TUGAS KELOMPOK 4

MANAJEMEN OPERASIONAL
“MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM LINGKUNGAN INTERNASIONAL”

OLEH :
1. ADE NANDA NARITA (C1B014018)
2. NONI APRI NOVIRZA (C1B014024)
3. WULAN WIDARNI (C1B014069)

PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS BENGKULU
2016

Cina. Mengalihkan pekerjaan berketerampilan rendah ke negara lain mempunyai beberapa keuntungan potensial. dimana terdapat 40. Lokasi ini mempunyai kelebihan dalam hal upah pekerja yang rendah dan kompetensi produk di dalam satu kota.A. mulai dari alasan yang nyata hingga yang tidak nyata. maka akan . Produksi sepatu atletik dunia yang telah pindah dari Korea Selatan ke Guangzhou. Mengurangi Biaya Banyak perusahaan internasional mencari cara untuk dapat menurunkan biaya. pekerja. Sebagai contoh. Memperbaiki Rantai Pasokan (Supply Chain) Rantai Pasokan sering kali dapat diperbaiki dengan menempatkan fasilitas di negara dimana sumber daya tertentu itu berada.000 orang yang bekerja membuat sepatu atletik untuk seluruh dunia. Lokasi di tempat asing dengan upash lebih rendah dapat membantu menurunkan baik biaya langsung maupun biaya tidak langsung. 3. Berikut alasan untuk menjadi global : 1. PANDANGAN SECARA GLOBAL TENTANG OPERASI Ada banyak alasan mengapa sebuah operasi bisnis domestik memutuskan untuk berkembang menjadi international. Sumber daya ini bisa jadi berupa keahlian. Alasannya sangat beragam. Kita membutuhkan pemahaman akan adanya diferensiasi budaya dan cara berbisnis di negara yang berbeda. dengan berada di negara tempat dipasarkanya barang. 2. atau bahan baku. Memberikan Barang dan Pelayanan yang Lebih Baik Karakterisktik barang dan jasa bisa objektif dan subyektif.

dengan menawarkan peluang kerja yang lebih banyak. . sehingga perusahaan dapat mengkhususkan barang dan jasanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan budaya yang unik di pasar luar negeri. karena merekan menyediakan peluang berkembang yang lebih bagus dan perlindungan dari pemutusan hubungan kerja di saat kondisi ekonomi memburuk. didapatkan pemahaman yang lebih baik akan budaya setempat. pemasok. dan pesaing bisnis lain. 6. maka perusahaan international harus mempelajari peluang barang dan jasa baru. tetapi juga menjadikan organisasi tersebut mampu melayani pelanggan yang beragam dan memperlancar siklus bisnis. 4. kita harus memaksimumkan semua peluang yang ada yang bisa dilakukan oleh operasi internasional. Belajar untuk Memperbaiki Operasi Perusahaan dapat melayani diri mereka sendiri dan pelanggan dengan baik. Pemahaman tentang pasar tidak hanya membantu meningkatkan penjualan. Perusahaan global dapat memperkerjakan dan mempertahankan karyawan yang baik. 5. mulai dari yang nyata hingga yang tidak nyata. Mendapatkan Pasar Baru Karena operasi international membutuhkan interaksi dengan pelanggan asing. bila mereka selalu bersikap terbuka terhadap ide-ide baru. Jadi untuk meraih keunggulan bersaing dengan suskes di dunia yang menyusut ini. Mendapatkan dan Mempertahankan Bakat Global Organisasi global dapat menarik dan mempertahankan karyawan yang baik. Organisasi global membutuhkan pekerja dalam semua fungsi dan keahlian di seluruh dunia.

Setiap strategi mempunyai permintaan yang berbeda dalam MO. menetralkan ancaman. sehingga ia tahu kemana arah tujuannya. sementara strategi terkuat Dell adalah respons yang cepat dan dapat diandalkan. Dan sebuah strartegi. Strategi ini memanfaatkan peluang dan kekuatan. . Setiap Strategi berbeda. sehingga ia mengetahui bagaimana cara untuk bisa mencapai misinya tersebut.B. Misi menyatakan alasan adanya suatu organisasi STRATEGI Strategi adalah adalah rencana tindak organisasi untuk mencapai misinya. Setiap wilayah fungsional mempunyai strategi untuk mencapai misinya dan membantu organisasi mencapai misi keseluruhan. Nucor memfokuskan diri pada biaya rendah. Strategi Hunter Fan merupakan strategi yang membedakan dirinya di segi kualitas dari pesaingnya di industri yang sama. Misi organisasi sebagaimana tujuannya – apa yang akan disumbangkan ke masyarakat/ pelanggan 2. dan menghindari kelemahan. MISI 1. Pernyataan misi menghasilkan batasan dan fokus organisasi. MENGEMBANGKAN MISI DAN STRATEGI Sebuah usaha manajemen operasi yang efektif harus mempunyai sebuah misi. juga konsep dalam menjalankan perusahaan 3.

