Modifikasi Karburator untuk Konverter Kit Sepeda Motor LPG

Bagian Utama dari sebuah Konverter Kit LPG terdiri dari Regulator, Keran (atau Vacumm
Valve) dan Mixer/Karburator/Injektor. Regulator dan Fuel-LockOff sudah saya jelaskan pada
artikel sebelumnya, sekarang tinggal membahas bagian terakhir yaitu Mixer atau
"Karburator". Tanpa memperdebatkan istilah Mixer dan Karburator, saya akan menyebutnya
Karburator saja.

Tujuan Modifikasi Karburator untuk
Konverter Kit LPG
Tujuan dari Modifikasi ini adalah mengubah Karburator Bensin agar bisa digunakan sebagai
Karburator gas LPG. Dua point penting pada Modifikasi adalah pertama penyediakan saluran
masuk untuk udara dan gas LPG pada putaran Idle dan kedua pada putaran Load Running.

Fungsi Karburator pada Konverter Kit
Untuk menghidupkan mesin sepeda motor diperlukan campuran udara dan gas (AFR) dalam
jumlah dan perbandingan tertentu agar terjadi pembakaran yang sempurna sehingga
menghasilkan tenaga yang efisien. Jika terlalu rich (terlalu banyak gas) akan menjadi boros
dalam penggunaan gas, dan sebaliknya jika terlalu lean (kekurangan gas) mesin akan
kehilangan tenaga dan mesin menjadi terlalu panas. Secara teori perbandingan udara dan gas
ini harus tetap pada setiap rpm, pada saat putaran mesin lambat ataupun cepat.

Pada saat kita menaikkan kecepatan (menambah rpm) yang kita tambah adalah jumlah udara
dan gas (keduanya), bukan merubah perbandingan udara dan gas. Untuk men-supply udara
dan gas ini menjadi tugas dari Karburator/Mixer.

PENTING,
Mesin sepeda motor pada setiap rpm-nya memerlukan campuran udara dan gas dalam
JUMLAH tertentu dan dengan PERBANDINGAN tententu.

Modifkasi bagian Karburator adalah BAGIAN TERSULIT yang saya rasakan pada semua
proses pembuatan Konverter Kit LPG, karena sifat gas LPG yang berbeda dengan sifat
Bensin (gas dan cair). Kesulitan terdapat pada pengaturan jumlah gas LPG yang masuk ke
Karburator baik untuk putaran Idle ataupun untuk Load Running. Karena LPG berwujud gas,
bercampur dengan udara jadi lebih baik tapi penambahan atau pengurangan gas LPG sedikit
saja mempunyai pengaruh yang besar pada putaran mesin.

Gambar 1. Skema Dasar Mixer atau Karburator LPG Pada tipe venturi tetap.. Pada sistem Injeksi gas LPG di-injeksi- kan/disuntikkan ke dalam aliran udara melalui solenoida yang dioperasikan dan dikontrol secara elektrik. Pada Karburator gas dihisap oleh tekanan vakum yag dibentuk oleh Venturi. diujung karburator dilengkapi dengan katup udara berbentuk kupu- kupu yang disebut sebagai throttle valve (katup gas). Pipa ini berbentuk venturi. Bentuk ini menyebabkan kecepatan aliran udara meningkat ketika melewati bagian yang sempit kemudian terjadi ekspansi ketika melewati bagian yang lebar. yaitu semacam cakram yang dapat . yaitu dari satu ujung permukaannya lebar lalu menyempit dibagian tengah kemudian melebar lagi di ujung satunya. Gambar 2. Karburator pada dasarnya merupakan pipa terbuka dikedua ujungnya. ini menyebabkan tekanan menurun. Karburator LPG hasil Modifikasi Memahami Cara Kerja Karburator gas LPG Bagaimanakah cara masuk gas LPG ke sebuah ruang bakar? Gas LPG bisa masuk pada ruang bakar dapat dengan dua cara yaitu: DITIUPKAN / DI-INJEKSI dan DIHISAP / DISEDOT oleh tekanan vakum dari mesin itu sendiri. Saya hanya akan membahas cara kedua yaitu dihisap melalui Karburator. dalam pipa ini udara bergerak menuju intake mainfold menuju kedalam mesin/ruang bakar.

Tekanan rendah dari udara yang bergerak dalam venturi menarik bahan bakar gas dari spuyer atau nozle sehingga bahan bakar gas ini tersembur dan ikut aliran udara. Mengatur besarnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar 2. maka kondisi ideal diatas mudah dilakukan. putaran mesin yang sangat beragam. . Pedal gas. yang kemudian bercampur dengan udara. 3. Banyaknya campuran udara/bahan bakar inilah yang menentukan besar tenaga dan/atau kecepatan gerak mesin. Mencampur aliran udara dan bahan bakar dengan rata dan sempurna Karena LPG berwujud gas seperti udara. Operasional Karburator setelah Modifikasi (sumber : wikipedia) Setelah Modifikasi. venturi melebar yang menyebabkan udara yang masuk lebih banyak dan cepat sehingga tekanan vakum meningkat pula. Karburator LPG harus mampu: 1. grip gas dihubungkan langsung dengan katup ini melalui kabel. Saluran-saluran ini disebut jet. karena karburator harus beroperasi dalam temperatur. Suplai gas pada saat Idle atau Langsam Pada saat Idle skep dibuka sedikit dari posisi tertutup penuh. Juga karburator harus tetap mampu memproduksi campuran udara dan gas LPG yang tepat dalam kondisi apapun.berputar untuk menutup dan membuka pergerakan aliran udara sehingga dapat mengatur banyaknya campuran udara/bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar. tekanan udara. ada bagian venturi yang memiliki tekanan lebih rendah yaitu bagian yang tepat dibawah skep. atau pada sepeda motor. Menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang tepat sesuai dengan aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga rasio bahan bakar/udara tetap terjaga. Pedal atau grip gas dihubungkan dengan piston (skep) yang mengatur celah sempit dalam venturi Bahan bakar gas disemburkan kepada aliran udara melalui saluran-saluran kecil yang terdapat dalam ruang sempit dalam venturi. Suplai gas pada saat Load Running Pada saat Load Running skep diangkat oleh grip gas. Namun pada tipe venturi bergerak. Pada bagian ini (di depan sedikit dari skep) karburator menyediakan jet yang men-suplai bahan bakar gas untuk dicampurkan dengan udara. Tekana vakum ini menghisap gas LPG dari jet yang dipasang tepat dibawah skep. keberadaan katup ini tidak ditemukan karena yang mengatur besarnya aliran udara/bahan bakar adalah ukuran venturi itu sendiri yang dapat berubah-ubah.

Start dalam keadaan panas 3. Saya tidak menyarankan penggunaan Sepeda Motor hasil Konversi ini untuk penggunaan sehari-hari. Kecepatan stabil dengan gas sebagian terbuka dalam jangka waktu yang lama 7. Karburator juga harus mampu menekan jumlah emisi kendaraan Gambar 3. Start mesin dalam keadaan dingin 2. Idle / langsam atau berjalan pada putaran rendah 4. Karburator hasil Modifikasi terpasang di Sepeda Motor Gambar 4. Akselarasi ketika tiba-tiba membuka gas 5. Segala resiko menjadi tanggung jawab masing-masing. Mixer (Injektor LPG) PERHATIAN! Pembuatan KONVERTER KIT LPG ini hanya ditujukan untuk percobaan saja. . Kecepatan tinggi dengan gas terbuka penuh 6.Karburator LPG harus mampu beroperasi dalam keadaan: 1.