MOMENTUM SUDUT

Oleh Kelompok VIII

 Clara Sinta Saagih
 Sehati Winarsih Sembiring
 Wahyu Azhar Ritonga
 Rita Deby

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

UNIMED

2014

Lz=mℓħ adalah hasil proyeksi L pada sumbu-z. .ϕ) adalah fungsi eigen dengan harga eigennya L2: Untuk suatu harga ℓ ada (2 ℓ +1) buah harga mℓ. (ℓ-1). BAB I PENDAHULUAN Andaikan Y(θ. 0. ℓ...-1.. Orbital-orbital elektron dibentuk dari fungsi-fungsi Yℓ mℓdalam bentuk ril...yakni mℓ= -ℓ . -(ℓ -1).. 1...

Momentum Sudut 2 Harga eigen dan fungsi eigen operator L^ ditentukan sebagai berikut.ϕ) adalah fungsi eigen dengan harga eigennya L2: Untuk pemisahan variable misalkan Persamaan ini identik dengan persamaan Legendre terasosiasi dengan: . Andaikan Y(θ. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1.

Lz=mℓħ adalah hasil proyeksi L pada sumbu-z. (ℓ-1).. …..yakni mℓ= -ℓ ... 0.- 1.. bilangan ini disebut bilangan kuantum orbital.ℓ adalah bilangan bulat positif 0. ℓ... 1. 1. Sifat ortogonalitas: Tiga sifat penting dari fungsi ini adalah Beberapa contoh fungsi harmonik bola adalah .. diperoleh fungsi eigen bagi operator: L^ yang biasa disebut fungsi harmonik bola (spherical harmonics). -(ℓ -1). 2 Akhirnya. 2.. Untuk suatu harga ℓ ada (2 ℓ +1) buah harga mℓ..

p untuk ℓ =1 d untuk ℓ =2 Dalam pembentukan molekul dari beberapa atom. s untuk ℓ =0. ikatan antar atom berlangsung melalui orbital-orbital tersebut di atas.2. persamaan harga eigen adalah: Persamaan-persamaan di atas menunjukkan kuantisasi momentum sudut. Orbital- orbital elektron dibentuk dari fungsi-fungsi Yℓ mℓdalam bentuk ril. Komponen-komponennya merupakan operator-operator dari partikel tersebut: .Dengan fungsi dan harga eigen seperti di atas. momentum sudut suatu partikel merupakan perkalian vektor posisi dan vektor momentum. Operator Momentum Sudut Dalam mekanika klasik. 2.

Selain itu. Komponen-z . momentum kuadrat adalah operator juga: Dalam koordinat bola berlaku hubungan berikut: Komutator-komutator: 2.3.

Dalam eksperimen. Misalkan Φ(ϕ) adalah fungsi eigen bersangkutan dengan harga eigen Lz sehingga: Karena maka Jadi adalah faktor normalisasi. . Lz sebagai komponen momentum sudut pada sumbu-z ternyata merupakan besaran yang diskrit atau terkuantisasi. ^ Harga eigen dan fungsi eigen operator Lz dapat ditetapkan sebagai berikut. Oleh sebab itu ml disebut bilangan kuantum magnetik. sumbu-z dinyatakan sebagai sumbu di mana arah medan magnet statik ditetapkan.

Oleh sebab itu ml disebut bilangan kuantum magnetik. . sumbu-z dinyatakan sebagai sumbu di mana arah medan magnet statik ditetapkan. . momentum sudut suatu partikel merupakan perkalian vektor posisi dan vektor momentum. Dalam eksperimen. Dalam koordinat bola berlaku hubungan berikut: Lz sebagai komponen momentum sudut pada sumbu-z ternyata merupakan besaran yang diskrit atau terkuantisasi. BAB III KESIMPULAN Dalam mekanika klasik.

Angular Momentum Sudut... 2012. .com/2013/12/momentum-sudut- chapter11. diakses pada tanggal 20 November 2014 http://www. Momentum Sudut (Chapter11). http://softonezero.html.. DAFTAR PUSTAKA Sari..blogspot...com/doc/66927698/Angular- Momentum Taqiani.scribd. Melda. diakses pada tanggal 20 November 2014. 2010.. Ahmad.