SEJARAH .....

“Yatnaggegwani pancasyiila kertasangkarbgisekaka karma” merupakan salah satu
ungkapan dalam bahasa Sansekerta yang mengandung makna Pancasila yang terdapat dalam
kitab Negarakertagama. Dalam ungkapan tersebut Pancasila diartikan sebagai lima dasar
dalam menjalankan kehidupan umat beragama. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai
Pancasila sudah diterapkan sejak zaman kerajaan berlangsung di Indonesia.
Nilai-nilai Pancasila sudah tertanam dalam sejarah bangsa Indonesia sejak zaman
Kutai berkuasa. Nilai-nilai sosial politik, dan ketuhanan dalam bentuk kerajaan, kenduri, serta
sedekah kepada para Brahmana telah diajarkan oleh Raja Mulawarman. Hal ini tidak berhenti
di kerajaan Kutai saja. Nilai-nilai Pancasila juga telah ditanamkan di zaman Sriwijaya.
Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan yang memiliki wilayah kekuasaan sangat
luas, bahkan hampir seluruh Indonesia. Tentu saja sebagai kerajaan yang besar, Sriwijaya
sudah mengembangkan tata negara dan tata pemerintahan yang mampu menciptakan
peraturan-peraturan yang ditaati oleh rakyat yang berada di wilayah kekuasaannya.
Dilanjutkan pada zaman sebelum kerajaan Majapahit berdiri, Raja Airlangga sudah
menggunakan burung garuda dan seloka Bhineka Tunggal Ika sebagai lambang kerajaannya.
Pada masa itu, dipilih burung garuda karena burung garuda ini merupakan lambang
pembangun dan pemelihara (Ismaun, 1975:119).
Pada abad berikutnya, tepatnya pada tahun 1293 berdirilah Kerajaan Majapahit.
Majapahit memiliki wilayah kekuasaan yang membentang dari Semenanjung Melayu
(Malaysia sekarang) sampai Irian Barat melalui Kalimantan Utara. Pada masa itu, masyarakat
Hindu dan Budha hidup berdampingan dengan damai dan tidak sedikit penulis kitab-kitab
yang lahir pada masa itu. Salah satu contohnya adalah Empu Prapanca yang menulis kitab
Negarakertagama (1365) yang di dalamnya terdapat istilah “Pancasila”. Selain itu, juga
Empu Tantular yang menulis kitab Sutasoma yang didalamnya terdapat seloka “Bhineka
Tunggal Ika”, yang berarti walaupun berbeda-beda, tetapi satu jua. Dan sejak nenek moyang
kita hidup pun sudah terdapat perbedaan agama yang beragam, namun tetap dijunjung
toleransi yang tinggi dalam menjalankan kehidupan umat beragama. Hal ini sebagai suatu
fakta historis bahwa kausa materialis Pancasila sudah dimiliki dan diamalkan dalam
kehidupan bersama, meskipun pada saat itu masih dalam masa kerajaan.
Namun kerajaan Majapahit pun juga mencapai masanya. Kerajaan Majapahit runtuh
ketika mulai berdatangan pedagang-pedagang Islam dan berdiri kerajaan-kerajaan Islam
seperti kerajaan Demak salah satunya. Keruntuhan Majapahit ini juga diperkuat dengan

5 abad Indonesia dijajah oleh bangsa Belanda. Namun itu hanya taktik belaka sehingga tidak menjadi kenyataan. dan masih banyak perlawanan rakyat di daerah-daerah lain. dan kemudian muncul PNI (1927) yang dipelopori oleh Soekarno.datangnya bangsa Eropa yang mulai menguasai wilayah Indonesia. Sehingga bangsa Jepang bermurah hati dengan menjanjikan akan memberikan kemerdekaan bagi Indonesia di kemudian hari. dan satu tanah air Indonesia. Sehingga pada akhirnya bangsa Belanda dapat menguasai titik-titik strategis yang kaya akan hasil rempah-rempah yang kekuasaannya diperkuat juga dengan dukungan militer. Pada tahun 1940. Jepang saudara tua bangsa Indonesia”. Tetapi tidak satupun yang dapat mengalahkan kekuasaan kompeni pada saat itu. ketika Belanda diserbu oleh tentara Nazi Jerman. Imam Bonjol di Minangkabau. namun karena kekuatan bangsa Eropa terutama Belanda sangat besar. Hal ini disusul dengan dibentuknya Serikat Islam (1911) yang dipimpin H. Tidak sedikit yang melakukan perlawanan terhadap bangsa Belanda. yang memiliki kehormatan dan martabat dengan kekuatannya sendiri. Perjuangan oleh para pemuda ini tidak hanya disitu saja. Belanda mulai menerapkan sistem monopoli melalui tanam paksa dengan memaksakan beban kewajiban terhadap rakyat yang tidak berdosa. Belanda menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia. satu Bangsa.S. Awalnya tujuan bangsa Eropa datang ke Indonesia hanya untuk berdagang. Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah. Cokroaminoto. Namun ternyata Jepang semakin terdesak pada pertempurannya melawan Sekutu. Pattimura di Maluku. yang dikalangan rakyat dikenal dengan istilah ‘Kompeni’. Gerakan inilah yang merupakan awal gerakan nasional untuk mewujudkan suatu bangsa yang merdeka. . Sultan Ageng Tirtayasa di Banten. Sehingga pada puncaknya. Sehingga datanglah Fasis Jepang yang datang ke Indonesia dengan propagandanya “Jepang Pemimpin Asia. pada tanggal 28 Oktober 1928 terjadi peristiwa Sumpah Pemuda yang isinya satu Bahasa.O. Namun terjadilah pergolakan kebangkitan Dunia Timur dengan suatu kesadaran akan kekuatannya sendiri. Dan pada peristiwa inilah lagu Indonesia Raya dikumandangkan pertama kali dan sekaligus sebagai penggerak kebangkitan kesadaran berbangsa dan bernegara. maka selama 3. seperti Sultan Hasanudin di Makasar. berikutnya muncullah Indische Partij (1913) yang dipimpin oleh tiga serangkai. Perlawanan bangsa Indonesia yang terpencar-pencar dan tidak memiliki koordinasi tersebut banyak mengalami kegagalan sehingga banyak menimbulkan korban bagi anak-anak bangsa. Wahidin Sudirohusodo dengan Budi Utomonya. Adapun di Indonesia bergolaklah kebangkitan akan kesadaran berbangsa yaitu kebangkitan nasional (1908) yang dipelopori oleh dr.

