BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Zaman telah berganti dan perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju
dalam bidangnya masing-masing tak terkecuali ilmu filsafat. Pada zaman dahulu,
konon ilmu ini milik orang Kaldan, Iraq. Kemudian berpindah kepada orang Mesir
selanjutnya berpindah lagi pada orang Yunani. Beberapa kurun waktu dan setelah
mengalami penerjemahan, ilmu ini berpindah lagi kepada orang Suryani selanjutnya
pada orang Arab. Sehingga sekarang muncullah apa yang disebut filsafat islam. Ilmu
ini tetap diajarkan karena para filosof (orang yang menguasai ilmu filsafat)
berpendapat bahwa ilmu ini merupakan keutamaan, sumber segala ilmu, induk
semua ilmu, sumber segala hikmah dan sumber kecakapan manusia. Jadi,
penyusunan makalah ini kami kira menjadi penting untuk memberikan wawasan
mengenai ilmu filsafat islam.
Filsafat Islam merupakan gabungan dari dua kata, yaitu filsafat dan Islam.Jadi
filsafat Islam, Islamic philosophy, pada hakikatnya adalah filsafat yang bercorak
islami.Islam menempati posisi sebagai sifat, corak, dan karakter dari filsafat.Filsafat
Islam bukan filsafat tentang Islam, bukan the philosophy of Islam. Filsafat Islam
artinya berpikir dengan bebas dan radikal namun tetap berada pada makna, yang
mempunyai sifat, corak, serta karakter yang menyelamatkaan dan memberi
kedamaian hati.1

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1. Bagaimana latar belakang sosial pemikiran filsafat islam?
2. Siapa saja para filosuf muslim dari belahan timur?

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui latar belakang sosial pemikiran filsafat islam.
2. Untuk mengetahui para filosuf muslim dari belahan timur.
1
Zaprulkhan.2014. Filsafat Islam Sebuah KajianTematik. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. Hal. 5

1

B. Ia melarang mengajarkan filsafat kepada umum. Seting Sosial Pemikiran FIlsafat Islam Filsafat Yunani Tersebar ke Timur Tengah bersama dengan penaklukkan Iskandar (Alexander ) Agung (356-323 SM). Kemudian disini berdiri beberapa mazhab yang tersebar diantaranya adalah mazhab Jundishapur. Para ulama dan ahli fikir mempunyai andil dalam penaklukan itu. kemudian melanjutkan ke Baqdad hingga selesai. karena dinisbahkan kepada Kindah. karena ajarannya dianggap ajaran bertentangan dengan agama masehi dan berbarengan dengan itu menutup akademi filsafat di Athena.2 Penindasan kepada para ahli filsafat menyebabkan mereka melarikan diri ke Persia. Menjelang lahirnya agama Islam.3 Al-Kindi lahir tahun 185 H. agama masehi telah menjadi sebuah kekuatan politik yang besar. BAB II PEMBAHASAN A. Para Filsuf Muslim dan Pemikirannya 1. berpusat di Konstatinopel. 1996. yaitu suatu kabilah terkemuka pra-Islam yang merupakan cabang Bani Kahlan yang menetap di Yaman. 63 2 . hal. Al-Maktabah al-Mishriyah. di Kuffah memperoleh pendidikan pertama di Basrah. ini terlihat dari kemampuannya menguasai berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti Ilmu Ketabiban (Kedokteran). Filsafat. Kairo. diantaranya adalah Academy of Plato dan Parapatetic School of Aristoteles. 3 Ahmad Fud al-Ahwani. Kedua Sekolah ini Mengajarkan Filsafah. Mantiq (Logika) 2 Athena telah mendirikan dua buah Academy jauh sebelum tahun 524 M. Al-Kindi (185-260 H/ 801-873 M) a. Biografi dan Karyanya Nama lengkapnya adalah Abu Yusuf bin Ishak bin Asha-Shabah bin Imran bin Ismail bin Muhammad bin al-Asy’as bin Qais al-Kindi. Ia popular dengan sebutan al-Kindi. Al-Falsafah al-Islamiyyah. Hal ini menjadikan filsafat Yunani berkembang di daerah ini bahkan sampai datangnya penaklukkan dari Roma pun. aliran-aliran ini masih berpengaruh dalam masyarakat. Pada waktu Kaisar Yustinius menetapkan agama Masehi sebagai agama resmi Negara Romawi.

