BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Ubi-ubian cukup terkenal di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Hampir

di setiap kebun terdapat tanaman ubi. Ubi termasuk tanaman umbi-umbian.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari tanaman ubi. Banyak yang membuat

berbagai variasi makanan dengan bahan ubi. Daun dari tanaman ubi pun dapat

dijadikan sayur yang cukup lezat dan disukai masyarakat. Salah satu jenis ubi

yang sering digunakan adalah ubi jalar.

Ubi jalar sering digunakan untuk membuat timus, gethuk, kolak ubi, dan

berbagai macam makanan lain. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang

manis menambah nikmat ubi jalar. Harganya yang terjangkau memudahkan

masyarakat untuk mendapatkan ubi jalar. Selain itu ubi jalar juga memiliki

kandungan karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes dengan kandungan

gula (glukosa) yang rendah.

Donat adalah salah satu makanan olahan yang bisa dibuat dari ubi jalar

dan sangat terkenal di semua kalangan baik anak-anak sampai ke orang tua.

Bentuknya yang bulat dengan lubang ditengahnya membuat kesan donat

adalah makanan yang lucu dan enak. Tetapi para lansia terutama penderita

diabetes harus membatasi pengonsumsian donat tersebut, karena kadar

1

glukosa yang tinggi. Dengan menggunakan ubi jalar sebagai bahan alternatif

pembuat donat maka kami berusaha untuk membantu para penderita diabetes

untuk tetap mengkonsumsi donat tersebut. Alasan itulah kami mencoba untuk

memanfaatkan ubi jalar agar menjadi makanan yang lezat, bergizi dan disukai

masyarakat. Maka kami memilih donat ubi jalar.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana cara pembuatan donat-tellobie?

2. Bagaimana metode pelaksanaan bisnis donat-tellobie?

3. Bagaimana perhitungan ekonomi dari donat-tellobie?

C. TUJUAN

1. Agar dapat mengetahui cara pembuatan donat-tellobie.

2. Agar dapat mengetahui metode pelaksanaan dari bisnis donat-tellobie.

3. Agar dapat mengetahui perhitungan ekonomi dari donat-tellobie.

D. MANFAAT

1. Siswa

a. Menambah kreativitas.

b. Menambah penghasilan sehingga meringankan beban orang tua.

c. Belajar untuk berbisnis.

2

d. Dapat menjadi tambahan materi dalam bidang wirausaha. 3. Menerapkan secara langsung pelajaran kewirausahaan yang biasanya diajarkan oleh guru di sekolah kejuruan. Masyarakat/wirausahawan. Siswa dapat belajar berwirausaha. 3 . Berusaha untuk membuat inovasi yang baru dan belajar untuk berbisnis. b. Dapat membuat lapangan pekerjaan baru. d. Sebagai inovasi pengolahan makanan. 2. a. Sekolah a. Menambah referensi untuk membuat bisnis. b. c.

digoreng ataudibakar. Di Afrika. Ubi Jalar Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L. Ubi jalar memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Hanya sebagian daerah di Indonesia ubi jalar digunakan sebagai bagian dari makanan pokok yang diolah dengan cara dikukus. 4 .wikipedia. bola-bola ubi. umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Citra ubi jalar sebagai salah satu pilihan sumber karbohidrat belum begitu populer di kalangan atas. karena sejak puluhan tahun yang lalu mereka sudah mengonsumsi umbi-umbian itu. kripik dan aneka kue basah. Tetapi kondisinya berbeda dengan sekarang. bakar.) adalah sejenis tanaman budidaya. Secara tradisional ubi jalar di Indonesia pada umumnya dipakai sebagai pangan kudapan atau jajanan seperti ubi jalar rebus. Misalnya. (http://id. selain tempura mereka juga selalu menyajikan ubi jalar goreng. wedang ronde. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. kolak ubi. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. bubur biji salak. Terbukti jika kita berkunjung ke jepang dan pergi ke restoran Jepang.org/wiki/Ubi_jalar). goreng. Ubi jalar itu sudah merupakan makanan yang cukup mahal. karena selama ini ubi jalar itu dikonsumsi oleh kalangan ekonomi rendah. talam ubi.

