Buku Tahunan

Saksi-Saksi Yehuwa 

2017

DAFTAR ISI

Surat dari Badan Pimpinan 2

Hal-Hal Menarik pada Tahun Lalu 6

Pengabaran dan Pengajaran di Seluruh Bumi 46

Georgia 82

Seratus Tahun yang Lalu—1917 172

Jumlah Keseluruhan 177

170202
yb17-IN

Photo Credits: Page 110: Georgian Bible: 5 2017
National Center of Manuscripts Watch Tower Bible and Tract Society
of Pennsylvania
Publikasi ini tidak diperjualbelikan,
dan tersedia sebagai bagian dari Penerbit
pekerjaan pendidikan sedunia yang Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia
ditunjang oleh sumbangan sukarela. Jakarta, Indonesia
Untuk memberi sumbangan, Made in Japan
silakan kunjungi www.jw.org/id. Dibuat di Jepang
Kecuali disebutkan sumbernya,
semua kutipan ayat diambil dari
Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru.
Buku Tahunan Saksi-Saksi Yehuwa 2017
2017 Yearbook of Jehovah’s Witnesses
Cetakan Januari 2017
Indonesian (yb17-IN)

Tujuan Rohani Saya untuk 2017 Pembacaan dan Pelajaran Alkitab Pengabaran dan Pengajaran Kehidupan dan Sifat-Sifat Kristen .

Buku ini milik  Buku Tahunan Saksi-Saksi Yehuwa  2017 Berisi Laporan Tahun Dinas 2016 .

Ada juga yang mendapat tugas baru ke lapangan. 1:4. 16-27. bahkan saat pindah haluan! —Yeh. 9. Ke- reta ini meluncur secepat kilat dan tidak melambat ataupun berbalik arah. keluarga Betel sedang sibuk pin- dah dari Brooklyn ke kantor pusat yang baru di War- wick. dan juga ke kompleks Betel lainnya. 2 BUKU TAHUNAN 2017 . digabungkan. pasti Saudara juga sibuk dalam pekerjaan Kerajaan. Bagai- mana dengan bagian yang ada di bumi? Laporan ta- hun dinas yang lalu jelas menunjukkan bahwa Yehu- wa juga menggerakkan umat-Nya di bumi dengan sangat cepat! Di Amerika Serikat. 12.Surat dari Badan Pimpinan Saudara-Saudari yang kami kasihi. atau dipindahkan ke tempat lain. Bagaimana dengan Saudara? Meskipun Saudara mungkin tidak pindah ke tempat lain. yang dikendalikan oleh Sang Penguasa alam semesta. 14. Dia melihat sebuah kereta perang surgawi yang sangat besar. Ke- luarga Betel di cabang-cabang lain di seluruh dunia juga sibuk karena banyak fasilitas cabang sedang diba- ngun. Penglihatan ini mengingatkan kita bahwa bagian surgawi dari organisasi Yehuwa terus bergerak. Pada abad ketujuh SM. New York. Nabi Yehezkiel mendapat penglihatan yang luar biasa. Yang paling menga- gumkan tentang kereta ini adalah pergerakannya. dirombak.

Bagian surgawi dari organisasi Yehuwa terus bergerak Badan Pimpinan merasa sangat tersentuh dan di- kuatkan karena melihat umat Allah di seluruh dunia semakin sibuk mengikuti perkembangan organisasi Yehuwa. Banyak juga yang meningkatkan pelayanan de- ngan cara-cara lain. ikut berlari dalam perlombaan untuk kehidupan. 6:10) Kerelaan Saudara meng- ingatkan kami pada Abraham dan Sara. Banyak yang rela pindah ke tempat yang membutuhkan. 9:24. Yakinlah bahwa Yehuwa melihat semangat dan ke- relaan Saudara. Ada juga yang mencoba jenis-jenis di- nas lain. Dengan sibuk melayani Yehuwa. mereka ikut membuktikan bahwa Setan adalah pendusta!—1 Kor. seperti pindah ke ladang bahasa asing. Semua orang Kristen setia. terma- suk yang punya keterbatasan atau yang lansia. Waktu berusia SURAT DARI BADAN PIMPINAN 3 . (Ibr. Yang lainnya mau menggunakan cara baru untuk menga- bar.

340. Kanaan. Ke- relaan Abraham dan Sara sangat luar biasa!—Kej. Sela- ma setahun terakhir ini. Yehuwa akan menu- tup pintu keselamatan. 7:2. Perhatikan bahwa kata ”pergi” yang Yesus gunakan menunjukkan bahwa kita harus aktif dan sibuk. dia menghabiskan sisa hidupnya de- ngan tinggal di tenda-tenda selama ratusan tahun. Abraham dan keluarganya pindah dari kota Ur di Khaldea ke sebuah negeri yang jauh. 11:31.—Mrk. Puncak pe- nyiar tahun lalu adalah 8.” —Mat. Kis. kereta surgawi sedang ber- gerak cepat. 13:10. Di sana. 37:3) 4 BUKU TAHUNAN 2017 . Apakah Saudara juga rela berkorban? Kalian semua. dan jumlah rata- rata pelajaran Alkitab yang dipandu setiap bulannya adalah 10. 28:19.115. Jelaslah. Kita sa- ngat senang melihatnya! Ini jelas membuktikan bah- wa Yehuwa memberkati pekerjaan pemberitaan kabar baik Kerajaan kepada segala bangsa. dan Saudara pun begitu! Sekarang. 3. teruslah beritakan kabar baik dengan bersemangat. ”Percayalah kepada Yehuwa dan lakukan yang baik”! (Mz.sekitar 70 tahun. ”Karena itu pergilah dan buatlah orang-orang dari segala bangsa menjadi murid. banyak yang sudah dicapai oleh para pengikut Kristus yang bersemangat. baptislah mereka dengan nama Bapak dan Putra dan roh kudus. Sebentar lagi. se- benarnya sedang menaati apa yang Yesus katakan. Banyak orang menyambut berita kita.264. Ini cocok dengan ayat tahunan 2017. yang bertekun dengan setia di masa yang sulit ini. Jadi.847. waktu- nya tinggal sedikit. Dia berkata.

Teruslah ingat bahwa Saudara tidak sendirian. 12:12) Tetaplah dekat de- ngan Yehuwa. teruslah mende- kat kepada Bapak kita yang pengasih dengan berdoa secara teratur. ”Lihat! aku me- nyertai kamu sepanjang masa sampai penutup sistem ini. Yesus berkata. dan sibuk dalam pelayanan. Yakinlah bahwa Yehuwa akan terus memberkati pe- layanan Saudara. (Mz. Jadi. berhimpun.AYAT TAHUNAN 2017: ”Percayalah kepada Yehuwa dan lakukan yang baik” Dengan melakukan apa yang baik. yang penting bagi Yehuwa adalah Saudara memberikan yang terbaik dan dengan alasan yang benar. dia menggunakan segala cara untuk membuat kita tidak setia kepada Yehuwa. Waktu yang Setan miliki ”tinggal sedikit”. Dengan begitu. Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa SURAT DARI BADAN PIMPINAN 5 . 28:20. Saudara-saudaramu. 16:8) Yakinlah bahwa kami sangat menga- sihi Saudara dan menghargai dukungan Saudara bagi pekerjaan Kerajaan pada hari-hari terakhir ini.”—Mat. Tidak soal seberapa banyak yang bisa Saudara berikan. 9:6. (2 Kor. Saudara sebenarnya sedang menunjukkan bah- wa Saudara percaya kepada-Nya. yaitu melayani Ye- huwa. belajar Alkitab. 7) Jadi. (Pny. semua upaya Setan pasti gagal. Semua itu menyentuh hati-Nya dan me- nyenangkan Dia.

NY Kantor Pusat .Hal-hal menarik pada tahun lalu Warwick.

Jadi. 15:58) Laporan-la- poran berikut membuktikan bahwa Saksi-Saksi Yehuwa di seluruh dunia berupaya ’percaya kepada Yehuwa. dan departemen-departemen lain di kantor cabang Ameri- ka Serikat bisa pindah ke lo- kasi baru tersebut. 37:3.DUNIA Setan dilanda masalah silih berganti. pembangunan kantor pusat yang baru di Warwick sudah hampir selesai. tapi umat Yehuwa ”selalu mempunyai banyak hal untuk dilaku- kan dalam pekerjaan Tuan”. dan berlaku setia’. Pani- tia Cabang Amerika Serikat.—Mz. keluar- ga Betel di Brooklyn sedang sibuk pindah dari New York City ke Warwick. Departemen Dinas. telah rampung pada 1 Februari 2016. Jadi. New York. (1 Kor. melakukan yang baik. Perpindahan Kantor Pusat dan Kantor Cabang Proyek perluasan kantor cabang di Wallkill. 7 . Selain itu.

