MAKALAH EKONOMI KOPERASI

SEKTOR PRIORITAS MASYARAKAT EKONOMI
ASEAN 2015

DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1

1. PUTRI SIHOMBING ( BBA 114 054 )
2. KHOIRIYAH ( BBA 114 044 )
3. GIGIH SATRIO SETIAWAN ( BBA 114 096 )

UNIVERSITAS NEGERI PALANGKA RAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
2015

PUTRI SIHOMBING ( BBA 114 054 ) 2. ANGGOTA KELOMPOK 1 1. GIGIH SATRIO SETIAWAN ( BBA 114 096 ) . KHOIRIYAH ( BBA 114 044 ) 3.

Akhir kata. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen pengasuh yang memberikan tugas ini kepada kami.makalah ini disusun dari informasi yang diambil dari penelitian langsung sehingga lebih banyak ilmu yang dapat disajikan kepada pembaca. akhirnya makalah ini terselesaikan. Palangka Raya . untuk itu kami memerlukan kritik dan saran dari para pembaca. sehingga kami dapat mengetahui lebih lagi tentang sektor prioritas MEA. Makalah ini berisikan tentang 12 sektor prioritas MEA. kami menyadari bahwa tidak ada gading yang tak retak begitu juga dengan makalah ini masih banyak kekurangannya. Dalam penyusunan makalah ini tim penyusun mendapat banyak rintangan. KATA PENGANTAR Puji Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dimana atas Berkat dan karuniannya kami diberikan kesempatan untuk menyusun makalah ini. Kamis 29 Oktoberber 2015 Penyusun . Sehingga pembaca dapat memperoleh ilmu maupun informasi tentang 12 sektor prioritas MEA tersebut. Namun atas berkah dari Allah semata.

...................................................2 12 Sektor Prioritas MEA 2015....................... 3 2................... 2 BAB II.......................i DAFTAR ISI.................................1 Peran Koperasi dalam Sektor Prioritas MEA.... PEMBAHASAN 2.............................................. 2 1....................................................................................................................................................................ii BAB I.............1 Kesimpulan..................................................................... PENUTUP 3....... 5 BAB III........2 Rumusan Makalah.......................................1 1.. 19 ....................... PENDAHULUAN 1.......... 18 DAFTAR PUSTAKA..............................1 Latar Belakang............................. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.......................................3 Tujuan Makalah.................................................

dan tekstil) dan lima sektor jasa (transportasi udara. pertanian otomotif. . jasa. investasi. BAB I PENDAHULUAN I. peniadaan tarif perdagangan antarnegara ASEAN serta pasar tenaga kerja dan pasar modal yang bebas yang akan berpengaruh bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tiap negara. dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing negara. Oleh karena itu. industri berbasis karet. industri perikanan.1 Latar Belakang Dengan citra perkoperasian kita saat ini bagaimana Koperasi di Indonesia dan UMKM nya menghadapi MEA yang sudah tahap akhir persiapan ini? Untuk sekadar mengingatkan kembali bahwa MEA adalah pasar bebas ASEAN yang nantinya negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang. maka pemberian informasi dan promosi produk-produk koperasi dan UKM. Tujuan MEA 2015 difokuskan pada 12 sektor prioritas. industri berbasis kayu. yang tediri atas tujuh sektor barang (peralatan elektonik. Dengan diadakannya pasar bebas ini akan terjadi integrasi berupa area perdagangan yang bebas. khususnya untuk memperkenalkan di pasar ASEAN harus ditingkatkan. pariwisata. maka peran yang perlu adalah bagaimana pelaku di koperasi dan UKM dapat mengetahui akses pasar melalui dunia maya atau mengikuti pameran produk dan perlunya pendampingan untuk menyiapkan kontinuitas produk yang dipasarkan. kita mampu dan siap menyongsong kesempatan itu. dan industri teknologi informasi). logistik. Kekhawatiran kita tentang MEA tidak harus berlebihan karena. pelayanan kesehatan.

I. Bagaimana peranan koperasi dalam Sektor Prioritas MEA 2015 2.2 Rumusan Makalah Adapan rumusan masalah yang penulis ambil untuk menyusun makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui 12 sektor prioritas MEA di Indonesia . Untuk mengetahui peranan koperasi dalam Sektor Prioritas MEA 2015 3. Apa saja Sektor Prioritas MEA 2015 I.3 Tujuan Makalah 1. Untuk menyelesaikan tugas mata kuliah ekonomi koperasi 2.

. dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. integrasi ke dalam tata perekonomian global. daya saing ekonomi regional. serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional. Dalam pemberlakuan AEC kali ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi koperasi di seluruh kawasan ASEAN. ACO. AEC adalah era ekonomi dengan empat karakteristik. BAB II PEMBAHASAN 2. adil. dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju. “Dan keempat. Dengan adanya penjelasan UUD 1945 Pasal 33 ayat (1) koperasi berkedudukan sebagai soko guru perekonomian nasional dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem perekonomian nasional. tujuan koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. berupaya untuk memerankan dan memposisi diri secara efektif. Berdasarkan UU No. yaitu. Ketiga. kesetaraan dan keadilan ekonomi. Kedua. Dengan begitu diharapkan dapat secara nyata menggalang kekuatan koperasi di kawasan ASEAN.1 Peran Koperasi dalam Sektor Prioritas MEA Salah satu yang dapat mewujudkan tujuan integrasi menurut pendapat ahli diatas adalah dengan peranan koperasi dalam meningkatkan kompetensinya untuk menghadapi AEC. Pertama. pasar tunggal berbasis produksi ASEAN. Kegiatan usaha koperasi merupakan penjabaran dari UUD 1945 pasal 33 ayat (1). 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian pasal 3 .

memberikan peluang yang besar untuk berkesempatan membuka akses pasar domestik yang lebih besar tidak hanya didalam ASEAN melainkan juga diluar ASEAN. Perluasan akses pasar pun sangat bebas dan tidak terbatas. Hal ini juga akan menambah peluang kerja secara lebih luas dengan semakin terintegrasinya ekonomi dikawasan dan kemudahan bagi pergerakan dan perpindahan tenaga kerja. dengan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat penganggguran dan kemiskinan yang masih tinggi. Saatnya kita maju dan mandiri dalam menghadapi pasar bebas. dan menaiknya tingkat pendapatan masyarakat melalui penerimaan devisa ditengah ketatnya persaingan usaha perekonomian yang terintegrasi salah satunya dengan koperasi yang memiliki banyak peluang untuk meningkatkan dan mensejaterahkan pertumbuhan ekonomi tergantung dari setiap negara menyikapi tantangan-tantangan dan peluang-peluang yang ada sehingga semakin tercapainya tujuan koperasi yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 . Kita harus bisa menjadi ‘market leader’. Peranan pemerintah tentu menjadi penting terutama untuk mengantarkan mereka agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya dalam memanfaatkan MEA pada tahun 2015. tentu saja koperasi dan ukm harus meningkatkan kualitas dan kinerja untuk menyambut MEA 2015. Selain kebijakan-kebijakan pemerintah dalam meningkatkan koperasi. AEC 2015 bagi Indonesia. bagi Indonesia ini tawaran yang tepat untuk memperluas pasar produksi baik dikawsan regional maupun internasional. terutama di pasar sendiri.

Karena saat ini obat pertanian seperti obat hama. teknologi tepat guna serta komitmen yang tinggi dari seluruh pemangku kepentingan sehingga memiliki harga yang kompetitif Usaha. Produk pertanian yang berdaya saing dapat mewujudkan melalui berbagai aspek seperti adanya jaminan mutu. mentimun. penggunaan sumber daya yang efisien. Banyak sekali jenis sayuran yang bisa di tanam secara organik seperti sawi. 3. Sebagaian potensi dari sektor pertanian yang telah di ketahui dan banyak di jalankan orang memiliki keuntungan yang besar. Berikut kegiatan usaha di bidang pertanian. Rempah-rempah biasanya di gunakan untuk obat herbal dan juga pelengkap bumbu masakan. bidang pertanian merupakan jenis usaha yang sangat cocok di jalankan di Indonesia. tomat. ramah lingkungan. bibit tanaman sangat di cari para petani. wortel. Sektor Pertanian Untuk menghadapi MEA 2015. rempah- rempah bisa tumbuh subur di indonesia. jagung manis.2 12 Sektor Prioritas MEA 2015 1. terong dan masih banyak lagi. Sebagai negara agraris. pupuk. 2. potensi sektor pertanian di indonesia sangat tinggi dan masih banyak potensi yang belum tergali. Sayuran Organik Saat ini mencari sayuran organik sangat susah.2. penyubur. seledri. Tanaman Rempah-rempah Indonesia merupakan negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Karena indonesia di anugrahi tanah yang subur terlebih di daerah pedesaan dan di bawah kaki gunung. peningkatan daya saing produk pertanian mutlak diperlukan. Hal tersebut tentunya sangat mendukung segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian. 1. . Perlengkapan Obat Pertanian (Toko Pertanian) Saat ini toko pertanian sangat di butuhkan oleh petani.

