PROPOSAL

PRAKTIK KERJA LAPANGAN

PENGAWASAN MUTU PADA PROSES PRODUKSI
DI PT. MARIMAS PUTERA KENCANA, SEMARANG-JAWA TENGAH

Gyo Alif Utama
Pungky Karlinasari

PROGRAM KEAHLIAN
SUPERVISOR JAMINAN MUTU PANGAN
PROGRAM DIPLOMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2017

C.C. DAA Koordinator Program Keahlian . Nurwitri.C. Nurwitri. C. LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL Judul : Pengawasan Mutu pada Proses Produksi di PT. Marimas Putera Kencana Nama : Gyo Alif Utama J3E114008 Pungky Karlinasari J3E114002 Disetujui Ir. DAA Dosen Pembimbing Diketahui Ir.

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis. Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhnya pangan bagi rumah tangga dengan ketersediaan pangan yang cukup. Marimas Putera Kencana maka dilakukan praktik kerja langsung ke lapangan. . agar sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan berdasarkan kebijaksanaan perusahaan. Menurut Assauri (2008). untuk mengetahui dan mempelajari pengawasan mutu produksi di PT. pengawasan mutu adalah kegiatan untuk memastikan apakah kebijakan dalam hal mutu (standar) dapat tercermin dalam hasil akhir. kimia. 1 PENDAHULUAN 1. dan benda lain yang dapat mengganggu. Pada proses pegolahan pangan yang dilakukan untuk menciptakan produk pangan perlu diperhatikan ketahanan pangan dan keamanan pangan. dan pembuatan makanan atau minuman. merugikan. PT. Dengan kata lain pengawasan mutu merupakan usaha untuk mempertahankan mutu atau kualitas dari barang yang dihasilkan. Marimas sebagai perusahaan yang memproduksi minuman serbuk dengan varian rasa terbanyak di Indonesia. Marimas Putera Kencana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman ( food and beverage ) dengan produk utama adalah minuman serbuk. baik jumlah mutunya. merata. hewani dan air baik yang diolah atau tidak diolah. Minuman serbuk yang dihasilkan memiliki banyak varian rasa yang menjadikan PT. termasuk bahan baku. Oleh karena itu. dan membahayakan kesehatan manusia. aman. yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman untuk dikonsumsi. bahan tambahan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan.1 Latar Belakang Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia yang harus dipenuhi oleh manusia. Kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) berkaitan dengan pengawasan mutu pada proses produksi. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati. pengolahan. Pengawasan mutu perlu dilakukan untuk mempertahankan mutu dari produk mulai dari bahan baku sampai kepada produk jadi dan masuk ke tangan konsumen. dan terjangkau.

4 Aspek yang Dipelajari Aspek yang dipelajari pada praktik kerja lapangan yaitu aspek umum dan aspek khusus. Aspek umum mencakup visi dan misi dari PT. . 1. Dalam pelaksanaannya. Memperkuat hubungan antara institusi pendidikan dengan perusahan. 1. serta struktur organisasi. 1.5 Manfaat Adapun manfaat yang didapatkan dari pelaksanaan PKL ini dilihat dari berbagai subjek antara lain : 1.3 Ruang Lingkup Ruang lingkup PKL mencakup aspek-aspek pengawasan. Tujuan PKL secara khusus yaitu untuk mempelajari aspek-aspek pengawasan mutu pada proses produksi. Selain itu. serta memberikan gambaran aplikasi ilmu yang diperoleh selama kuliah dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bekerja dan berinteraksi secara profesional dalam suasana kerja. Bagi perusahaan : a. sejarah dan perkembangan. Marimas Putera Kencana. mahasiswa mampu memahami dan mampu terjun langsung dalam pengawasan mutu pada proses produksi di PT. Peluang mencari calon-calon pekerja unggul saat PKL berlangsung. menambah wawasan. mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi.1. Marimas Putera Kencana. proses produksi dan produk akhir yang diproduksi PT. bahan penunjang. pengalaman bekerja. aspek-aspek ini dapat diubah atau ditambah sesuai dengan kebijakan perusahaan selama PKL. b. Marimas Putera Kencana.2 Tujuan Tujuan PKL secara umum yaitu menjalin kerjasama antara pihak perguruan tinggi dengan industri. yaitu pengawasan mutu pada bahan baku. Sedangkan aspek- aspek yang dikaji secara khusus mencakup aspek pengawasan mutu produksi di PT. Marimas Putera Kencana.