Strategi operasi ini adalah : Internasional. Keuntungan dari segi biayanya mungkin sangat sedikit karena kita memanfaatkan proses produksi yang ada dan jaraknya cukup jauh dari pasar yang baru. Walaupun demikian. strategi ini hanya mempunyai sedikit keuntungan dari segi biaya atau bahkan tidak ada. dan Transnasional. atau usaha patungan yang mandiri. Respon lokal hanya sedikit karena kita mengekspor atau melisensikan barang dari negara asal. mari kita ekspor potensi dan proses manajemennya. strategi internasional merupakan strategi termudah karena proses ekspor hanya membutuhkan sedikit perubahan pada operasi yang ada. waralaba.  Strategi Multi Domestik Strategi multidomestik (multidomestic strategy) membagikan kewenangannya (desentralisasi) dengan memberikan otonomi yang cukup berarti pada setiap bisnis. Untuk memenuhi kebutuhan pasar lain. sementara proses produksinya sama. Konsepnya adalah “Kita telah berhasil di negara sendiri.  Strategi Internasional Internasional (international strategy) menggunakan ekspor dan lisensi untuk memasuki pasar global. Walaupun demikian. Secara organisasi. Tingkat respon lokal menunjukan respons yang cepat dan atau diferensiasi yang diperlukan untuk pasar lokal. hal ini adalah anak perusahaan. Berikut penjelasan singkat dari keempat strategi ini. dan perjanjian lisensi lebih banyak membebankan risiko pada pihak pemegang lisensi. Banyak produsen makanan seperti Heinz menggunakan strategi multidomestik ini untuk memenuhi selera lokal. Multidomestik. Manajer operasi harus mengetahui bagaimana menempatkan perusahaannya dalam matriks ini. Keuntungan strategi ini adalah memaksimalkan respons pasar lokal. tidak . Global. Pilihan-Pilihan Strategi Operasi Manajer Operasi perusahaan internasional dan multinasional menghadapi peluang global dengan salah satu dari empat strategi operasi. Strategi internasional adalah strategi yang paling tidak menguntungkan karena tingkat respons lokalnya rendah dan pengangguran biayanya sedikit.

Bersaing pada respons . Perusahaan-perusahaan ini mempunyai kemampuan untuk melaksanakan ketiga strategi operasi(diferensiasi.  Strategi Global Strategi global (global strategy) memiliki tingkat sentralisasi yang tinggi. Bersaing pada pembedaan 2. orang.dan pemikiran melampaui atau keluar dari batas-batas negara. Transnasional menjelaskan suatu kondisi dimana bahan baku.juga penekanan pada respons dengan menyadari kemampuan dasar tidak hanya terdapat di negara “asal”. Strategi global ini membuat Texas Instruments dapat membangun pabrik dengan ukuran optimal. Strategi ini tepat saat perusahaan ingin berfokus pada pengurangan biaya. MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI OPERASI 1. dan kemudian memaksimalkan proses pembelajaran dengan komunikasi yang terus-menerus di antara pabrik-pabriknya. C. dengan prose- proses yang serupa.biaya-rendah. Aktivitas utama perusahaan-perusahaan transnasional tidak terpusat pada perusahaan induknya sehingga setiap cabang dapat melaksanakan tugasnya sendiri-sendiri. tetapi tidak disarankan saat permintaan respons lokalnya tinggi.  Strategi Transnasional Strategi transnasional (transnational strategy) memanfaatkan skala ekonomi dan pengetahuan. Beberapa perusahaan dianggap sebagai”perusahaan global”. Bersaing pada biaya 3. tetapi juga mungkin berada dimana saja.dan respons yang cepat).dimana identitas negara asal tidaklah sepenting jaringan yang saling terkait dalam operasi global mereka. Hasilnya adalah penghematan biaya yang efektif bagi Texas Instruments. dimana kantor pusat mengoordinasikan organisasi untuk mengupayakan standarisasi dan pembelajaran antarpabrik sehingga dapat menghasilkan skala ekonomis.

