BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di dalam menjalani kehidupan sehari- hari, Setiap individu tentulah tidak
terlepas dari adanaya komunikasi masa, Bentuk dari komunikasi persona,
komunikasi kelompok, dan komunikasi massa dapat dilakukan melalui
berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik.untuk media
cetak umumnya berupa surat kabar , majalah tabloid, dan sebagiannya
sedangkan untuk media elektronik berupa televisi, radio, dan flm.
Pada era informasi seperti saat ini, televisi merupakan media massa yang
populer di kalangan masyarakat dunia terutama masyarakat indonesia pada
tahun 2017 ini saja ada 13 lebih Stasiun Televisi Nasional atau swasta di
Indonesia Stasiun Televisi baik nasional atau swasta di indonesia stasiun
televisi tersebut di antaranya adalah Antv, Global TV, Indosiar, Metrotv,
MNCTV, RCTI, SCTV, Trans7, TvOne, TVR, NET TV, dan I News TV,
televisi tersebut menghadirkan persaingan dalam menyajikan program acara.
Dalam pelaksanaan praktek kerja Industri (Prakerin), Penulis mengambil
tempat prakerin di TVRI Lampung, disana penulis mempelajari tentang
editing berita, dubbing suara, mengetik naskah berita dan teknik pengambilan
gambar. Dari penjabaran diatas maka penulis mengambil judul
“ALUR PROSES PEMBUATAN BERITA” antara lain:
1. Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana proses itu terjadi dan tidak
tau cara mnegetahui berita
2. penulis juga inggin menjelaskan alur proses pembuatan berita dan fungsi
berita

1

2 Rumusan Masalah Identifikasi dan rumusan masalah pada penulisan laporan praktek kerja lapangan ini adalah: 1. Sebagai laporanprakerin untuk mata pelajaran XI MM produktif 2.3 Tujuan Tujuan pembuatan laporan pelaksanaan praktek kerja industri ini adalah : 1. Untuk melaporkan kegiatan siswa selama praktek kerja lapangan di TVRI Lampung 3. 2. Memberikan gambaran kegiatan yang dilakukan siswa selama praktek kerja industri di TVRI Lampung 4. Rumusan Masalah Bagaimana peranan reporter terhadap produksi acara berita televisi ‘warta Lampung’di LPP TVRI Lampung 1.1. Laporan ini juga bertujuan untuk dapat di jadikan acuan kegiatan bagi siswa untuk belajar mengenai dunia kerja bidang pertelevisian yang sesungguhnya memberikan masukan bagi instansi tempat praktek kerja lapangan 2 . Identifikasi masalah Masalah yang teridentifikasi atau yang ditemukan adalah bagaimana proses produksi berita televise di lakukan.

1. Mulai tanggal 19 maret 1996 TVRI lampung semakin menunjukan eksitensinya dengan malkukan siaran rutin selama 30 menit. TVRI yang kemudian membawa konsekuensi terjadi perubahan secara meneyuluruh pada awal tahun 2001 terjadi perubhan struktur organiasi TVRI secara nasional . Bagi dunia pertelevisian di bumi ruwa jurai . TVRI Lampung memulai kiprah pertelevisiannya di provinsi lampung pada tanggal 12 juli 1991 . BAB II ISI 2. Status SPK. walaupun dengan serba keterbatasan baik peralatan.dan stasiun dihapus dan sebagai gantinya nama kota tempat TVRI tersebut melakukan siaran sehingga SP TVRI Lampung berubah menjadi TVRI Lampung.SP . Bersamaan denagn statusnya ditingkatkan dari dari dtasiun/produksi keliling atau SPK menjadi stasiun produksi atau SP.1 Sejarah berdirinya LPP TVRI Lampung Kehadiran TVRI Lampung di provinsi lampung memberikan warna baru. yang kemudian TVRI Lmpung menunjukan bahwa TVRI lampun adalah sebuaha saluran yang dapat menyalurkan aspirasi masyarakat khususnya masyarakat daerah lampung dan juga penyampai kebijakan dari pemerintah setempat walaupun pada ketika itu status TVRI Lampung masih produksi keliling atau SPK.presiden republik Indonesia menerbitkan peraturan pemerintah nomor 36 tentang pendirian perusahaan jawatan (perjan). SDM dan pendanaan.1. Pada bulan juli 2000. sebagainya jaringan TVRI secara nasional . sekaligus sabagai SP pertama yang melakukan siaran. TVRI tasiun lampung tentus aja tidak terlepas dari visi misi serta peran dari fungsi TVRIsecara nasional. Keadaan umum tempat prakerin 2. 3 .