singkong (sedang) dan kentang (tinggi). Secara umum di Indonesia terdapat tiga jenis ubi jalar yang dibedakan berdasarkan warnanya. Ada yang berwarna putih. Diabetes Care 2004. didapatkan bahwa pada penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi Ubi jalar merupakan salah satu dari 20 jenis makan yang berfungsi sebagai sumber karbohidrat. Berdasarkan sumber dari Ludvik. Di Jepang. dkk. Ketua Pusat Kajian Gizi Regional UI. karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga posisi IG ubi jalar berada antara IG ubi kayu dan talas. Berdasarkan hasil penelitian IG (Indeks Glikemik) ubi jalar berada sedikit di bawah dari talas. Penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering. Sebenarnya ubi jalar sudah digunakan untuk anak setelah disapih minum ASI di Papua. bahwa sudah ada penelitian tentang ubi jalar sejak 1961 yang dilakukan oleh Oomen HA dkk di Papua. harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat harga tepung terigu dan di Singapura harga tepung ubi jalar 25% lebih mahal dari harga tepung terigu. kuning dan ungu. Elvina Karyadi. sehingga daya simpannya lebih lama dan mudah dicampur dengan bahan lainnya. Tepung ubi jalar kini mulai dikenal di pasaran. 5 . Proses pengolahan ubi jalar itu pun kini ditingkatkan berupa tepung. tapi sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan ubi kayu. Ubi jalar bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit. mengatakan dalam seminar sehari tentang Tepung Ubi Jalar: Sehat-Lezat-Bermanfaat.

ubi jalar sebagai sumber karbohidrat memiliki indeks glikemik yang rendah (54) dan rata-rata untuk lima kali penelitian berkisar 54-68. 1. E. kalium 337 mg. dan serat (pektin. lemak. serat 3 g. Indeks Glikemik (IG) adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan glukosa darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.57 g. 0. dan lebih dari 70 (IG tinggi.05 g. dan juga terdapat Vit A.6 g. Zat gizi pada ubi jalar mengandung banyak vitamin.30 mg. dkk pada 2002.7 mg.wikipedia. mineral. Pangan yang menaikkan kadar gula darah dengan cepat memiliki IG tinggi. kalsium 30 mg. magnesium 25 mg. IG 55-70 (sedang). zat besi 0. selulosa. Vitamin C 22. Sedangkan pangan yang menaikkan kadar gula darah dengan lambat memiliki IG rendah. (http://id. sehingga ubi jalar termasuk rendah dan sedang. Ubi jalar selama tiga bulan. fitokimia (antioksidan). IG itu berhubungan dengan efeknya terhadap gula darah.61 mg. seng 0.org/wiki/Indeks_Glikemik) Nilai (IG) kecil dari 55 termasuk kelompok yang rendah. hemiselulosa). hasilnya mulai terlihat setelah bulan pertama yang terdapat penurunan 6 . selenium 0.6 mcg. B-6 dan K dan tidak mengandung kolesterol . Kandungan gizi ubi jalar- bukan yang berbentuk tepung-dalam 100 gr terdapat 76 kalori yang terdiri dari karbohidrat 17. Manfaat bagi tubuh Berdasarkan penelitian Marsono. protein.

