PT. HOLCIM Tbk.

Holcim merupakan pelopor dan perusahaan yang inovatif di industri semen yang
berkembang di Indonesia, baik pasar perumahan, bangunan komersial dan proyek infrastruktur
yang luas. Kami merupakan satu satunya penyedia layanan yang terintegrasi meliputi 9 tipe
semen, beton jadi dan agregate. Kami juga membangun usaha waralaba unik yang lengkap,
solusi perumahan yang terjangkau dengan konsep rumah tumbuh, mengembangkan kemampuan
lebih dari 3000 tukang bangunan, memiliki lebih dari 43 waralaba dan sekitar 9000 toko
bangunan yang tersebar di seluruh pulau Jawa.

Holcim merupakan yang pertama di pasar untuk produk minimix yang dapat dijangkau
oleh pemilik rumah melalui telepon, dengan pelayanan beton jadi pada hari yang sama. dan
merupakan yang pertama untuk batching plant beton yang bergerak. Seminar tentang praktek
terbaik di industri konstruksi dalam pengecoran berskala besar untuk fondasi bangunan tingkat
bertingkat telah dilaksanakan dengan baik. Kami merupakan pelopor dalam menciptakan pusat
pendidikan profesional baik kejuruan maupun keahlian manajerial melalui Akademi Holcim
sehingga menjadi ajuan bagi siswa-siswa di Asia Tenggara.

Pangsa pasar Holcim adalah di Pulau Jawa dimana Holcim mengoperasikan dua pabrik
dan satu tempat penggilingan dengan total kapasitas terpasang 8,5 juta ton. Holcim juga
mengoperasikan banyak tempat pengolahan beton dan tambang batu di Jawa disamping jaringan
logistik dan gudang penyimpangan.

Geocycle merupakan operasional berbeda yang memberikan jasa bagi penghasil limbah
di industri, limbah rumah tangga dan limbah pertanian. Kami merupakan pelopor penghancuran
gas CFC ozon yang aman dan satu-satunya fasilitas yang ada di Asia Tenggara. Kami
mendapatkan karbon kredit dalam UNFCCC melalui mekanisme produksi bersih untuk
proses co-processing biomasa dan memusnahkan emisi CO2 dari pembusukan limbah pertanian
yang tidak terpakai.
Pada tahun 2008 merek Holcim memperoleh penghargaan Superbrand yang pertama kali
untuk industri semen dan juga memperoleh penghargaan pertama untuk kategori lingkungan

pada tahun 2006 meraih penghargaan dari Dupont/Warta Ekonomi sebagai “Most caring company for safety” serta mendapatkan medali emas dari Kepolisian Republik Indonesia untuk manajemen keamanan. Holcim Indonesia adalah sebagai berikut : 1. Tujuan Perusahaan Tujuan PT. agregat dan pengembangan sumber daya manusia.( pengiriman selalu tepat sesuai dengan Perjanjian). melalui manufaktur dan penjualan semen.  “Delivering Our Promise” is our Performance. Nilai Perusahaan :  “Partnership” is our Strength ( mempunyai kekuatan dengan rekan kerja ).  “Care” is our Passion ( selalu terbuka dan semangat ). pesaing. 4. serta mempertahankan tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingan. kami memberikan keuntungan yang maksimal kepada para pemegang saham. Menciptakan images branding yang berkualitas dan memenuhi kebijakan environmental yang harus dipatuhi dan dilaksanakan . beton. Memperhatikan keinginan konsumen dan perilaku pembeli. Holcim Indonesia Tbk.dalam Sustainable Development Reporting Awards. Pembelian bisnis dan memperoleh laba 5. Visi : Menjadi yang terbaik dalam hal kinerja dan kami menjadi perusahaan Indonesia yang paling diakui di dalam industri. Visi dan Nilai Perusahaan Misi : PT. Menganalisa industri. 2. Memperluas bidang usaha dan memperluas pangsa pasar. dan pasar bisni. 3. Pada tahun yang sama kami juga memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia untuk keselamatan kerja. Misi. masuk kategori terbaik didalam Grup Holcim.