Wa W Warw arrwwiicck Warwick... NY NY . 8@ 8@KKKKJ JHHHKKKKK Wallkill. NY // k. KK NY /: / :. Warwick. Wallkill Wallkill Patterson Patterson NEW YORK NEW YORK Warwick Warwick NEW NEW JERSEY JERSEY Brooklyn Brooklyn 8@KKJHKK /:.

9 .

2. dan mengatur umat-Nya untuk melakukan kehendak-Nya. Tiga tur tanpa pemandu ini tersedia dari Senin sam- pai Jumat dari pukul delapan pagi hingga empat sore. 3. Dalam tur ini. ”Suatu Umat bagi Nama Yehuwa” berisi seja- rah Saksi-Saksi Yehuwa. mengajar. 3 April 2017. para pengunjung akan melihat beberapa bagian dari Gedung Kantor/Pe- nunjang dan area sekeliling Betel. Para pengunjung bisa meli- hat bagaimana Yehuwa secara bertahap membimbing. mengabar. mendapat makanan rohani. Pengunjung bisa melihat bahwa nama Allah memang ada dalam Alkitab. silakan kun- jungi jw. Kolombia Pada Senin. 10 BUKU TAHUNAN 2017 . kantor pusat di Warwick akan dibuka untuk tur. 1. ”Alkitab dan Nama Allah” menampilkan Alkitab- Alkitab langka. Pengunjung juga bisa menikmati tur dengan peman- du selama 20 menit. Tur ini mencakup satu tur dengan pemandu dan tur tanpa pemandu ke tiga museum.org dan lihat bagian MENGENAI KAMI ˛ KANTOR & TUR ˛ Amerika Serikat. Sebelum merencanakan untuk datang. ”Kantor Pusat Sedunia—Beraksi dengan Iman” adalah pameran interaktif yang menjelaskan apa saja yang dilakukan panitia-panitia Badan Pimpinan agar umat Yehuwa bisa berhimpun. dan saling mengasihi.

Badan Pimpinan memberi tahu keluarga Betel bahwa ada beberapa per- ubahan yang sedang dibuat agar dana sumbangan bisa dipakai dengan sebaik-baiknya. Selaras dengan nasihat ini.Menomorsatukan Pekerjaan Pengabaran di Seluruh Dunia PADA Rabu. 3 Oktober 2015. pada Sab- tu. ”Di Filipi 1:10. Kemudian. 23 September 2015. kita diberi tahu untuk ’memastikan perkara-perkara yang lebih penting’. Badan Pimpinan mengumumkan. kami [Badan Pimpinan] ingin menomor- satukan kegiatan-kegiatan yang paling berguna un- tuk kesejahteraan rohani umat Allah dan kegiatan pengabaran.” HAL-HAL MENARIK 11 .

dan pekerjaan pengabaran semakin berkembang. Hasil- nya. Sepasang suami istri di Sri Lanka yang ditugaskan ke lapangan menganggap perubahan ini sebagai ke- sempatan untuk menunjukkan iman kepada Yehuwa dan organisasi-Nya. Tapi. Tapi. sekali- gus merintis. Jadi. bekerja. Kami sangat se- nang karena bisa melakukan pekerjaan yang paling 12 BUKU TAHUNAN 2017 .” Jadi. Yehuwa sangat memberkati mereka. uang kami sa- ngat sedikit. kami tidak tahu seperti apa hidup kami nanti. apa pun yang terjadi. Mereka menulis. kami merasakan kasih dan perhati- an Yehuwa. kami ya- kin Yehuwa tidak akan meninggalkan kami. ”Badan Pimpinan benar-benar ingin pengabaran semakin ber- kembang. Kami sangat si- buk karena harus mengurus rumah. ’Yehuwa. sekitar 5. belakang- an menjelaskan dalam acara JW Broadcasting. Tapi. anggota Badan Pimpinan. ”Waktu itu. Stephen Lett. banyak kebiasaan dan layanan yang su- dah lama ada di Betel dikurangi atau dihapus. Jadi.’ Pada bulan pertama. jumlah keluarga Betel bisa dikurangi. Sekarang kami sudah punya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan kami.500 anggota ke- luarga Betel di seluruh dunia telah ditugaskan ke la- pangan. sejak September 2015. kami bisa mengatur waktu dengan baik karena sudah dilatih di Betel. kami memikirkan kembali cara-cara untuk mengurangi biaya di kantor cabang di seluruh dunia sehingga dananya bisa dipakai untuk pengabar- an. bantu kami menyesuaikan diri supaya kami bisa melayani sebagai perintis biasa. Meskipun mereka harus membuat banyak pe- ngorbanan. Misalnya. kami berdoa.

Karena belum mencari peker- jaan. tempat sidang itu berada. rasanya Yehuwa menempat- kan saya di tempat yang memang membutuhkan. jadi saudara ini sengaja mengosongkan jadwal- nya dan tidak bekerja sekuler dulu selama dua minggu. ”Waktu mendapat tugas baru. Seorang pengawas wilayah menulis tentang sepasang suami istri yang ditugaskan ke sidang di wilayah tempat dia me- layani.memuaskan. bercerita. Balai Kerajaan sidang itu akan direno- vasi.” Banyak mantan anggota Betel lainnya rela datang ke Betel sebagai komuter paruh waktu seminggu sekali atau lebih. persis sebelum renovasi dilakukan. yaitu memberi tahu orang lain tentang kebenaran. ”Kalau saya pikir-pikir lagi. yang dulu melayani di cabang Australasia. Kami berdoa agar Yehuwa membantu kami supaya bisa membuat HAL-HAL MENARIK 13 . dia jadi bisa banyak membantu penyaluran ban- tuan dan penggembalaan pascabencana.0 skala Richter melanda wilayah Kumamoto. Seorang saudara yang telah melayani di Betel Jepang selama 31 tahun ditugaskan ke sidang yang hanya pu- nya dua penatua. Dia berkata. gempa berke- kuatan 7.” Phil dan Sugar. Saudara- saudari ini menjadi berkat bagi sidang mereka. Tapi. kami bertekad untuk hidup sederhana.” Beberapa anggota keluarga Betel yang mendapat tu- gas baru di Kolombia berusaha belajar bahasa baru dan pindah untuk membantu daerah terpencil. ”Saudara-saudari di sidang sangat menghargai bantuan mereka. Para penyiar kini makin rajin berdi- nas. dan beberapa saudara mulai dilatih melakukan be- berapa tugas di sidang.

Iman dan kasih kami kepada-Nya jadi semakin kuat!” Seorang saudari lajang di Rusia yang ditugaskan seba- gai perintis istimewa berkata. ”Jelas ada banyak pe- kerjaan menyenangkan yang perlu dilakukan. Kami ingin sekali melayani di negeri lain. Di Zambia. Sepasang suami istri yang kami kabari datang ke acara Peringatan dan sejak saat itu selalu berhimpun. ”Dengan merintis. Ini pekerjaan yang paling penting dan tidak akan terulang lagi.” Sekarang. Mereka senang karena kini bisa lebih se- ring mengabar. Filipina. ”Tidak lama setelah keluar dari Betel. Mereka sekarang punya sekitar 120 alamat pemi- nat yang bisa dikunjungi kembali. sebentar lagi akan me- nyampaikan tugas pertamanya di perhimpunan tengah pekan. Da- vao. 14 BUKU TAHUNAN 2017 . Saya senang sekali bisa digunakan oleh Yehuwa. dan Zambia. seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun. Yehuwa terbukti memberkati keputusan kami dan membuat semuanya lancar sehingga kami bisa mela- yani-Nya dengan sepenuh hati!” Mereka sekarang me- layani di kelompok bahasa Inggris di Pulau Samal. Siria. Sri Lanka.” kata Andrew. kami mengajar dua orang yang buta huruf untuk mem- baca dan menulis. Kami se- nang karena kami percaya sepenuhnya kepada Yehuwa. saya bisa ikut memberitakan Kerajaan Allah. dia memandu enam pelajaran Alkitab. ”Salah satu murid kami.keputusan yang baik dan agar Dia memberkati ke- putusan kami. yang merintis ber- sama istrinya. ada 34 penyiar dan 9 perintis biasa. Para pelajarnya antara lain berasal dari Irak. Di sana. Nigeria. banyak pekerja Betel ditugaskan menjadi perintis biasa.