kekuatan berani yang berpusat di dada dan kekuatan berpikir yang berpusat di kepala. al-Kindi berpijak pada kenyataan bahwa tidak mungkin keanekaan alam wujud ini tanpa ada kesatuan. 4 Ahmad Daudy. 3 .4 Al-Kindi juga membahas soal jiwa (al-nafs) dan akal jiwa manusia mempunyai tiga kekuatan. Menurutnya. demikian juga sebaliknya tidak mungkin ada kesatuan tanpa kenakeaan alam indrawi. Karena alam wujud semuanya mempunyai persamaan keanekaan dan kesatuan. maka semuanya itu terjadi bukan karena kebetulan tetapi karena ada suatu sebab yaitu Tuhan. kekuatan nafsu yang terpusat di perut. Al-Kindi turut menyumbangkan pemikirannya secara efektif dalam memasukkan filsafat ke dalam khazanah pengetahuan Islam dan termasuk salah seorang penerjemah buku-buku Yunani ke dalam Bahasa Arab. sehingga antara keduanya (agama dan filsafat) tidak ada pertentangan. bidang ketuhanan yang menurut al-Kindi sebagai filsafat pertama (al-Falsafah al-Ula). 1989. hal. Kuliah Filsafat Islam. Bulan Bintang. Ada tiga bidang ilmu yang termasuk dalam filsafat yaitu ilmu ketuhanan (rububiyah). Pemikirannya Al-Kindi adalah filsuf pertama yang memadukan (talfiq) antara agama dan filsafar. merupakan bidang yang paling utama sebab membicarakan kebenaran yang pertama (al-Haqq al-Awwal). memperlajari filsafat dan berfilsafat tidak dilarang. yakni Tuhan.dari tiga bagian diatas. 12. Oleh karena itu. ilmu keesaan (wahdaniyah) dan ilmu keutamaan (fadhilah). Daya piker ini disebut sebagai akal. filsafat adalah pengetahuan yang benar. dan lain-lain. b. Jakarta. Karena itulah filsafat membicarakan tentang Tuhan dan agama berasal dari Tuhan. Tentang dalil keberagaman alam. Al-qur’an yang membawa argument-argumen yang lebih meyakinkan dan benar tidak mungkin bertentangan dengan kebenaran yang dihasilkan filsafat.

Sejarah Filsafat Dalam Islam. Diboer. hal. 7 Muhammad Awidha. 147 6 Jwm. astronomi. manusia dapat menentukan dan mengetahui mana yang baik dan membawa keberuntungan dalam kehidupannya dan mana yang buruk yang dapat membawa kerugian dan kemudharatannya.7 Dalam hal metafisika. SY. Al-Razi (251-313 H/ 865-925 M) a. hal. Makharoq al- Anbiya’ an Hail al-Mutanabbi’in (keluarbiasaan para nabi atau tipudaya orang-orang yang mengaku nabi). Beirut. 2. hal. Biografi dan Karyanya Nama lengkapnya Abu Bakar Muhammad bin Zakaria al-Razi. Trans: Giro. 1978. 28. Ia dipandang sebagai dokter terbesar di Zaman Pertengahan dan sekaligus menjadi dokter muslim yang tidak ada bandingannya. filsafat al-Razi terkenal dengan doktrin lima kekal (al-Qadama al-Khamsa). matematika dan kimia. Dilahirkan dikota Taheran Persia pada tahun 251 H/865 M. dikalangan Barat dikenal dengan sebutan Razes terutama lewat bukunya tentang kedokteran yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa latin. Yogyakarta. Pemikirannya Al-Razi adalah seorang rasionalis tulen yang hanya mempercayai segala sesuatu dari sudut akal. dan Naqdl al-Adyan au Fil al-Nubuwah sebagai kritik terhadap agama-agama atau kritik terhadap teori-teori kenabian. al-Falsafiyyah. juga menulis tentang filsafat. 933 H) yang merupakan kritikus yang paling pedas menentang ajaran al-Razi. Kanisius. Sebagian besar dari tulisannya melalui karangan para pengkritiknya seperti Abu Hali. 5 Kecemerlangan pikirannya terutama dibidang medis.6 b. Maksudnya ada lima azas zamani yang 5 T. Abu Bakar Ar-Razi al-failasuf al-Tabib. 1993. The History of Philosophy in Islam. al-Tibb al-Ruhani. Diantaranya kitab al-Ilm al-Illahi. al-razi (w. Menurutnya akal adalah karunia Tuhan yang terbesar bagi manusia. 41. dengan kemampuan akal yang dimilikinya. Dar al-Kutub al-Alamiyyah. fisika. Al-Razi disamping banyak menulis tentang kedokteran.J. 1993. Bakker. 4 . membuat namanya sangat terkenal baik di Barat maupun di Timur.

