Rangkuman Mengelola Pengetahuan

Kelompok 12:
Riva Maisyaroh 041411535014
Heny Dwi Novitasari 041411535039
Mochamad Fadholi 041411535043
Sistem Informasi Manajemen
PSDKU UNIVERSITAS AIRLANGGA DI BANYUWANGI

Apa itu pengetahuan? Pengetahuan adalah suatu hal yang sangat penting, apalagi jika
diterapkan dalam perusahaan. Setiap perusahaan membutuhkan adanya sistem manajemen
pengetahuan yang baik sehingga mereka dapat menyusun dan menerapkan pengetahuan
tersebut dalam kegiatan perusahaan. Dengan adanya pengelolaan sistem pengetahuan yang
baik maka roda kehidupan perusahaan pun akan berjalan dengan lancar dan sempurna.
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bagian substansi sebuah nilai pasar perusahaan
sangatlah berhubungan dengan harta tidak berwujud, dimana pengetahuan merupakan salah
satu komponen yang penting, dengan merek, reputasi, dan proses bisnis yang unik.

Bab kesebelas dari buku Laudon ini menjelaskan tentang bagaimana cara untuk mengelola
dan menyusun memanajemen pengetahuan yang tepat dipakai dalam perusahaan.

1. Peran Manajemen Pengetahuan dan Program-Program Manajemen Pengetahuan
dalam Bisnis

A. Dimensi Penting Sebuah Pengetahuan
Pengetahuan adalah kedua hal dari identitas diri dan identitas bersama dari sebuah
perusahaan. Pengetahuan adalah kognitif, walaupun sebuah psikologi, walaupun memiliki
tempat didalam kepala manusia. Hal ini juga tertampung dalam sebuah perpustakaan dan
rekaman, yang dibaguikan dalam perkuliahan, dan disimpan oleh perusahaan dalam bentuk
proses bisnis dan karyawan tahu bagaimana. Pengetahuan yang berada di benak karyawan
yang belum didokumentasikan disebut pengetahuan tacit, sedangkan pengetahuan yang telah
didokumentasikan disebut pengetahuan eksplisit.

Pengetahuan bersifat “melekat” (sulit digerakkan). 3. Perubahan data menjadi pengetahuan dan informasi yang berguna memerlukan penggunaan sumber daya organisasional 3. bukan sekadar kapan. menyusun. dan proses pendokumentasian. Pengetahuan adalah asset tak berwujud 2. 2. dan kontekstual (hanya tepat digunakan pada situasi tertentu). PERUSAHAAN MEMILIKI LOKASI 1. Pengetahuan meliputi cara mengikuti suatu prosedur. 3. dan mengirim budaya menerjamahkan visi kedalam pernyataan misi. sesuatu terjadi (kausalitas). dan keahlian. Kemampuan untuk mengatur. menjadi pedoman operasional. Pengetahuan adalah peristiwa kognitif yang melibatkan model dan pemetaan pikiran orang. Kemampuan untuk menyebarkan. Pengetahuan dapat bersifat tersirat tetapi juga bersifat ekplisit (dikodifikasikan). memindahkan pengetahuan pelayanan. melatih kenapa. tapi pada jaringan.Kemampuan untuk mengajar. Pengetahuan bukan merupakan subjek dari the law of diminishing return (hukum hasil yang semakin berkurang) dalam hal asset fisik. Pengetahuan meliputi cara melakukan sesuatu. dasar tatap muka TABEL ALASAN PENTINGNYA DIMENSI PENGETAHUAN PENGETAHUAN SEBAGAI ASET PERUSAHAAN 1. pengalaman dalam satu ke satu. Pengetahuan meliputi alasan mengapa. Pengetahuan memiliki basis sosial dan individual. keterampilan. Pelatihan dan menasehati untuk Memindahkan pengetahuan lewat produk. letaknya pasti (menyatu dengan budaya perusahaan tertentu). tahu-bagaimana. mengakses dan menerapkan ke seluruh biasa organisasi Keahlian. tahu. 4. dan peduli-kenapa Kemampuan untuk bekerja sama. 2. PENGETAHUAN TERGANTUNG SITUASI/ SITUASIONAL .Perbandingan antara Tacit Knowledge melawan Explicit Knowledge Tacit Knowledge Explicit Knowledge Kemampuan untuk beradaptasi. membuat mengahadapi situasi baru dan luar ulang. nilainya akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya pengetahuan yang dibagikan oleh manusia. berbagi visi. PERUSAHAAN MEMILIKI BENTUK YANG BERBEDA 1.

