DEFINISI

Detail Design & Engineering adalah sebuah proses yang diawali dengan conceptual design,
embodiment design dan yang terakhir detail design, dan bila dilakukan secara professional akan
menghasilkan solusi yang dirancang dengan baik sedangkan Detail design adalah fase dimana
desain disempurnakan dan rencana, spesifikasi dan perkiraan dibuat. Detail design akan
mencakup hasil seperti model 2D dan 3D, perkiraan biaya, rencana pengadaan. Tahap ini adalah
di mana biaya keseluruhan proyek diidentifikasi4.

Detail Design & Engineering adalah pengembangan semua dokumen dan gambar konstruksi
yang diperlukan sampai ke tahap AFC (Disetujui untuk Konstruksi) untuk konstruksi, dan rincian
tagihan bahan (BOM) untuk pengadaan material massal berdasarkan rancangan teknik dasar atau
front end (FEED) paket5.

Detail engineering design dalam arti Indonesia adalah gambar bestek dan definisi dari gambar
bestek adalah rencana pembuatan bangunan (gedung dan sebagainya) dengan segala
perinciannya (gambar, biaya)1.

Pendapat lain menjelaskan bahwa Bestek (rencana kerja) 2 ialah uraian sejelas-jelasnya tentang
pelaksanaan bangunan atau Bestek berasal dari bahasa Belanda yang artinya Peraturan dan
syarat-syarat pelaksanaan suatu pekerjaan bangunan atau proyek. Dalam arti luas, bestek adalah
suatu peraturan yang mengikat, yang diuraikan sedemikian rupa, terinci, cukup jelas dan mudah
dipahami.

Bestek juga sering disebut dengan Plan (Drawing)/(gambar rencana)3.

TAHAP-TAHAP

I

Bestek (rencana kerja)2 ialah uraian sejelas-jelasnya tentang pelaksanaan bangunan, terdiri dari:

1. Keterangan tentang bangunan
Keterangan tentang bangunan terdiri dari:
a. Gambar rencana bangunan dengan skala 1: 100 ialah
1. Denah
2. Pandangan muka dan samping

2. 3. atau perencanaan dan Tujuan akhir dari rencana adalah untuk menggambarkan tempat atau objek yang ada. Pelelangan 23. 3. cara pelaksanaan pekerjaan dengan urut-urutannya dari “awal” sampai “akhir” atau “selesai”. Gambar penjelasan (detail design) dengan skala 1:5 dan 1:10 bagi kontruksi- kontruksi yang sulit. furniture dan sebagainya lengkap dengan ukuranya. Biaya pemeriksaan 2. Misalnya pemakaian pasir dalam rangka pembuatan beton. harus memikirkan tentang bahan- bahan berdasarkan pengalamannya serta pengetahuan yang dapat diambil dari sekitar tempat. Direksi II Bestek juga sering disebut dengan Plan (Drawing)/(gambar rencana)3. ialah: 1. Keterangan tentang bahan-bahan yang dipakai Penasehat atau direksi dalam membuat “isi bestek”. atau untuk menyampaikan informasi yang cukup untuk memungkinkan pembangun3. Misalnya sambungan-sambungan. Plan Drawing adalah seperangkat gambar atau diagram dua dimensi yang digunakan untuk menggambarkan suatu tempat atau objek. di mana pekerjaan itu akan dilaksanakan. Potongan melintang dan membujur 4. tapi bisa berupa file digital 3. teknik. atau untuk mengkomunikasikan instruksi bangunan atau fabrikasi. Keterangan mengenai tata-usaha (administrative) Hal ini menerangkan segala peraturan-peraturan mengenai “pembukuan” dan “umum” yang terdiri dari pada anak-anak pasal. Pelaksanaan 4. Biasanya rencana ditarik atau dicetak di atas kertas. rencana pondasi b. Keterangan tentang melaksanakan bagian bangunan tersebut Hal ini berisi dengan jelas. ditambahkan juga keterangan jenis pasir dan asal pasir. Anggaran Biaya 3. Di dalam gambar teknik terdapat gambar kerja yang merupakan bagian dari dokumentasi yang dibutuhkan untuk membangun . rencana atap 5. 4. Rencana gambar sering untuk tujuan teknis seperti arsitektur. Proses pembuatan rencana sering disebut gambar teknik.

produk arsitektur. dan bila dilakukan secara professional akan menghasilkan solusi yang dirancang dengan baik sedangkan Detail design adalah fase dimana desain disempurnakan dan rencana. Gambar kelistrikan (Electrical): Gambar rencana listrik dapat mencakup peralatan dan tata letak tempat kabel. atau sistem proteksi kebakaran. gambar arsitektur. gambar mekanis. telepon. III Detail Design & Engineering adalah sebuah proses yang diawali dengan conceptual design. gambar listrik. ventilasi dan sistem pengkondisian udara. Detail design akan mencakup hasil seperti: 1. spesifikasi dan perkiraan dibuat. sistem komunikasi khusus atau sinyal. atau rencana pencahayaan. pemanas. P&ID 3. proyek yang lebih besar memiliki lembaran terpisah yang menggambarkan struktur bangunan dengan gambar proyek yang lebih kecil. gambar struktural. Perkiraan biaya 4. grounding. embodiment design dan yang terakhir detail design. Gambar mekanikal (Mechanical): Menunjukkan pipa ledeng. Biasanya di dalam bidang arsitektur gambar kerja meliputi gambar sipil. dan gambar pipa ledeng. Gambar struktur (Structural): Menunjukkan informasi struktural mengenai rencana dan bagian. Rencana pengadaan . Model desain 2D dan 3D 2. jaringan area lokal. penerangan dan tenaga.

1 kbbi.wikipedia. A (1987) Dasar penyusunan Anggaran Biaya Bangunan.uk/info-centre/why-is-detailed-design-engineering-important/ 5 https://www. 3 https://en.co. J.com/detailed-engineering/ . Jakarta: Gaya Media Pratama.web.theprojectdefinition.org/wiki/Plan_(drawing) 4 http://www.projen.id/bestek 2 Mukomoko.