NOTA KESEPAHAMAN

ANTARA
PEMERINTAH KOTA KEDIRI
DINAS KESEHATAN KOTA KEDIRI

DENGAN

DIREKTUR RSAD TK.IV KEDIRI

NOMOR : 443/ / 419.41/2012
NOMOR : PKS/04/III/2012

Kartini No. 2.IV Kediri Alamat : Jl. NOTA KESEPAHAMAN ANTARA PEMERINTAH KOTA KEDIRI DINAS KESEHATAN KOTA KEDIRI DENGAN DIREKTUR RSAD TK. Dengan ini antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah sepakat untuk mengadakan PERJANJIAN KERJA SAMA kegiatan dalam bidang: a. 07 Kota Kediri. Penatalaksanaan Penderita TB dengan Strategi DOTS (Directly Observed Treatment Shorcourse chemo therapy ) dengan melaksanakan penemuan. IDA INDRIYATI. Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua. Mayjend Sungkono No.41/2011 NOMOR : PKS/04/III/2012 Pada hari ini Senen tanggal sembilan belas bulan Maret tahun dua ribu dua belas bertempat di Kediri. yang berkedudukan di Jl. Selanjutnya Pihak ke Satu. Kartini nomor 07 Kota Kediri Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Pemerintah Kota Kediri Dinas Kesehatan Kota Kediri yang berkedudukan di Jl. 44 Kediri. Adapun isi dari Nota Kesepahaman ( Perjanjian ) sebagaimana dimaksud di atas diatur dalam pasal. Mayjend Sungkono No. pengobatan sampai sembuh dengan standart yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan sesuai dengan Rekomendasi WHO b.pasal sebagai berikut: Pasal 1 DASAR DAN TUJUAN a) Kerjasama PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA diselenggarakan atas dasar semangat pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mensejahterakan kehidupan bangsa sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan masing-masing pihak . Memberikan informasi hasil kegiatan Penatalaksanaan Penderita TB dengan Strategi DOTS secara insidensial dan berkala serta senantiasa berkoordinasi dalam setiap permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaannya. HERRY SETIAWAN Sp. Nama : dr.IV KEDIRI NOMOR : 443/ /419. Nama : Dra. kami yang bertanda tangan di bawah ini: 1.44 Kediri Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Direktur RSAD Tk.IV Kediri.MM Jabatan : Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Alamat : Jl.An Jabatan : Direktur RSAD Tk.

b) Kerjasama PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat c) Kerjasama PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA bertujuan untuk menemukan. Pasal 3 PEMBIAYAAN 1) Nota Kesepahaman ini akan ditindak lanjuti oleh kedua belah pihak secara langsung maupun melalui perjanjian tertulis yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam Nota Kesepahaman ini. pengobatan jangka pendek yang standart bagi semua kasus TB dengan tatalaksana kasus yang tepat termasuk pengawasan langsung pengobatan.IV Kediri siap melaksanakan Penatalaksanaan Penderita TB dengan Strategi DOTS dan siap melaksanakan pengobatan sampai sembuh dengan catatan Obat Anti TB (OAT) disediakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri. b) Apabila selama pengobatan terjadi penderita TB mangkir. IV Kediri dan pihak ke III yang tidak mengikat.IV Kediri akan menginformasikan ke Dinas Kesehatan Kota Kediri untuk ditindak lanjuti ke Puskesmas wilayah domisili penderita untuk dilakukan pelacakan. Pasal 2 OBYEK KERJASAMA Nota kesepahaman berupa kerjasama PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dalam kegiatan: a) RSAD Tk. c) Siap kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri dalam upaya meningkatkan CDR ( Case Detection Rate ) dengan tetap memperhatikan angka konversi > 80% . ketersediaan OAT yang bermutu dan sistem pencatatan pelaporan yang baku. 2) Biaya yang timbul akibat adanya Nota Kesepahaman ini akan diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerjasama antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA. pemeriksaan dahak secara mikroskopis. mengobati dan menyembuhkan pasien TB d) Kerjasama PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA bertujuan untuk pencegahan penularan penyakit TB di masyarakat. maka dalam waktu 2 hari pada fase intensif dan 7 hari pada fase lanjutan maka pihak RSAD TK. . angka kesembuhan >85% dan Error Rate < 5% d) Melaporkan hasil penemuan dan pengobatan penderita TB secara berkala sesuai dengan format baku yang telah ditentukan e) Kewajiban untuk melaksanakan 5 komponen kunci dalam Strategi DOTS yang terdiri dari komitmen politis. baik melalui anggaran Dinas Kesehatan Kota Kediri atau anggaran RSAD TK.

Pasal 6 PENUTUP 1) Hal-hal yang belum diatur dalam Nota Kesepahaman ini akan ditentukan kemudian oleh kedua belah pihak dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepahaman ini. Pasal 4 EVALUASI 1) Kedua belah pihak mengadakan rapat koordinasi secara berkala 2) Kedua belah pihak melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan Nota Kesepahaman ini sehingga berjalan dengan baik 3) Pihak ketiga wajib bertanggung jawab untuk butir c pasal 2 Pasal 5 JANGKA WAKTU 1) Nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu 3 (tiga ) tahun terhitung sejak ditandatangani oleh kedua belah pihak.1960090111985032006 .An Dra.11980013541070 NIP. IDA INDRIYATI. 2) Perubahan terhadap Nota Kesepahaman ( Perjanjian Kerjasama) ini hanya dapat dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak. 2) Nota kesepahaman ini dapat diakhiri sebelum jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) apabila kegiatan dimaksud tidak dilaksanakan. HERRY SETIAWAN Sp. PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA dr.MM Mayor Ckm NRP. dan dapat diperpanjang atas kesepakatan kedua belah pihak. Demikian Nota Kesepahaman (Perjanjian Kerjasama) ini dibuat dan ditandatangani pada tanggal sebagaimana tersebut di atas dalam rangkap 2 (dua) bermaterai cukup dan mempunyai kekuatan hukum yang sama serta dipegang oleh masing-masing pihak dengan itikad baik serta penuh tanggung jawab.