dan masukan dari pelanggan maupun lingkungan sekitar. Manajemen pengetahuan meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar dari lingkungannya dan untuk menggabungkan pengetahuan ke dalam proses bisnisnya. 1.1. B. Pengetahuan Akuisisi (Kemutahiran Pengetahuan) . pengukuran yang teliti dari perencanaan. organisasi mendapatkan pengalaman. Melalui pengumpulan data. dan menerapkan pengetahuan. Tahapan tersebut menambah nilai data mentah dan informasi menjadi pengetahuan yang dapat digunakan. Bagan tersebut menggambarkan lima langkah nilai tambah dalam nilai rantai manajemen pengetahuan. percobaan dan kegagalan. Pengetahuan bersifat kondisional: Mengetahui kapan saat prosedur diterapkan sama pentingnya dengan mengetahui prosedur itu sendiri (kondisional) 2. mentransfer. Rantai Nilai Manajemen Pengetahuan Manajemen pengetahuan mengacu pada serangkaian proses bisnis dalam suatu organisasi untuk membuat. menyimpan. Proses pengetahuan ini disebut pembelajaran organisasi. Pembelajaran organisasi dan Manajemen Pengetahuan Seperti manusia. organisasi menciptakan dan mengumpulkan pengetahuan menggunakan beberapa mekanisme pembelajaran organisasional. Pengetahuan berkaitan dengan konteks: Kamu harus tahu bagaimana menggunakan perangkat tertentu dan pada situasi seperti apa Kamu dapat menggunakannya. Organisasi mempelajari perilaku mereka untuk merefleksikan pembelajaran tersebut dengan menciptakan proses bisnis yang baru dan mengubah pola manajemen pengambilan keputusannya.

Pengetahuan Diseminasi (Penyebaran Pengetahuan) Penggunaan Portal. jaringan informal. termasuk aplikasi perusahaan untuk mengelola proses bisnis menjadi kunci internal dalam hubungan dengan pelanggan. dan data penting lainnya. Teknologi kontemporer tampaknya telah menciptakan banjir informasi dan pengetahuan. 4. pendapat hukum. e-mail. dan grafik. jaringan sosial.Perusahaan harus menciptakan pengetahuan baru dengan menemukan pola di data perusahaan atau dengan menggunakan workstation pengetahuan di mana insinyur bisa menemukan pengetahuan baru. Penyimpanan Pengetahuan Penyimpanan pengetahuan melibatkan penciptaan database. pelanggan. serta data dari sumber eksternal seperti feed news. Manajemen harus mendukung pengembangan penyimpanan pengetahuan yang direncanakan oleh sistem. pembayaran. 2. Pengetahuan Aplikasi Pengetahuan baru harus dibangun menjadi sebuah proses bisnis perusahaan dan sistem aplikasi utama. data. Pemberian penghargaan perlu dilakukan pada karyawan yang rajin mengupdate data. di lautan informasi dan pengetahuan. program pelatihan. dan berbagi pengalaman manajemen dikomunikasikan melalui bantuan budaya yang mendukung manajer untuk memusatkan perhatian mereka pada pengetahuan dan informasi penting. “Bagaimana manajer dan karyawan dapat menemukan. yang yang benar-benar penting bagi keputusan mereka dan pekerjaan mereka?” Di sini. instant messaging. mendorong pengembangan skema perusahaan besar untuk mengindeks dokumen. menghargai tenaga penjualan untuk mengirimkan nama-nama prospek ke database perusahaan bersama prospek di mana semua penjualan personil dapat mengidentifikasi setiap prospek dan meninjau penyimpanan data. wiki. Sebuah sistem pengetahuan yang koheren dan terorganisir juga membutuhkan sistematis data dari sistem pemrosesan transaksi perusahaan yang melacak penjualan. 3. dan statistik pemerintah. persediaan. Misalnya. dokumen. dan mesin pencari merupakan teknologi untuk alat kolaborasi dan berbagi kalender. laporan industri. . penelitian ilmiah.