siaran lain serta usaha lain yang sah terkait dengan penyelangaraan penyiaran. dengan statusnya yang telah berubah menjadi persero . karena usia TVRI Lampung yang sudah menginjak 16 tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut. sedangkan sumber pembiayaan LPP TVRI menurut UU NO 32 Tahun 2001 pasal 15 adalah dari iuran penyiaran APBN atau APBD .sumbangan masyarakat. dan mulai terhitung dari 19 april 2002. dan program siarannya tidak semata-mata mencari keuntungan. Dalam perjalan berikutnya TVRI di tingkatkan statusnya dari perjan menjadi persero. netral. 4 . Diterbitkannya peraturan pemerintah nomor 26 yahun 2000 tentang pendirian perusahaan jawatan (perjan) TVRI mengandung makna esensial peningkatan daya siang TVRI dibanding jasa pelayanan penyiaran kepada masyarakat di era globalisasi. bersifat independent . TVRI Lampung sebagai komunikator sudah seharusnya mengetahui dan memahami keinginana dan kebutuhan masyarakat Lampung yang menjadi sasaran khalaknya. LPP adalah lembaga penyiaran yang berbentuk badan hokum yang didirikan oleh Negara.netral. sesuai dengan pasal 6 PP Nomor 36 itu maksud dan tujuan pendirian perjan TVRI adalah menyelengarakan penyiaran televise sesuai dengan prinsip-prinsip televise public yang independen.pendidikan. Kegiatan usaha jasa penyiaran public yang dilakukan oleh TVRI meliputi bidang informasi.tentu saja mengutamakan keuntungan (provit oriented) namun tetap tidak mengabaikan misi TVRI sebagai perekat kesatuan dan persatuan bangsa.hiburan dan usaha-usaha terkait lainnya. Namun di dalam perjalannya. 32 Tahun 2002 tentang penyiaran dan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2005 tentang lembaga penyiaran public TVRI . dan berfungsi memberikan pelayanan untuk kepentingan masyarakat . mandiri.tidak koersial. Televisi milik pemerintah itu resmi menjadi persero . TVRI masih mengalami perubahan statusnya dari sebuah persero berubah lagi menjadi lembaga penyiaran publik LPP yang berdasarkan undang-undang No.

subsie program Ka.KOM NIP 20071085 Ka.SE.SH.ST. dan secara operasional.se berita Ka.SUBSIE FASILITAS TASMISI MUKTAR.2 Struktur Organisasi 2.sie teknik Ka. SE prod&penyiaran NIP Sindak siahaan.MM KA.sos S. Tugas dari organisasi Dari struktur organisasi. 5 .sumbang &PU Suhermanto S. tugas tugas tersebut diemban oleh masing- masing kepala bidang sesuai dengan fungsi dan tugas nya.MSI 19601018198203 Nip 19701021199031001 001 Nip 1960101819820 19681130199803 3100 10 Ka.MD NIP 196009161953 KELOMPOK JABATAN Gambar 2.3. SE.E keuangan m. MH 1970031993031003 NIP 1962028198404 Ka.zulkilfi. SuratmanS.2.2. ST umum Budy Kurniawan NIP Basuki Nip.SE Program Ka. secara kebijakan semua tugas diemban oleh kepala stasiun.A .subang Ka.sos NIP 1963031983021 widodo.subsie teknik Neneg rahmawati tramisi NIP 19680515199302002 Husin. Struktur organisasi Kepala Stasiun Syarifudin.subsie teknik Agung kameswara.subsie pengembangan usaha Ka.MM NIP 19650401199203100 Seketaris Atia Lestari S.