mineral dan fitokimia juga berfungsi sebagai antioksidan.gula darah dan terus turun sampai pada bulan ketiga. Seiring dengan kemajuan teknologi. Kandungan gizi ubi jalar yang memiliki IG rendah itu bermanfaat bagi penderita obesitas. Kandungan serat yang berfungsi sebagai komponen non-gizi itu juga bermanfaat bagi keseimbangan flora usus dan prebiotik. pihaknya ikut mendukung upaya meningkatkan gizi masyarakat dengan memotori membuat tepung ubi jalar. Kepala Klinik Konsultasi Gizi IPB dan dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB. Senior Vice President PT Bogasari Flour Mills. tepung beras. Tetapi tepung ubi jalar tidak termasuk kategori tepung tersebut. kata Jeremia Siswopurnomo. Tidak hanya pada penderita diabetes saja. maka dapat memperpanjang daya simpan. serta tidak mengandung serat yang meningkakan risiko mengalami sulit buang air besar. Menurut Hardiansyah. Ubi jalar juga dapat menstabilkan gula darah. tapi juga diteliti pengaruh mengonsumsi ubi jalar terhadap kolesterol. Selain itu. karena mengenyangkan dalam waktu lama dan membantu membakar lebih banyak lemak tubuh dan lebih sedikit massa otot. mudah dicampur dengan bahan lain serta mudah diperkaya dengan mineral dan vitamin. tepung sagu dan tepung kanji. Berbeda halnya dengan tepung terigu. memang ada salah satu pesan gizi dalam mengendalikan obesitas dan diabetes untuk membatasi konsumsi pangan berbasis tepung. Bogasari sebagai pabrik pengolahan tepung. kandungan vitamin. Dengan berbentuk tepung. karena tepung mudah dicerna dan cepat meningkatkan glokosa darah. Tepung ubi 7 .

Ubi jalar juga sebagai sumber utama karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sederhana. dan custard. Selain itu. seperti berbagai jenis selai. krim. karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. B. jelly. tepung ubi jalar atau makanan berbasis tepung ubi jalar lebih lamban dicerna dan lamban meningkatkan kadar gula darah. Artinya. Di Jepang. Ubi jalar bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit. merangsang pertumbuhan bakteri yang baik bagi usus sehingga penyerapan zat gizi menjadi lebih baik dan usus lebih bersih. telur dan mentega. harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat harga tepung terigu dan di Singapura harga tepung terigu 25% lebih mahal dari harga tepung. Akhir-akhir ini inovasi yang baru terhadap donat sudah banyak 8 . serat makanan yang terdapat dalam tepung ubi jalar juga bersifat prebiotik. dibuat dari adonan tepung terigu. gula. Penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering. Pengertian donat Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng. Donat 1. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis.jalar mengandung serat makanan relatif tinggi yang disertai dengan indeks glikemik yang rendah.

bermunculan." sebagai keluhan atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun. walaupun sebenarnya perusahaan Mayflower 9 . 2. Dalam 4 artikel yang dimulai tanggal 9 Oktober 1939. ejaan "donut" muncul 2 kali. sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut. Dunkin' Donuts yang didirikan tahun 1940 dengan nama Open Kettle di Quincy. Massachusetts. Penulis bernama Bailey Millard dengan berkelakar menulis kalimat "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'. Penggunaan dua cara penulisan. Istilah donut pertama kali digunakan di dalam artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus. Sejarah Donat Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irving di tahun 1809. Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut. selain donat ubi jalar juga ada donat kentang . 1929. donut atau doughnut ditemukan dalam serangkaian artikel surat kabar The New York Times tentang "National Donut Week" yang meliput World's Fair tahun 1939. dll. Amerika Serikat merupakan perusahaan tertua yang menulis donat sebagai "donut".

Di tahun 1968. Dunkin’Donuts membuka gerai pertama di Jalan Hayam Wuruk.CO diikuti Krispy Kreme yang membuka gerai donatnya yang pertama di Mal Pondok Indah 2 pada tanggal 31 Agustus 2006.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Super Mall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Donat produksi industri kecil biasanya dijajakan berkeliling menggunakan sepeda atau sepeda motor. dan Mister Donut. Donat jenis ini disebut juga sebagai donat kampung untuk 10 .CO sebagai merek lokal didirikan oleh Johnny Andrean seorang penata rambut terkemuka di Indonesia.Yang kemudian diikuti dengan donat-donat waralaba asing lainnya seperti Master Ring. Di tahun 1985. J. Keberhasilan J. stan American Donut di Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis. Master Donut. pedagang asongan menjual donat kemasan kotak dengan cara unik. Di dalam bus.Donut Corporation yang didirikan setelah Perang Dunia II merupakan perusahaan pertama yang menulis donat sebagai "donut". Sejak itu. Donat dalam kemasan dibagi-bagikan ke pangkuan penumpang untuk kemudian dikumpulkan kembali kalau penumpang tidak berminat. American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang. Jakarta Pusat yang terus berkembang menjadi lebih dari 200 gerai di berbagai kota di Indonesia. Demam donat dibangkitkan kembali oleh J.

membedakannya dengan donat-donat yang dijual di mal dan restoran.us/2010/06/30/macam-macam-bentuk-donat-di-berbagai- negara/) 11 . (http://kaskusnews.

