Nama : Tetuko Adi Sayekti

NIM : 201410120311004
Kelas : III-D

PERUBAHAN SOSISAL ERA GLOBALISASI

Sejatinya, perkembangan IPTEK tidak dapat dipungkiri ataupun dihindari. Perkembangan
IPTEK sendiri juga menjadi faktor penting dalam perubahan sosial. Menurut saya pribadi, saya
pro ataupun setuju dengan adanya perkembangan IPTEK di masa sekarang. Karena dengan
adanya perkembangan IPTEK kita mampu menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah,
mudah mendapatkan informasi disekitar daerah bahkan diseluruh dunia, serta kita mampu
menemukan penemuan-penemuan baru yang dapat menunjang aspek-aspek kehidupan seperti di
bidang kesehatan, militer dan lain sebagainya.
Namun di era sekarang pekembangan IPTEK juga mempengaruhi perubahan sosial
masyarakat. Menurut saya, setiap kehidupan masyarakat pasti mengalami perubahan, dimana
perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan tetapi juga bisa menuju ke arah
kemunduran.
Untuk hal ini saya pro dengan adanya perubahan sosial (kearah positif) namun contra
(kearah negatif), karena dalam menjalani kehidupan kita memerlukan adanya perubahan ataupun
inovasi-inovasi tertentu sebagai cara untuk mencapai tujuan kita. Untuk itu perlu diketahui
bahwa perubahan social budaya karena globalisasi itu tidak selamanya buruk dan tidak
selamanya baik. Kita harus dapat membentengi diri kita dengan iman dan ilmu pengetahuan agar
kita dapat mengambil pengaruh baik dari perubahan social budaya itu sendiri. Serta menjadi
manusia yang cerdas, yakni yang mampu memilah dan memilih ataupun bersifat selktif dalam
mengambil keputusan agar tidak terjerumus ke dampak negatif di era globalisasi.

Selain itu. Akibatnya warga pun harus mengungsi. dikarenakan program ini sudah direncanakan sebelumnya (Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta) dan relokasi warga kampung Pulo akan dimulai 2014 secara bertahap. saya setuju dengan adanya tindakan penggusuran dan relokasi kampung Pulo ini yang dilakukan oleh pemerintah Jakarta. penggusuran ini juga untuk normalisasi sungai (Kali Ciliwung). hunian yang lebih nyaman dan bagus serta layak huni dan bebas banjir. Bisa diusut juga. Bahkan permukiman warga di sana bisa terendam 1. Nama : Tetuko Adi Sayekti NIM : 201410120311004 Kelas : III-D . Selain itu menurut saya pemerintah juga harus siap mengganti kerugian warga dengan catatan berdasarkan pada status haknya.5 meter hingga dua meter setiap musim penghujan tiba. Kalau benar di sana permanen. Selain itu untuk warga kampung Pulo juga disediakan Rusun Jatinegara. dan saya setuju (pro) dengan adanya penggusuran ini karena menurut saya tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Jakarta. tanah itu hak miliknya atau bukan? Dengan demikian. Kali ini saya berada di pihak pro. Jakarta Timur. Salah satu faktor alasan saya setuju dengan tindakan penggusuran ini. besar. memang seharusnya dilakukan guna untuk mengantisipasi dan menyelamatkan warga dari banjir yang selalu menerjang hampir setiap kali hujan deras mengguyur Jakarta.Nama : Tetuko Adi Sayekti NIM : 201410120311004 Kelas : III-D PENGGUSURAN KAMPUNG PULO (JAKARTA) Kali ini persoalan penggusuran kampung Pulo Jatinegara.

Msi. dan yang mempnyai kekuatan. cara berfikir.Sos. Menurut saya. dimana yang menang adalah yang mempunyai kekuasaan. menurut saya perlu adanya reformasi hukum yang dilakukan secara komprehensif mulai dari tingkat pusat sampai pada tingkat pemerintahan paling bawah dengan melakukan pembaruan dalam sikap. Ketika di argumentasi mereka mengatakan keputusannya sudah benar sesuai dengan aturan hukum yang ada. S. hukum di Indonesia kurang adil dalam menjatuhi hukuman kepada tersangka pelaku pelanggaran hukum. Menggunakan pasal-pasal karet atau mengambang dan egois. yang mempunyai uang banyak. Inilah dinamika hukum di Indonesia yang sedang terjadi saat ini. Kali ini sya setuju bahwa adanya ketidakadilan hukum di Indonesia. Maka akan lebih mudah bagi para penegak hukum dalam menangani perkara sesuai kehendak-kehendaknya yang tidak lain merupakan hasil kompromi (hukum tidak adil). dan berbagai aspek perilaku masyarakat hukum kita ke arah kondisi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan tidak melupakan aspek kemanusiaan. Karena menurut saya “Untuk apa jika suatu keputusan hukum yang didasarkan kepada pasal-pasal yang dianggap tepat tetapi tidak mewujudkan rasa keadilan masyarakat?” Untuk itu.. Mereka pasti aman dari gangguan hukum walaupun aturan negara dilanggar. KESETARAAN HUKUM (KETIDAKADILAN HUKUM DI INDONESIA) Kali ini adalah kasus mengenai adanya ketidakadilan hukum di Indonesia. Mungkin itu merupakan strategi yang diterapkan (buying time) oleh penegak hukum. Setelah memakan waktu cukup lama dalam pengumpulan bukti dengan sendirinya kasus ini beku. Penegak hukum menjalankan fungsinya sangat rigid. TUGAS PORTOFOLIO ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (Dosen : Ibu Lailiyah Agustina. Tidak lagi menjadi sorotan masyarakat.) .

Disusun oleh: Nama : Tetuko Adi sayekti NIM : 201410120311004 Kelas : 3-D Fakultas/Jurusan : Teknik/ Teknik Mesin JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2015 .