perencanaan dan pelaksanaan siaran langsung acara berita. jasa dan prasarana umum. perencanaan dan pelaksanaan produksi. Kepala bidang teknik bertugas Perencanaan dan pelaksanaan operasional tekhnik transmisi dan prasarana. perencanaan dan pelaksanaan dukungan produksi. 2. 5. Kepala bidang keuangan bertugas Penyelenggaraan operasional kegiatan keuangan. current affairs dan olahraga. pelaksanaan siaran. perencanaan pengadaan dan penyediaan barang. perencanaan dan pelaksanaan pemeliharaan peralatan tekhnik transmisi dan prasarana perencanaan dan peleksanaan operasional teknik produksi dan penyiaran. pengaturan petugas redaktur kepala. pembuatan laporan keuangan atau neraca rugi laba. perencanaan dan pengelolaan anggaran. perencanaan kegiatan pembendaharaan hutang . perencanaan dan peleksanaan artistic.pengelolaan 6 . Kepala bidang program bertugas Perencanaan program. pelaksanaan dokumentasi 3. Kepala bidang berita bertugas Perencanaan dan pelaksanaan produksi berita harian. berita terkait lainnya.1. keuangan dan akuntansi serta perpajakan. perencanan dan pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan produksi berita harian. Kepala bidangumum dan SDM bertugas Penyelenggaraan operasional kegiatan umum dan sdm. perencanaandan pelaksanaan pengembangan sdm tekhnik produksi dan penyiaran. perencanaan dan pelaksanaan produksi siaran olahraga. redaktur. pengelolaan asset dan fasilitas tekhnik produksi dan penyiaran 4. perencanaan dan pelaksanaan pengembangan peralatan tekhnik produksi dan penyiaran. reporter dan petugas. perencanaan dan pelaksanaan promosi perencanaan dan pelaksanaan pemasaran dan penjualan. perencanaan dan pelaksanaan pemeliharaan peralatan teknik produksi dalam penyiaran. perencanaan dan pelaksanaan produksi current affairs. perencanaan hutang piutang iklan dan lainya.

Proses produksi Proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor- faktor yang ada seperti tenaga kerja. Visi TVRI Lampung ‘’Menjadi Televisi utama masyarakat sai bumi ghua jurai’’ b. Mengembangkan fungsi controlsocial.4. pengelolaan kerumahtangggaan dan transportasi. Mendukung program TVRI Lampung 2. sehat kompeltitif dan professional 2. Visi dan Misi TVRI Lampung a.sehat mencerdaskan 3.5. Meningkatkan kualitas isi dan teknik siaran yang menjangkau seluruh wilayah Lampung 5. 2. Menurut morissan. asset atau fasilitas tvri. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. dan perekat TVRI 4. metode ataupun teknik bagaimana produksi itu dilaksanakan. bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia dan Proses juga diartikan sebagai cara. pelestarian budaya. Menjalin kerja sama dengan mitra kerjadan mitra usaha 6. pengurusan pembinaan. Misi TVRI Lampung 1. mesin. 2. dapat di tarik kesimpulan bahwa berita adalah rangkaian fakta yang menagndung unsur baru (new). berita merupakan informasi yang tergolong penting dan mempunyai sifat menarik bagi khalayak audies (Morissan.2008:8) Dari beberapa pengertian diatas. Mengembangkan program siaran yang inovatif . KajianTeori 1. unik. Berita Berita adalah suatu fakta atau ide tau opini aktual yang menarik bagi khalayak. 7 .