ANALISIS SWOT PT. Sehingga jika ada project yang membutuhkan beton. Mematuhi peraturan-peraturan dan undang-undang yang berlaku di Indonesia dan merehabilitasi area. 6. Mengenai kualitas mengikuti aturan yang berlaku. Taktik pemasarannya berupa penjualan ke anak perusahaan yaitu holcim beton. kesejahteraan karyawan) Taktik PT. kesehatan kerja. Menciptakan lapangan pekerjaan di sekitar area perusahaan pada khususnya dan menciptakan CSR dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya 7. misalnya saja ada sertifikat ISO untuk lingkungan. Produk focus. adapun support lain holcim beton juga mempunyai tambang batu di berbagai daerah untuk memasok material ke batching plant dan untuk mendukung pemasokkan Semen di Jawa Timur akan didirikan pabrik semen di Tuban. yang mempunyai batching plant di berbagai kota besar di pulau jawa. dan semen curah. HOLCIM Strategi PT. kita mempunyai beberapa inovasi berupa : "solusi rumah" yang bertujuan agar masyarakat tahu bagaimana cara membangun rumah tinggal dan tidak susah-susah. performance dan passion. 3. cor. 2. Geografis lingkungan atau habitat alam. Dan di dukung dengan armada truck mixer dan kapsul truk untuk mengangkut beton. Untuk memperkenalkan produk semen. maka pihak holcim sudah siap mengirim dengan armada yang cukup. Holcim ini ada 3 yaitu : 1. HOLCIM Strenght (Kekuatan): . Dengan cara ini pihak holcim sudah langsung dan mendekati customer tanpa adanya rintangan berupa distributor. maksudnya masih berhubungan dan berkaitan dengan undang-undang yang berlaku di negara tersebut dan mengikuti global standart. dll. dengan kualitas terjamin dan juga terjamin kesediaan stock materialnya. Local manajemen. Mematuhi K3 (keselamatan. cukup datang ke gerai holcim dan akan diterangkan berbagai macam cara pembangunan rumah yang sesuai dengan kemampuan customer. Karena kita sudah memiliki motto strength. seperti ISO. 8.

 Memiliki kualitas yang baik berupa Lime stone merupakan bahan baku dari semen mepunyai cadangan 100jt ton dan mempunyai 2 Quarry batu dengan qualitas yg baik dengan jenis andesit dan granit batuan.  Holcim juga mempunyai sarana utk meningkatkan SDM karyawan dalam wadah Holcim academy dan OPI.pasuruan sehingga dapat menyuplai beton cor untuk proyek-proyek besar di Jawa khusus nya dan pada umum nya di Indonesia. dll). . Weakness (Kelemahan):  Pasar utama semen dan aggregat masih di kota besar. mempunyai cadangan 30 juta ton.  Apresiasi rendah Jawa Timur pelanggan untuk Holcim standar yang tinggi (OHS. lingkungan) sehingga biaya produksi mereka mungkin dapat menurunkan.  Harga pasar sensitive.  Holcim Indonesia adalah operasi semen terbesar ketiga di Indonesia dan mempunyai pabrik semen di bogor dan cilacap dan akan dibangun pabrik di tuban Jawa Timur dan mempunyai anak perusahaan yg bernama Holcim beton yang merupakan channel penjualan semen curah dan didukung dengan tambang batu di areal maloko.  Jawa Timur daerah memiliki harga pasar sensitive. kapasitas pabrik yang lebih besar. yaitu Jakarta dan Surabaya dan sekitarnya sehingga jarak untuk pengiriman masih menjadi isu dampak terhadap harga jual.  Holcim merupakan pioneer dalam pengembangan antara semen dan aggregate. kecuali untuk area di mana HB RMX dan semen yangada.  Meningkatkan ekuitas merek Holcim. inovasi. Bogor dan Jeladri .  Ada HB / polecy HI yang mengumpulkan masih tidak mungkin untuk pergi secara independen ke setiap pasar.  lingkungan.  Ekspansi hanya bisa dilakukan di daerah yang tercakup dalam logistik semen curah .  Pesaing Jawa Timur memiliki apresiasi yang rendah terhadap peraturan pemerintah dan  operasi standar tinggi (OHS. didukung mempunya Batching plant yg tersebar di pulau jawa dan mempunya armada berupa capsule truck dan truck mixer.

