Fariza Nur Amalina, Nabila Desti Khuzaifah 2017

PERMASALAHAN PERMUKIMAN SEPANJANG SEMPADAN REL
KERETA API KAWASAN JAKARTA
(STUDI DI KAWASAN JAKARTA)

Fariza Nur Amalina, Nabila Desti Khuzaifah
Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
Email: linafariza@gmail.com

ABSTRACT

The increase of population in Jakarta due to urbanization of people from other cities cause the emergence of
settlement problems that is the establishment of illegal buildings along the railroad tracks. Through literature
studies, it is known that UU No 23 Tahun 2007 about Railroad and UU No 1 Tahun 2011 about Housing and
Settlement Area haven’t thoroughly regulate the order of illegal buildings on the edge of railroad tracks in
Jakarta. The discontinuity certainly have some causes that become Government’s homework to be done by
doing coordination with law enforcement apparatus, socialization, supervision over railroad area, or
relocation.

Kata kunci: illegal buildings, railroad, housing and settlement area

PENDAHULUAN pemukiman di sepanjang sempadan rel kereta
api karena tergerus oleh arus urbanisasi
Salah satu masalah yang dihadapi akhirnya mereka memilih membangun
negara - negara berkembang dewasa ini adalah pemukian di daerah tersebut. Berdasarkan UU
pertumbuhan penduduk yang sangat pesat No.23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian
terutama pada daerah perkotaan. Meningkatya pasal 178 “setiap orang dilarang membangun
jumlah penduduk kota ini terjadi bukan hanya gedung, membuat tembok, pagar, tanggul,
disebabkan oleh pertumbuhan dari desa ke bangunan lainnya, menanam jenis pohon yang
kota. Migrasi dari desa ke kota berkembang tinggi, atau menempatkan barang pada jalur
pesat karena kurangnya pembangunan di desa kereta api yang dapat mengganggu pandangan
akibat dari sentralisasi pembangunan di kota bebas dan membahayakan keselamatan
dan daya tarik ekonomi serta status sosial kota perjalanan kereta api.”
yang lebih tinggi.
Pada penjelasan pasal diatas sudah
Hal ini terjadi di Kota Jakarta, dimana disebutkan untuk tidak membangun gedung di
penduduk yang berasal dari kota lain pergi sepanjang sempadan rel kereta api tetapi
berbondong - bondong menuju Kota Jakarta masyarakat malah mengabaikan peraturan
dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut sehingga selain membahayakan
dan kehidupan yang lebih baik. Namun, keselamatan perjalanan kereta keselamatan
tingginya urbanisasi ini masyarakat yang pergi masyarakat yang menetap disana pun ikut
ke Jakarta dengan tujuan untuk terancam.
mensejahterakan kehidupannya itu tidak
memiliki modal yang cukup untuk tinggal di Rumusan Masalah
kota, sehingga mengakibatkan pembangunan
permukiman liar. Masyarakat tersebut Berdasarkan penjelasan singkat dalam
membangun tempat tinggal ditempat - tempat Latar Belakang mengenai permukiman liar di
yang merupakan kawasan ilegal yang tidak sepanjang sempadan rel kereta api, adapun
boleh ada bangunan berdiri di tempat tersebut. perumusan masalah dalam paper ini adalah
Salah satu kasusnya adalah banyaknya sebagai berikut:

keamanan. keamanan.23 Tahun 2007 penelitian yang mencoba menggali bagaimana tentang perkeretaapian pasal 173. faktanya.. 1995. jurnal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis yaitu Menurut UU No. dan keselamatan penyelenggaraan Sumber Data perkeretaapian. p. Mengapa masih ada permukiman liar Menurut Kumorotomo dkk. Jakarta Pusat Sumber: okezone. Variabel yang digunakan dalam studi ini adalah : 1. Bagaimana usaha . yang maupun artikel dari internet. Fariza Nur Amalina. bahwa ada di sepanjang sempadan rel kereta api perbedaan krusial antara lingkungan kumuh walaupun sudah ada UU yang (slums) dengan lingkungan liar (squatters). rentan terhadap kebakaran dan rentan terhadap Jenis Penelitian terjadinya tindak kejahatan (Kumorotomo. dengan mempelajari Undang-Undang. Fungsi Kawasan 3. Metode Pengumpulan Data dan keselamatan. masyarakat masih mendirikan maupun artikel dari internet.34).” Variabel yang dikaji dalam penelitian ini membahas mengenai permasalahan permukiman sepanjang sempadan rel kereta api di Jakarta. padat dan METODE PENELITIAN cenderung tidak memenuhi unsur kesehatan.usaha Pemerintah bagian bangunan yang diganggu/ditempati dalam menanggulangi permukiman tanpa ijin dari pemiliknya. Bangunan Liar 2.com Bangunan Liar . Usaha dan Wewenang Pemerintah HASIL DAN PEMBAHASAN Gambar 1. mengatur ? Squatters adalah suatu bagian wilayah atau 2. Nabila Desti Khuzaifah 2017 1.” Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat diminta ikut berpartisipasi dalam Sumber data yang didapat untuk membantu pemerintah dalam penertiban melakukan penelitian ini adalah berupa data lingkungan perkeretaapian. Namun pada sekunder dari Undang-Undang. liar di sepanjang sempadan rel kereta Sedangkan slums adalah suatu lingkungan api ? yang ditempati masyarakat dengan kondisi rumah rata-rata bobrok (reyot). wajib ikut serta menjaga ketertiban. dapat mengakibatkan terjadinya pergeseran tanah di jalur kereta api sehingga mengganggu Variabel Penelitian atau membahayakan perjalanan kereta api. jurnal. Data yang digunakan dalam penelitian Dijelaskan pula pada pasal 179 bahwa ini diperoleh melalui studi kepustakaan yaitu “Setiap orang dilarang melakukan kegiatan. “Masyarakat dan mengapa fenomena itu terjadi. Bangunan liar di pinggir rel kereta api kawasan Kebon Melati. bangunan liar dipinggir rel kereta api yang tentunya mengganggu ketertiban. baik langsung maupun tidak langsung. dkk.