berbagi pengalaman dan teknik untuk memecahkan masalah pekerjaan tertentu. Biasanya dilaksanakan secara online. c. konferensi. Membangun Organisasi dan Manajemen Modal: Kolaborasi. C. seperti: algoritma genetik. ilmuwan. Sistem ini menyediakan basis data berikut perangkatnya untuk menyusun dan menyimpan dokumen terstruktur dan tidak terstruktur beserta objek pengetahuan lainnya. dan perangkat berbasis Web untuk kolaborasi dan komunikasi. mendistribusikan. dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital. mulai dari fokus pada menemukan pengetahuan baru seperti: penggalian data dan jaringan saraf . . pengolahan pengetahuan dalam bentuk aturan bagi program komputer seperti: sistem ahli dan logika fuzzy. menyimpan. Sistem kerja pengetahuan atau Knowledge work systems (KWS) adalah sistem yang dikembangkan khusus untuk para teknisi. newsletter online. Kegiatan komunitas ini termasuk kelompok pendidikan. Komunitas Praktek. Tipe Sistem Manajemen Pengetahuan a. contoh : IBM. Teknik cerdas atau intelligent techniques adalah teknik-teknik yang memliki tujuan yang berbeda. Sistem manajemen perusahaan atau Enterprise-wide knowledge management systems adalah sistem serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan. direktori dan perangkat untuk mencari karyawan yang berpengalaman di bidang tertentu. dan para pekerja di bidang pengetahuan lainnya yang bertugas memperoleh dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan.5. dan Lingkungan Kantor Communities of Practice(COP) adalah jaringan sosial informal yang profesional dimana terdiri dari karyawan dalam dan di luar perusahaan yang memiliki sejenis kegiatan dan kepentingan yang terkait dengan pekerjaan. sampai pada bagaimana mendapatkan solusi optimal untuk suatu masalah. b.

penyimpanan. dan praktik terbaik. Beberapa pengetahuan berada dalam perusahaan dalam bentuk dokumen yang terstruktur (dilaporkan dan dipresentasikan). . pengambilan. Sistem tersebut termasuk repositori perusahaan dokumen. distribusi. A.2. video. serta kemampuan untuk mengumpulkan dan mengorganisir pengetahuan semiterstruktur seperti e-mail. seperti : pesan. e- mail. atau postingan di papan buletin. Konten Sistem Manajemen Perusahaan Pengetahuan Terstruktur adalah pengetahuan eksplisit yang ada di dokumen resmi. proposal. presentasi slide elektronik. pesan suara. serta dalam aturan formal yang berasal organisasi. gambar digital. presentasi. laporan. grafis. dan pelestarian untuk membantu perusahaan meningkatkan proses bisnis dan keputusan. Sistem manajemen konten perusahaan membantu organisasi mengelola pengumpulan pengetahuan. Pembuat keputusan juga membutuhkan pengetahuan yang semi-terstruktur seperti pesan elektronik. Tapi terkadang manajer memerlukan informasi berbentuk dokumen yang tidak benar-benar terstruktur. perubahan ruang obrolan. video yang dibuat dalam format berbeda. Menjelaskan Berbagai Jenis Sistem yang Digunakan Untuk Manajemen Pengetahuan Keseluruhan Perusahaan dan Menunjukan Nilainya Bagi Organisasi Perusahaan harus sejalan dengan tiga jenis pengetahuan. brosur. dan disimpan di banyak lokasi. memo.