Bagi Institusi pendidikan Sebagai masukan untuk bahan evaluasi tentang kemampuan dan kesiapan mahasiswa untuk bersaing dalam dunia industri. Semarang. 2.2 Metode Pengumpulan Data Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam praktik kerja lapangan ini antara lain: a. Memperoleh gambaran nyata dunia kerja di dalam indusrti pangan. Jawa Tengah. b. . 4. 3. Data Primer Data primer adalah data yang didapatkan langsung dari sumbernya. Meningkatkan wawasan tentang pengawasan mutu yang berlangsung pada industri pangan. c. Kegiatan PKL ini berlangsung selama 3 bulan. Bagi Masyarakat : a. Mencari dan memperluas hubungan kerja. Bagi Mahasiswa : a. Marimas Putera Kencana yang berlokasi di Jalan Candi I/D-21 Kawasan Industri Candi Gatot Subroto. b. 2 METODE KAJIAN 2.2. Sebagai pengetahuan baru bagi pembaca yang belum memahami topik yang dimuat didalam tugas akhir ini. terhitung mulai dari 13 Februari 2017 sampai dengan 13 Mei 2017. melakukan wawancara langsung dan diskusi dengan pembimbing lapang dan karyawan produksi yang berkaitan dengan pengawasan mutu pada proses produksi. 50146. Menjadi salah satu bahan referensi. Pengumpulan data primer dilakukan dengan pengamatan langsung pada proses produksi. Indonesia. ikut bekerja secara aktif dalam kegiatan kerja di lapangan.1 Tempat dan Waktu PKL Pelaksanaan PKL akan dilaksanakan di PT.

Data Sekunder Data sekunder adalah data yang diperoleh dari referensi informasi yang didapatkan dari pihak lain. Marimas Putera Kencana). Marimas Putera Kencana. Data sekunder didapatkan dari studi pustaka dengan membaca buku-buku panduan perusahaan. Selain itu diharapkan pelaksanaan PKL ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan kontribusi baik bagi pihak perguruan tinggi maupun pihak industri terkait (PT. melakukan diskusi dengan pembimbing lapang mengenai hal-hal yang belum dipahami.b. Besar harapan kami selaku mahasiswa dari Program Keahlian Supervisor Jaminan Mutu Pangan Diploma Institut Pertanian Bogor dapat diterima PKL di PT. dan membuat laporan tertulis mengenai kegiatan selama melaksanakan PKL. 3 PENUTUP Demikian Proposal Kegiatan PKL ini disampaikan. . Pengajuan judul proposal ini tidak mengikat dan dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan serta izin perusahaan. melakukan pengambilan data khususnya dengan izin yang diberikan oleh perusahaan. membaca literatur yang didukung oleh pendapat para ahli dan dilakukan perbandingan dengan hasil yang didapatkan di lapangan.

DAFTAR PUSTAKA Assauri. Jakarta: LPFEUI . Soyjan. Manajemen Produksi dan Operasi. 2008.

Gudang berada di Jalan Gatot Subroto blok 1. Es Puter. 5. Semarang. yaitu jeruk segar. Pada mulanya PT Marimas Putera Kencana ini terletak di Jalan Senjoyo kemudian mengalami perkembangan. Unit Produksi 2 (UP2) terletak di Jalan Gatot Subroto blok I/1-2. Departemen Umum berada di Jalan Gatot Subroto blok 7. Perusahaan ini bermula dari sebuah home industry yang didirikan oleh Harjanto Kusuma Halim. Home industry yang memproduksi minuman serbuk ini mulai mendapatkan izin usaha pada 16 Agustus 1995. . Departemen Teknik berada di Jalan Gatot Subroto blok 6. MSc dan dikelola dengan sistem manajemen keluarga. Unit Pengolahan berada di Jalan Gatot Subroto blok 1. Salah satu minuman serbuk yang menjadi produk andalannya adalah Marimas. Profil Perusahaan PT Marimas Putera Kencana merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi minuman serbuk. Hingga kini. 3. Saat ini. Produk yang diproduksi telah terdaftar di BPOM. Kantor pusat yang terletak di Jalan Gatot Subroto blok D/21. Teh Arum dan Pop Up. 2. Unit Produksi 1(UP 1) terletak di Jalan Gatot Subroto blok 1/11-12. Jalan Gatot Subroto. dan telah mendapatkan sertifikasi halal serta ISO 9001:2000 (Penerapan Sistem Manajemen Mutu). PT Marimas Putera Kencana merupakan perusahaan perseroan terbatas. tetapi kini telah diproduksi 26 rasa Marimas. Awalnya hanya ada satu rasa. 4. Saat ini juga telah diproduksi Fruitz-C yang merupakan produk dengan pangsa pasar menengah ke atas. tetapi juga telah diproduksi produk lain seperti Mari Teh. yaitu : 1. perusahaan tersebut telah memproduksi berbagai varian rasa minuman serbuk. PT Marimas Putera Kencana memiliki beberapa lokasi perusahaan. PT Marimas Putera Kencana terletak di Kawasan Industri Candi. 6. Marimas adalah produk minuman serbuk pertama yang diproduksi oleh perusahaan ini dengan rasa buah tropis khas Indonesia (19 Oktober 1995). 7. LAMPIRAN Lampiran 1.