Iman kami kepada Yehuwa diperkuat. dan menunggu berkat-Nya. Kami me- rasa ini semua tidak mungkin terjadi kalau kami tidak mengikuti arahan Yehuwa. Kami tidak menyesali keputusan kami dulu untuk memilih dinas Betel. yang juga tinggal di Zambia. dan kami berte- kad untuk terus setia kepada-Nya. baru menikah beberapa bulan saat mereka ditugaskan ke la- pangan. Artness bercerita.Zambia: Saudara-saudari yang dulunya melayani di Betel disambut dengan hangat oleh sidang baru mereka Mereka pelajar Alkitab yang bagus. menerima ban- tuan-Nya.” Edson dan Artness. ”Karena sudah dilatih di Be- tel. Kami juga tetap bahagia dan bebas utang.” HAL-HAL MENARIK 15 . Kami belajar caranya menyesuaikan cita- cita rohani dan meraihnya dengan bantuan Yehuwa. kami bisa menghemat sumber daya kami yang ter- batas.

para tetangga yang tinggal di sekitar Betel diundang untuk melihat museum Alkitab kita.”Tidak Ada Tetangga Sebaik Kalian” PADA tanggal 7 dan 8 Mei 2016. Brook- lyn. tapi kali ini. New York. Selama undangan disebarkan. banyak orang menda- pat kesaksian bagus. Lobi dan museum di sana biasanya tidak dibuka pada akhir pekan. orang-orang berkum- pul di lobi kantor pusat di 25 Columbia Heights. Para Saksi yang ikut membagikan undangan juga mendapat manfaat rohani. Banyak te- tangga yang sudah lama tinggal di area itu memberikan komentar yang menyentuh hati. 16 BUKU TAHUNAN 2017 .

seorang wanita berusia 20-an. Sayang sekali kalian harus pindah. dan kalian adalah tetangga yang paling baik. dia belajar bahasa Latin dan Yunani dan sangat HAL-HAL MENARIK 17 .” kata seorang wanita. saya sudah be- berapa kali pindah rumah di [area sekitar Betel]. Seorang pria yang tergabung dalam salah satu perkumpulan di lingkungan itu menyatakan penghargaan terhadap organisasi kita. berkunjung sela- ma sekitar setengah jam. Ternyata. Isinya sangat ber- manfaat untuk kehidupan kita. Dia berkata bah- wa dia benar-benar sedih karena harus pergi ke luar kota sehingga tidak bisa hadir. Hanya Alkitab yang berisi pesan dari Allah. Jadi. ”Kami senang sekali ka- rena kalian selama ini sudah menjadi tetangga kami. ”Itu memang penting. Selama dua hari. Sally menjawab. ada ba- nyak anggota keluarga Betel yang menyambut dan mengobrol dengan para pengunjung. Seorang pria berkata. daerah ini tidak akan sebagus sekarang. Kami benar- benar akan rindu kalian. 48 pengunjung non-Saksi datang untuk melihat museum Alkitab kita. Sally. Para perintis itu berkata bahwa mereka sangat senang karena ada se- orang eksekutif muda seperti Sally yang menghargai Al- kitab. Di lobi. Sally berkata bahwa dia baru tahu ada museum Alkitab di situ.” Sally mengatakan bahwa dia menghargai Alkitab. ”Sejak 1960-an.” ”Kalau kalian tidak ada.” Banyak perintis yang membagikan undangan senang sekali karena orang-orang di daerah itu ramah dan mau menerima mereka. para perintis yang mengundang dia ada di lobi.

” Pada hari Senin setelah acara itu. ”Karena kalian akan pindah! JA- NGAN PINDAH! Beli saja bangunan yang lebih besar atau bangun apa saja yang kalian mau. ”Kenapa nama Yehuwa dihapus dari Alkitab?” Waktu mau pulang.org berisi bahan- bahan berdasarkan Alkitab dalam lebih dari 800 baha- sa. Dia berkata bahwa dia me- nikmati acara itu dan senang karena para Saksi menaati ajaran Alkitab. 18 BUKU TAHUNAN 2017 . Dia merasa bah- wa penerjemahan yang tepat sangatlah penting supaya isi Alkitab tidak diubah demi kepentingan pihak terten- tu. Pendeta itu menjawab. acara ini memberikan kesaksian yang bagus kepada masyarakat di sekitar Betel. Kalian membuat lingkungan ini le- bih stabil. seorang pendeta mendekati John. Sally sangat terkejut sekaligus senang. Sally berkata. Ketika para perintis itu memberi tahu dia bahwa beberapa pener- jemah menghapus nama Yehuwa. ”Saya kesal dengan kalian!” Kare- na bingung. Setelah bercakap-cakap beberapa saat. dia tiba-tiba berkata. John bertanya kenapa dia merasa begitu. Saya sedih sekali kalian pindah!” Secara keseluruhan. mereka mendapat banyak infor- masi tentang nama Allah. ”Saya belum pernah tinggal di daerah lain. Ketika diberi tahu bahwa situs jw. seorang anggota keluarga Betel yang menjaga gerai dekat Betel. tapi rasanya tidak ada tetangga sebaik kalian.tertarik dengan bidang penerjemahan. dia kaget dan ber- tanya. yang penting kalian tetap di sini. dan un- tuk pertama kalinya.

dan Pelajaran Alkitab Sidang akan diganti dengan acara perhimpunan baru yang disebut Pelayan- an dan Kehidupan Kristen. salah satu anggota Badan Pimpinan. Perhim- punan Dinas. Anthony Morris. Itu adalah publikasi bulanan yang terdiri dari delapan halaman berwarna. meng- umumkan bahwa Sekolah Pelayanan Teokratis. Lembar itu berisi jadwal perhimpunan setiap minggu dan gambar-gambar yang membantu kita merenungkan pembacaan Alkitab. Saudara Morris juga men- jelaskan bahwa Pelayanan Kerajaan Kita akan diganti dengan Pelayanan dan Kehidupan Kristen—Lembar Pel- ajaran.Perhimpunan Baru—Pelayanan dan Kehidupan Kristen PADA pertemuan tahunan Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania pada 3 Oktober 2015. HAL-HAL MENARIK 19 .

2. Bagian ini membahas apa saja prinsip Alkitab yang bisa kita terapkan dalam kehi- dupan sehari-hari. saya susah berkonsentrasi 20 BUKU TAHUNAN 2017 . ’Dulu. dan memandu pelajaran Alkitab. Seorang saudara di Australia menulis. ”Sejak ada per- himpunan baru ini.” Satu badan penatua di Italia menulis. Bagian berikutnya. Bagian terakhir adalah pembacaan Alkitab selama empat menit. Seorang penyiar ber- usia 15 tahun berkata. berkun- jung kembali. ada tiga siswa yang menunjukkan cara mengabar. Setelah itu. langsung pada intinya. Perhimpunan jadi terasa cepat. Para penyiar di seluruh dunia menyatakan penghar- gaan mereka atas perhimpunan yang sangat bagus ini. ”Perhimpunan Pelayanan dan Kehidupan Kristen bagus sekali! Bahan- nya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. ada tanya-jawab dengan hadirin dalam Pelajaran Alkitab Sidang. Biasanya. Kehidupan Kristen. adalah pembahasan tanya-jawab selama delapan me- nit dari pembacaan Alkitab mingguan. kami jadi senang membuat per- siapan. Hasilnya. dan menarik. Bersemangatlah dalam Pelayanan. Bagian ini diawali de- ngan khotbah selama sepuluh menit berdasarkan pem- bacaan Alkitab mingguan dan gambar di lembar pel- ajaran. Perhimpunan ini menunjukkan bahwa Yehuwa terus memperbarui cara mengajar-Nya. Perhimpunan ini dibagi menjadi tiga bagian utama: 1. ”Menggali Permata Rohani”. cara mengajar kami semakin bagus. Harta dalam Firman Allah. terutama karena ada video dan ada bagian yang melibatkan anak- anak. dan per- tunjukannya sederhana. 3. Bagian-bagiannya lebih pen- dek.

4:5 ISI Video dan pertunjukan cara berdinas KEHIDUPAN KRISTEN TUJUAN Belajar caranya menerapkan nasihat Alkitab dalam kehidupan sehari-hari —1 Kor. 10:31 ISI Video-video dari JW Broadcasting dan tanya-jawab dalam Pelajaran Alkitab Sidang . 2:15 ISI Bagian yang bisa diisi sendiri serta gambar-gambar BERSEMANGATLAH DALAM PELAYANAN TUJUAN Menyiapkan diri untuk dinas pengabaran —2 Tim.PELAYANAN DAN KEHIDUPAN KRISTEN PERHIMPUNAN YANG BARU HARTA DALAM FIRMAN ALLAH TUJUAN Lebih memahami isi Firman Allah —2 Tim.

” Sidang-sidang di Kepulauan Solomon sangat suka perhimpunan tengah pekan yang baru. persiapan jadi menyenangkan. Jadi. ”Saya jadi mempersiapkan dan merenungkan bahan perhimpun- an dengan lebih serius. Tapi. para saudara pergi ke daerah terdekat yang punya akses Internet. perhimpunan menye- garkan saya dan membuat saya bisa bertahan. dan kami bisa lebih sering berkomentar. Untuk mengunduh video setiap bulannya. 22 BUKU TAHUNAN 2017 . itu sulit sekali. Se- karang.’ ” Sebuah keluarga di Austria menulis. ”Kami biasa- nya menyiapkan pembacaan Alkitab mingguan bersa- ma putri kami yang berusia sepuluh tahun.” Ines. Mereka menyumbangkan uangnya agar si- dang bisa membeli pemutar video sederhana yang ba- terainya diisi dengan tenaga surya. Yang terpenting. karena ada ’Harta dalam Firman Allah’. Sekarang. yang tinggal di Jerman. saya bisa lebih fokus dan membuat persiapan yang lebih baik. Mereka ingin mendapat manfaat sebanyak-banyaknya. Dulu. berkata. Tapi. mereka bisa berbagi dengan yang lain.selama perhimpunan. Dunia Setan membuat saya sangat lelah. Sekarang. dan saudara-saudari hidup sederhana dari hasil bumi. saya makin dekat dengan Yehuwa. Setelah berhasil mengunduh. Saya juga jadi sering meriset. bagaimana me- reka bisa punya peralatan video dan mendapat video bulanan yang dipakai di perhimpunan? Para penyiar di satu sidang di Pulau Malaita bekerja sama menjual kela- pa kering. kami bisa melihat kemajuan rohani putri kami. banyak sidang terletak di lokasi terpencil yang tidak mendapat listrik maupun layanan Internet.