mendahului segala-galanya dan sezaman dengan Tuhan. 61-62. Al-Farabi juga merupakan filsuf pertama yang mempertemukan filsafat Aristoteles dengan filsafat neo-Platonisme. Biografi dan Karyanya Nama lengkapnya adalah Abu Nasr Muhammad bin Muhammad bin Tharkhan. Menurut al- Farabi. hal. Perjalanan hidup al-Farabi banyak dihabiskan untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Filsafat Islam. Pemikirannya Al-Farabi adalah seorang ahli piker yang sangat dalam ilmunya. Filsafat…. 8 Daud Remantan. sehingga ia mempunyai kesempatan mengenal secara dekat para penguasa Abbasiyah ketika itu. dekat kota Farab di Negara Turkistan. jaud dari arti banyak. hal. 1997. mempertemukan filsafat “eksistensi” Aristoteles dengan filsafat “Yang-Satu” al-Kindi. Lima yang kekal dimaksud itu adalah Allah Ta’ala. Allah adalah al-Maujud al-Awwal (yang eksis pertama). Al-Farabi (258-39H/ 870-950 M) a. dan kenabian. dan meninggal tahun 334 H/ 950 M)8. Ia lahir di sebuah kota kecil yang bernama Wasij. hal. 27. Ayahnya keturunan dari Persia dan menikah dengan seorang wanita Turki. Filsafat…..9 Dalam menjelaskan Filsafat keesaan Tuhan.. materi pertama.10 Disini al-Farabi berusaha memurnikan tauhid dengan meniadakan arti banyak dalam diri Tuhan melalui filsafat emanasi. 9 Ahmad Fuad al-Ahwany. tidak berubah. pemikiran meliputi antara lain : filsafat keesaan Tuhan. 10 Harun Nasution. Jakarta. jiwa universal.. ruang absolut dan masa absolut. Karenanya al-Farabi terkadang dikatakan sebagai keturunan Persia dan Turki. emanasi. Gramedia. 5 . Tuhan Maha Sempurna dan tidak membutuhkan kepada apa pun. tahun (257H/ 870 M. 132. al-awwal (pertama) ialah “sumber pertama” bagi seluruh eujud dan “sebab pertama” bagi eksistensinya. 3. jauh dari materi. Cet VII. al-Farabi bertitik tolak pada keyakinan bahwa Tuhan Maha Satu. b.

13 11 Yusuf Musa. 1945. 66-68 6 .12 Sesuai dengan pengetian akhlak maka peri keadaan jiwa yang mendorong manusia untuk melakukan perbuatan-perbuatan secara spontan itu dapat selamanya merupakan pembawaan fitrah sejak lahir.11 Riwayat pendidikan Ibnu Maskawaih tidak diketahui dengan jelas.. Falsafah al-Akhlaq Fi’il Islam. hal. Dalam literatur Barat disebut Avicienna. Ia lahir di kota Ray tahun 330 H-932 M/ dan meninggal di Ash- Fahan tahun 421 H/ 1030 M. Pemikirannya Ibnu Maskawaih dianggap sebagai Bapak Etika Islam dan dikenal sebagai Guru Ketiga (al-Mu’allim al-Tsalits). hingga menjadi sifat kejiwaan yang dapat melahirkan perbuatan yang baik. Filsafat…. setelah al-Farabi yang digelari Guru Kedua (al-Mu’allim al-Tsani). Ia adalah filsuf ternama dalam dunia islam yang mendapat gelar kehormatan sebagai Syaikh al-Rais. demikian juga para penulis riwayat tidak memberi informasi yang jelas mengenai latar belakang pendidikan. 5. tetapi juga diperoleh dengan jalan latihan-latihan membiasakan diri. 4. yang jelas pengetahuan Ibnu Maskawaih amat menonjol baik tentang filsuf. b. Sedangkan yang dipandang sebagai Guru Pertama (al-Mu’allim al-Awwal) adalah Aristoteles. Menurut Ibnu Maskawaih etika atau akhlak adalah suati sikap mental yang mendorong untuk berbuat tanpa fikir dan pertimbangan. hal. Ibnu Sina (370-428 H / 980-1037M) a. Ibnu Maskawaih (330-421H/ 932-1030 M) a. hal. Cairo. Biografi dan Karyanya Nama lengkapnya adalah Abu Ali Al-Khasim Ahmad bin Ya’kub bin Maskawaih. lahir di desa Afsyanah (Kawasan Bukhara) tahun 370/980 dan wafat tahun 428 H/ 1037M. 61 13 Ibid. Biografi dan Karyanya Nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Husein Ibnu Hasan Ibnu Ali Ibnu Sina. karena ia tidak menulis autobiografinya. 71 12 Ahmad Daudy..