luar biasa atau bersifat konflik. d. Menulis intro berita Intro atau lead merupakan bagian terpenting dari sebuah berita. 8 . berkaitan dengan kejadian penting. berita haruslah berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata b. berkaitan dengan tokoh terkenal. penting untuk disampaikan kepada khalayak serta penyajian berita informasi yang disampaikan harus akurat karena berita memiliki dampak mempengaruhi dan membangkitkan selera untuk meniru. f. baik secara langsung (live) atau direkam dalam bentuk paket yang akan dikirimkan stamina yang baik dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. menulis berita dan menyiarkan. artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. artinya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang. 3. tidak memihak kepada salah satu pihak. urutannya jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam menangkap isi berita. dapat disimpulkan syarat berita adalah sebagai berikut : a. berita haruslah memenuhi unsur-unsur berita sebagaimana akan kita bahas di bawah ini. e. Peran reporter Peran reporter adalah mengumpulkan informasi. Seimbang. menentukan lead berita. Berita dapat dikatakan menarik bila bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya. Lengkap. Terkini. humor. berita seharusnya disusun secara sistematis. Menarik. menarik. Merupakan fakta. Sistematis. artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu jauh c. aneh. Berdasarkan pengertian berita di atas. Intro merupakan rangkuman dari seluruh unsur terpenting dari suatu berita dengan latar belakang dan konteks yang di perlukan 4.

2. Komputer 9 . selanjutnya akan dibiasakn melalui lensa pada sensor CCD dan sensor BSI-CMOS kemudian direkam dan simpan dalam format digital. Mic Mic: untuk menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal analog untuk saelanjutnya diperkuat dab seolah sesuai dengan kebutuhan dan pengolahan 3.5.2. Kamera Kameramen : untuk membuat atau menangakap suatu gambar dari objek .1 Peralatan Berita Dalam TVRI 1.

Untuk menyimpan hasil rekaman data-data naskah berita. Printer Untuk mengeprint hasil liputan berita 5. dengan tripod mjudah untuk kegunan iso rendah. mengetik hasil liputan dan mengedit naskah 4. Tripod Untuk meningkatkan ketajaman. dan untuk menyangah kamera di ruang studio 10 .

5.2. Berita Stasiun Televisi 11 .2 Sumber berita Gambar 1.

whitebalance. BAB III RANCANGAN KERJA 3. Lalu jangan lupa menyeting kamera seperti exposure.1 Produksi 1. Mic Siapkan satu mic untuk perekam audio minimal satu tak perlu di setting cukup siap kabel 12 . Kamera siapkan kamera 1 untuk shooting medium. 2. dll.

Computer Setelah sudah mendapatkan hasil rekaman liputan maka di edit dan disimpan di komputer lalu dijadikan naskah 4. Print Hasil rekaman dan editan di komputer lalu di print di jadikan kertas naskah berita 13 .3.

narkoba dan lain-lain. d. sumber berita TVRI berasal dari undangan. Permintaan Liputan /dipos isi kepsta Penugas liputan. 3. masyarakat akan mengadakan iven/acara agar dapatdi tayangkan di televise b. surat . Undangan: yang sudah di diskusi kepsta.2 Pra produksi a. Editor Naskah berita yang di print sebelumnya lalu di susun di ruang editor 4. undangan merupakan permintaan peliputan oleh suatu organisasi. Hunter : yaitu pekerjaan para jurnalistik jurnalis televise untuk mencari berita yang bersifat umum dan sosialisasi bermasyarakatan c. Peristiwa aktual: yaitu peliputanyang dilakukan oleh jurnalis televisi tentang peristiwa terkiniseperti bencana alam .kriminal .produser diketahui kepala seksi Produksi lipuatan berita. Tim 14 . Control room Berita di kirim ke ruang control room lalu di mulai di siarkan 3. koropsi.