Untuk bisa men- jelaskan sesuatu kepada orang lain. Jadi saya mau berterima kasih kepada Badan Pimpinan karena sekarang ada banyak gambar dan video. Video mengenal buku-buku Alkitab sangat bagus. saya sulit belajar. saya harus mem- bacanya beberapa kali. ”Dari dulu.” Malawi . saya lebih senang belajar dengan gam- bar.” tulis seorang saudara di Amerika Serikat. Terima kasih banyak. dan gambar-gambar di lembar pelajaran sangat pas dengan kebutuhan saya! Jelas sekali Yehuwa memberkati upaya Saudara-Saudara untuk membantu umat-Nya. ”Selama lebih dari 40 tahun.

mana 1 Untuk menonton JW Broadcasting. Ga.1 ”Waktu mendengar Badan Pimpinan dan asisten me- reka. Acara ini sekarang tersedia dalam lebih dari 90 bahasa. Tiga bahasa ini dipakai oleh 130. Pantai Gading. silakan buka tv.” kata Agatha.jw.JW Broadcasting ”Menguatkan dan Menyegarkan Kami!” SEJAK JW Broadcasting dirilis pada 2014. dan Twi (terlihat pada gambar). acara itu terus memberikan manfaat rohani dan menyemangati juta- an penontonnya di seluruh dunia. Ghana. termasuk bahasa Ewe. dan Togo. seorang istri pengawas wilayah di Ghana. ”Tanpa acara ini. Mereka semua senang sekali. saya merasa Yehuwa seolah ada di sini dan bica- ra langsung kepada saya. 24 BUKU TAHUNAN 2017 .000 penyiar di Benin.org.

dan saat musim hujan. Terima kasih ba- nyak! Kami bersyukur kepada Yehuwa dan Kristus atas HAL-HAL MENARIK 25 . Mereka benar-benar berusaha memberikan makanan pada saat yang tepat untuk semua. para penyiar di banyak si- dang berusaha menonton JW Broadcasting. satu orang dari si- dang berjalan kaki selama sekitar dua jam ke jalan besar lalu naik angkutan umum ke kota untuk mengunduh acara bulanan. Setelah menonton acara pertama. se- orang hamba pelayanan yang pindah untuk membantu sidang itu.” Sebuah laporan dari Zambia mengatakan.’ ” Sebuah surat dari Rusia berbunyi. Sidang Misako terletak di daerah peternakan yang cu- kup jauh dari kota terdekat. Kami senang sekali.mungkin orang miskin yang tinggal di pelosok se- perti saya bisa mendapat kehormatan seperti itu? Kami juga semakin dekat dengan saudara-saudari di seluruh dunia.” Simon. Dia berkata. bercerita. ”Setiap bulan. ’Video-video itu bantu kita belajar tentang Allah. Kami sela- lu menunggu-nunggu acara bulanan. Misalnya. da- erah itu dilalui sungai-sungai yang deras. Kami sekarang makin bangga menjadi Saksi Yehuwa. Ini luar biasa! Kami merasa seperti satu keluarga besar! Kami senang sekali melihat para anggota Badan Pimpinan. ”Kami sudah me- nonton JW Broadcasting selama setahun. kami lang- sung merasa dipersatukan dengan semua saudara-sau- dari. Seorang pria berusia 70 tahun dan dua putranya tertarik untuk datang ke perhimpunan karena pria itu heran kenapa di desa sekecil ini ada pemutaran video. ”Meski sumber daya mereka terbatas.

Aca- ra ini menguatkan dan menyegarkan kami!” Horst dan Helga. Saya bisa belajar tentang Dia sam- bil bermain. Video Kaleb dan Sofia juga ba- gus. saya mau ikut bangun Balai Kerajaan! Saya juga mau kerja di Betel. me- nulis.” Kodi. yang tinggal di Inggris. dan video Kaleb dan Sofia. Te- rima kasih karena Alkitab sekarang makin mudah di- mengerti. Om dan Tante pintar buat lagu yang li- riknya mudah dihafal. Kami bersyukur kepada Ye- huwa dan memohon agar Dia memberkati mereka se- mua dengan limpah. Saya jadi lebih kenal Yehuwa.” 26 BUKU TAHUNAN 2017 . berkata. Saya dibaptis waktu umur delapan tahun. jadi saya tinggal tunggu sebentar lagi. Kami belajar bahwa setiap orang bisa memberikan sesuatu yang berharga bagi Yehuwa. Ka- lau sudah besar. Kami ingat pengalaman seorang saudara yang lumpuh namun melayani sebagai penatua.org. yang berusia delapan tahun di Inggris. ”Saya suka video dan kegiatan di jw. menulis. ”Terima ka- sih karena Om dan Tante sudah capek-capek membuat jw. Kami berte- kad untuk memberikan yang terbaik meski kami punya keterbatasan.” Arabella. Terima kasih ya karena Om dan Tante sudah kerja keras.org. sepasang suami istri lansia dengan keterbatasan fisik di Jerman. ”JW Broadcast- ing bagus sekali. terutama kalau ada pengalaman saudara-saudari yang cacat. JW Broadcasting. Kami dikuatkan. Sekarang saya sudah sem- bilan tahun. Kirgistan hal-hal luar biasa yang dilakukan Badan Pimpinan.

000 orang yang terbagi di 18 Balai Kerajaan dan 5 tempat lain yang disambungkan dengan koneksi Internet. anggota Badan Pimpin- an.Penahbisan Kantor-Kantor Cabang SELAMA satu setengah tahun. ibu kota Kirgis- tan. sebuah acara lain diadakan. Besoknya. para sukarelawan dari dalam dan luar negeri bekerja keras merenovasi dan memperluas kantor cabang di Bishkek. Stephen Lett. Acara penahbisan diadakan pada 24 Oktober 2015. menyampaikan khotbah penahbisan yang berjudul ”Layanilah Yehuwa dengan Sepenuh Hati”. Acara istimewa tersebut di- hadiri sebagian besar penyiar di negara itu. Acara itu di- hadiri lebih dari 3. satu minggu setelah proyek itu rampung. HAL-HAL MENARIK 27 .

Kantor cabang Kirgistan

Pada Sabtu, 14 Mei 2016, sebanyak 6.435 orang
menghadiri penahbisan kantor cabang Armenia. Un-
tuk menampung mereka semua, kantor cabang mema-
kai 6 dari 18 lantai di gedung tempat tinggal. Satu Balai
Kebaktian dan beberapa fasilitas untuk Sekolah bagi
Penginjil Kerajaan juga ditahbiskan. Acara itu memba-
has tentang sejarah Saksi di Armenia, yang dulu se-
dikit jumlahnya. Kebenaran mulanya diberitakan ke-
pada imigran Armenia di Amerika Serikat pada awal
abad ke-20 lalu di Armenia sendiri pada pertengahan
tahun 1970-an, saat negara itu masih menjadi bagian
Uni Soviet. Beberapa tahun yang lalu, Organisasi berha-
sil didaftarkan secara resmi, dan kantor cabang pun di-
bentuk. Banyak hadirin tidak pernah membayangkan
bahwa mereka bisa melihat banyak perkembangan luar
biasa ini. Puncak acaranya adalah saat semua hadirin
setuju dengan David Splane, anggota Badan Pimpinan,
untuk membaktikan kantor cabang itu bagi Yehuwa.

28 BUKU TAHUNAN 2017

Armenia
Atas:
Acara penahbisan
kantor cabang Armenia

Tengah:
Saudara-saudari
menghadiri acara
khusus yang diadakan
pada akhir pekan

Bawah:
Tarian tradisional
Armenia dipertunjuk-
kan pada sore harinya

Laporan Hukum
Selama menghadapi permasalahan hukum dan kesulitan
lainnya, saudara-saudari kita terbukti setia kepada Yehuwa.
Teladan mereka menguatkan kita untuk tetap beriman dan
yakin bahwa Yehuwa akan memperlakukan hamba-Nya yang
setia secara istimewa.—Mz. 4:3.

