RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP. )

SD : ............................
Mata Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas / Semester : V / 2 ( genap)
Alokasi Waktu : ..........

Kompetensi Inti : 1. Menerima,menghargai,dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya (RELIGIUS).
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan
guru (SOSIAL).
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptuan
dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar,
melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain (KOGNITIF).
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas , logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia (PSIKOMOTOR).

Kompetensi Dasar : 1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa Bahasa dan aksara Bali yang diakui sebagai
asset budaya, untuk memperoleh ilmu
pengetahuan.
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
terhadap makanan dan rantai makanan serta
kesehatan melalui pemanfaatan bahasa dan aksara
Bali sebagai asset budaya.
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan proses kehidupan bangsa, budaya, dan
lingkungan alam.
2.2 Memiliki prilaku jujur dan disiplin melalui
pemanfaatan bahasa dan aksara Bali sebagai asset
budaya dalam kehidupan sehari-hari.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur serta
bertanggung jawab dan disiplin dengan
memperhatikan santun berbahasa Bali.
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa
cinta tanah air serta kehidupan berbangsa dan

dan sastra bali sebagai aset budaya untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan memahami kehidupan berbangsa dan kehidupan alam Bali.1. aksara.1. tanggung jawab.serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa dan aksara Bali lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 2. Mencari arti kata dalam syair ( wewangsalan ) yang ada dalam teks.2.4.kesehatan manusia. 3.5. Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan sastra dan budaya Bali melalui pemanfaatan bahasa dan aksara Bali sebagai asset Budaya.1. bernegara melalui pemanfaatan bahasa dan aksara Bali sebagai asset Budaya. dan lingkungan alam. Menemukan makna syair ( cecimpedan ) yang ada dalam teks.1.1.1 Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin dengan memperhatikan santun berbahasa Bali. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa. mengolah.4 Mengamati.1 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan sastra dan budaya Bali melalui pemanfaatan bahasa dan aksara Bali sebagai aset Budaya 3. budaya. 3. dan rasa cinta tanah air serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa dan aksara Bali sebagai aset Budaya.2..4.5.2.3. 2. Memiliki rasa peduli dan tanggung jawab serta berprilaku jujur.4.1 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk melestarikan budaya dan bahasa aksara dan sastra Bali 2. dan disiplin dalam memanfaatkan bahasa dan sastra bali sebagai aset budaya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator : 1. 1. keseimbangan ekosistem. Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang peristiwa kehidupan sehari-hari dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa dan aksara Bali lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 4. .1 Memiliki kepedulian. Meresapi makna anugrah Tuhan berupa bahasa.1. 2. 2. 2. dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan.4.

2.4.6.4. Materi Pembelajaran : Teks wewangsalan IV.5. Metode Pembelajaran : Ceramah.1.3.4. 4. Memahami tentang pantun ( peparikan/wewangsalan)yang ada dalam teks 3. ~ Guru menjelaskan manfaat dari pelajaran yang akan dipelajari dan memberikan motifasi untuk tetap bersemangat dan selalu memanamkan sikap . Menemukan makna pantun ( wewangsalan/peparikan ) dalam teks. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran : a. Tujuan Pembelajaran : * Dapat membaca wewangsalan * Dapat memahami arti wewangsalan * Dapat membuat contoh wewangsalan II. 3. Mencari arti/arti kata dalam pantun ( Cecimpedan)yang ada dalam teks 3.4. Materi Pokok : Wewangsalan III. Menulis pantun ( peparikan )wewangsalan ) dengan bahasa Bali. Pertemuan Pertama I. Basita Paribasa Bali VIII. 3. 4.4. Tanya Jawab dan Pendekatan model CTL VI. Menulis syair ( cecimpedan ) dengan bahasa Bali. Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit V. Sumber Pembelajaran : Buku Bahasa Bali kelas . Media Pembelajaran : Teks wewangsalan VII. Kegiatan Awal : 10 Menit. Membaca teks syair ( cecimpedan ) yang ada pada teks. ~ Guru menjelaskan tentang pengelolaan kelas dan kegiatan pembelajaran.4.4.. * Salam Panganjali ”Om Swastyastu ” * Absensi Siswa * Orientasi Siswa ~ Melihat buku/ teks * Apersepsi materi : ~ Guru menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pelajaran ~ Guru menanyakan kepada siswa apakah pernah mendengar atau membaca wewangsalan ~ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

