ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN.

MA
DENGAN GANGGUAN SISTEM PERNAFASAN AKIBAT
ASTHMA BRONCHIALE DI UGD
RUMAH SAKIT GUNTUR
GARUT

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Program Pendidikan Profesi Ners Stase
Keperawatan Gadar

Disusun Oleh :
TIA SOLEDHA NINGRUM

PROGRAM PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
2015

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) ASMA BRONCHIALE Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Program Pendidikan Profesi Ners Stase Keperawatan Medikal Bedah Disusun Oleh : TIA SOLEDHA NINGRUM PROGRAM PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS 2015 .

Kontrak waktu memperhatikan .. Tanda dan gejala asma bronchiale d. Mampu menyebutkan penanganan asma bronchiale. Menyebutkan tanda dan gejala asma bronchiale. Metoda Ceramah dan tanya jawab F. Penyebab asma bronchiale c. Salam . Pencegahan asma bronchiale e. Sasaran Klien dan keluarga D. keluarga dan pasien mengerti dan memahami tentang asma bronchiale. d. e. Perkenalan . Menjelaskan tujuan kegiatan . c. Pokok bahasan a.Mendengarkan. Kegiatan penyuluhan Kegiatan Waktu Kegiatan penyuluh Kegiatan peserta pendahulua 5 menit . Pengertian asma bronchiale b. Menjelaskan pengertian asma bronchiale b. Menyebutkan penyebab asma bronchilae. C. Mampu menyebutkan pencegahan asma bronchiale. . Jum’at.. Tujuan Intruksional Khusus Setelah dilakukan penyuluhan klien diharapkan dapat : a. SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Topik : Asma Bronchiale Sasaran : pasien dan keluarga Tn. 2 Oktober 2015 A. Tujuan Intruksional Umum Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan selama 30 menit.Menjawab salam n . Menyebutkan materi yang . MA Tempat: Ruang UGD RS Guntur Hari/tanggal . B. Penanganan asma bronchiale E.

Pencegahan asma bronchiale .Kesiapan materi .Klien dan keluarga mampu menjelaskan pengertian asma bronchiale .Klien dan keluarga mampu menyebutkan penanganan asma bronchiale . Kriteria proses . Kriteria hasil .Mendapat respon dari klien dan keluarga berupa beberapa pertanyaan diajukan tentang hal-hal yang belum diketahui c. akan diberikan Penyajian 15 menit Menjelaskan tentang : Memperhatikan .Penyebab asma bronchiale .Mengakhiri kegiatan dengan salam penutup G.pengertian asma bronchiale penjelasan penyuluh .Penanganan asma bronchiale Evaluasi 10 menit .Klien dan keluarga mampu menyebutkan pencegahan asma bronchiale .Tiap fase dilakui sesuai waktu yang direncanakan .Klien dan keluarga mampu menyebutkan tanda dan gejala asma bornchiale . .Membacakan kesimpulan . Evaluasi a.Kesiapan SAP b. Kriteria struktur .Klien dan keluarga konsentrasi mendengerkan penyuluhan .Memberikan unpan balik pertanyaan dengan dengan memberikan benar pertanyaan pada klien .Klien dan keluarga mampu menyebutkan penyebab asma bronchiale .Memberikan kesempatan .Menjawab untuk bertanya.Tanda dan gejala asma bronchiale .Mengajukan kepada klien dan keluarga pertanyaan .

Mengi. jangan memikirkan hal-hal yang terlalu berat karena akan dapat memicu . Untuk menghindari emosi yang tidak terkontrol. .Dada yang terasa sesak . Pencegahan Pencehagan terhadap asma dapat dilakukan dengan cara merawat dan menjaga diri sebaik mungkin. penyumbatan saluran nafas yang bersifat reversibel dan spasme bronchus. Hindari debu. asap rokok.Sulit bernafas yang membuat penderitanya mengap-mengap. terutama menghindari pencetus serangan asma seperti lelah fisik. . atau suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran napas. 2. teluar. 3. stress atau depresi. Defenisi Asma merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala yang berfasiasi dan berulang. Penyebab Asma disebabkan oleh interaksi lingkungan dan genetika yang merupakan kombinasi yang rumit dan belum sepenuhnya dimengerti. Tanda dan gejala . udang. Adanya peningkatan laju penderita asma belakangan ini disebabkan oleh perubahan faktor epigenetik (terwariskan ) dan lingkungan hidup yang berubah.Batuk-batuk yang biasanya terjadi malam hari dan di awal pagi hari. MATERI PENYULUHAN 1. - 4.Serangan asma yang dipicu oleh paparan alergen atau aktivitas fisik. kepiting dan terasi yang diduga sebagai pemicu utama penyakit asma. . dan gangguan emosional yang serius.

Konsumsilah sayir dan buah serta hindari makanan dan minuman yang mengandung zat pewarna.Bantu penderita untuk mengambil dan mencarikan obat . segera bawa ke layanan medis .Tenangkan penderita .Bantu penderita untuk duduk dan istirahat . Penanganan Langkah-langlah pertolongan pertama saat terjadi serangan : . serangan.Sebisa mungkin hindari penderita dari sumber alergi .Biarkan penderita menggunakan obat inhaler sendiri . karena biasanya ia sulit bicara. Jika tidak sadar. segera bawa layanan medis . Jangan memeksa penderita untuk tidur terlentang karena penderita lebih nyaman dalam keadaan duduk . zat pengawet dan gula sintesis. Jangan banyak bertanya pada penderita. . 5.Jika merupakan serangan pertama atau terlihat berkepanjangan.