ARGENTINA  Hak untuk Mengajar Anak Hal-Hal Rohani
Ruth dibesarkan dalam keluarga Saksi, tapi saat remaja dia
menjadi tidak aktif. Belakangan, dia berpacaran dengan se-
orang pria dan hamil. Dia pun melahirkan seorang bayi pe-
rempuan. Suatu hari, di kota La Plata, Ruth melihat gerai
Saksi-Saksi Yehuwa. Dia teringat masa kecilnya. Dia pun mu-
lai berhimpun lagi dan mengajarkan Alkitab kepada putrinya
yang masih kecil. Ayah anak itu tidak suka lalu menggugat
Ruth ke pengadilan agar Ruth tidak lagi mengajarkan Alkitab
kepada putri mereka ataupun mengajaknya berhimpun.
Pengacara Ruth berkata bahwa kedua orang tua berhak
mengajar anak mereka hal-hal rohani. Dia juga berkata bah-
wa pengadilan tidak bisa mengambil hak itu kecuali ada
bukti bahwa agama orang tuanya membahayakan sang
anak. Tapi, hakim memutuskan bahwa Ruth dan sang ayah
harus merespek hak anak itu untuk memilih sendiri agama-
nya. Namun, mana mungkin anak sekecil itu bisa melaku-
kannya? Pada pengadilan banding, hakim menyatakan bah-
wa anak itu terlalu kecil untuk membuat keputusan tentang
agama. Pengadilan itu juga memutuskan bahwa kedua
orang tuanya punya hak yang sama untuk mengajar dia hal-
hal rohani.
Putri Ruth kini membaca Alkitab setiap malam dan rutin
berhimpun bersama ibunya. Dia sudah tidak sabar untuk
mengunjungi Betel di Buenos Aires.

30 BUKU TAHUNAN 2017

mereka disiksa dan ditelantarkan. tapi Pengadilan Ban- ding Kota Baku menolaknya. mereka berdua masih dalam proses pemulih- an. Hakim juga mengizinkan me- reka pulang. Azerbaijan: Valida Jabrayilova dan Irina Zakharchenko AZERBAIJAN  Hak untuk Menjalankan Kegiatan Agama Rasul Paulus mengamati bahwa dalam sidang Kristen sejati. mereka mendekam di penjara selama hampir setahun. kalangan berwenang mendakwa keduanya dengan tuduhan menjalankan kegiatan keagamaan ilegal. 12:26) Ini memang benar. dan kasus mereka terus ditunda. Saksi-Saksi Yehuwa di seluruh dunia sangat sedih mendengar penderita- an Saudari Irina Zakharchenko dan Valida Jabrayilova. Pada Februari 2015. Jadi mereka naik banding ke Mahkamah Agung. ”jika satu anggota menderita. Akibatnya. (1 Kor. Sekarang. Di sana. mereka mengajukan keluhan kepada Komite HAM PBB karena mereka mendapat perlaku- an tidak menyenangkan dan hak mereka untuk menjalan- kan kegiatan keagamaan dilanggar. Dua saudari ini kemudian naik banding untuk menghapus catatan kriminal mereka. semua anggota lain menderita bersamanya”. Mereka ditahan tanpa persidangan. Mereka sangat bersyukur karena saudara-saudari terus HAL-HAL MENARIK 31 . denda itu dibatalkan karena mereka te- lah ditahan tanpa persidangan. Sewaktu kasus mereka akhirnya disidangkan pada Januari 2016. Tapi. sang hakim menyatakan mereka bersalah dan men- denda mereka. Selain itu.

Ye- huwa. negara bagian Bremen. Tiga saudara —Paulos Eyassu. Saya tidak akan melupakan kasih dan perhatian kalian. JERMAN  Kebebasan Beragama—Diakui Secara Resmi Pada 21 Desember 2015. Isaac Mogos. sejumlah Saksi ditangkap pada acara Peringatan di Asmara.” ERITREA  Dipenjarakan Karena Kepercayaan Mereka Sampai Juli 2016. Dia dan 54 Saksi lain yang ada di penjara sangat bersyukur karena kita semua terus mendoakan mereka seraya kita ’mengingat mereka yang berada dalam belenggu penjara seolah-olah kita diikat bersama mereka’. Kita sudah bisa menebak keputusan pengadilan. Pada April 2014. 13:3. Saudari Gebru boleh dikunjungi seminggu sekali. Pemerintah juga telah memenjarakan sembilan saudara lainnya dalam sepu- luh tahun terakhir ini. Jadi. ”Berkat doa- doa kalian. dan semua rekan seiman saya di seluruh dunia. seorang saudari. kami bisa tabah. di barat laut Jerman. Sebagian besar saudara dan saudari kita dinya- takan bersalah karena menghadiri pertemuan ’ilegal’. Selama di sana.menyatakan keprihatinan serta mendoakan mereka. dan Negede Teklemariam—te- lah dipenjarakan sejak September 1994. dia dijatuhi hu- kuman penjara enam bulan. Dia melaporkan bahwa dia diperlakukan dengan baik di penjara. Saron Gebru. Saudari Jabrayilova menulis kepada Badan Pimpinan. Ini adalah sesuatu yang positif karena para Saksi kini bisa membela diri. tidak mau membayar dendanya. Namun. pemerintah Eritrea telah memenjarakan 55 Saksi Yehuwa karena kepercayaan mereka.—Ibr. Pada Januari 2016. Itu adalah kali pertama kalangan berwenang secara resmi mendakwa para Saksi dengan tuduhan krimi- nal. Saya sangat merasakannya. Mere- ka didenda lalu dibebaskan. kasus itu akhirnya disidangkan. akhirnya memberikan status hukum yang lebih resmi kepada Lembaga Keagamaan Saksi-Saksi Yehuwa di 32 BUKU TAHUNAN 2017 .

Kebanyakan dari 16 negara bagian di Jerman mau memberi Saksi-Saksi Yehuwa status hukum baru. Keputusan itu mene- guhkan bahwa kegiatan Saksi-Saksi Yehuwa di Bremen dilin- dungi oleh undang-undang kebebasan beragama. yang dise- but status hukum publik. beberapa prosedur dilanggar. kalangan berwenang di Bremen menolak untuk melakukannya karena termakan tu- duhan palsu yang disebarkan para penentang kita. para pengacara yang me- wakili kedua saudari kita memohon agar kasus ini tidak diproses karena batas waktu penuntutannya sudah lewat. kali ini kepada Mahkamah Agung Kirgistan.Jerman. Keputusan ini mengakhiri perjuangan hukum sela- ma empat tahun di Jerman. peng- adilan banding meneguhkan keputusan tersebut. Pada Oktober 2014. Sidang-si- dang di sana berhak mendapat pengecualian pajak dan pengecualian lainnya yang didapatkan oleh agama-agama besar di Jerman. Kasus ini bermula setelah Peng- adilan Tinggi Administratif di Berlin menjatuhkan keputusan mereka. Namun. Nadezhda Sergien- ko. HAL-HAL MENARIK 33 . Sang ha- kim menjatuhkan hukuman tahanan rumah kepada mereka. kalangan berwenang di Osh. KIRGISTAN  Hak untuk Menjalankan Kegiatan Agama Pada Maret 2013. Pada Oktober 2015. padahal kasus mereka belum disidangkan. Mahkamah Konstitusi Federal Jerman menya- takan bahwa penolakan tersebut melanggar hak para Saksi yang dijamin dalam undang-undang. pengadilan menyatakan bahwa bukti dalam pengadil- an adalah bukti palsu. Pada 2015. Jaksa penuntut menu- duh bahwa pengabaran adalah tindakan penipuan. dengan tuduhan yang dibuat-buat. Namun. jaksa penuntut kota Osh kembali mengajukan banding. Mahka- mah itu membatalkan keputusan pengadilan sebelumnya dan memerintahkan diadakannya pengadilan ulang. Dalam pemeriksaan pada April 2016. dan ke- dua saudari kita tidak bersalah. Kirgistan. mendakwa Oksana Koriakina dan ibunya.

. saya merasakan kasih dan perhatian Yehuwa melalui saudara-saudari. Jaksa penuntut lalu mengajukan banding ke Pengadilan Regional Osh. Mahkamah Agung menutup kasus itu pada Maret 2016. sang hakim tidak menemukan bukti yang mema- dai.Sang hakim tidak punya pilihan lain. Tapi. dan masalah itu pun selesai. Selama semua itu berlangsung. sembilan sau- dara dipukuli dan disiksa. Dia pun menutup kasus ini.” Keduanya melihat sendiri bahwa Ye- huwa selalu menepati janji-Nya di Yesaya 41:10. Namun. Dia didakwa mela- kukan kegiatan keagamaan yang ilegal karena memandu perhimpunan. Kami tidak pernah sendirian. Mereka memba- wa sepuluh saudara ke kantor polisi. Saudari Sergienko berkata. . Mereka bahkan mengancam akan menembaki lebih dari 40 orang yang hadir. ”Jangan ta- kut . kedua saudari kita tetap positif. Dia pun membubarkan kasus itu. polisi menangkap Nurlan Usupbaev. sepuluh polisi mendatangi perhim- punan yang sedang berlangsung di kota Osh. Saat kasus Saudara Usupbaev diperiksa oleh Pengadilan Kota Osh. Namun. sehingga keputusan 34 BUKU TAHUNAN 2017 .” KIRGISTAN  Kebebasan Beragama—Diakui Secara Resmi Pada 9 Agustus 2015. Dua hari kemudian. Kirgistan. Me- reka mengatakan bahwa pertemuan itu ilegal dan menyuruh agar acara itu dihentikan. Setelah itu. pengadilan itu mengabaikannya. jaksa penuntut kembali mengajukan banding ke Mahkamah Agung Kirgistan. Aku benar-benar akan terus memegangmu erat-erat dengan tangan kanan keadilbenaranku. mereka dibebaskan. Syukurlah. Di sana. Hal ini meneguhkan fakta bahwa Saksi-Saksi Yehuwa terdaftar secara resmi di Kirgis- tan sehingga Saudara Usupbaev tidak mungkin melakukan kegiatan yang ilegal. sa- lah seorang saudara yang dipukuli polisi. ”Orang biasanya kesal jika diperlakukan dengan tidak baik.

