Tripatra dan Saipem Pimpin Pengerjaan Proyek

Kilang LNG Tangguh Train 3

BP Regional President Asia Pacific
Christina Verchere menerima dokumen
FID proyek kilang Tangguh Train 3 dari
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- Pembangunan proyek kilang LNG Tangguh Train 3 akan menggandeng
konsorsium yang dipimpin oleh PT Tripatra Engineering untuk pengerjaan EPC onshore dan PT Saipem
Indonesia untuk pengerjaan EPC offshore.

Seperti diketahui, pemerintah telah memutuskan proyek hulu migas tersebut terus berlanjut setelah
nilai investasi akhir atau Final Investment Decision (FID) untuk proyek pembangunan fasilitas tersebut
diputuskan.

"Jadi proyek Tangguh Train 3 sudah disiapkan cukup lama. Dulu POD-nya dipersiapkan nilai investasi
US$ 12 miliar, tetapi realisasinya setelah tender-tender EPC terlaksana, diperkirakan nilai investasinya
sekitar US$ 8 miliar. Jadi memang ada harga yang lebih murah," kata Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi
saat acara Penetapan Pelaksanaan Proyek Pembangunan Kilang LNG Tangguh Train-3 di kantor
Kementerian ESDM, Jumat (01/07).

Diterangkan Amien, penyebab turunnya nilai investasi tersebut dikarenakan turunnya harga pengerjaan
EPC seiring turunnya harga minyak dunia. "Tentunya kualitas proyek tidak akan turun," ucap Amien
mengingatkan.

SKK Migas sendiri sudah me-review pengadaan dan menyetujui penunjukkan pemenang terkait
pembangunan proyek kilang LNG Tangguh Train 3 ini. "Untuk paket onshore LNG EPC, kontraktor yang
ditunjukan sebagai pemenang adalah konsorsium CSTS (Chiyoda, Saipem, Tripatra, dan Suluh
Ardhi), leader-nya adalah PT Tripatra Engineers and Constructors dengan total nilai kontrak US$ 2,43
miliar," papar Amien.

Sementara untuk proyek EPC Offshore, Amien mengungkapkan yang ditunjuk untuk melaksanakan
adalah PT Saipem Indonesia dengan nilai kontrak US$ 448 juta. "Kemudian untuk pengerjaan line pipe,
kontraktor yang ditunjuk adalah PT Agcia Pertiwi, nilai kontraknya setara dengan US$ 60 juta," ujarnya.

Pekerjaan terakhir adalah terkait pengadaan mesin-mesin. "Untuk pekerjaan Turbomachinery
(pengadaan permesinan), kontraktor yang kita pakai adalah General Electric (GE) dan Nouvo Pignone.
Jadi ada yang dari Amerika (GE) dan Italia (Nouvo Pignone)," terangnya.

Jika selesai nanti, proyek ini diproyeksikan akan menyumbang tambahan 3,8 million tons per
annum (mtpa) terhadap kapasitas produksi Kilang LNG Tangguh, sehingga total kapasitas kilang akan
menjadi 11,4 mtpa.

Kilang LNG Tangguh Train 3 ini besar artinya bagi Program 35. dan infrastruktur pendukung lainnya.16%. dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd (3. “Proyek ini juga untuk memenuhi kebutuhan gas bagi kelistrikan di Provinsi Papua Barat hingga 20 mmscfd.90%).23%). yakni Berau. Train 3 menambah 2 anjungan lepas pantai. Muturi dan Wiriagar. Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd (12.000 MW. 13 sumur produksi baru. Terdapat enam kontraktor mitra Tangguh lainnya yang digandeng BP. yakni 37.06%). Amien menambahkan.000 MW listrik bagi Indonesia.00%). Sebesar 75% dari produksi tahunan LNG dijual ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang berarti setara dengan 3.30%). RH . KG Berau/KG Wiriagar (10.Proyek Kilang LNG Tangguh mencakup tiga blok wilayah kerja.35%).” sambung Amien. Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc (7. CNOOC Muturi Ltd (13. dermaga LNG baru. yakni: MI Berau BV (16. Proyek Kilang LNG Tangguh Train-3 sendiri dioperasikan oleh BP Berau Ltd sebagai kontraktor mitra utama SKK Migas yang memegang saham mayoritas.

