ANALISIS SEMIOTIKA

POSTER FILM
INSIDE OUT

Film ini menceritakan perjalanan seorang anak perempuan bernama Riley yang menuju remaja dengan segala emosi yang dia miliki. Poster terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan desain dan penggunaannya. Madness sebagai kesedihan. pendidikan. konsep kepribadian. sederhana. dan benar. Berikut ini pemaparan mengenai poster Inside Out sebagai objek desain komunikasi visual dengan pendekatan semiotika komunikasi visual sebagai analisis tanda dan makna. seperti poster teks.1007). Visualisasi dan cara pendekatan dalam penyampaian pesan sebuah poster merupakan unsur yang cukup penting. Sedangkan unsur yang ditekankan dalam pengertian poster disini adalah pesan atau pemberitahuan. poster propaganda.p. Dalam perancangan visualisasi poster. Poster merupakan salah satu produk massal sebagai media komunikasi massa yang berfungsi sebagai sarana promosi dan hiburan. konsep mimpi. konsep ingatan. Sebuah poster biasanya berguna secara komersial untuk mengiklankan suatu produk. dan penerangan (Shadily. poster film. Hornby (1974:799) mengartikan poster sebagai plakat atau tempelan pengumuman yang dipasar di tempat umum. poster karya seni. Film merupakan suatu media komunikasi massa yang berupa serangkaian gambar-gambar yang di ambil dari obyek bergerak yang memperlihatkan suatu serial peristiwa-peristiwa gerakan yang berlaku secara berkesinambungan. dan lain–lain.1980. Bisa juga dikatakan sebagai sebuah pemberitahuan untuk khalayak ramai yang berbentuk gambar. acara hiburan. suatu kegiatan. poster layanan masyarakat. film ini juga memuat konsep pikiran atau psikologis yang digambarkan ke objek yang imajinatif juga seperti konsep ingatan jangka panjang. even–even tertentu maupun sebagai alat propaganda. karena sebuah poster mempunyai nilai efektifitas tersendiri dengan fungsi dan karakternya. dan Disgust sebagai rasa jijik. sehingga pesan dapat diterima dengan baik dan menimbulkan reaksi berupa tindakan atas keberadaannya. Pengaplikasian poster yang paling marak saat ini salah satunya ialah sebagai media untuk mempromosikan sebuah film. . Joy sebagai kebahagiaan. Poster film adalah salah satu media yang efektif dalam proses komunikasi visual. Fear sebagai rasa takut. gambar sebagai bahasa visual yang mengandung struktur rupa seperti garis. Semua emosi digambarkan kedalam bentuk karakter yang imajinatif. Anger sebagai kemarahan. Inside Out adalah film Amerika Serikat dari Pixar Animation Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Motion Pictures. warna dan komposisi dirancang bersama dengan bahasa verbal harus dikemas secara menarik. poster kampaye. dan lainnya. yang berfungsi sebagai media hiburan.

Pada teks headline Inside Out digunakan tipografi jenis San Serif dengan wrap text yaitu Arc Lower yang membentuk kesan benda atau lengkungan pada bagian bawah teks dan mengatur horizontal scale agar terlihat lebih jenjang. Warna biru secara umum dapat diasosiakan dengan kecerdasan dan logika. Siluet seorang anak perempuan yang berukuran cukup besar dan diposisikan di tengah layout menunjukkan representasinya sebagai tokoh utama dalam film. Ilustrasi di tampilkan dengan teknik digital vector berupa kartun sebagai representasi film tersebut yang berjenis animasi. Pada teks Every day is full of Emotions menggunakan gabungan tipografi San Serif dan Script pada kata Emotions. Dengan demikian tanda verbal Inside Out memiliki makna sebagai gambaran jalan cerita film tentang emosi dari dalam karakter Riley yang saling berhubungan dengan keadaan dari luar dirinya. Analisis : Poster film Inside Out di atas dirancang oleh Stacey Aoyama dan Eric Tan yang dirilis pada tanggal 19 Juni 2015 bersamaan dengan dirilisnya di bioskop Amerika Serikat. Kata Inside memiliki arti di dalam dengan menggunakan warna biru. Ikon kelima emosi berada di tengah kepala Riley (tokoh gadis sebagai manusia). Kata Out memiliki arti di luar dengan penggunaan warna merah. Jenis tipografi Script memiliki rupa layaknya tulisan tangan sehingga menimbulkan kesan yang pribadi dan akrab. sehingga kata Out memiliki makna tantangan dari luar pribadi Riley yang harus dihadapi. Emotions dapat di identikkan dengan pribadi seorang perempuan yang pada umumnya dicitrakan / menceritakan dirinya sendiri sebagai makhluk yang emosional.Tanda Verbal : Headline : Inside Out Teks : Every day is full of Emotions Tanda visual : Indeks siluet seorang anak perempuan dan kelima ikon emosi yang dia miliki berupa gambar digital. dimana . Sehingga kalimat Every day is full of Emotions memiliki makna kepribadian dan emosi dari seorang perempuan (Riley) di kesehariannya. Warna merah dapat diartikan sebagai emosi yang berani dan perjuangan. sehingga kata Inside memiliki makna pola pikir Riley di kesehariannya.