Hal ini juga menegaskan bahwa Saksi- Saksi Yehuwa berhak mengadakan perhimpunan di Kirgis- tan. pemerintah Rusia terus menyerang Saksi- Saksi Yehuwa dan kegiatan mereka. RUSIA  Kebebasan Beragama Meski aksi mereka terus dikecam para pejabat hak asasi manusia di Rusia.RUSIA MENYERANG KEBEBASAN BERAGAMA SEJAK 2010: SELAMA DELAPAN BULAN PERTAMA PADA 2016: PEMERINTAH 88 PUBLIKASI MENGANCAM DILARANG AKAN MENUTUP CABANG RUSIA SITUS WEB RESMI 16 DAKWAAN KRIMINAL DILARANG 34 RUMAH DAN TEMPAT IBADAT DIGELEDAH ˘ BANGUNAN DAN PROPERTI IBADAT DISITA 30 PENGGEREBEKAN ˘ SEMUA BACAAN ROHANI TIDAK DIIZINKAN MASUK KE RUSIA (DISITA) 64 PENAHANAN/ PEMENJARAAN ˘ RATUSAN PENAHANAN/ PEMENJARAAN dua pengadilan sebelumnya yang memenangkan saudara kita tetap berlaku. para Saksi yang menjadi korban penganiayaan polisi di Osh juga mengajukan tuntutan dan sedang menunggu pemeriksaan. Dalam kasus terpisah. Menurut perhitungan HAL-HAL MENARIK 35 .

Kantor Jaksa Penun- tut Umum mengancam akan menutup kantor cabang Saksi- Saksi Yehuwa di Solnechnoye. impor Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru dilarang. Pada Oktober 2015. jw. Pada Maret 2016. Pengadilan Vyborg sedang mempertimbang- kan apakah terjemahan Alkitab yang modern ini bisa disebut bacaan ”ekstremis”. Di tengah serangan yang disponsori pemerintah ini. Mahkamah menyatakan Rwanda: Mereka kembali bersekolah . Pada 2015. Pengadilan Regional Tyumen tetap menyatakan LRO Tyumen bersalah. Namun.100 kilometer di sebelah timur Moskwa. Petersburg. atas da- sar tuduhan melakukan ”kegiatan ekstremis”. pada 15 April 2016.org. Mahkamah Agung Federasi Ru- sia membatalkan keputusan itu. kota yang jaraknya sekitar 2. dekat St. ada beberapa perkembangan positif.terakhir. Meskipun bukti-bukti yang diberikan polisi untuk menentang para Saksi jelas adalah bukti palsu. se- orang jaksa penuntut mengajukan tuntutan untuk membu- barkan Organisasi Keagamaan Daerah (LRO) di Tyumen. kalangan berwenang telah menyatakan 88 publika- si kita sebagai bacaan ”ekstremis” dan melarang situs resmi kita.

—Yes. KOREA SELATAN  Hak Bebas Berhati Nurani—Menolak Dinas Militer Karena Alasan Hati Nurani Selama lebih dari 60 tahun. Perintah itu mengharuskan semua sekolah merespek kebebasan ber- agama para siswa. Sebuah koran online yang terkenal di Rwan- da menerbitkan ulang artikel itu. 60 saudara-saudari yang memenuhi ruangan sidang langsung berdiri dan bertepuk tangan. 54:17.000 kali. para pria Saksi di Korea Selatan yang berusia 19 sampai 35 tahun menghadapi masalah di- nas militer. dalam satu keluarga Saksi.bahwa ”tidak ada dasar yang sah untuk membubarkan LRO Saksi-Saksi Yehuwa di Kota Tyumen”. beberapa generasi—kakek. Kadang. HAL-HAL MENARIK 37 . Untuk menuntaskan masalah ini. dan anak—dipenjarakan karena mereka tidak punya pilihan lain. situs jw. ayah. pada 14 Desember 2015. Umat Yehuwa di Rusia bertekad untuk terus menyembah Dia meskipun ada banyak ’senjata yang ditempa untuk mela- wan mereka’.org menerbitkan artikel berju- dul ”Rwanda Bertindak untuk Menghapus Diskriminasi Aga- ma di Sekolah”. pemerintah mengim- bau agar diskriminasi agama di sekolah dihapus. Saat hakim membaca- kan keputusan itu. Ini membuat situs Web koran tersebut dikunjungi lebih dari 3. RWANDA  Hak untuk Mendapat Pendidikan Tanpa Diskriminasi Agama Beberapa tahun belakangan ini. Para Saksi di Rwanda bersyukur karena kini anak-anak mereka bisa mendapat pendidikan tanpa diskriminasi agama. Pemerintah tidak mengakui hak untuk menolak dinas militer karena alasan hati nurani dan tidak mau mem- berikan dinas sipil pengganti dinas militer. sejumlah anak Saksi di Rwanda dikeluarkan dari sekolah karena menolak mengikuti kegiatan keagamaan dan nasionalis. Pada 9 Juni 2016. dan banyak pembaca memuji tindakan pemerintah tersebut.

Kita selalu mendoakan umat Yehuwa yang terus setia meski menghadapi kesulitan. Dia juga disegani masyarakat. Tapi. yang di- penjarakan selama 18 bulan. Saya harap orang-orang lain yang menolak wajib militer karena alasan hati nurani ti- dak perlu dihukum seperti saya. dia dan keluarganya te- tap setia kepada Yehuwa. Namun. pada 9 Juli 2015. adalah seorang suami dan seorang ayah empat anak. ”Saya telah menjalani hukuman dan dibebaskan. mereka akan berguna bagi masyarakat. Jadi. Di sana. Pengadilan mendengar argumen yang di- sampaikan untuk mewakili para pria yang menolak dinas mili- ter atas dasar hati nurani. Kita yakin akan janji di Mazmur 37:28. TURKMENISTAN  Bahram Hemdemov Saudara Hemdemov. Jerman: Menjaga gerai di depan kamp pengungsi Mahkamah Konstitusi telah dua kali memutuskan bahwa Hukum Dinas Militer sudah sesuai dengan undang-undang. menjelaskan. beberapa pengadilan tingkat bawah dan sejumlah pria yang menjadi korban hukum itu kembali mempermasalahkan keabsahan hukum tersebut ke Mahkamah Konstitusi. pengadilan memberinya hukuman empat tahun kerja paksa di penjara karena dia dituduh melakukan kegiat- an keagamaan ”ilegal” di rumahnya. Saudara Hemdemov berulang kali diinterogasi dan di- pukuli kalangan berwenang. istrinya. Sejauh ini. Teladan mereka membuat kita ingin semakin setia kepada Allah. bisa mengunjungi dia secara berkala untuk menyemangatinya. Saudara Min-hwan Kim. Kalau diizinkan melakukan dinas sipil.” 38 BUKU TAHUNAN 2017 . Gulzira. 53 tahun. Dia adalah penatua yang rajin dan mengasihi Allah. ”Ia tidak akan meninggalkan orang-orangnya yang loyal. Dia ditahan di kamp kerja paksa di kota Seydi yang terkenal mengenaskan.” Mahka- mah Konstitusi akan segera mengumumkan keputusannya. Pada Mei 2015.

CUPLIKAN BERITA
dari Seputar Dunia
Mengabar kepada Para Pengungsi dan Imigran
Ladang bahasa asing di Jerman semakin berkembang
karena banyak pengungsi dan imigran pindah ke ne-
gara ini. Baru-baru ini, dalam waktu sembilan bulan,
ada 229 kelompok bahasa asing yang dibentuk. Or-
ganisasi membuka sekitar 30 kelas dengan 13 pilihan
bahasa asing. Ada kira-kira 800 penyiar yang meng-
ikutinya.
Para Saksi mengabar di pusat-pusat kedatangan peng-
ungsi. Mereka memakai rak beroda di lebih dari 200 lo-
kasi dan menempatkan sekitar 640.000 publikasi.