Kabupaten Teluk Bintuni. proyek pembangunan train 3 LNG Tangguh ini merupakan proses pembangunan konstruksi. Namun ia mengecualikan apabila tenaga kerja yang dibutuhkan harus mempunyai skiil dan keterampilan khusus itu baru bisa didatangkan dari luar jika di Bintuni sendiri tidak mampu menyediakan.com. Papua Barat 7 September 2016 1 Comment FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPinterestGoogle GmailEmailLinkedInBlogger PostTumblrRedditShare BINTUNI. LNG Tangguh berencana akan membuka kembali pembangunan train 3 kilang gas di Tanah Merah. Oleh karena itu jika dilihat dari kuota tenaga kerja yang akan direkrut ini diharapkan putra-putri asli Papua mulai dari yang tidak mempunyai Ijazah sampai lulusan sarjana agar bisa diberdayakan. Pembangunan proyek yang diperkirakan akan menyedot ribuan tenaga kerja ini diharapkan mengutamakan Orang Asli Papua (OAP). CAHAYAPAPUA. Pasalnya. pada prinsipnya dinas tenaga kerja sebagai wakil pemerintah akan tegas soal perekrutan tenaga kerja yng akan masuk bekerja ke LNG Tangguh. “Kemarin kita sudah melakukan pertemuan dengan beberapa kontraktor termasuk BP dan TKBM untuk persiapan pembukaan train 3. . Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Teluk Bintuni.Tahun 2017. pihaknya bersama BP Tangguh melalui program yang didanai oleh BP Tangguh telah mengirim putra-putri asli Papua untuk mengikuti training di luar Papua untuk dipersiapkan sebagai tenaga skil di LNG. sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan sebagian besar masih buruh kasar. Ekonomi. Adrian Supusepa mengatakan. Pembangunan Train 3 LNG Tangguh Butuh Ribuan Tenaga Kerja in Bintuni. LNG Tangguh di Teluk Bintuni. saat ini dinas sedang bekerjasama dengan BP tangguh untuk menciptakan putra-putri Asli Papua yang mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar Papua. Papua Barat. Yang pasti kami dari pemerintah daerah dalam hal ini dinas tenaga kerja berharap kalau bisa lebih banyak tenaga kerja orang asli Papua yang harus dipekerjakan. Meskipun belum banyak tenaga kerja skil di Bintuni. Dikatakannya. Selasa (6/9/2016).” katanya kepada wartawan diruang kerjanya.

dari proyek besar tersebut. Sehingga kedepan putra-putri asli Papua bisa lebih diberdayakan lagi sebagai tenaga kerja di LNG Tangguh karena selama ini tenaga skil di LNG sebagian besar masih berasal dari luar Papua.“Kemarin kita kirim khusus putra putri asli daerah ke Bogor untuk sekolah. Mereka semua adalah lulusan SLTA. Jadi mereka sudah jadi karyawan dan terus disekolahkan lagi selama tiga tahun. Bintuni dan Fakfak. Untuk saat ini jumlah pekerja yang disekolahkan sebanyak 40 orang yang berasal dari Manowkari. diharapkan ketika kembali mereka sudah punya skil. Dia menambahkan pembangunan Train 3 LNG Tangguh ini diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 7 ribu orang dan pengumuman serta pendaftarannya sudah mulai dilaksanakan di beberapa daerah di Papua Barat. Dinas Tenaga Kerja bertugas mengawasi mulai dari perekrutan sampai dengan mengawasi aturan ketenagakerjaan terkait hubungan kerja. Sementara untuk Bintuni sendiri belum mengetahui kuota jatah tenaga kerja untuk dipekerjakan di proyek tersebut.” jelasnya. Terkait perekrutan tenaga kerja pihaknya akan betul-betul ketat mengawasi karena dalam dokumen amdal sudah tertera ada kuota tenaga kerja bagi daerah-daerah yang terkena dampak langsung. (ART) . kalau dari aspek tenaga kerja. Direncanakan akan ada program lanjutan lagi di tahun 2017 mendatang. Dijelaskannya.