Manajemen Pembelajaran Sistem Sistem manajemen konten perusahaan besar termasuk Portal kuat dan teknologi kolaborasi. seperti feed berita dan penelitian. Bookmark sosial membuatnya lebih mudah untuk mencari dan berbagi informasi dengan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan bookmark untuk halaman web di situs Web publik dan tag bookmark ini dengan kata kunci. perancang desain. serta sumber daya internal pengetahuan bersama dengan kemampuan untuk e-mail.Taksonomi adalah skema untuk mengklasifikasikan informasi dan pengetahuan sedemikian rupa hingga informasi dan pengetahuan tersebut mudah diakses. dan penilaian berbagai jenis karyawan pembelajaran dan pelatihan. arsitek. Perusahaan akan merancang taksonominya sendiri untuk mengklasifikasikan informasi menjadi kategori-kategori. pengiriman. pelacakan. Sistem jaringan pengetahuan menyediakan suatu direktori online mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat. Pengetahuan Pekerja dan Pengetahuan Kerja Pengetahuan Pekerja termasuk peneliti. dan insinyur yang menciptakan pengetahuan dan informasi untuk organisasi. Sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) menyediakan alat untuk manajemen. Pengetahuan pekerja biasanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan keanggotaan dalam organisasi profesional dan sering diminta untuk melakukan penilaian independen sebagai aspek rutinitas pekerjaan mereka. Daftar tag dapat dibagi dengan orang lain untuk membantu mereka menemukan informasi yang menarik. Tag ini dapat digunakan untuk mengatur dan mencari dokumen-dokumen. Misalnya. B. Portal pengetahuan perusahaan dapat memberikan akses ke sumber-sumber eksternal informasi. ilmuwan. 3. pekerja pengetahuan menciptakan produk baru atau mencari . dan konferensi video. kelompok diskusi. chatting / instant messaging. Berbagai Jenis Sistem Kerja Pengetahuan Yang Utama dan Menelaah Nilai Yang Diberikan Bagi Perusahaan A. Perusahaan perlu cara untuk melacak dan mengelola pembelajaran karyawan dan untuk mengintegrasikan lebih penuh ke manajemen pengetahuan dan perusahaan lainnya sistem.

sistem ini juga harus memberikan kemudahan dan kecepatan mengakses basis data eksternal. dan analisis keuangan. . seorang insinyur desain memerlukan berbeda pengaturan workstation dari seorang analis keuangan. seperti penelitian ilmiah. misalnya. pemikiran sosial. mengevaluasi. Insinyur desain grafis perlu dengan daya yang cukup untuk menangani tiga dimensi (3-D) sistem CAD. memulai. ilmu. Sistem kerja pengetahuan membutuhkan link viagra sans ordonnance yang kuat kepada basis pengetahuan eksternal selain juga perangkat keras dan peranti lunak khusus. jadi. Sistem ini memerlukan kekuatan komputasi mendasar untuk menangani grafik-grafik yang rumit atau perhitungan yang kompleks yang dibutuhkan oleh pekerja pengetahuan. Workstation pengetahuan sering dirancang dan dioptimalkan untuk spesifik tugas yang harus dilakukan. Persyaratan Sistem Pengetahuan Kerja Pekerja pengetahuan memerlukan sistem kerja pengetahuan yang sangat spesifik dengan grafis. dan kemampuan komunitas dan manajemen dokumen yang canggih. dan peluang  Bertindak sebagai agen perubahan. dan seni  Melayani sebagai konsultan internal yang menyangkut bidang pengetahuan mereka. Karena pekerja pengetahuan sangat fokus pada pengetahuan di dunia eksternal. Namun. dan mempromosikan proyek perubahan B. Pengetahuan pekerja melakukan tiga peran kunci yang sangat penting untuk organisasi dan manajer yang bekerja dalam organisasi:  Menjaga arus organisasi dalam pengetahuan seperti yang berkembang di luar teknologi dunia-di. perubahan yang terjadi. perancang produk. analis keuangan lebih tertarik pada akses ke sejumlah segudang eksternal database dan database besar untuk secara efisien menyimpan dan mengakses besar jumlah data keuangan. alat bantu analisis.cara untuk meningkatkan yang sudah ada.