mobil. Banyak sekali jenis buah-buahan yang bisa di tanam secara organik seperti semangka organik. hal tersebut dapat dilihat dari hasil penjualan yang terus meningkat tiap tahunnya. bus. Selain itu buah yang sangat di cari di pasaran ialah anggur. kelengkeng. Sektor Tekstil / Pakaian Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Menjadi salah satu sektor andalan indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Comunity (AEC) pada 2015 ini. buah menjadi salah satu sumber gizi yang di butuhkan banyak orang. Buah Organik Sama halnya dengan sayuran. Indonesia memiliki potensi pasar yang terbuka lebar dalam industri otomotif ini merupakan sebuah peluang yang bagus bagi para pelaku industri otomotif untuk melakukan ekspansi. Sektor Otomotif Otomotif merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kendaraan baik itu dalam bentuk sepeda motor. membuka bengkel mobil atau motor. buah naga dan lain sebagainya. Sektor otomotif Indonesia mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. . dan lain-lain. Untuk Itu. jual beli kendaraan bekas.4. truk dan lain sebagainya. melon organik dan jenis buah lainnya. Industri tekstil selama ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional karena menambah devisa negara dan membuka lapangan pekerjaan dalam jumlah yang besar. Saat ini usaha yang berjalan dalam bidang otomotif pasti cepat berkembang seiring dengan perkembangan kendaraan bermotor yang pesat. selain itu. toko aksesoris kendaran. Contoh kegiatan usaha di sektor otomotif yaitu rental mobil. nanas. cuci mobil atau motor. 2. jeruk. yang mana dalam melakukan ekspansi membutuhkan dana yang cukup besar dan dana tersebut dapat diperoleh melalui pendanaan internal maupun eksternal. apel. AEC menjadi momen yang harus benar-benar dimanfaatkan oleh indonesia sehingga tidak hanya sekeda menjadi pasar yang potensial bagi negar-negara lain. 3.

 Sektor rekreasi yaitu perusahaan atau individu yang menyediakan fasilitas penangkapan ikan (alat dan tempat) dengan hasil yang tidak dijual. . Istilah ini didefinisikan oleh FAO. Tidak berkembang. industri perikanan (mulai dari penangkapan/budidaya hingga pemasaran) telah menghidupi sekitar 500 juta orang di negara berkembang di dunia. menyimpan. persaingan bisnis di antara negara ASEN juga semakin ketat. dan penangkapan ikan komersial. memproses.  Sektor tradisional yaitu perusahaan atau individu yang menangkap atau memelihara ikan dengan cara dan metode tradisional yang hasilnya diserahkan ke kebudayaan masyarakat setempat. Perkoperasian perikanan sepertinya sedang dalam kondisi hidup segan mati tak mau. Hanya segelintir koperasi perikanan yang benar-benar survive. nelayan tradisional. Di Indonesia terdapat koperasi perikanan yang dikelola secara professional dan benar. dan memasarkan produk ikan. Tak hanya itu. bisa juga disebut dengan industri penangkapan ikan adalah industri atau aktivitas menangkap. mencakup juga yang dilakukan oleh pemancing rekreasi. Tuntutan kenaikan upah minimum yang diikuti dengan demontrasi dan tindakan-tindakan yang menggangu keamanan menyebabkan terjadinya relokasi sejumlah pabrik kedaerah lain yang dinilai lebih kondusif. mendistribusikan.[1] Baik secara langsung maupun tidak langsung. Terdapat tiga sektor utama dalam industri perikanan :  Sektor komersial yaitu usaha perikanan tangkap dan budi daya yang dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk dijual secara mentah maupun hasil olahannya. Sektor Perikanan Sektor Perikanan. industri TPT harus waspada karena selama ini pasar ASEAN belum tergarap dengan baik. Industri TPT adalah sektor padat karya yang telah menyerap banyak tenaga kerja. membudi dayakan. 4. mengawetkan. Selain itu.