and supporting infrastructure.16% share in Tangguh LNG. and a helper/starter steam turbine. driven by a GE MS7001EA gas turbine. and a helper/starter steam turbine. The Tangguh Expansion Project will also bring a positive contribution to Indonesia and the Papua Barat Province starting in 2016. with 75% of the Train 3 annual LNG production sold to the Indonesian state electricity company PT. supporting economic growth and providing 10. . Papua Barat Province of Indonesia and consists of offshore gas production facilities supplying two 3.8 million tons per annum (mtpa) of production capacity to its existing facility. The Tangguh facility is located in Teluk Bintuni Regency. – giving the company a 37. driven by a GE MS7001EA gas turbine.The Tangguh Expansion Project will add a third LNG process train at the Tangguh LNG facility in Indonesia. Tangguh LNG is moving forward with expansions plans. GE Oil & Gas was awarded the contract to supply gas turbine-driven compressors for Train 3. The Tangguh Expansion Project will play an important role in supporting Indonesia’s growing energy demand. The remaining volumes are under contract to Kansai Electric Power Company in Japan. GE Oil & Gas will also supply heat recovery steam generator for each of the two strings. (100% owned by BP) with two other wholly-owned BP subsidiaries – BP Muturi Holdings B. Tangguh is operated by BP Berau Ltd.pressure MR and one barrel type centrifugal compressor for medium pressure MR. GE Oil & Gas was awarded the contract to supply gas turbine-driven compressors for Train 3.V. The propane/high pressure MR string will include one horizontally split centrifugal compressor with side streams for propane and one barrel centrifugal compressor for high pressure MR. the other foundation buyer for Train 3. The Tangguh Expansion Project will add a third LNG process train (Train 3) and 3. an expanded LNG loading facility. and BP Wiriagar Ltd. The project also includes two offshore platforms.000 jobs over the project period.4 mtpa. bringing total plant capacity to 11. PLN (Persero).8 mtpa liquefaction trains that have been in operation since 2009. The low pressure/medium pressure mixed refrigerant (MR) string will include one horizontally split centrifugal compressor for low. 13 new production wells.

Energy consumption grew 3.9% in 2015. Italy. The equipment will be ready for shipment to Indonesia in mid-2018. to allow continuous equipment care to safely maximize availability. . Indonesia is one of the leading suppliers of LNG in the region and one of the fastest growing economies in the world. South Carolina. including advanced sensors and monitoring capabilities. The majority of the gas produced by the third liquefaction train will provide energy for the Indonesian domestic market.The components of the turbo compressor strings will be manufactured at GE facilities in Greenville. USA and Florence. having nearly doubled over the last 15 years. GE provided the original equipment for Trains 1 and 2 when the plant was first established. where the train will by assembled and load tested. Train 3 will be fully digitally-enabled. According to GE.

.

Dharmawan Samsu mengatakan. BP Berau Akan Mulai Konstruksi Kilang LNG Tangguh 3 Galih Gumelar. CNN Indonesia -.British Petroleum (BP) Berau Ltd berharap bisa memulai pembangunan kilang Liquified Natural Gas (LNG) Tangguh Train 3 pada Oktober mendatang setelah penandatanganan kontrak konstruksi dilakukan. 04/08/2016 08:15 WIB  Sebarkan:    Pekerja melakukan aktivitas di area fasilitas pencairan gas alam di Tangguh LNG di Teluk Bintuni. (Antara Foto/Muhamad Adimaja) Jakarta. perusahaan sebelumnya telah . CNN Indonesia Kamis. BP Indonesia Country Head. Papua Barat. Senin (21/9). Oktober.