Presentasi laporan hasil PKL Penyerahan draft laporan dan penyelesaian 12. Matriks kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) di PT. Pengumpulan data 8. produksi 5. administrasi pasca PKL .Jawa Tengah Periode 13 Februari 2017 – 13 Mei 2017 Februari Maret April Mei No Rencana Kerja 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 1. Marimas Putera Kencana. Lampiran 2. Penyelesaian administrasi PKL 2. produksi Ikut serta dalam pengawasan mutu pada proses 4. Studi pustaka dan penyusunan laporan akhir 10. Konsultasi dengan pembimbing lapang 6. Pembuatan draft laporan 11. Laporan periodik 9. Perkenalan staff dan lingkungan perusahaan Mempelajari pengawasan mutu pada proses 3. Semarang . Konsultasi dengan dosen pembimbing akademik 7.

Contact Person Adapun alamat surat untuk jawaban praktik kerja lapangan adalah sebagai berikut: Program Keahlian Supervisor Jaminan Mutu Pangan Institut Pertanian Bogor Jl. Jawa Timur. Kabupaten Jombang. Jawa Timur. Kumbang No. Nomor Telepon : +62856 0878 1282 Email : pungkykarlinasari@gmail.ac.com Pungky Karlinasari Jalan Mawar No. Jember.Lampiran 3. Betek Kecamatan Mojoagung. Dsn. Bogor .id Atau : Gyo Alif Utama Dsn. Tanggul.com . Nomor Telepon : +62856 0829 1464 Email : ghiyoalif@gmail.Indonesia 16151 Telepon : +62-251-8329101 Faksimile : +62-251-8329101 Website : http://diploma. Betek Utara Rt 005 RW 002 Ds.47. 14. Semboro Kidul Kecamatan Semboro.ipb.

Daftar Mata Kuliah Program Keahlian Supervisor Jaminan Mutu Pangan Semester Mata Kuliah SKS I Pengantar Agroindustri 2(2-0) Pengantar Ilmu Gizi 3(1-2) Bahasa Inggris 3(1-2) Biologi 3(1-2) Fisika 3(2-1) Aplikasi Komputer 3(1-2) Kimia Dasar 3(2-4) Pengantar Teknologi Pangan 2(2-0) Jumlah 22(11-11) II Bahasa Indonesia 3(2-0) Kimia Pangan 3(2-1) Pengemasan Pangan 3(1-2) Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2(1-1) Mutu Pangan 3(1-2) Pengenalan Proses dan Peralatan Industri Pangan 3(1-2) Mikrobiologi Pangan 3(1-2) Analisis Organoleptik 3(1-2) Jumlah 22(10-12) III Teknologi Pengolahan Pangan Nabati 4(2-2) Analisis Mutu Mikrobiologi Pangan 2(0-2) Analisis Mutu Kimiawi Pangan 4(2-2) Kewirausahaan 3(1-2) Pendidikan Agama 2(2-0) Penyusunan Kelayakan Industri Pangan 2(0-2) Sanitasi dan Higiene 3(1-2) Jumlah 20(8-12) IV Teknologi Pengolahan Pangan Hewani 4(1-3) Metode Inspeksi Pangan 2(1-1) Manajemen Laboratorium Mutu Pangan 3(1-2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1) Teknologi Fortifikasi dan Suplementasi 2(0-2) Metode Pelaporan 2(0-2) Teknologi Fermentasi 3(1-2) Jumlah 19(6-13) V Pemasaran dan Riset Pasar 3(1-2) Perencanaan Produksi Industri Pangan 3(1-2) Pengelolaan Data Mutu Pangan 3(1-2) Pengembangan dan Pemasaran Produk Baru 4(1-3) Aplikasi HACCP dan Keamanan Pangan 3(1-2) Penanganan Limbah Industri Pangan 3(1-2) Jumlah 19(6-13) VI Seminar 1(0-1) Tugas Akhir 7(0-7) Jumlah 8(0-8) Total SKS 111(41-70) .Lampiran 4.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.