HAL-HAL MENARIK 39

Badan Pimpinan menyetujui diadakannya penga-
baran khusus dari Mei sampai Juli 2016. Sekitar
700 penyiar berbahasa Arab dari tujuh negara datang
ke sepuluh lokasi di Austria dan Jerman untuk menga-
bar kepada banyak orang berbahasa Arab yang tinggal
di sana.
Mengumpulkan Uang Logam di Jalan
Ada 50 penyiar di Sidang Faber’s Road Kriol di Be-
lize. Mereka biasa mengabar dengan berjalan kaki. Ke-
banyakan saudara-saudari hidup sederhana, tapi me-
reka berusaha bermurah hati. Beberapa tahun lalu,
saudara-saudari mulai mengumpulkan uang logam di
jalan saat mengabar dari rumah ke rumah. Sejak itu,
setiap akhir tahun, mereka berkumpul untuk mencuci
dan menghitung uang logam yang mereka dapatkan.
Meskipun kebanyakan uang logam itu kecil nilainya
(kurang lebih 100 rupiah), setiap tahun mereka me-
ngumpulkan sekitar tiga juta rupiah. Setengahnya me-
reka pakai untuk menutupi biaya Balai Kerajaan, dan
setengahnya lagi mereka kirimkan untuk membantu
pengabaran sedunia.
Acara yang Didengarkan Empat Juta Orang
Salah satu acara penting dalam sejarah Organisasi di
Burundi diadakan pada 5 Maret 2016 saat Anthony
Griffin, wakil kantor pusat, mengunjungi kantor ca-
bang. Sebuah acara istimewa diadakan dan disiarkan ke
seluruh negeri melalui sebuah stasiun radio utama di
sana. Sekitar empat juta orang mendengarkan acara itu!
Acara itu memberikan kesaksian yang bagus, dan ba-
nyak yang memberikan komentar positif. Salah satu

40 BUKU TAHUNAN 2017

teknisi radio yang menyiarkan acara ini berkata, ”Kali-
an harus sering-sering buat acara seperti ini!” Salah
satu pimpinan radio itu menulis, ”Saya harap kalian
terus [membuat acara seperti ini] karena acara ini bisa
menyelamatkan banyak orang.” Banyak bus dan taksi
juga memutar acara tersebut.
Musiknya Berhenti
Satu hari sebelum acara Peringatan tahun 2016, sau-
dara-saudari di sebuah kelompok terpencil di Nepal
sangat sedih karena akan ada konser musik besar di se-
buah sekolah di sebelah gedung yang mereka sewa.
Konser seperti itu biasanya sangat bising. Saat para
Saksi membersihkan gedung pada pagi sebelum Per-
ingatan, seorang panitia konser berkata, ”Suara musik
kami keras. Kalian tidak akan dengar apa-apa.”
Konser itu dimulai pada siang hari, dan memang,
acaranya sangat bising. Meski sidang sudah menyewa
pengeras suara yang jauh lebih besar daripada yang se-
belumnya ingin mereka sewa, mereka tidak bisa men-
dengar apa-apa saat mengetes mikrofon. Mereka sa-
ngat sedih, tapi terus berdoa. Lalu, 30 menit sebelum
Peringatan dimulai, saat hadirin mulai berdatangan,
konser itu tiba-tiba berhenti. Ternyata, beberapa pe-
ngunjung konser itu minum-minum dan berkelahi,
jadi polisi menghentikan acara itu. Acara Peringatan
pun bisa diadakan dengan tenang dan khidmat.
Pujian untuk jw.org
Giuseppe adalah perintis biasa di Italia. Dia be-
kerja untuk sebuah perusahaan konsultasi Internet

HAL-HAL MENARIK 41

org. dia dan sekitar 70 rekan bisnisnya berkumpul untuk membahas ide-ide baru yang bisa dipakai perusahaan.” kata Giuseppe. Dia memuji situs itu karena gambarnya menarik dan tampilannya jelas serta mudah diakses. Dia menunjukkan sebuah situs di layar. ”Pada akhir presen- tasi itu.org. Sang CEO berkata. Pada bulan Mei lalu. Sang eksekutif kepala (CEO) perusahaan itu membuka rapat dengan berkata bahwa ada beberapa situs yang bisa dicontoh.marketing dari rumahnya. atasan saya mengatakan. ”Ini adalah situs Web terbaik di dunia!” Dia lalu membahas hal-hal teknis dari jw. ”Teman-teman saya sangat kagum melihat jumlah bahasa situs kita. ’Giuseppe adalah Argentina: Jorge bermain bola bersama saudara-saudara seiman . Giuseppe kaget karena itu adalah jw.

dia dita- wari masuk divisi awal sebuah klub sepak bola besar. Bahkan. Kalian pasti bekerja keras untuk terus memperbarui isinya dan membuatnya tetap mudah digunakan.’ Saya ti- dak enak karena saya tidak melakukan apa-apa. ”Kamu Saksi Yehuwa. dia mulai belajar Alkitab dengan buku Apa yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan? Waktu itu. Dia Tidak Mau Menjadi Pemain Bola Jorge adalah seorang remaja di Argentina.Saksi Yehuwa. Kalian juga pasti sangat memperhatikan detail dan isinya.” Perusaha- an tempat Giuseppe bekerja terus ”mempelajari” situs jw. Pada awal 2010. Mereka HAL-HAL MENARIK 43 . Saya ditawari masuk tim di Asia. dia mendengar kabar baik dari teman sekolah- nya. saya bisa membahas hal-hal rohani dengan beberapa rekan kerja saya. Waktu masih muda. dia mendapat tawaran menggiurkan untuk bermain di sebuah tim di Jerman.’ CEO itu berkata kepada saya. ada tiga orang yang mulai belajar Alkitab. Tapi. Jadi. kan? Jangan berangkat. Dia sangat se- nang karena punya kesempatan menjadi pemain pro- fesional. Sekarang.org. dia menerima tawaran itu. Setelah itu. Karena berbakat. saya juga Saksi Yehuwa. Pada April 2014. pelatihnya ber- kata. ’Orga- nisasi kalian hebat. Beberapa hari sebelum Jorge berangkat ke Eropa. dan dia masih sering membahas Alkitab de- ngan teman-temannya. Semua perusahaan dan organi- sasi di dunia ini pasti iri dengan situs kalian. saya senang sekali karena banyak teman saya yang tadinya tidak tahu siapa Saksi Yehuwa jadi menda- pat kesaksian. dia senang sekali bermain bola. nanti hidupmu hancur.

Untuk menggalang dana.menjanjikan banyak hal. Setiap hari. Seorang pelajar Alkitab berkata.” Jorge bercerita. ”Saya senang sekali menerima Alkitab yang bagus ini! Waktu itu. merilis Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru bahasa Uganda. semua orang sedang bersiap-siap menyambut kedatangan Paus. Namun. Kami seke- luarga pun berangkat. anggota Badan Pimpin- an. Kebaktian Regional ”Tirulah Yesus!” diadakan di Kampala. Saya ber- terima kasih kepada Yehuwa karena telah memberi saya Alkitab ini. ”Karena kata-kata- nya itu. Untuk membuktikannya. dan kita tidak dipaksa menyumbang.” Dicetak di Alam Roh? Untuk menjelek-jelekkan situs www. saya mendapat berkat gratis. Saya sangat bersyukur. saya bisa membaca Firman Yehuwa dalam bahasa ibu saya dan lebih mengenal Dia. Orang-orang mau mendapat berkat. mereka 44 BUKU TAHUNAN 2017 . tapi kebanyakan tidak punya uang. Hadirin sangat senang saat Mark Sanderson. jadi saya mau. kami pulang dengan perasaan kecewa.jw. saya tidak jadi ke Eropa. Tapi. para pendeta beberapa gereja di Kongo (Kinshasa) mem- beri tahu jemaat mereka bahwa bacaan Saksi Yehuwa dicetak di alam roh. rosario ’yang sudah di- berkati’ dijual seharga 30 dolar AS.” Mendapat Berkat Gratis Pada September 2015. Uganda. Yehuwa memberi- kannya kepada semua yang datang ke kebaktian. Pada 2015. saya men- jadi penyiar dan dibaptis.org.

padahal dia sendiri belum belajar. dia pulang dan menuliskan lirik-li- rik itu di papan tulis Balai Kerajaan. Pada minggu berikutnya. Setelah menontonnya. saudara-saudari di sana be- nar-benar ingin belajar menyanyikan lagu-lagu baru. Jadi. Sesampainya di sana. meminta seorang saudara pergi ke kota terdekat.berkata bahwa huruf ”www” ada hubungannya de- ngan angka 666 di buku Penyingkapan. HAL-HAL MENARIK 45 . Setelahnya. Setelah makan. Untuk pergi ke kota itu. Saudara-saudari lalu mencatatnya agar bisa bernyanyi di perhimpun- an. yaitu Sidang Mundip. dia harus berjalan kaki dua jam lalu naik bus selama dua jam lagi. suami dari salah satu pelajar Alkitab itu memberi pasangan perintis tersebut 100 dolar AS dan meminta agar itu dimasukkan ke kotak sumbangan. kedua Saksi ini memutarkan video Saksi-Saksi Yehuwa—Diorganisasi untuk Membe- ritakan Kabar Baik. Mereka sangat senang karena bisa ikut bernyanyi memuji Yehuwa bersama saudara-saudari di seluruh dunia. tidak ada akses Internet. Tapi. (Pny. 13:18) Akibatnya. beberapa pelajar Alkitab berhenti belajar. Setelah mendoakan masalah ini. Tiga pasangan bersedia datang. dia membu- ka situs kita lalu menuliskan lirik lagu-lagu baru di bu- kunya. sidang mereka. mereka ti- dak lagi memercayai kebohongan itu. Belajar Menyanyikan Lagu-Lagu Baru Di sebuah daerah terpencil di Papua Nugini. sepasang suami istri perintis mengundang para pelajar Alkitab dan pasangan mereka ke rumah.