suasana penuh suka cita. Fear (takut) Digambarkan dengan raut wajah yang terlihat ragu-ragu. tak acuh. keseimbangan. lingkungan. berenergi. keterpurukan. Beberapa elemen dianggap sebagai bagian dari satu kelompok jika mereka terletak di dalam wilayah tertutup yang sama. Penggunaan warna kuning menggambarkan kegembiraan. 5. keamanan. 4. Penggunaan warna hijau menggambarkan ketenangan. Joy (kegembiraan) Posisinya berada lebih tinggi dari posisi emosi yang lain. Madness (kesedihan) Digambarkan dengan raut wajah yang sedang sedih dan berkaitan dengan kesialan. dan antusiasme. tak ramah. Disgust (jijik) Digambarkan dengan raut wajah yang jijik. Penggunaan warna ungu menggambarkan kepekaan dan sensitivitas. Dia menjujung tinggi keadilan dan memastikan Riley mendapatkan keadilan dalam segala hal. Penggunaan warna biru dalam gambaran negatif adalah sikap yang dingin. enerjik. kemarahan dan nafsu. Penggunaan warna merah menggambarkan semangat. dan kedamaian. atau eksterem di sekitar kita. Anger (kemarahan) Digambarkan dengan raut wajah sedang marah. 3. kekecewaan. aneh. Kelima ikon emosi dalam pikiran Riley adalah : 1. Kelima ikon emosi bertujuan membantu mengarahkan Riley dalam kehidupan sehari-harinya.kepala merupakan pusat kontrol atas manusia dan dalam hal ini menjadi tempat pusat kontrol di dalam pikiran Riley. keras kepala. Membantu Riley untuk bersikap hati-hati dan melindungi dari hal-hal yang terlalu berlebihan. 2. Dalam perancangan layout digunakan pendekatan prinsip Gestalt dari persepsi bentuk yaitu Common Region Principle. dinamis. Hal tersebut digambarkan pada siluet gadis (Riley) sebagai wilayah tertutup yang di dalamnya berisi ikon . Joy digambarkan dengan raut wajah yang sedang tersenyum sebagai symbol kegembiraan. secara fisik maupun sosial. dan melankolis. Dia membantu Riley agar tidak keracunan. Dia memberikan kewaspadaan dan mempertimbangan resiko tiap hal yang dilakukan Riley. Hal ini menunjukkan bahwa emosi kegembiraan memiliki peran utama dan paling penting untuk Riley dalam mengatur dan menjaga hal – hal yang positif. kurang emosi.

hal tersebut menunjukkan hubungan antar elemen dalam wilayah yang sama memberi kesan dekat dan saling berelasi.br/blog/gestalt-theory-a-few-more-principles-generated-from-it/ diakses pada 21 September 2017 http://www.com. Semiotika Komunikasi Visual.dari kelima emosinya. Di sisi lain.html diakses pada 21 September 2017 . Dapat disimpulkan bahwa gambaran suasana dalam film tersebut memberikan maksud kepada khalayak ramai bahwa setiap karakter emosi akan memberi warna tertentu dalam kehidupan dan masing-masing emosi akan berperan dalam pendewasaan pribadi. Sumbo. Yogyakarta: Jalasutra http://immaginare. Sumber bacaan : Tinarbuko. 2009.si-pedia.com/2014/12/psikologi:warna-arti-warna-dan –dampak-nya.

ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN KOMERSIAL ADES “ LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN “ .

2002:13) ditinjau dari perspektif komunikasi. Ades mengusung tiga ritual sebelum mengkonsumsi produk air mineral Ades. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup. . sesuai dengan kemasan Ades yang mengusung Eco-Green. menyiratkan produk air mineral yang. murni.Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Sedangkan untuk warna putih.Salah satu permasalahan lingkungan hidup yang sedang menjadi beban bagi masyarakat ialah permasalahan sampah plastik. dan mengkomunikasikan produk yang ramah lingkungan. televisi tidak akan bisa mempertahankan eksistensinya. Manusia sebagai penghuni lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. dalam aktivitas perpindahan informasi tentang suatu produk yang diiklankan kepada khalayak tentunya harus mengandung daya tarik sehingga mampu menggugah perasaan khalayak. damai. yaitu “Pilih.Artinya. Iklan bukan hanya menjadi alat promosi barang maupun jasa. bersih. warna hijau menyiratkan karakter produk yang membumi. Televisi (swasta) tidak akan pernah lepas dari yang namanya iklan.Isi-isi pada iklan seringkali meyakinkan khalayak atas produk-produk yang mereka tawarkan sehingga mendorong calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Menurut Liliweri (dalam Sumartono. Melalui Iklan Ades. Sesuai dengan sifat warna menurut Klimchuk dan Krasovec (2007:109-112) dan dihubungkan dengan produk. melainkan juga untuk menanamkan citra kepada konsumen maupun calon konsumen tentang produk barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu. Ades mencoba merangkul khalayak lewat kampanye iklan Ades versi Langkah Kecil Memberikan Perubahan untuk lebih perduli dengan lingkungan. dan rasa ingin membeli barang dan jasa yang diiklankan. Tanpa iklan. dan mengkomunikasikan kesegaran. Analisis ini berfokus pada pemunculan produk air mineral Ades dan tagline Ades Langkah Kecil Memberikan Perubahan dan poster iklan ini terdapat produk yang telah diremuk serta Logo Ades yang terbaru. membutuhkan. Remukkan”. melalui informasi yang diperoleh dari iklan. Minum. diharapkan masyarakat mempunyai rasa tertarik. iklan dianggap sebagai teknik penyampaian pesan yang efektif dalam penjualan produk. dengan maksud “remukkan” botol plastik Ades sebelum dibuang agar ketika berada di tempat pembuangan akhir dapat mengurangi ruang sampah. seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Namun.

dan Remukan yang akan memberikan lebih banyak ruang di tempat sampah. Meremukkan botol Ades setelah diminum akan memakan ruang yang lebih sedikit di tempat sampah.com/AdesIndonesia) Berdasarkan tanda-tanda yang dibangun dalam perspektif semiotika. Minum.Bentuk ini menggambarkan lingkungan serta gerakan memutar (memuntir) saat meremukkan botol Ades. Ades ingin agar orang menyadari akan keberadaannya yang penting sebagai jalan menuju untuk perubahan bagi bumi melalui aksi 3 langkah kecil untuk perubahan yang diusung Ades dalam iklan tersebut. Ades juga mengajak konsumennya untuk memulai sebuah langkah kecil bagi lingkungan melalui tiga ritual yang mudah dan seru: Pilih. secara garis besar pesan tersembunyi yang terkandung didalam iklan Ades versi Langkah Kecil Memberikan Perubahan. Sehingga emisi karbon yang dihasilkan saat mengangkut sampah menjadi lebih sedikit. Ades juga mengajak konsumennya untuk memulai sebuah langkah kecil bagi lingkungan melalui tiga ritual yang mudah dan seru: Pilih. yakni Ades memperkenalkan kepada konsumen suatu gaya hidup baru tentang kepedulian lingkungan hidup lewat iklan mereka dengan slogan “Pilih-Minum- Remukkan. Ades mengurangi penggunaan plastik pada botol kemasan hingga 8 %. (Sumber:facebook. secara global telah berkomitmen menuju sustainable packaging atau kemasan yang ramah lingkungan. Lewat dominasi warna hijau dan putih. Ades mengukuhkan diri sebagai produk minuman air mineral dengan kemasan ramah lingkungan yang sangat penting dikonsumsi. (Sumber: RepublikaOnline) . Minum. sebab Ades telah mengurangi penggunaan plastik dalam kemasannya hingga 8%. dan Rekan akan memberikan lebih banyak ruang pada sampah plastik. dan disaat yang sama. Termasuk dalam perubahan logo kemasan Ades. Melalui warna hijau dan putih yang menstimulasi mata. Berlandaskan pada komitmen ini. kemasan Ades mengalami perubahan dari sebelumnya yang berwarna biru dan menjadi nuansa hijau yang ramah lingkungan. dan disaat yang sama. Logo Ades yang baru merupakan interpretasi kreatif dari bentuk daun dan kicir angin seperti bia dilihat pada adegan terakhir diatas.Meremukkan botol air mineral yang sudah habis diminum ternyata memberikan dampak positif bagi lingkungan. (Sumber: RepublikaOnline) Seperti yang telah dijelaskan.Logo ini juga mencerminkan komitmen Live Positively The Coca-Cola Company untuk terus berinovasi menuju sustainable packaging (kemasan yang berkelanjutan) demi mengurangi dampak industri terhadap lingkungan. Berdasarkan komitmen The Coca-Cola Company.

2009.co.html diakses pada 21 September 2017 . Semiotika Komunikasi Visual.dacostume.com/AdesIndonesia/posts/400774829972836?stream_ref=5 diakses pada 21 September 2017 http://www.id/berita/ekonomi/ritel/12/04/20/m2rh80-ades-luncurkan-kemasan- baru diakses pada 21 September 2017 https://cscz.Sumber bacaan : Tinarbuko.facebook.com/arti-warna-dalam-kehidupan-manusia. Sumbo.republika. Yogyakarta: Jalasutra http://www.