jelasnya. PT Saipem Indonesia. Untuk aspek lain itu pendanaannya lain lagi. tetapi dana itu menjadi bagian dari investasi fasilitas LNG Tangguh Train 3 sebesar US$8 miliar. Sumur-sumur baru itu diharapkan akan memasok bahan baku bagi kilang LNG Tangguh Train 3. sedangkan sisanya dialokasikan bagi pembangkit listrik lokal berkapasitas 100 Megawatt (MW). Saya tidak bisa share tanggalnya.43 miliar. "Jadi. Selain itu. pengeboran sudah kelar. dan bagi dua pabrik pupuk di Teluk .4 MTPA. Pengeboran itu." jelas Dharmawan. Dengan selesainya proses tender EPC. PT Tripatra. namun tidak menyebut kapan tender itu rampung. Bulan bulan ini atau awal bulan depan kami bisa signing. Pemenang tender proyek tersebut adalah konsorsium Chiyoda Corporation." jelas Dharmawan. yang penandatanganannya dilakukan pada hari ini." ujar Dharmawan. LNG Train III Tangguh Dijual Semua ke Domestik lanjutnya. Jumlah sumurnya saya tidak ingat. akan dilakukan di dua lapangan yang telah berproduksi di Wilayah Kerja (WK) Tangguh. ia juga berharap rampungnya pengeboran itu bisa berbarengan dengan selesainya konstruksi kilang LNG Tangguh Train 3.8 juta Metrik Ton per tahun (MTPA) sehingga membuat total kapasitas kilang LNG Tangguh menjadi sebesar 11.  Baru Laku 25%. Sebanyak 75 persen hasil fasilitas LNG ini diperuntukkan bagi pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) PT PLN (Persero). Kansai Electric Power. untuk dua lapangan yang sudah memproduksi itu akan kami lakukan development drilling. Ia berharap konstruksi kilang LNG Tangguh 3 bisa selesai dan onstream pada tahun 2020. "Jadi kalau bicara trustee itu hanya kilangnya saja. namun tentu di luar lapangan yang sudah berproduksi ada lagi lapangan lain yang kami harus lakukan pengeboran eksplorasi. ia menegaskan pengeboran ini juga tidak akan dibiayai oleh sindikasi perbankan melalui skema Trustee Borrowing Scheme (TBS) senilai US$3. Lebih lanjut. saat ini perusahaan tengah melaksanakan tender jasa pengeboran. and Construction (EPC) senilai US$2.74 miliar. Rabu (3/8) Pilihan Redaksi Sambil menunggu konstruksi berjalan. tapi yang pasti secepatnya lah. proyek Tangguh Train 3 menyumbang kapasitas sebesar 3. "Insya Allah konstruksi bisa sekitar Oktober.melaksanakan tender kontrak konstruksi atau Engineering. "Pada saat EPC-nya selesai. Ia tidak menyebut berapa besar anggaran yang akan digunakan untuk pengeboran baru ini. Dharmawan mengatakan. dan PT Suluh Ardhi Engineering." katanya. yang penting kan ada proses administrasi yang harus berjalan dulu untuk contract signing. perusahaan  Pemerintah Restui Keputusan Investasi Final Tangguh Train 3 juga akan melakukan  Bank Sindikasi Suntik Dana US$3 M di Proyek LNG BP Berau pengeboran sumur baru yang akan dimulai pada 2017. Procurement. gasnya masuk ke LNG dan mulai menghasilkan LNG di 2020. Sebagai informasi. pipa sudah digelar.

(ags) .90 persen).30 persen). dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd (3. beberapa investor yang ikut serta di pengembangan fasilitas LNG Tangguh antara lain MI Berau BV (16.Bintuni.06 persen). KG Berau/KG Wiriagar (10 persen).23 persen). Selain BP. Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc (7.35 persen). CNOOC Muturi Ltd (13. Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd (12.

BP Siap Mulai Konstruksi Proyek Train III Tangguh Bulan Ini Proses pembangunan konstruksi Proyek Train III Tangguh akan dilaksanakan secara paralel. WWW.50 WIB Anggita Rezki Amelia     SHARE 8 KOMENTAR .BP. sehingga pembangunannya dapat rampung tepat waktu.COM Senin 3/10/2016. 17.

0 TERBACA 2. Pengembangan Blok Kasuri di Papua Terhambat .7K BP Hentikan Operasi Train 2 Tangguh untuk Proses Perawatan BP Mulai Konstruksi Awal Proyek Train 3 Kilang Tangguh Belum Dapat Pembeli.