Masing-masing jenis strategi perkembangan bisnis unit dapat digambarkan pada Diagram Matrik Strategi Umum berikut ini: . Threat (Ancaman):  Entry barrier rendah untuk datang dan memiliki operasi batching plant dan Quarry batu yang semua orang atau setiap pihak dapat memiliki kapan saja. Berdasarkan pada diagram matrik swot diatas.  Pemerintah akan melanjutkan kebijakan mereka untuk meningkatkan infrastruktur.  Pesaing RMX Jawa Timur tidak menjadi model inovasi. termasuk semen dan pesaingRMX. di mana saja. berarti konsumsi agregat akan juga meningkat.  Pergeseran sekitar 20% -25% dari kantong untuk semen curah akan pertumbuhanpasar  beton.  Pesaing semen sedang mengembangkan ekuitas merek mereka melaluiperusahaan yang siap mereka pasok.  Ada beberapa proyek infrastruktur akan terus dikembangkan oleh pemerintah. PT.  Reaksi pesaing dan memperkuat posisi mereka.  Jaringan dengan investor pihak ketiga untuk investasi .Opportunities (Peluang):  Operasi Holcim beton Readymix sebagai saluran untuk memperbaiki pasaraggregate. Holcim Tbk terletak pada posisi Kuadran I.  Mempunyai Reserve / cadangan bahan baku yg siap untuk dieksploitasi. S T RAT EGI BI S NI S UN I T Berikut ini adalah tahapan menentukan alternatif strategi bisnis unit berdasarkan letak posisi kuadran.

Holcim Tbk terletak pada kuadran I dan menggunakan strategi umum Pengembangan Pasar. Strategi pemasaran produk yang baik. . Dukungan infrastruktur dari pemerintah. FA KTOR PEN EN TU KEBER HA SI LA N : 1. OU T PU T : Sukses membuat iklan di tv yang bisa menarik minat konsumen atau publik. yaitu Memperkenalkan produk-produk yang sudah ada ke daerah pemasaran yang baru (pangsa pasar bertambah). OU T C A ME : Meningkatkan volume penjualan. Penjelasan alternatif strategi yang dipilih adalah sebagai berikut: PR I OR I TA S U TA MA : Membuat program iklan melalui media masa. Posisi PT. pemukiman publik. contoh : iklan Holcim melalui televisi yang bertema tentang membangun pertumbuhan Indonesia di segala aspek seperti fasilitas umum. 2. jalan raya.

HOLCIM Tbk DENGAN PRODUK PENGGANTI (SUBSTITUSI) 4P PRODUK PRODUK KETERANGAN ACTION PLAN BETON LITEBETON CREAT THRU .HOLCIM Tbk VS PT. SEMEN TIGA RODA Tbk (Pesaing Utama) 4P HOLCIM TIGA RODA KETERANGAN ACTION PLAN Macam/Jenis Produk &Inovasi Produk PRODUCT UNGGUL – Teknologi yang menarik Harga yang murahHarga yang murah banyak kualitasakan sama banyakmendapatkan diminati keuntungan yang PRICE – UNGGUL masyarakat tinggi. TABEL ANALISA PERSAINGAN PT. TABEL ANALISA PERSAINGAN PT. 9.000 toko yang tersebarmelayani di customers dengan PLACE UNGGUL – pulau jawa baik. Mengiklankan produk-produknya di media elektronik atau Iklan produk semenpun media PROMOTION UNGGUL – Holcim cetak.I MPA C T : Citra perusahaan semakin meningkat. Memiliki lebih dari 43 waralaba.

April 2006). Hanya Adanya persainganMengutamakan Pengguna diwilayah dalam memasarkanpelayanan untuk PLACE banyak/luas tertentu produk customers. sekitar. produk. . keberadaan PT. Berbagai iklan di tanyangkan d media elektronik maupunMempertahankan media iklan produk yang PROMOTION Unggul – cetak. Akuisi tersebut dilakukan dengan membeli lebih dari 70% saham yang beredar (Swa. Semen Cibinong yang didirikan pada tahun 1971 (Holcim Indonesia.SDM yang handal berat beton lebihmampu mengurangi banjirdalam bidang ringan. Tahun 2001 adalah tahun dimana Holcim melakukan akuisis terhadap Semen Cibinong. Kondisi perekonomian Indonesia pada saat itu masih dipengaruhi oleh krisis moneter yang terjadi pada periode tahun 1997-1998. Namun. 2011). sudah ada. menghambat panas mampu sehingga meneruskan airmengurangi Meningkuatkan di permukaan. HOLCIM INDONESIA PASCA KRISIS MONETER ASIA DARI SUDUT PANDANG STRATEGI PERUSAHAAN Salah satu pionir dari industri semen di Indonesia adalah PT. ramahmenahan dilingkungan pembuatan produk PRODUCT lingkungan beban. CRETE Ramah Mampu lingkungan. Harga produk betonMemberikan lite creat lebihpotongan harga Lebih terjangkau bagiuntuk pembelian PRICE terjangkau Relative mahal masyarakat. terbaru. Semen Cibinong yang telah cukup lama tidak memberikan imunitas terhadap perusahaan dari pengaruh negatif krisis moneter yang terjadi dalam periode tahun 1997-1998 silam.penggunaan AC.