ini dilakukan oleh produser.ac.dan reporter f. Lalu di memro carddi transferke computer editing oleh cameramen dan editor 4.00 warta lampung mengudara adapun kigurasi mengudara warta lampung Hasil flayback computer VTR control rum penyiar dalam studio yang menjadi input pesion mixer dan audio mixer . redator. Transfer visual hasil syuting dalam bentuk data 3.audio mixer diteruskan ke ruangan transmisi pemancar di kirim melalui mekroer ke pemanacar di gunung betung dari pemancar gunung betung ini dapat di tangkap oleh pemirsa On air pukul 17.d 18 15 . Hasil rapat reduksi ini yang berupa rundown dibawa keruang control rum dari editor ke computer VTR control rum Vri vare on air yaitu persiapan kru siaran untuk melaksanakan kegiatan siaran khususnya berita ini biasanya dilakukan 15 menit sebelum wartalampung on airtepat jam 17.00 s. transfer. (reporter+kameramen+kendaraan/super VJ one man show+kendaraan pribadi) e. pengecekan naskah. di Stasiun TVRI 1. Editing naskahyaitu pengenceran yang di buat oleh reporter /vj dan oleh IC apabila ada kesalahan kurang sempurna dibenarkan oleh IC Setelah pembuatan naskah. dan editing selesai lalu mengadakan rapat untuk mentukan topic peliputan besok. Hasil dari produksi berita yang berasal dari 3 sumber. Diadakan kegiatan pembuatan naskah dan transfer visualpembuatan naskah ini di lakukan oleh reporter VJ dan contributor 2. dubing .

4. TVRI Lampung sebagai televisi daerah milik pemerintah telah melakukan tuggas dan fungsinya sesuai dengan peraturanperundang undangan tentang penyiaran. komunikasi massa dan pengertian yakin salah satu bentuk dari proses komunikasi yang terjadi di masyarakat dimana informasi dapat di sampaikan langsung ke banyak orang bukan hanya antar personal atau individu saja 4. akan memungkinkan seseorang tersebutmendapat kan pengetahuan lebih luas dan mendalam akan sesuatu hal. TVRI Lampung sudah cukup menjalankan berita atau media massa pertelevisian yang cukup baik bagi masyarakat.2 Saran 16 .pendidikan. televisi sebagai salah satu media massa di anggap mempunyai pengaruh penting pembentukanopini dan pemkiran masyarakat terkait dengan televisi . BAB IV PENUTUP 4. 2. khususnya stasiun TVRI Lampung yang merupakan televisi daerah lampung sangat berpengaruh terhadap pandangan masyarakat lampung . 3. pada program pemberitaan yang ada di stasiun TVRI Lampung yakni “bincang petang” dan “warta Lampung” dianggap telah menjadi sarana penyebarana informasi dan berita yang baik untuk masyarakat khusunya untuk masyarakat lampung dan dari sisi teori jurnalistik televisi. komunikasi yang dilakukan manusia termasuk dalam mendapatkan informasi melalui media masa. komunikasi merupakan kebutuhan yang di butuh kan oleh manusia dalam berinteraksi dimana pun dan kapanpun . dan berita atau informasi secara cukup berimbang 5.1 Kesimpulan Dan kesimpulan yang dapat penulis berikan adalah : 1. TVRI Lampung menjaikan siaran hiburan.

program siaran berita televisi lokal di lampung sangat kurang . Siswa PKL harus lebih berani untuk bertanya maupun encari berita meski tidak di dampingi oleh wartawan senoir. 17 .1. pembekalan pada mahasiswa PKL ketika akan melaksana kan praktek krja lapangan 3.untuk itu penulis inggin memberikan saran pada pihak TVRI Lampung agar program berita warta lampung di tambah jam siaran nya. 4. selalu ada kerja sama dan koordinasi yang baik antara mahasiswa dengan pembimbing PKL maupun warta lainnya. 2. menurut penulis.

Bandung: Remadja Karya Morrisan.tvrilampung. 2008 .com. Jurnalistik Televisi Mutakhir . DAFTAR PUSTAKA Idris . Jurnalistik televisi Tentang dan sekitar siaran Berita TVRI. profil. Jurnalistik. JB . Bandung : ALUMNI TVRILampung. Jakarta:kencana perenda madia group Wahyudi .Sejarah . 1987. 1985. surwadi. visi dan misi (ww. Televisi .com) 18 .