000. maupun menjemur pakaian. Garis sempadan jalan rel kereta api adalah ditetapkan dari as jalan rel terdekat apabila jalan rel kereta api itu lurus. seng atau kardus perkotaan. Mereka jalan rel kereta api.000. 2. sebagai tempat berlindung. Hal ini juga dikarenakan kurangnya Kawasan Perkotaan. Garis sempadan jalan rel kereta api yang terletak di dalam galian. Jakarta Pusat Sumber: foto. menggunakan jalur kereta api untuk keadaan sempadan rel kereta api dipenuhi oleh kepentingan lain selain untuk angkutan kereta pemukian liar. Kriteria garis sempadan jalan kereta api yang dapat digunakan untuk RTH adalah sebagai berikut: 1. Rumah bertingkat di pinggir rel kereta api dari kaki tanggul.net 3. kawasan Tanah Abang. menyeret barang di atas atau melintasi jalur kereta api tanpa hak. jarak rumah warga dengan kereta api yang melintas hanya berkisar 1-2 meter. Fariza Nur Amalina. Jakarta Pusat Sumber: viralcell. diukur Fungsi Kawasan dari puncak galian tanah atau atas serongan. .00 (lima belas juta Pekerjaan Umum Nomor : 05/Prt/M/2008 rupiah). ayat (1). mencuci piring. dikatakan bahwa Gambar 3. bermain. namun tetap saja warga dapat melakukan aktivitas seperti memasak.okezone. dan Jika dilihat dari gambar diatas. Berkaitan dengan hal tidak memiliki surat untuk mendirikan tersebut perlu dengan tegas menentukan lebar bangunan resmi sehingga terpaksa mendirikan garis sempadan jalan kereta api di kawasan rumah berbahan triplek. ketegasan pemerintah untuk menuntaskan permasalahan bangunan liar.” Namun pasal tersebut tidak membuat Tentang Pedoman Penyediaan dan warga yang tinggal di pinggir rel kereta api Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di jera.com jalan kereta api. Pada pasal 199. Nabila Desti Khuzaifah 2017 Jika dilihat dari gambar. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena dapat membahayakan sistem perkeretaapian maupun warga itu sendiri. Garis sempadan jalan rel kereta api yang terletak di tanah timbunan diukur Gambar 2. Keadaan sempadan rel kereta api di Kawasan “Setiap orang yang berada di ruang manfaat Senen. Bangunan tersebut sangat api yang dapat mengganggu perjalanan kereta membahayakan baik penghuni maupun bagi api sebagaimana dimaksud dalam Pasal 181 keselamatan perjalanan kereta api. Penyediaan RTH pada garis sempadan jalan rel kereta api merupakan RTH yang Alasan lain mengapa warga tetap memiliki fungsi utama untuk membatasi mendirikan bangunan dipinggir rel kereta api interaksi antara kegiatan masyarakat dengan adalah karena keterbatasan ekonomi. dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling Berdasarkan Peraturan Menteri banyak Rp15.