dan PT Tripatra Engineering and Construction yang juga sebagai pemimpin konsorsium. Sedangkan untuk pupuk 180 mmscfd.8 juta ton per tahun atau million tons per annum (mtpa) terhadap kapasitas produksi Kilang LNG Tangguh. perusahaan yang memenangkan tender adalah Saipem Indonesia dengan nilai kontrak US$ 448 juta.N. Pengerjaan konstruksi dimulai setelah BP mendapat persetujuan keputusan final investasi atau Final Investment Decision (FID) proyek kilang gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) Train III Tangguh. Sebanyak 75 persen produksi gas dari Train III ini nantinya akan disalurkan ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN). BP belum melaporkan secara detail mengenai proses pembangunan konstruksi Proyek Train III Tangguh. . Senin (3/9). Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.BP Indonesia segera merealisasikan rencana pembangunan kilang pengolahan atau Train III Tangguh yang berada di Teluk Bintuni. (Baca: BP Incar Blok Migas di Wilayah Timur Indonesia) Selain itu.4 mtpa. total kapasitas kilang akan mencapai 11.000 megawatt. (Baca: Putusan Final Investasi Tercapai. Wiratmaja Puja mengungkapkan. Salah satu megaproyek minyak dan gas bumi di Indonesia ini ditargetkan bisa mulai berproduksi pada 2020. Saipem. proses pembangunan konstruksi Proyek Train III Tangguh akan dilaksanakan secara paralel. Perusahaan asal Inggris tersebut akan memulai proses konstruksinya pada Oktober ini. BP Indonesia sebelumnya menyebutkan beberapa paket pekerjaan konstruksi untuk proyek Train III Tangguh akan dimulai pada kuartal IV tahun ini. Papua Barat. Meski begitu.” kata dia kepada Katadata di Jakarta. Kilang 3 Tangguh Siap Dibangun) Menurut Wiratmaja. Ini untuk mendukung megaproyek listrik 35. “Konstruksi bulan ini. Kontraktor yang menjadi pemenang dalam tender proyek konstruksi ini adalah perusahaan konsorsium yang terdiri atas Chiyoda. Selain itu. Paket pertama adalah paket konstruksi konstruksi di darat untuk gas alam cair. Itu setara dengan 3. Jadi.43 miliar. ada proyek pengerjaan pipanisasi dengan kontraktor PT Aksia Pertiwi senilai US$ 60 Juta. pembangunan proyek ini dapat segera dimulai. Proyek ini diproyeksikan menyumbang tambahan 3. sehingga pembangunannya dapat rampung tepat waktu. Nilai kontraknya mencapai US$ 2.G. Suluh Ardi. (Baca: Tangguh Jadi Proyek LNG Pertama yang Dibiayai Bank Lokal) Untuk proyek EPC lepas pantai. gas dari kilang III Tangguh untuk memenuhi kebutuhan gas bagi kelistrikan di Provinsi Papua Barat hingga 20 mmscfd atau setara 100 megawatt.000 MW listrik bagi Indonesia.

(ARCO).23%) .Tangguh LNG Tangguh LNG merupakan suatu pengembangan unitisasi dari enam lapangan gas terunitisasi yang terletak di wilayah Kontrak Kerja Sama (KKS) Wiriagar. Berau dan Muturi di Teluk Bintuni. Mitra-mitra kerja lainnya: • MI Berau B.. Papua Barat. Tangguh LNG dioperasikan oleh BP Berau Ltd. BP Wiriagar Ltd. (100% milik BP). dan Wiriagar Overseas Ltd. (12. (13. Cadangan gas ditemukan pada pertengahan tahun 1990-an oleh Atlantic Richfield Co. – sehingga membuat BP memiliki 40.V. (16. Anak perusahaan lain milik BP lainnya dalam pengembangan Tangguh LNG ini adalah BP Muturi Holdings B.30%) • CNOOC Muturi Ltd.V.22% kepesertaan di Tangguh LNG.90%) • Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd.

(7.35%) Tangguh mulai berproduksi pada tahun 2009.• KG Berau Petroleum Ltd (8.44%) • Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc. . dan pekerjaan sedang berlangsung untuk mengembangkan Tangguh dengan penambahan satu kilang LNG baru (Train 3). hanya empat tahun setelah memperoleh persetujuan dari Pemerintah. Masyarakat kampung di sekitar Tangguh LNG juga memiliki kesempatan untuk bekerja dalam proyek ini. (1. Kini Tangguh beroperasi sesuai kapasitas terpasangnya. Proses Rekrutmen Pekerja Proyek Tangguh LNG Train 3 Tangguh LNG akan segera memulai kegiatan konstruksi untuk kilang Train 3. Cari tau di sini bagaimana masyarakat di kampung dapat mengikuti proses rekrutmen.56%) • KG Wiriagar Overseas Ltd.

V. (1.35%) . MI Berau B. (16.90%) • Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd.Tangguh kirimkan jumlah kargo terbanyak di tahun 2016 Tangguh menutup tahun 2016 dengan mengirimkan jumlah kargo terbanyak selama sejarah operasi Tangguh.44%) • Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc.30%) • CNOOC Muturi Ltd. (7.23%) • KG Berau Petroleum Ltd (8.56%) • KG Wiriagar Overseas Ltd. (12. (13.