Langkah-langkah ini harus diulangi beberapa kali. Selain itu model mempunyai properti seperti massa. pengguna mengenakan pakaian. dengan menggunakan komputer dan peranti lunak grafis yang rumit. Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Dalam kebanyakan sistem realitas virtual. dibutuhkan cetakan dan purwarupa dari setiap modifikasi agar dapat diuji secara fisik.  Sistem Realitas Virtual Sistem yang memiliki kemampuan visualisasi. para perancanagan hanya perlu membuat purwarupa fisik saat proses perancangan hampir selesai. penerjemahan. Sistem ini menggunkan peranti lunak grafis interaktif untuk menciptakan simulasi buatan komputer yang sangat mirip dengan kenyataan hingga para pengguna hampir mempercayai bahwa mereka berada dalam dunia nyata. perlengkapan kepala.C. karena rancangannya dapat dengan mudah diuji dan diubah-ubah oleh komputer. Berawal dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing. sehingga menghabiskan banyak waktu dan biaya. pusat gravitasi . Contoh Sistem Pengetahuan Kerja  Desain Berbantu Komputer (CAD) Membuat proses penciptaan dan revisi rancangan menjadi otomatis. Untuk melakukan modifikasi rancangan dengan metode rancangan yang lebih tradisional. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi. dan simulasi yang lebih yang jauh melebihi sistem desai berbantu komputer. Integrasi itu dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan merupakan aplikasi gambar 3 dimensi atau biasa disebut solid modelling. . luas permukaan dll. volume. bergantung pada aplikasinya. Solid model memungkinkan kita untuk memvisualisasikan komponen dan rakitan yang kita buat secara realistik. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. dan peralatan khusus lainnya. Dengan menggunaka workstation perancangan.

menggunakan alat persepsi. Berbagai Keuntungan Bisnis Yang Diperoleh Dari Penggunaan Teknik-Teknik Cerdas Untuk Manajemen Pengetahuan Kecerdasan buatan dan teknologi database memberikan sejumlah teknik cerdas yang organisasi dapat digunakan untuk menangkap pengetahuan individu dan kolektif dan untuk memperluas basis pengetahuan mereka. dan manajer portofolio. yang terdiri dari komputer berbasissistem (baik hardware dan software) yang mencoba untuk meniru perilaku manusia. untuk menempatkan pengguna dalam lingkungan dunia nyata yang disimulasikan. Menangkap Pengetahuan: Sistem Ahli Sistem ahli adalah teknik cerdas untuk menangkap pengetahuan yang tersembunyi dalam keahlian manusia yang sangat spesifik dan terbatas cakupannya. menyelesaikan tugas-tugas fisik. VRML tidak memerlukan platform tertentu. dan laporan penelitian. baik dari sumber internal maupun dari sumber eksternal. A. Serangkaian aturan dalam sistem ahli ditambahkan ke dalam memori atau pembelajaran perusahaan. termasuk animasi. gambar dan audio. . riwayat pasar. bekerja pada komputer desktop dan membutuhkan bandwidth yang kecil. dan meniru keahlian manusia dan pengambilan keputusan. Teknik-teknik cerdas lain yang dibahas dalam bagian ini didasarkan pada kecerdasan buatan (AI) teknologi. Virtual Reality Modeling Language (VRML) VRML adalah seperangkat spesifikasi untuk model interaktif tiga dimensi dalam World Wide Web yang dapat menangani berbagai jenis media. Sistem tersebut akan dapat belajar bahasa. Sistem ini menangkap pengetahuan dari pekerja pakar dalam bentuk serangkaian aturan dalam sistem peranti lunak yang dapat digunakan oleh orang lain dalam organisasi tersebut. termasuk data kontak manajemen. 4. Perusahaan seperti Merrill Lynch dan USB financial Service telah memasang workstation investasi yang menggabungkan cakupan data yang luas.  Workstation Investasi Sistem ini khusus untuk mendayagunakan pengetahuan dan waktu dari para pialang. data real-time. pedagang.

a. Contoh Sistem Ahli yang Sukses Sistem pakar menyediakan bisnis dengan berbagai manfaat termasuk meningkatkan keputusan. Sistem Fuzzy Logic Logika fuzzy adalah teknologi berbasis aturan yang dapat mewakili ketidaktepatan seperti dengan menciptakan aturan yang menggunakan nilai-nilai perkiraan atau subjektif. Organisasi dapat menggunakan kabur logika untuk menciptakan sistem perangkat lunak yang menangkap pengetahuan tacit mana ada ambiguitas linguistik. dan tingkat yang lebih tinggi kualitas dan pelayanan. . B. Solusi sukses ditandai dengan kasus baru dan kedua disimpan bersama-sama dengan kasus lain dalam basis pengetahuan. panjang. mesin inferensi dimulai dengan memasukkan informasi oleh pengguna dan mencari aturan dasar untuk sampai pada suatu kesimpulan. Dalam backward chaining. Mempekerjakan atau pelatihan lebih ahli mungkin lebih murah daripada membangun sistem pakar. Hal ini dapat menggambarkan fenomena tertentu atau proses bahasa dan kemudian menyatakan bahwa deskripsi dalam sejumlah kecil aturan yang fleksibel. strategi untuk mencari basis aturan dimulai dengan hipotesis dan hasil dengan mengajukan pertanyaan pengguna tentang fakta-fakta yang dipilih baru hipotesis tersebut dikonfirmasi atau disangkal. dan menerapkan solusi yang lama kasus ke kasus baru. mengurangi waktu pelatihan. deskripsi pengalaman masa lalu spesialis manusia. direpresentasikan sebagai kasus. menemukan fit terdekat. mengurangi biaya. kesalahan berkurang.Bagaimana cara kerja sistem ahli? Model sistem pakar pengetahuan manusia sebagai seperangkat aturan yang kolektif disebut basis pengetahuan (knowledge base). disimpan dalam database untuk pengambilan nanti ketika pengguna bertemu kasus baru dengan sejenis parameter. Banyak sistem pakar memerlukan upaya pengembangan yang besar. Organisasi Kecerdasan: Kasus Berbasis Penalaran Dalam kasus berbasis penalaran (CBR). dan mahal. Pencarian sistem untuk kasus-kasus yang disimpan dengan karakteristik masalah mirip dengan yang baru. b. Dalam forward chaining. C. strategi menggunakan pencarian knowledge base disebut inference engine.

kurang dipahami masalah yang sejumlah besar data telah dikumpulkan. dan mengoreksi ulang kesalahan model sendiri. mencari hubungan. Neural Network Jaringan saraf yang digunakan untuk memecahkan masalah kompleks. membangun model. membangun model. Jaringan Syaraf Jaringan saraf yang digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks. Jaringan saraf menemukan pengetahuan ini dengan menggunakan hardware dan software yang paralel dengan pola pengolahan biologis atau otak manusia. dan mengoreksi lagi dan lagi kesalahan model sendiri. Digambarkan dalam bagan. Teknik pemecahan masalah dengan algoritme ini secara konsep berbasis pada metode bagaimana organisme hidup beradaptasi dengan lingkungannya. . yaitu: Algoritme Genetik Algoritme genetik berguna untuk mendapatkan solusi optimal untuk masalah spesifik dengan memeriksa sejumlah besar kemungkinan solusi untuk masalah tersebut. mencari hubungan. Jaringan saraf “belajar” pola dari besar jumlah data dengan memilah-milah data. Jaringan saraf menemukan pengetahuan ini dengan menggunakan hardware dan software yang paralel dengan pola pengolahan biologis atau otak manusia.D. Jaringan saraf "belajar" pola dari besar jumlah data dengan memilah-milah data. Mereka menemukan pola dan hubungan dalam jumlah besar data yang akan terlalu rumit dan sulit bagi manusia untuk menganalisis.