akhirnya margin keuntungan semakin kecil. Mereka semakin gencar untuk masuk dan ikut meramaikan persaingan bisnis logistik di dalam negeri ini. dan meminimumkan terjadinya turnover karena dengan semakin ketatnya kompetisi yang ada. Kendala dan permasalahan yang menyebabkan kinerja koperasi perikanan umumnya rendah adalah rendahnya kualitas sumberdaya manusia dalam mengurus dan mengelola koperasi perikanan. terjadi talent war. Akibatnya harga menjadi semakin kompetitif. Kondisi-kondisi tersebut telah dirasakan dari sekarang. Dalam kondisi ini. yakni perebutan profesional yang kompeten di dunia logistik. Berlakunya AEC akan memicu kompetisi yang semakin intens antar perusahaan penyedia jasa logistik. kurangnya kesadaran masyarakat perikanan akan arti pentingnya koperasi dan kurangnya keberpihakan pemerintah terhadap koperasi perikanan. 5. tetapi kami prediksi mereka akan berusaha masuk dengan berbagai macam cara. Sebagai negara yang memiliki geografis yang besar dan jumlah penduduk yang menempati urutan pertama di Asia Tenggara. Ibaratnya Indonesia ini seperti gadis cantik di antara negara-negara ASEAN lainnya. Sektor Logistik Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) di tahun 2015 ini. Tantangan lainnya adalah mendapatkan SDM / profesional logistik yang berkompeten. dengan biaya yang efisien. AEC 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. lemahnya manajemen. kurangnya permodalan. customer menuntut tingkat pelayanan yangg tinggi. ulah para pengusaha sebagai competitor koperasi. Peluang ini tentu tidak luput dari incaran perusahaan asing. sektor logistik sangat potensial untuk dikembangkan. . termasuk akuisisi perusahaan lokal.Walaupun masuknya perusahaan logistik asing agak sedikit terhambat dengan diberlakukannya negativelist 33%. pelatihan yang mesti dilakukan terus-menerus. sektor logistik memainkan peranan yang cukup vital dalam keberlangsungan usaha di Indonesia. Adanya AEC akan membuka peluang semakin banyaknya perusahaan logistik asing masuk keIndonesia.

Sektor Penerbangan Industri penerbangan tanah air mengalami pertumbuhan yang sangt pesat sejak awal tahun 2000. Beberapa waktu lalu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai. pembangunan infrastruktur berupa pembangunan bandara baru di berbagai daerah telah dilakukan sehingga meningkatkan konektivitas antarwilayah. ternyata sektor jasa penerbangan Indonesia merupakan sektor jasa yang paling tidak siap menghadapi MEA. Meski demikian perkembangannya dunia penerbangan sipil saat ini mengalami begitu banyak tantangan dan beberapa hambatan. Selain itu. . ragam kebudayaan. hal ini karena kurangnya pelatihan pilot di Indonesia. Ini karena kurangnya pelatihan di Indonesia 7. dari lima sektor jasa yang potensial dalam perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mendatang. Sektor Pariwisata Menjelang pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015 sektor pariwisata di Indonesia dinilai sebagai yang paling siap untuk menghadapi gelombang kompetisi. kesiapan Indonesia juga bisa dilihat dari pembangunan sumber daya manusia di bidang pariwisata. Dalam hal kesiapan ini. keunggulan ini sebagai Indonesian Hospitality dan sangat terkenal di seluruh dunia. secara umum Indonesia berada di posisi kedua setelah Singapura. “Pesawat penerbangan Indonesia seperti Lion dan Susi Air saja pilotnya dari asing. Banyak tempat pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjunggi baik pantai. Pesawat lokal seperti Lion dan Susi Air saja. kerajinan dan masih banyak lagi yang dapat dikunjungi. Memang sebuah kenyataan bahwa potensi wisata di Indonesia sudah tidak diragukan lagi baik bagi para pecinta traveling lokal maupun mancanegara. pilotnya harus ‘diimpor’ dari negara lain. Indonesia punya keunggulan yang dinilai spesial dalam hubungan bermasyarakat terkait keramahan kepada pendatang atau tamu. keindahan alam. Meskipun demikian baik dari sisi infrastruktur maupun sumber daya manusia masih ada hal-hal yang harus ditingkatkan apabila Indonesia ingin memastikan kesuksesan sektor pariwisata yang berkesinambungan pada MEA mulai tahun 2015. sebutnya.6.

