka pelan-pelan. Lihat gambar 5 6. lakukan seting putaran idle dengan mengatur baut idle dan baut skep. Dalam keadaan mesin hidup (idle). 2. SELESAI !!! Gambar 4. . Lihat gambar 4. lepaskan penutup selang main jet dan pasang pelan-pelan pada main jet. biarkan beberapa menit sampai mesin agak panas dan putaran idle stabil.

Coba mulai jalan di jalan menanjak. 7. 2. tambah sedikit tekanan gas dari regulator 1 kira-kira 2 mm putaran. 3. Hidupkan mesin. 9. kembali kelangkah 6. Jika putaran mesin tersendat. 5. 2. kemungkinan tekanan gas terlalu kuat. lanjutkan kelangkah 6. lepaskan standar dan naiki motornya. Coba mulai jalan di jalan datar. Jika mesin jadi mati. agar skep terangkat sedikit kira-kira 1 mm 8. kemungkinan tekanan gas kurang. Jika tidak longgar lanjutkan kelangkah 6. SELESAI !!! Pengaturan ke 4 Seting putaran tinggi saat load idle 1. SELESAI !!! Pengaturan ke 6 Seting putaran tinggi saat load running 1. Periksa dan perbaiki dengan menambah ring tipis diatas clip sampai tidak longgar lagi. rasakan tarikannya. kurangi tekanan dari regulator 1 dan coba lagi. 4. tambah tekanan dari regulator 1 dan coba lagi. 3. Hidupkan mesin. Tarik grip (gas) sedikit saja. gunakan standar dua atau tengah. Tarik grip (gas) pelan-pelan sampai sepeda motor maju. Periksa apakah jarum skep longgar arah vertikal atau ada "speleng" terhadap skep-nya? Jika longgar lanjutkan kelangkah 5. 3. biarkan beberapa menit sampai mesin agak panas dan putaran idle stabil. Jika putaran mesin masih tersendat. 6. SELESAI !!! Pengaturan ke 5 Seting tarikan awal saat load running (dengan beban) 1. Kembali kelangkah 2 4. lepaskan standar dan naiki motornya. Tambah sedikit tekanan gas dari regulator 1 kira-kira 2 mm putaran. Atur regulator 1 sampai dapat tarikan yang bagus. 5. . Jika putaran mesin tersendat-sendat. Jika putaran mesin bertambah tanpa ada jeda. biarkan beberapa menit sampai mesin agak panas dan putaran idle stabil. 4. Lanjutkan kelangkah 7. Tarik grip (gas) diurut sampai kira-kira 1/4 bukaan skep dan tahan. Jika putaran mesin tersendat. 6. Hidupkan mesin.

Hati-hati !!! 3. Jika anda dapatkat kecepatan tertinggi sama dengan kecepatan ketika menggunakan bensin berarti SELESAI !!! 4. Jangan menambah lagi tekanan dari regulator 1.2. . Tarik grip (gas) pelan-pelan sampai sepeda motor maju/jalan. Jika anda dapatkan kecepatan tertinggi dibawah kecepatan ketika menggunakan bensin berarti karburator kekurangan debit/suplai gas LPG dari regulator 1. Jalan terus sampai dapatkan kecepatan tertinggi.

Related Interests