2. Tampil ke depan untuk membacakan wewangsalan ini.Coba si……….....Matalin radio artine. 4.. Kegiatan Akhir : 25 Menit ~ Guru mengajak siswa membuat contoh wewangsalan dan mencari arti wewangsalan..Madamar di langit n api artine.. Portofolio Tugas: Setiap peserta didik diminta untuk menulis/ menyampaikan isi teks drama/percakapan secara singkat.Matanah pasih artine... Tes Lisan/Tes tertulis: Guru memberikan soal-soal tentang wewangsalan Butir Instrumen: 1.Anak-anak siapa diantara kalian yang mau membaca wewangsalan ke depan kelas? 2.. Majoan pancing artine.. 1.. ~ Tindak lanjut berupa penugasan dan tes lisan. Penilaian : ~ Teknik : Tugas..... Bentuk Instrumen :Uraian Singkat Butir Instrumen : 1... * Siswa membaca teks dan mencari arti wewangsalan * Siswa menanyakan kepada pendidik tentang arti wewangsalan... Nganten 4... Observasi....... b.Majempong bebek artine. dan menghargai pendapat orang lain. Males 3. ~ Memberi motifasi dan umpan balik. disiplin..... Bulan-bulanan.. c.. Tes Lisan/Tes tertulis......... 5.. ~ Doa Penutup Paramasanti ” Om Santih-Santih-Santih Om” IX.. Kegiatan Inti : 35 Menit * Siswa menyimak paparan guru tentang unsur-unsur karya sastra wewangsalan..... patuh. Kunci Jawaban... Ngambul... taat... 2.. . 3.

..... Kreatifitas dan inovasi = 100 4.. 5. 1.... Kerapian laporan = 100 Nilai Skor = Skor 1 + Skor 2 + Skor 3 + Skor 4 = Nilai Max ( 100 ) 4 Mengetahui Denpasar...Penilaian diberikan berupa reward saat menjawab seperti tepuk tangan........ Penilaian tulisan siswa dengan ketentuan skor : a. ( ...... Disesuaikan dengan kemampuan siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru..Komponen tugas : 1............ Tulisan rapi. 2....... Tulisan rapi.... Pedoman Penskoran : 1. acungan jempol dan kata-kata yang memotivasi....... Jawaban benar nilai skor max 100 Nilai = Skor 1 + Skor = Nilai Max ( 100 ). . Kepala Sekolah....Komponen Portopolio: Skor Maksimum perolehan nilai 100 dengan aspek penilaian sebagai berikut..kotor dan tidak benar skor = C ( 65 ) 2 Komponen Tes Tulis: Skor maksimum perolehan nilai adalah 100... 2 3.... 2. masing- masing item soal nilai skor maksimal 20.......Nilai Observasi : Penilaian diberikan lebih mengacu pada penilaian sikap dan karakter.......... Guru Bidang Studi.. tapi benar skor = B ( 75 ) c.. kotor......... 4....bersih dan benar skor = A ( 95 ) b....... Biasa Observasi: Guru mengamati prilaku siswa dalam proses pembelajaran Portofolio : Guru meminta peserta didik untuk membuat membaca dan membuat wewangsalan X.... Tulisan kurang rapi.. Jawaban kerapian tulisan nilai skor max 100.. Kelengkapan laporan = 100 2... ) ( ...) .. Ketepatan waktu = 100 3.... 1.......