serta liberalisasi perdagangan dan investasi sektor TI. Kesadaran tersebut yang mendorong ASEAN menandatangani e-ASEAN Framework Agreement pada KTT Informal ASEAN IV di Singapura. Perkembangan pesat TI yang menjadikan dunia tanpa batas dapat berkontribusi signifikan terhadap proses integrasi ekonomi ASEAN yang sedang berjalan. Hal ini merisaukan atau mengkhawatirkan untuk sektor kesehatan khususnya dokter lokal.8. serta kemudahan berkomunikasi dan memperoleh informasi secara cepat dan efisien. Kekhawatiran dari ikatan dokter indonesia (IDI) ini ditunjukkan keberadaan dokter asing dengan diupayakan regulasi-regulasi dari IDI. November 2000. untuk masyarakat dan pelaku bisnis manfaat penggunaan TI antara lain proses yang lebih cepat dan murah melalui e- commerce. perjanjian kerangka kerja e-ASEAN itu menetapkan tujuan kerja sama ASEAN di bidang TI. Perjanjian tersebut bertujuan mendorong kerjasama pengembangan. penguatan dan peningkatan daya saing TI. Sektor Kesehatan Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 pada awal tahun 2016. Detilnya. Indonesia dikhawatirkan menjadi ladang basah bagi dokter asing maupun pemodal asing di bidang kesehatan. pelayanan pemerintah yang lebih transparan melalui e-government. Antara lain untuk : . Sektor Teknologi Informasi ( e-ASEAN) Dalam masyarakat ASEAN. tak terkecuali pada bidang kesehatan. dan meminta keistimewaan bahwa dokter merupakan ranah kemanusiaan sementara perdagangan lebih mengedepankan kapitalis dan ranah kesehatan sama dengan kedaulatan negara. Pasar bebas ini akan diberlakukan untuk berbagai bidang. pengurangan kesenjangan TI. 9.

layanan TI dan investasi untuk mendukung Inisiatif e. (V003/Z003) .ASEAN. memperkuat dan meningkatkan daya saing sektor TI di ASEAN. Hasil produksi kebel dan alat-alat elekrik di Indonesia tidak ditujukan untuk ekspor keluar. sehingga untuk elektrikal kami percaya produksi Indonesia mampu bersaing pada MEA. yang berbeda antara negara kecil dan besar.a) Mengembangkan. Kesiapan TI menjelang e-ASEAN sangat dipengaruhi oleh tingkat kemajuan ekonomi negara yang bersangkutan karena terdapat batasan anggaran untuk membangun infrastruktur TI. Indonesia sendiri telah meratifikasi persetujuan perdagangan peralatan listrik dan elektronika di ASEAN melalui Peraturan Presiden Nomor 79/2010 tentang pengesahan Agreement on the ASEAN Harmonized Electrical and Electronic Equipment Regulatory Regime (AHEEERR). c) Mempromosikan kerjasama antara sektor publik dan swasta dalam mewujudkan e-ASEAN. Sektor Elektronik Industri kabel dan alat-alat elektrik Indonesia telah siap untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan mulai bergulir pada akhir 2015 mendatang. b) Mengurangi kesenjangan digital dalam masing-masing negara anggota ASEAN dan antar negara-negara anggota ASEAN. Kesenjangan digital yang terjadi di ASEAN ini memberikan peluang dan tantangan tersendiri bagi ASEAN. d) Menggalakkan liberalisasi perdagangan produk TI. 10. dan hasil produksinya telah memenuhi standar. karena kebutuhan dalam negeri sangat tinggi. PT Supreme Cable Manufacturing Commerce merupakan salah satu perusahaan yang terbaik di ASEAN. Sektor peralatan listrik dan elektronika merupakan salah satu sektor yang dibahas dalam ASEAN Consultative Committee on Standard and Quality (ACCSQ).