peraturan serta prosedur dibakukan untuk mengenali dan mencapai kualitas tersebut. penggunaan sumber daya manusia dan pemeliharaan yang spesifik. 4. 3. Merancang biasanya menetapkan batasan biaya terendah dan kualitas tinggi. Perancangan proses dan kapasitas Keputusan proses yang diambil mengikat manajemen akan teknologi. Perancangan barang dan jasa Perancangan barang dan jasa menetapkan sebagian besar proses transformasi yang akan dilakukan. Mutu Harapan kualitas pelanggan harus ditetapkan. Keputusan ini dikenal sebagai keputusan operasi (operation decisions).D. biaya rendah. dan sumber daya manusia bergantung pada keputusan perancangan. Kesalahan yang dibuat pada saat ini dapat mempengaruhi efisiensi. Pemilihan lokasi Keputusan lokasi organisasi manufaktur dan jasa menentukan kesuksesan perusahaan. Komitmen pengeluaran dan modal ini akan menentukan struktur biaya dasar suatu perusahaan. Sepuluh keputusan MO yang mendukung misi dan menerapkan strategi adalah sebagai berikut: 1. kualitas. Kualitas. dan respons yang cepat dapat dicapai saat manajer membuat keputusan efektif dalama 10 wilayah MO. SEPULUH KEPUTUSAN STRATEGI DALAM MANAJEMEN OPERASI Pembedaan. . 2. Keputusan biaya.

Penjadwalan Jadwal produksi yang dapat dikerjakan dan efisien harus dikembangkan. bakat dan keahlian yang dibutuhkan. Pertimbangannya ada pada kualitas. tingkat karyawan.5. pengiriman. Karenanya. Pemeliharaan . kesemuanya harus di tingkat harga yang memuaskan. kesemuanya mempengaruhi tata letak. 7. perencaan produksi. Manajemen rantai pasokan (supply chain) Keputusan ini menjelaskan apa yang harus dijelaskan apa yang harus dibuat dan apa yang harus dibeli. dan upah harus ditentukan secara jelas. kapasitas yang dibutuhkan. dan inovasi. 10. Kepercayaan antara pembeli dan penjualan sangat dibutuhkan untuk proses pembelian yang efektif. Persediaan Keputusan persediaan bisa dioptimalkan hanya bila kepuasaan pelanggan. keputusan teknologi. Sumber daya manusia dan rancangan pekerjaan Manusia merupakan bagian integral dan mahal dari keseluruh rancang sistem. pemasok. dan kebutuhan persediaan. 9. 6. kualitas lingkungan kerja yang diberikan. Perancangan tata letak Aliran bahan baku. 8. dan sumber daya manusia dipertimbangkan. pengiriman.

Pertumbuhan  Peramalan sangat penting  Produksi dan proses reliabel  Perbaikan produk yg kompetitif  Meningkatkan kapasitas  Perubahan ke arah orientasi produk . Sistem harus dibuat untuk menjaga keandalan dan stabilitas tersebut. Keputusan harus dibuat pada tingkat keandalan dan kestabilan yang diinginkan. E. ISU DALAM STRATEGI OPERASI 1. Perkenalan • Desain dan pengembangan produk sangat penting • Perubahan produk dan proses perubahan desain • Kelebihan kapasitas • Proses produksi pendek • Keahlian tenaga kerja tinggi • Biaya produksi tinggi • Perhatian pada mutu 2.

 Peningkatan distribusi 3. Kedewasaan  Standarisasi  Perubahan produk  Kapasitas optimal  Meningkatkan stabilitas proses pabrikasi  Rendahnya keahlian tenaga kerja  Proses produksi panjang  Perhatian pada perbaikan dan penurunan biaya produksi  Pemeriksaan kembali kebutuhan desain 4. Penurunan  Diferensiasi produk kecil  Meminimalkan biaya  Kelebihan kapasitas dalam industri  Memangkas jalur-jalur yg tidak menghasilkan margin  Pengurangan kapasitas .

mereka mengevaluasi kekuatan dan kelemahan internal mereka. Membangun dan mengisi organisasi 3. Dikenal sebagai analisis SWOT Permasalahan yang biasa timbul dalam strategi operasi : 1.F. Mengidentifikasi faktor penentu keberhasilan (CSF) 2. . Memadukan manajemen operasi dengan aktiitas lain. PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI Saat perusahaan memahami permasalahan yang ada dalam mengembangkan strategi yang efektif . juga peluang dan ancaman yang ada di lingkungan mereka.