Langkah ini merupakan sebuah keputusan yang cepat (Fast Moving Decision) dengan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan dan tentunya meningkatkan motivasi dan produktivitas. Langkah yang dilakukan management pada tahun 2002 adalah dengan cara meningkatkan gaji karyawan sebesar hampir dua kali lipat. bahwa dalam high velocity environment seperti yang dihadapi HI pada saat itu maka keputusan yang cepat dibutuhkan. Namun pada kenyataanya yang terjadi sesudah kenaikan gaji tingkat produktivitas tetap rendah. Dalam kondisi “point no return” manajemen memutuskan menggunakan pendekatan yang berbeda. Strategi ini sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh Eisenhardt (1989). ESP merupakan program dimana karyawan yang tergolong tidak produktif ditawarkan pensiun dini dengan pesangon yang menarik. Kondisi ekonomi yang masih belum kondusif. Kondisi HI yang tidak jelas kasualitasnya tersebut membutuhkan sebuah intervensi untuk dapat menciptakan kestabilan. strategi yang dilakukan sesuai dengan yang dianjurkan oleh David Levy (1994) dimana dalam kondisi Chaos maka fleksibilitas dan adaptiness menjadi faktor yang penting. Salah satu warisan yang “buruk” yang diwariskan dari perusahaan lama adalah kondisi demografis karyawan yang “tua” dengan tingkat produktivitas yang rendah. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan program Employee Separation Program (ESP). . 2003). warisan hutang yang besar ditambah dengan produktifitas karyawan yang tidak sesuai dengan standard Holcim Internasional menjadikan Holcim Indonesia (HI) masuk dalam katagori Chaos (Kurtz dan Snowden. Strategi ini berhasil dengan baik sehingga mampu mengurangi jumlah karyawan secara cukup signifikan. Karyawan menerima kenaikan gaji tersebut sebagai sebuah kondisi “Taken for Granted” yang selayaknya mereka terima karena sekarang menjadi karyawan sebuah perusahaan asing.

Strategy Repeat Innovation sesuai dengan teori Charavathy (1997) juga dilakukan khususnya pada fungsi Sales dan Marketing. Organizational Performance Improvement (OPI) yang masuk dalam katagori Operational Excellence inisiatif. Pada tahun 2008. Dalam kondisi masih merugi HI menjalankan program Change Managementyang intensif dengan biaya $ 3 juta pertahun sejak tahun 2004. 1997. Holcim Indonesia Tbk: . Rebranding dlsb. Jenis dan Bentuk Perusahaan PT. Gambar 4. semen Bosowa dan juga pendatang baru semen Kupang. Jenis Perusahaan PT. 225 milyar dibandingkan dengan kerugian sebesar Rp. Pabrik Holcim Indonesia Langkah berikutnya yang dilakukan adalah dengan memperkuat dan memperluas kompetensi inti (Chakravarthy. 150 milyar yang masih ditanggung pada tahun 2007. Inisiatif penting yang dijalankan dalam Change Management adalah Leadership Developement progam untuk mengubah mindset dan perilaku karyawan. Holcim Indonesia Tbk 1. Solusi inovatif ini berhasil terbukti dengan makin baiknya kondisi keuangan HI. Pada tahun 2007 diluncurkan program sertifikasi Ahli Bangunan kepada para tukang bangunan dan juga meluncurkan Solusi Holcim yang bekerjasama sama dengan toko bangunan. HI membukukan keuntungan pertamakali sebesar Rp. Kemampuan HI dalam memilih strategi akan diuji pada tahun-tahun yang akan datang pada saat kondisi lingkungan berubah dari Chaos menjadi Complex dimana banyak pemain baru yang masuk termasuk dengan makin agresifnya pemain lama seperti pemimpin pasar Semen Indonesia (dulu semen Gresik Group).