97 7 . Pada usia 20 tahun Ibnu Sina telah menghasilkan karya cemerlang. Menurut Ibnu Sina tiap-tiap akal itu menimbulkan tiga wujud yaitu akal. matematika dan metafisika. Ibnu Sina berusaha mendekatkan jarak antara teori filsafat dan adalil agama. Inilah yang membedakan teori emanasi Ibnu Sina dengan emanasi al-Farabi yang mengeluarkan dua wujud. darah khurasan pada tahun 450 H/ 1056 M dan wafat di kota ini pula pada tahun 505 H/1111M. Tuhan memikirkan diri-Nya lalu memikirkan sesuatu diluar diri-Nya menyebabkan timbulnya akal lain yang dinamakan Akal Pertama (al-aqlul Awwal). diantara yang terpenting antara lain adalah al-Syifa yang berisi Filsafat dan terdiri atas empat bagian yaitu: logika. langit dan planet-planetnya. Kitab ini terdiri dari 18 jilid. hal. Biografi dan Karyanya Nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu Ahmad al-Ghazali al-Thusi. Karya-karyanya yang sangat penting antara lain : Tahafut al-Falasifah (kerancuan kaum filsuf). Tahun 1058 M al-Ghazali bermukin di Muaskar dan selanjutnya ia pindag ke Baqdad untuk menjadi dosen di Perguruan Tinggi Nidzamiah tahun 1091 M.14 Pertama kali al-Ghazali belajar pada seorang sufi di negerinya. Tuhan menurutnya adalah al-Aql (akal). fisika. Menurut Ibnu Sina Falaq (langit) mempunyai nafs yang menggerakkannya dan mempunyai akal yang mengaturnya. kemudian pada tahun 1095 terjadi konflik batin yang memuncak menyebabkan ia tidak bisa belajar lagi selama beberapa bulan. b. Beliau lahir di desa Thus. Kuliah…. 14 Ahmad Daudy. kemudian pindah ke Jurjan dan Naisabur belajar pada Imam al-Haraian al-Juwaini. Al-Ghazali (450-505H/ 1056-1111M) a. 6. Pemikirannya Sebagai filsuf muslim..

al-Ghazali dikenal sebagai filsuf yang banyak mengkritik pendapat filsuf-filsuf sebelumnya. Tuhan tidak mengetahui perincian dari apa yang terjadi di ala mini.15 Menurut al-Ghazali hanya terdapat 3 persoalan diatas para filsuf sudah keluar dari agama islam (kafir). 282. yaitu pendapat mereka tentang : qadimnya alam. terutama al-Farabi dan Ibnu Sina.16 15 Imam al-Ghazali. 143 8 . Tahafut al-Falasifah. dan kebangkitan jasmani tidak ada. 1972. b. 16 Hasan Bakti Nasution. Pemikirannya Dalam bidang filsafat. Dar’ al-Ma’rif. para loyalis Imam al- Ghazali belakangan mengadakan generalisasi dengan menyimpulkan bahwa Imam al-Ghazali menetang filsafat secara keseluruhan. hal. Filsafat… hal. dan menentang tiga dari pemikiran filsafat mereka yang dapat membawa kepada kekufuran. bahkan mengaharamkannya. Namun sayangnya. Kairo.

Al-Kindi (185-260 H/ 801-873 M) 2. Al-Ghazali (450-505H/ 1056-1111M) B. 9 . Hal ini menjadikan filsafat Yunani berkembang di daerah ini bahkan sampai datangnya penaklukkan dari Roma pun. Al-Farabi (258-39H/ 870-950 M) 4. Oleh karena itu. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Filsafat Yunani Tersebar ke Timur Tengah bersama dengan penaklukkan Iskandar (Alexander ) Agung (356-323 SM). Ibnu Maskawaih (330-421H/ 932-1030 M) 5. Para ulama dan ahli fikir mempunyai andil dalam penaklukan itu. aliran-aliran ini masih berpengaruh dalam masyarakat. Al-Razi (251-313 H/ 865-925 M) 3. kami butuh saran pembaca sekalian agar dapat memperbaiki letak kesalahan dan kekurangan dalam menyusun makalah demi tercapainya kesempurnaan penyusunan makalah selanjutnya. Para filosuf muslim dari belahan timur antara lain : 1. Saran Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini terdapat kekurangan. Ibnu Sina (370-428 H / 980-1037M) 6.

Drs. 10 . DAFTAR PUSTAKA Nur. Jakarta : Bumi Aksara. Dr. Hasan Bakti Nasution. Burhauddin Salam. 2000. Bandung : Cita Pustaka Media. 2011. Pengantar Filsafat Umum. Medan: IAIN Press. 2005. Fadhil Lubis. Filsafat Umum. A. Pengantar Filsafat.