Garis sempadan jalan rel kereta api kawasan permukiman. menggusur bangunan liar di pinggir rel kereta Pemerintah memiliki kewenangan untuk api. pemukiman kembali. as jalan raya. Garis sempadan jalan rel kereta api kumuh didahului dengan penetapan lokasi sebagaimana dimaksud pada butir 1) perumahan kumuh dan permukiman kumuh tidak berlaku apabila jalan rel kereta dengan pola-pola penanganan: api terletak di tanah galian yang a. m. Garis sempadan jalan rel kereta api a. sebidang antara jalan rel kereta api dengan jalan raya adalah 30 m dari as Untuk saat ini.5 m. mencegah tumbuh dan berkembangnya diukur dari lengkung dalam sampai as perumahan kumuh dan permukiman jalan. Inspeksi aparat hukum secara rutin sesuai dengan kewenangannya sangat diperlukan untuk memonitor kondisi bertanggung jawab melaksanakan pinggiran rel kereta api agar dipergunakan pengendalian dalam penyelenggaraan sebagaimana mestinya. namun masih saja beberapa warga api pada titik 600 m dari titik lebih memilih untuk tetap tinggal di pinggiran perpotongan as jalan kereta api dengan rel kereta api karena selain sudah terbiasa. Pemerintah DKI jalan rel kereta api pada titik Jakarta telah melakukan sosialisasi untuk perpotongan as jalan rel kereta api relokasi dan penggusuran di beberapa wilayah dengan as jalan raya dan secara berdirinya bangunan liar serta memindahkan berangsur–angsur menuju pada jarak warga ke rusun yang disubsidi oleh lebih dari 11 m dari as jalan rel kereta Pemerintah. Usaha dan Wewenang Pemerintah Walaupun Pemerintah telah Dijelaskan pada UU No 1 Tahun 2011 melakukan beberapa usaha diatas untuk tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Fariza Nur Amalina. kurangnya kontrol dari aparat hukum mencegah dan mengendalikan permukiman membuat warga tidak jera dan memutuskan kumuh seperti yang tercantum pada Pasal 81: untuk mendirikan bangunan-bangunan liar (1) Pemerintah dan pemerintah daerah kembali. Dalam peralihan jalan lurus ke jalan lengkung diluar as jalan harus kumuh. kawasan permukiman. Nabila Desti Khuzaifah 2017 4. pemugaran. menurut pasal 197 selanjutnya menyempit lagi sampai dikatakan bahwa Peningkatan kualitas jarak lebih dari 11 m. Garis sempadan jalan perlintasan c. pada belokan adalah lebih dari 23 m b. permukiman sesuai dengan rencana 5. KESIMPULAN (2) Pengendalian kawasan permukiman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Daerah yang seharusnya menjadi RTH dilakukan untuk: di sepanjang sempadan rel kereta api . mereka masih sulit untuk membayar uang sewa rusun tersebut. terhadap perumahan kumuh dan permukiman 6. yang c. b. dan ada jalur tanah yang bebas. menjamin pelaksanaan pembangunan yang terletak pada tanah datar diukur permukiman dan pemanfaatan dari as jalan rel kereta api. atau 7. Pelebaran tersebut dimulai dalam jarak 20 m di muka lengkungan untuk Tak hanya itu. mencegah terjadinya tumbuh dan secara berangsur–angsur melebar dari berkembangnya lingkungan hunian yang jarak lebih dari 11 sampai lebih dari 23 tidak terencana dan tidak teratur. dalamnya 3. peremajaan.

pemanfaatan ruang terbuka hijau.com/read/ permukiman yang telah diatur dalam Undang. Jurnal Hukum Dan Administrasi Perencanaan.. (2016). al.. Undang-Undang tersebut akan lemah (http://www. Ajeng. Ade. Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan. Nabila Desti Khuzaifah 2017 dialihfungsikan menjadi kawasan permukiman Penelitian di Jalan Muharto Kel yang ilegal dan melanggar peraturan tentang Jodipan Kec Blimbing. Hal tersebut sangat Internet mengganggu aktivitas perkeretaapian dan Semeter dari Pinggir Rel Kereta Api.kompas. sendiri yang masih kurang akan bahaya Penelitian Deskriptif Analitik dengan mendirikan bangunan liar dipinggir rel kereta Pendekatan Waktu Cross Sectional.P. Kota Malang. UU No.. 2011.blogspot. (2015).KAI dan melanggar hak sewa. W. Penegakan Sanksi Pidana Terhadap Perumahan Dan Permukiman Yang Berada Di Sempadan Sungai Bengawan Solo. berdiri di atas tanah milik PT.. Sughiri. Shelvy. diakses 22 Mei 2017. Abdul. 2012. 2011/04/17/04033063/semeter.html). J. 1-15.com/2016/03/jenis apabila Pemerintah tidak bertindak langsung -jenis-penelitian. sekaligus menyalahi fungsi perumahan dan (http://megapolitan.23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian (http://juragankumuh.tips/documents/penelit dari Pemerintah.. ggir. Farida.. ian-deskriptif-analitik-dengan- pendekatan-waktu-cross- DAFTAR PUSTAKA sectional. Pemikiran masyarakat masih dapat 2015. Studi . Madjid.pin Undang. Pengertian Kumuh (Slum) dan Liar Undang Undang (Squatters). UU No. Studi Di Kabupaten Bojonegoro.co. dirubah dengan adanya sosialisasi yang baik (http://dokumen. diakses 22 Mei secara tegas dan pengertian masyarakat itu 2017. (2013).kereta. Fariza Nur Amalina. 2016. Dwi.html).D. Oki..html).rel. Dampak Pemukiman Kumuh Terhadap Kelestarian Lingkungan Kota Malang. Permukiman 40. Rofiana.dari.J. Rizki. Rizki. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman Jurnal Nur. Permasalahan Permukiman Sepanjang Sempadan Rel Kereta Api Kawasan Stasium Sidotopo. 1-21. Jenis-Jenis Penelitian. R. Lailatul.rijal09. Bambang. et.. diakses 22 Mei 2017. api.). Vivin. diakses 22 Mei Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan 2017.id/2 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum 012/12/pengertian-kumuh-slum-dan- Nomor : 05/Prt/M/2008 Tentang liar-squatters. Wedha.