sehingga jika industrinya dapat dikejar maka Indonesia akan menjadi raja pada pasar bebas ASEAN nanti. 12. Contoh Produk-produk furnitu Indonesia berbahan dasar kayu dan rotan multifungsi seperti kursi sekaligus rak buku. makmur. dan lainnya. Sektor Berbasis Karet Association of Natural Rubber Producing Countries (ANRPC) mengusulkan agar Indonesia memanfaatkan potensi pasar karet di Tanah Air yang lumayan besar untuk menyiasati lesunya pasar ekspor. maka industri dalam negeri akan tumbuh. Sektor Berbasis Kayu MEA menjadi peluang bagi industri kreatif rotan membuka pasarnya di ASEAN seluas-luasnya meski pun industri kreatif rotan sudah mendunia tapi dengan adanya pasar bebas peluangnya akan lebih besar lagi terutama di negara ASEAN. Sedangkan produk-produk interior seperti meja. kursi rotan sekaligus laci. jika pemerintah dapat mendorong konsumsi di dalam negeri untuk produk lokal berbasis karet. industri furnitur merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki nilai tambah tinggi dan mampu menyerap banyak tenaga kerja sekaligus memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. sofa bed konvertibel sekaligus laci. Selain itu. Apalagi Indonesia mempunyai keunggulan di bahan baku. contoh kebutuhan bahan baku karet yaitu untuk diproduksi sebagai ban kendaraan bermotor. lampu hias. pengembangan industri nonban yang tetap menggunakan karet sebagai bahan baku juga masih . Pemerintah perlu mendorong pemanfaatan pasar dalam negeri untuk mencari celah di tengah lesunya ekspor karet alam di pasar dunia akibat krisis ekonomi global. Sektor industri produk berbasis kayu (wood-based) masih memiliki peluang yang bagus untuk turut mewujudkan Indonesia menjadi kawasan ekonomi yang stabil. dan berdaya saing tinggi di antara Negara-negara anggota ASEAN. baik dalam bentuk kontribusi pada Produk Domestik Bruto maupun perolehan devisa ekspor. dan lainnya.11.

Munculnya kebijakan yang mendorong industri berbasis sumber daya alam domestik.besar antara lain pembuatan kasur (matras). . fasilitas dan regulasi jangka panjang yang memberi ruang kepada industri pengolahan produk pertanian. Padahal. Indonesia merupakan produsen besar kedua setelah Thailand. dan sarung tangan karet. Caranya dengan pemberian insentif. Sangat disayangkan industri karet di Indonesia saat ini belum masuk lingkaran kelas dunia. alas sepatu. isolasi listrik. Termasuk untuk masuk ke pasar dunia.

maka pemberian informasi dan promosi produk-produk koperasi dan UKM. industri perikanan. BAB III PENUTUP 3. khususnya untuk memperkenalkan di pasar ASEAN harus ditingkatkan. pariwisata. industri berbasis kayu. Kekhawatiran kita tentang MEA tidak harus berlebihan karena. dan industri teknologi informasi). industri berbasis karet. dan tekstil) dan lima sektor jasa (transportasi udara. kita mampu dan siap menyongsong kesempatan itu. .1 Kesimpulan Tujuan MEA 2015 difokuskan pada 12 sektor prioritas. yang tediri atas tujuh sektor barang (peralatan elektonik. pelayanan kesehatan. Oleh karena itu. pertanian otomotif. maka peran yang perlu adalah bagaimana pelaku di koperasi dan UKM dapat mengetahui akses pasar melalui dunia maya atau mengikuti pameran produk dan perlunya pendampingan untuk menyiapkan kontinuitas produk yang dipasarkan. logistik.

distan.id/2015/02/peluang-dan-tantangan-koperasi- dalam.id/index.antaranews.co.com/berita/457629/tmmin-industri-otomotif-siap- hadapi-mea .net/tag/dokter-internasional/ http://otomotif.php/artikelmenu/47-persiapan-sektor- pertanian-dalam-menghadapi-pemberlakuan-aec-2015 http://www.antaranews.banggaikab.gresnews.go.com/berita/457882/indonesia-miliki-12-sektor-prioritas- hadapi-mea http://beritadaerah.co.id/2014/10/10/sektor-unggulan-indonesia-dalam- mempersiapkan-mea-2015/ http://www.blogspot.com/berita/sosial/140208-pelaku-perikanan-skala-kecil- belum-siap-hadapi-asean-economic-community-2015/0/ http://dokterinternasionalindonesia.htm http://www. DAFTAR PUSTAKA http://nicoadityas.