perusahaan Holcim ini berkomitmen untuk meningkatkan kinerja lingkungan hidup secara berkesinambungan dalam memproduksi. PT. Evaluasi Keberhasilan Perusahaan 1. Bentuk Perusahaan PT. Kesehatan dan Keselamatan kerja . pemilik Holcim itu sendiri adalah mereka yang memegang saham dan bertanggung jawab kepada pihak ketiga sesuai dengan modal yang di miliki oleh perusahaan. Dan sumber modal internal atau eksternal ini didapatkan dari para pemegang saham itu tersebut. karena menyediakan jasa dengan mutu yang memenuhi standar yang diterima lokal dan internasional sehingga memberi kontribusi positif terhadap kegiatan bisnis perusahaan. Kode Etika Bisnis 2. Evaluasi keberhasilan dari sisi perusahaan dan anggotanya: Keberhasilan perusahaan PT. Praktek yang terkait dengan perkerja dan karyawan 3. Holcim Indonesian Tbk Sumber modal terdapat menjadi dua bagian yaitu sumber modal internal dan eksternal. Holcim Indonesia Tbk: Bentuk Perusahaan Holcim termasuk kedalam perusahaan terbatas (PT). karena Holcim mempunyai kekayaan yang dimiliki perusahaan itu sendiri. 2. pengertian modal internal adalah modal yang dihasilkan sendiri di dalam perusahaan. PT Holcim Indonesian Tbk mendapatkan sumber modal ini dari pinjaman dalam bentuk kredit ekspor dari Euler Hermes. Holcim Indonesia Tbk ini termasuk kedalam perusahaan jasa. Permodalan Perusahaan PT. Kfw IPEX-Bank. Anggregate. perusahaan terkemuka dalam pembuatan semen. dan BNP Paribas. Holcim Indonesian Tbk dengan anggotanya cukup baik dikarenaka Holcim menerapkan kebijakan CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan. PT Holcim Indonesia Tbk. agen kredit Pemerintahan Jerman. Holcim Indonesia Tbk adalah produsen semen ketiga terbesar di Indonesia dan usaha terkait lainnya yang berkaitan Ready Mix Concrete (RMX). sedangkan modal eksternal adalah modal yang dihasilkan dari luar perusahaan. Ada Enam Pilar Kebijakan CSR perusahaan : 1.beton dan agregate berketetapan untuk mendukung kepercayaan negara dalam pengembangan yang berkelanjutan. PT.

Menurut CEO Holcim Indonesia Eamon Ginley. Holcim Indonesian Tbk sampai saat ini sudah efesien dalam memproduksi penghasilan barang dan jasa dengan cepat. 4. senantiasa berfokus dan bisa berikan dampak atau nilai terbesar untuk setiap waktu yang dihabiskan. Holcim mampu keluar dari kemelut perang harga dan sukses menyasar pasar premium. 3. lancar dan dengan pemborosan yang minimum. potensi pasar semen masih sangat besar. Holcim Indonesia Tbk. dengan sumber daya yang langka dipakai sebaik-baiknya. “Daripada bersaing dalam harga lebih baik kami memosisikan diri sebagai produk premium dengan memberikan nilai tambah bagi konsumen di Indonesia dan itu sesuai dengan tagline kami. Hubungan terhadap pelanggan dan pemasok 6. Keterlibatan masyarakat / community 5. Produktivitas Perusahaan Ketatnya kompetisi dalam industri produksi semen tidak membuat pergerakan bisnis PT Holcim Indonesia Tbk menjadi stagnan. . seperti penurunan pertumbuhan kinerja perusahaan dan inflasi sebagai suatu faktor yang mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara. Efektivitas Perusahaan Efektivitas maupun efesiensi mengharuskan perusahaan maupun pribadi untuk terus menetapkan target. Kemungkinan sampai saat ini efesien perusahaan Holcim meningkatkan dikarenakan berhasil. Holcim Indonesia dengan kapasitas produksi di bawah dua nama besar produsen semen laiinya memilih untuk menjauh dari perang harga. mengatur prioritas. Efek ekonomis dan efek biaya perusahaan: Industri perusahaan pembiayaan di indonesia dalam perkembangannya tidak lepas dari fase peningkatan dan penurunan pertumbuhan. 5. 4. Pelaporan dan Pemantauan 2. Efesiensi Perusahaan: PT. Namun. persaingan di industri semen terbilang sulit. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ekonomi di perusahaan PT. menganalisa kerja dengan seksama.

Hasil analisis keuangan juga akan memberikan informasi tentang kelemahan dan kekuatan yang di miliki perusahaan . Ketidakmampuan mengantisipasi perkembangan global akan mengakibatkan pengecilan dalam volume usaha yang pada akhirnya mengakibatkan kebangkrutan perusahaan. Resiko perusahaan sebenarnya dapat dilihat dan diukur melalui laporan keuangan. .6. terutama perusahaan semen Holcim Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. dalam hal ini persaingan antara produsen semen di indonesia semakin meningkat setelah didera krisis selama beberapa tahun lalu. Analisis Laporan Perusahaan Perusahaan merupakan suatu badan yang didirikan oleh perorangan atau lembaga dengan tujuan utama untuk memaksimalkan keuntungan. dengan cara melakukan analisis terhadap laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan.