MACAM-MACAM KOROSI

Jenis Korosi Karakteristik / Deskripsi Gambar

Crevice Corrosion Terjadi akibat terjebaknya elektrolit sebagai lingkungan
korosif di celah celah yang terbentuk diantara peraltan
konstruksi
EX : Korosi pada tabung LPG

Pitting Corrosion Korosi seperti sumur atau disebut korosi sumuran , korosi
nya kea rah bawah dan tidak melebar (lubang kecil tapi
banyak)
EX : Bolong pada Panci

Intergranular Korosi pada batas batas butir logam sering terjaddi di
Corrosion sekitar las lasan. Biasa disebut Heat Affected Zone (HAZ)
EX :

Biasa Corrosion menyerang peralatan yang lingkungannya fluida yang bergerak seperti aliran dalam pipa atau hantaman dna gerusan ombak ke kaki jetty (pengeboran minyak lepas pantai) EX : Korosi pada elbow Kavitasi Merupakan contoh korosi erosi pada peralatan yang berputar dilingkungan fluida yang bergerak seperti pada impeller pompa dan sudut-sudut turbin.Selective Leaching Korosi berupa pelarutan unsure-unsur tertentu dari paduan Corrosion logam. . Erosion / Abrassion Korosi yang terjadi bersamaan dengan korosi abrasi. terjadi juga pada saluran gas-gas hasil pembakaran. EX : Dezincifaction. akibatnya struktur menjadi rapuh karena rapuh. penghilangan unsure seng yang terjadi pada paduan seng dan tembaga. dan saluran saluran gas hasil pembakaran. EX : korosi pada impeller pompa dan sudut-sudut turbin.

EX: Kapal titanic Differential Terjadi akibat perbedaan konsentrasi oksigen dilingkungan Aeration Corrosion korosif. Korosi ini terjadi apabila korosi dan Tekanan terjadi bersama-sama. EX : pecah pada pipa .Stress Corrosion Cracking yang terjadi akibat adnya stress dan terjadinya Cracking (SCC) korosi secara bersamaan. EX : Hydrogen Attack Korosi yang mengakibatkan logam menjadi rapuh akibat penetrasi hydrogen kea rah kedalaman logam. Biasa terjadi pada stainless steels. logam juga bias retak akibat invasi hydrogen. Daerah berkonsentrasi oksigen lebih rendah mengalami korosi lebih hebat dari pada daerah dg konsentrasi oksigen lebih tinggi.

Bisa terjadi karena pada saat mengecat ada korosi yang terjebak didalam nya. yaitu harus ada lingkungan korosif dan cyclic stress bersama-sama. Syarat corrosion fatique adalah seperti SCC. EX : gambar Corrosion Fatique Korosi akibat adanya lingkungan korosif dan tegangan berupas cydic stress (tegangan berulang-ulang) secara bersamaan. Mengkibatkan konstruksi menjadi longgar. EX : Gambar .Fretting Corrosion Korosi yang terjadi pada knstriksi yang bergerak dengan mengalami gesekan. EX : gambar Filliform Corrosion Korosi yang berbentuk seperti cabang –cabang dipermukaan logam yang tertutupi cat.

EX : Gambar Dew Point Adalah korosi yang terjadi akibat pengembunan dan Corrosion pengendapan bahan korosif dipermukaan alat/tube .Microbiological Aktifitas mikroba dapat menghasilkan senyawa-senyawa Corrosion korosif. Bakteri pembentuk asam menurunkan PH. sehingga menaikan korosifitas lingkungan. . EX : Terjadi pada bagian luar alat /tube pada boiler.