Akidah

Islamiyah
Oleh
Mush’ab Abdurrahman

PERLU DIKETAHUI

NO IMAN AQIDAH

1 Hanya ada dalam Islam Bukan Hanya Islam:
Kapitalisme (Kufur)
Sosialisme (Kufur)
Islam (Shohih)
2 Bahasa yang dipakai Bahasa yang dipakai oleh
dalam Al-Qur’an dan ulama ushuluddin
Hadist

apa-apa yang ada sebelum dan sesudah kehidupan dunia. dan apa-apa yang diyakini danmenentramkan hati (Kamus al-Muhith. mengikat. Secara istilah: • Pemikiran menyeluruh tentang alam. serta tentang hubungan kehidupan dunia dengan kehidupan sebelum dan sesudahnya . memperkuat. Makna Akidah Secara bahasa: • ‘aqoda: membuat simpul. Fairus Abadi. akar kata ‘aqoda). manusia dan kehidupan. transaksi.

MANUSIA PERTANYAAN BESAR ? .

BERFIKIR SESUATU YANG BISA DI INDERA MANUSIA MANUSIA KEHIDUPAN ALAM SEMESTA BERFIKIR YANG MENYELURUH .

Sesuai dengan akal sehat Sesuai dengan fitrah manusia Menentramkan jiwa .

Darimana Saya Untuk apa Saya Akan kemana saya berasal ? hidup ? setelah Mati ? MATERI MATERI MATERI AQIDAHNYA MATERIALISME AGAMA ADALAH CANDU BAGI MASYARAKAT PEMECAHAN SOSIALME BATHIL/SALAH .

Darimana Saya Untuk apa Saya Akan kemana saya berasal ? hidup ? setelah Mati ? Hubungan Penciptaan Hubungan Pembangkitan Manusia Kehidupan Alam Semesta Manusia Lahir Manusia Mati Materi Manusia Diatur manusia tanpa Manusia diciptakan campur tangan tuhan kembali pada Tuhan Tuhan TUHAN : PEMBUAT JAM KEHIDUPAN/NEGARA SEKULERISME AGAMA PEMECAHAN KAPITALISME BATHIL/SALAH .

Darimana Saya Untuk apa Saya Akan kemana saya berasal ? hidup ? setelah Mati ? Hubungan Penciptaan Hubungan Pembangkitan Hubungan Hubungan Hisab Amal Perintah & Larangan Manusia Manusia Lahir Kehidupan Alam Manusia Mati Semesta Manusia Manusia diciptakan Hidup ibadah kembali pada Allah SWT kepada Allah Allah SWT SWT PEMECAHAN ISLAM BENAR/SHOHIH .

TIGA PERTANYAAN MENDASAR MANUSIA DARI MANA MANUSIA BERASAL? UNTUK APA MANUSIA HIDUP? KEMANA SETELAH MATI? Fikroh Kulliyah Akidah Qaidah Fikriyah Nazhroh fil hayah Daurah Dirasah Islamiyah Hizbut Tahrir Indonesia .

DUNIA (Allah Swt) manusia. Diciptakan Dibangkitkan DI SEBELUM DUNIA SETELAH DUNIA (alam semesta. (Akhirat) kehidupan) Aturan Hisab Akidah Islamiyah .

Iman kepada Malaikat 3.n I.u. Iman kepada al-Qadar . Iman kepada rasul-rasul 5. Imankepada kitab-kitab samawi 4.u. Iman kepada Allah 2.m. R.n Pemikiran-pemikiran mendasar dalam akidah Islamiyah RUKUN IMAN: 1. Iman kepada kiamat 6.k.a.

KEYAKINAN DAPAT DIJADIKAN AKIDAH : 1. SESUAI REALITAS Al-îmân: tashdîq jâzm muthâbiqun li al-wâqi’ ‘an dalîl . BERDASARKAN DALIL 2. ADANYA KEPASTIAN 3.

Contohnya adalah ayat-ayat al- Quran . DALIL AKIDAH Dapat Dalil ‘aqliy dijangkau akal Realitas Tidak dapat Dalil naqliy/ dijangkau akal Sam’iy Dalil ‘aqliy: suatu pembuktian oleh akal untuk mencapai sebuah pembenaran yang bersifat pasti pada suatu rukun akidah Dalil naqliy: suatu berita yang bersifat pasti yang memberitakan kepada kita tentang rukun akidah.

a.d.l.Qadar v .k.a.h * Eksistensi Allah v * Sifat Allah v 2 Malaikat v 3 Kitab-kitab: * al-Quran dari Allah v * Kitab-kitab lain v 4 Rasul-rasul: * Muhammad Rasulullah v * Rasul-rasul lain v 5 Hari kiamat v 6 Qadla .i. Iman kepada: Aqliy Naqliy D.l 1 Allah: A. Dalil No.i.

i.h Eksistensi Allah Swt: ◙ Allah membimbing manusia untuk memahaminya (86:5.d.k.l A. 29:20) ◙ Dengan mengamati alam terbukti Pencipta itu ada .a.a. 88:17-19.i.l.D. 88:21.

Al-Quran 3 Kemungkinan Sumber Al Qur’an BUATAN ORANG ARAB BUATAN AL QUR’AN MUHAMMAD WAHYU ALLAH SWT? .

AL QUR’AN MENANTANG MEREKA UNTUK MEMBUAT YANG SERUPA DENGANNYA Tapi. Al Isra’ 88 . Yunus : 38. Hud : 13. TIDAK BENAR SEBAB. MEREKA TIDAK MAMPU Al Baqarah : 23 . Al-Quran Kemungkinan dari orang Arab….

Al-Quran Kemungkinan dari Muhammad… TIDAK BENAR Muhammad adalah bagian dari orang arab. Gaya bahasa al-Qur’an tidak sama dengan Hadits Daurah Dirasah Islamiyah Hizbut Tahrir Indonesia .

Al-Quran Maka…. Alqur’an pasti Wahyu Allah • Tidak ada manusia yang bisa meniru • Keotentikannya dijamin Allah • Isinya pasti benar • Termasuk menyangkut jawaban atas 3 pertanyaan mendasar tadi .

Muhammad Rasulullah Al-Quran adalah wahyu Allah Swt. al-Quran itu dibawa oleh Muhammad. Karenanya. Padahal. pasti Muhammad adalah Rasulullah . Sedangkan orang yang membawa wahyu adalah Rasul.

Karakter Benda ciptaan Perbuatan Manusia Allah Qadla Menguasai Manusia Dikuasai oleh manusia Qadar Manusia dipaksa Manusia bebas memilih TIDAK DIHISAB DIHISAB Sabar • Memilih sesuai hukum Serahkan kepada Allah syara SWT  Yang halal diperhatikan Bila ada pilihan maslahatnya berusaha mengubah yang buruk menjadibaik Qadla Qadar Selalu memilih yang terbaik sesuai hukum syara serta bertawakal .

dijelaskan atas dasar berita dalam banyak ayat dan hadits mutawatir . kitab dan rasul terdahulu serta kiamat dan kehidupan di akhirat dsb. Sifat-sifat Allah. eksistensi malaikat.

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan dien kebenaran untuk dimenangkan atas semua dien sekalipun orang kafir tidak menyukainya .