8. remaja. BAB III METODE PENELITIAN A. B. dan Threat). Pelanggan : Anak-anak. Tipe bisnis : Usaha kecil menengah 6. Opportunity. dunkin donat. Yang membuat : Qory Rifpriyandi 3. donat terigu.4. Sumber daya manusia Kami mengambil sumber daya dari masyarakat sekitar sebanyak 5 orang. Nama produk : Donat-tellobie 2. Alamat : Jalan Kaliurang km.5 Tawang Sari CTII/A-3 Sleman. 9. 12 . Bahan baku : Ubi jalar 7. orang tua. Pesaing : Donat kentang. Tipe produk : Snack (camilan). Analisa SWOT Alasan kami untuk memproduksi donat ubi jalar karena didasarkan pada analisis SWOT (Strength. Weakness. 4. GAMBARAN UMUM 1. Yogyakarta 55281. 5.

Proses produksi menggunakan peralatan sederhana. Produk ini relatif lebih murah sehingga terjangkau oleh masyarakat umum. d. Strength (kekuatan) produk: a. Potensi menghasilkan keuntungan 13 . Cara pembuatannya masih manual. I. sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara pembuatannya mudah. Weakness (kelemahan) produk: a. b. c. Produk ini berbeda dari donat kebanyakan sehingga dapat membuat masyarakat tertarik dan ingin mencoba. Bahan baku mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. II. b. Belum banyak masyarakat yang membuat donat ubi jalar. Opportunity (peluang) produk: a. Maksimal 2 hari. Sehingga tidak banyak pesaing. c. e. d. Daya tahan produk terbatas. b. Bisa menjadi snack alternatif bagi penderita diabetes. Donat ubi jalar mempunyai keuntungan karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes karena kadar glukosa rendah. III.

IV. Donat ubi jalar terbuat dari bahan yang sederhana dan muda ditemui. Kecenderungan beberapa golongan masyarakat merasa “gengsi” dengan donat ubi jalar. Donat ubi jalar mempunyai kandungan karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes karena kadar gulanya rendah. Threat (tantangan) produk: b. c. Kebanyakan donat terbuat dari bahan baku tepung terigu dan kurang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Produk yang Dihasilkan Produk yang dihasilkan adalah camilan dengan bahan baku ubi jalar. Pada saat ini banyak makanan yang lebih modern. C. Sehingga memungkinkan donat ubi jalar memiliki saingan. Ubi jalar juga sangat kaya akan pro vitamin A atau Retinol. Sehingga muncul ide untuk membuat donat yang lezat namun juga bergizi tinggi. 14 . Selain itu mengandung serat untuk mencegah kanker saluran pencernaan dan mengikat zat kartinogen penyebab kanker di dalam tubuh. Oleh karena itu kami akan mengemas produk kami dengan kemasan yang cukup unik dan tidak kalah dengan kemasan produk lain.

Telur (Kuning telur) 4 butir c. 3.D. Metode Pemasaran Saat ini kami mencoba memasarkan donat ubi jalar di kantin-kantin sekolah. 2. rasa coklat. namun kami akan mencoba membuat target-target daerah pemasaran. Kami juga memasarkan produk kami dengan cara menawarkan secara berkeliling. Meskipun ruang lingkup bisnis kami masih sempit. Tepung terigu 1. Selain itu. E. bahan-bahan yang dibutuhkan: Bahan Donat ubi jalar : a. Kami juga menggunakan strategi untuk memasarkan produk kami dengan cara : 1. kami mencoba memasarkan di festival makanan dan jajanan pasar. dengan gula halus dan Mix(campuran keju dan coklat).000 gram b. Membuat kartu member setelah 10 kali pembelian mendapat 1 donat gratis. Kami menyediakan beberapa varian rasa/topping yaitu rasa Original (donat ubi jalar tanpa menggunakan topping). rasa keju. Ragi 11 gram 15 . Setiap ada pemesanan partai besar akan mendapatkan diskon khusus.

dan tepung kanji. Ubi jalar local 1000 gram i. Gula halus 125 gram k. Kemudian bagi menjadi 20. santan. Gula pasir 80 gram h. Karakteristik: a. 16 . Goring sampai matang kecokelatan. Masak sampai gula larut dan cukup kental. b. Cara Membuat: a. aduk sampai rata lalu tuangi air. Campur ubi. Masing-masing dibentuk menjadi bulatan. tusuk tengahnya dengan telunjuk sehingga menyerupai bentuk donat. d. masukkan gula. Sirup gula panaskan minyak. Susu Cair 250 ml g. garam. Keju Batangan 75 gram F. Mentega 75 gram e. aduk sampai rata. Garam ½ sendok teh f. Rendam dalam sirup gula selama 5 menit lalu tiriskan dan hidangkan. G. Bentuk : Bulat dengan lubang di tengah. Coklat Blok 75 gram l. Minyak 1000 ml j.

00 17 .00 Garam ½ sendok teh Rp 100.00 Donat Ubi : Bahan donat ubi : 1 resep bahan dasar Ubi jalar local 1000 gram Rp 2.00 Mentega 75 gram Rp 1. Ukuran : sedang.000. Rasa : manis yang diperoleh dari rasa ubi jalar tersebut yang ditambah dengan rasa manis dari topping. b.400.00 Ragi 11 gram Rp 3. H. c.00 Telur (Kuning telur) 4 butir Rp 4.750.00 Susu Cair 250 ml Rp 12.00 Gula pasir 80 gram Rp 1. Biaya bahan dasar : Tepung terigu 1.000.000.000 gram Rp 5.700. Prospek Usaha Penetapan harga: a.500.

00 Coklat Blok 75 gram Rp 6.000.000.00 Gas Rp 15.000.00 Cetakan Donat Aluminium 2 Buah Rp 6.00 Mika Pembungkus 100 buah Rp 5.000.00 Spanduk Rp 35.400.000.00 Keju Batangan 75 gram Rp 10.00 Tenaga Kerja Langsung 2 orang x Rp 5.00 Total Biaya Produksi Rp 141.000.450.00 Bahan Penolong : Gula halus 125 gram Rp 1.00 + Jumlah biaya bahan baku Rp 43.850.000.Minyak 1000 ml Rp 13.000.00 + Jumlah Biaya Bahan Penolong Rp 88.400.000.00 Staples + Stapler Rp 10.00 ========== 18 .000.00/100 donat Rp 10.

00 Q = Rp 141.00 Total biaya produksi keseluruhan = Rp 141.Dari bahan tersebut menghasikan 100 buah donat berukuran sedang. Jumlah 100 buah x Rp 2.00 = Rp 200.850.00 2.850.150.00 Break Even Point (BEP) = Total Revenue =Total Cost P x Q = Fixed Cost + Variable Cost 2000 x Q = Rp 141.00 - Laba Usaha = Rp 58.000 Q = 38.850.000.000.425 buah Q = 39 buah 19 .

us/2010/06/30/macam-macam-bentuk-donat-di-berbagai- negara/) 20 .org/wiki/Ubi_jalar). (http://kaskusnews.wikipedia. DAFTAR PUSTAKA (http://id.

5 Tawangsari CT II/A-3. Sleman Yogyakarta 55281 II. Nama : Wulansari Tempat lahir : Sleman Tanggal Lahir : 1 Januari 1994 Asal Sekolah : SMK N 1 Depok Program Keahlian : Akuntansi Agama : Islam 21 . BIODATA PENELITI I. Nama : Qory Rifpriyandi Tempat lahir : Yogyakarta Tanggal Lahir : 30 April 1994 Asal Sekolah : SMK N 1 Depok Program Keahlian : Administrasi Perkantoran Agama : Islam Alamat : Jalan Kaliurang Km 4.

Alamat : Jalan Garuda No 6. Sleman 55581 22 . Ngaglik. Sariharjo. Rt 01/Rw 24 Plemburan.