peradaban. Beliau mengusulkan bahwa Pancasila sebagai dasar filsafat negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia atau “Philosofhische grondslag’ juga pandangan dunia yang setingkat dengan aliran-aliran besar dunia dan di atas dasar itulah kita dirikan negara Indonesia. Agenda sidang BPUPK pertama adalah membahas dasar negara Indonesia. Dr. bentuk negara. Adapun rancangan Preambul ini disebut sebagai Piagam Jakarta Charter. politik. sebelumnya Panitia Sembilan yang dipimpin oleh Ir. membentuk panitia kecil yang salah satu tujuannya untuk merancang susunan Undang-Undang Dasar negara Indonesia. Yamin yang berisi penjelasan tentang dasar negara. Dengan adanya berbagai etnis yang berbeda. Soekarno-lah yang mengusulkan lima prinsip dasar negara yang diberi nama “Pancasila”. atau populer disebut sebagai paham integralistik. Radjiman Wediodiningrat dengan 60 orang anggota yang ada di dalamnya. kerakyatan serta kesejahteraan rakyat (keadilan sosial) yang dilandasi oleh nilai Ketuhanan Yang Maha Esa serta kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan suatu upaya Soekarno untuk mempersatukan pendapat yang saat itu berkembang. watak serta rasa senasib yang merupakan faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. keputusan tentang wilayah negara baru. Soekarno. Substansi yang dikemukakan Soepomo memberikan penekanan pada karakteristik negara persatuan. Sidang BPUPK yang kedua membahas keputusan tentang bentuk negara. dikembangkan pemikiran yang menekankan kesamaan perangai. Soepomo.T. Namun di samping itu. Untuk memantapkan semangat persatuan dalam melawan penjajahan. Namun dalam kenyataannya. Dan susunan UUD yang diusulkan terdiri dari 3 bagian. (b) Pembukaan yang di dalamnya terkandung dasar negara Pancasila. Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka Jepang mulai untuk mewujudkan janjinya dengan dibentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) atau Dokuritsu Zyunbi Tioosakai. Soekarno telah menghasilkan suatu rancangan Pembukaan Hukum Dasar. serta tujuan kemerdekaan. Kemudian yang kedua adalah Prof. kebersamaan. Dan penggagas yang terakhir adalah Ir. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang digunakan dilakukan . rancangan Preambul Hukum Dasar yang dipermaklumkan oleh panitia kecil BPUPK dalam sidang yang kedua. dan (c) Pasal-pasal Undang-Undang Dasar. yang berupa dakwaan di muka dunia atas penjajahan Belanda. maka perlu dikembangkan suatu pemikiran untuk meningkatkan prinsip-prinsip dasar nasionalisme. yaitu (a) Pernyataan Indonesia merdeka. Dan yang bertindak sebagai ketua BPUPK adalah Dr.R. K. Penggagas dasar negara pertama disampaikan oleh Moh.

Hatta. Dan pada saat itu pula lah dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). dan dipimpin oleh presiden Ir. yang menjadikan Ir. terbentuklah suatu vacuum of power. Soekarno dan Moh. Pada saat itu. Sehingga didapatkan Indonesia dengan dasar negara Pancasila. rakyat Indonesia. Soekarno dan wakil presiden Moh. yang diwakilkan oleh Ir.Soekarno sebagai ketuanya. diketahui bahwa terjadi kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia yang membawa efek positif bagi bangsa Indonesia.perubahan pada alinea ke-4 Piagam Jakarta Charter. Sehingga diputuskan pada tanggal 17 Agustus 1945. yaitu “Ketuhanan dengan menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya” diganti dengan “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Risty Pradana Linggan Wangi / 132010101043 / PCL-49 . Karena pada saat itu. Hatta. golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. landasan konstitusional UUD 1945. membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menandakan bahwa Indonesia secara de facto telah terbebas dari penjajahan. Dan pada tanggal 7 Agustus.