E. dan diprediksi bagi seorang individu pengguna. mesin pabrik. Mitsubishi. Sanyo dan perusahaan lainnya mulaimemasukkan system al hybrid dalam produk produk seperti peralatan rumah tangga. Manfaat KM menurut Fernandez dan Sabherwal . Matsushita telah mengembangkan sebuah mesin cuci “neurofuzzi” yang menggabungkan logika fuzzi dengan jaringan saraf tiruan. Agen Cerdas adalah program perangkat lunak yang bekerja di latar belakang tanpa manusia secara langsung intervensi untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. mengendalikan penciptaan. atau bepergian melalui jaringan interkoneksi untuk menemukan tiket pesawat termurah ke California. Kemungkinan solusi dapat direpresentasikan denganderetan 0 dan 1 yang panjang. variasi. Hitachi. proses bisnis. berulang-ulang. Jadi. dan perlengkapan kantor. Nikoo securytas telah mengembangkan system neurofuzzi untuk meramalkan peringkat obligasi. Ricoh. dan sistem ahli menjadi aplikasi tunggal untuk mengambil manfaat dari fitur-fitur terbaik teknologi tersebut. atau aplikasi perangkat lunak. Solusi-solusi tersebut mengalami perubahan dan penggabungan. Di Jepang. F. menjadwalkan janji temu. logika fuzzy. Solusi yang buruk dibuang. jaringan saraf tiruan. Agen menggunakan terbatas built-in atau basis pengetahuan belajar untuk menyelesaikan tugas-tugas atau membuat keputusan pada nama pengguna. Algoritma genetic memberika kode untuk mencari semua kombinasi digit yang mungkin untuk mengidentifikasikan deretan yang tetap yang merepresentasikan struktur terbaik untuk masalah tertentu. adaptasi dan pemilihan kemungkinan solusi menggunakan proses-proses genetik.Algoritma genetik bekerja dengan mempresentasikan informasi sebagai deretan 0 dan 1. algoritma genetrik mendukung evolusi berbagai solusi untuk masalah tertentu. Aplikasi hibrida dalam bisnis sedang berkembang. Agen Cerdas Teknologi agen cerdas membantu bisnis menavigasi melalui jumlah besar. seperti menghapus e-mail sampah. Sistem AI Hibrida Sistem kecerdasan hibrida adalah sistem yang dapat mengintegrasikan Algoritme genetik. sedangkan proses yang lebih baik bertahan untuk terus lanjut menghasilkan solusi yang semakin baik lagi. Data untuk mencari dan bertindak atas informasi yang dianggap penting. Sistem seperti ini disebut system kecerdasan buatan hibrida (hybrid al system) .

 Membantu organisasi untuk pengambilan keputusan strategis serta pengembangan produk dalam lingkungan dinamis.  Membantu individu menciptakan solusi inovatif atas masalah yang dihadapi untuk mengembangkan proses organisasi.  Employee lebih mudah belajar dari pada organisasi lain yang tidak menerapkan KM dan lebih siap dalam menghadapi perubahan.  KM menyediakan employee sebuah solusi yang baik atas permasalahan yang telah dihadapi sebelumnya.  Mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mengakses pengetahuan yang berharga.  Meningkatkan employee learning dan kepekaan terhadap knowledge terbaru pada bidang mereka  Employee lebih mudah mendapatkan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk beradaptasi pada lingkungan organisasi. Process  Membantu organisasi menjadi lebih baik dengan menentukan dan melaksanakan proses yang tepat.People  Memberi fasilitas pembelajaran kepada employee (baik dari antar karyawan atau sumber eksternal) agar berkembang secara bertahap sebagai bentuk respon terhadap pasar dan teknologi. Products  Membantu organisasi menawarkan produk baru yang menyediakan penambahan value yang signifikan .

. ketika dihubungkan dengan strategi bisnis.  Indirect Impacts: KM membantu organisasi untuk mengembangkan serta mengeksploitasi sumber daya tangible dan intangible lebih baik daripada kompetitor lain. Organizational  Direct Impacts: KM digunakan untuk menciptakan produk Performance y inovatif yang menciptakan keuntungan.  Memudahkan organisasi mengakses dan mengkombinasikan knowledge terbaik untuk mencegah produksi yang terlalu mahal atau terlalu time-consuming. dibandingkan produk sebelumnya.