264 46 .847  JUMLAH JAM DALAM DINAS LAPANGAN 1.115.340.983. Seluruh Dunia  NEGERI 240  PUNCAK PENYIAR 8.754  PELAJARAN ALKITAB 10.763.

Pengabaran dan Pengajaran di Seluruh Bumi Swiss .

Afrika Dia Berdoa Agar Bertemu  Kaum Tunarungu NEGERI Crystal adalah utusan injil 58 yang melayani di ladang ber-  PENDUDUK bahasa isyarat di Sierra Leone.089. dia 1.109.538. 1.110 da dari biasanya.431 Dia memulai harinya dengan  berdoa agar dapat ber temu PENYIAR kaum tunarungu. Dia bertanya kepada orang-orang apakah ada 48 BUKU TAHUNAN 2017 .511. Pagi itu.  tapi dia lewat jalan yang berbe- PELAJARAN ALKITAB 4.897 mau pergi kunjungan kembali.

Sierra Leone: Crystal dibantu penduduk setempat tunarungu di sekitar area itu. Ternyata. dia rutin berhimpun. Em- manuel berhenti untuk menawarkan bantuan. Lalu. Meski sudah beberapa kali berdinas di dae- rah itu. Pria ini bernama Moses.” Mereka pun pergi bersama-sama. Dia senang menerima kabar baik dan mau datang ke perhimpunan bahasa isya- rat. Pria itu kelihatan sangat sedih. yang tinggal di Liberia. uang- nya dicuri. Mereka menyebutkan satu rumah. malam sebelumnya. ”Ayo. dia tidak pernah bertemu dengan kedua orang itu. ”Khotbah itu sangat cocok untuk saya! Saksi- Saksi Yehuwa memang luar biasa. Crystal yakin bahwa ini adalah bantuan Yehuwa! ”Khotbah Itu Sangat Cocok Untuk Saya!” Emmanuel. Emmanuel dengan sabar mendengarkan ceritanya. Jadi. dan dia sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri. orang-orang di daerah itu bertanya apakah Crystal mau bertemu seorang tunarungu lain. Di sana. dia menemukan satu orang lagi yang mau menerima ke- benaran.” Seusai acara. Moses menangis. Sekarang. Lalu Emmanuel berkata. Crystal bertemu seorang wanita tunarungu yang ramah. Sete- lah mendengar ceramah umum. ikut saya ke Balai Kerajaan. sedang dalam perjalanan ke Balai Kerajaan untuk berhimpun saat dia melihat seorang pria muda berbaju rapi berdiri di pinggir jalan. Dia berkata. Mo- ses setuju untuk belajar Alkitab. PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 49 .

Setelah kelas.” jawab sang guru. Ada Banyak Sekali yang Datang Di desa kecil di Malawi. ada sebuah kelompok de- ngan tujuh penyiar.” Guru itu pun ber- kata bahwa dia akan mengadakan ujian tertulis seba- gai gantinya. guru seninya meminta para murid untuk menggambar topeng dan hal-hal lain yang berhubungan dengan perayaan karnaval. jadi saya tidak ikut festival seperti itu. dan itulah yang saya gambar. Waktu dia berumur 13 tahun. Saya percaya sebentar lagi Allah akan mengubah bumi menjadi Fir- daus. Tempat perhimpunan mereka sa- ngat sederhana. Malawi: Hadirin Peringatan mencapai 120 ) 50 BUKU TAHUNAN 2017 . Aminata menemui guru itu dan bertanya. Setelah kunjungan pengawas wila- yah. Aminata menjawab. dan dia memberi Aminata nilai nol. ”Siapa yang merayakan karnaval?” ”Penyembah berhala. Namun. Aminata menggambar bi- natang dan tanaman lalu menulis ”Firdaus” di kertas- nya. dia memberi tahu Aminata bahwa gambarnya tidak sesuai dengan tema.”Saya Bukan Penyembah Berhala” Aminata adalah seorang siswi berusia 15 tahun di Guinea-Bissau. Seorang saudara menyampaikan khotbah Guinea-Bissau: Aminata menggambar Firdaus . mereka jadi bersemangat membagikan undangan Peringatan. ”Saya bukan penyembah berha- la. Sewaktu sang guru mengumpulkan semua gam- bar. Hasilnya? Aminata mendapat nilai 18 dari 20.

PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 51 .

Betapa bahagianya tujuh penyiar di kelompok itu karena hadirin mencapai 120! Brosur Itu Menyelamatkan Perkawinannya Hasil bagus dari kesaksian metropolitan biasanya ti- ´ dak langsung terlihat. Ternyata. Saksi Yehuwa tidak se- perti yang saya bayangkan. para Saksi membahas secara singkat Efesus 5:3. Saya jadi bisa menyele- saikan beberapa masalah rumah tangga dan memban- tu dua pasangan lain. Suatu hari. Lalu. saya sangat tidak suka Saksi Yehuwa. Tapi.” Wanita ini dan sepasang suami istri yang dia bantu akhirnya belajar. ”Tadinya. ”Maaf. Di Lome. Nah. Dia Menerjemahkan Satu Brosur Ankasie adalah kota kecil di Ghana. Samuel menjawab. tidak ada. se- orang wanita dengan ragu mendatangi rak beroda dan mengambil brosur Keluarga Anda Bisa Bahagia. Isinya bagus sekali. wanita itu menelepon dan berkata. Tapi kami pu- nya beberapa bacaan bahasa Frafra. Saya mau belajar Alkitab. ibu kota Togo. seorang saudara bernama Samuel mem- beri kesaksian kepada pemuda bernama Enoch. Tempat itu penuh sesak karena ada banyak se- kali peminat yang datang. setiap Senin. Dua minggu kemudi- an. Mere- ka pun bertukar nomor telepon.Peringatan di bawah cahaya temaram lampu-lampu minyak.” Bahasa Frafra 52 BUKU TAHUNAN 2017 . para Saksi membuka gerai di sana. Enoch menerima brosur Dengarkanlah Allah dan bertanya apakah ada bacaan dalam bahasa Kusaal. saya tetap baca bacaan itu. Beberapa peda- gang berjualan di sepanjang jalan utama di kota itu.

mirip bahasa Kusaal. Belakangan. Enoch ternyata telah menerjemahkan brosur Dengarkanlah Allah ke bahasa Kusaal! Seka- rang. dia rutin berhimpun dan belajar Alkitab. Saat kembali ke Ankasie. dia meminta publikasi untuk keluarganya. Enoch memberi Samuel be- berapa kertas. Ghana: Dia menerjemahkan brosur ke bahasa Kusaal . sebelum Enoch pu- lang ke kampungnya.

154.087 tahun.152 temu Ismael dan memberi tahu dia tentang janji Allah. yang tinggal di Mek- 57 siko.  PELAJARAN ALKITAB yang adalah Saksi Yehuwa. Tapi. dia sudah membacanya  dua kali. memutuskan untuk mem-  PENDUDUK baca seluruh Alkitab. ber- 4.353. Ismael 54 BUKU TAHUNAN 2017 . Be- 4. dia belakangan PENYIAR kehilangan penglihatannya.254. Dalam se- 998. Angel. Benua Amerika  ”Kita Belajar Sama-Sama” NEGERI Ismael.608 ´ berapa tahun kemudian.

Sesampainya di rumah. Kata me- reka. Dia minta kami sebutkan beberapa agama.” ”Bapak bisa baca huruf Braille?” tanya Ismael.” ´ Angel meyakinkan dia. PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 55 . tapi dia berkata. saudari berusia 14 tahun di Amerika Se- rikat. Mereka bilang mendengarkan Saksi itu buang-buang waktu. datang ke perhimpunan. Bahkan guru saya juga mengejek kita. Teman-teman tertawa. Mereka juga membuang ba- caan kita. ”Di kelas pengetahuan sosial. Dia Tidak Mengenalinya Viannei. menulis. Ismael sudah bisa membaca Braille. Angel punya empat pelajar Alkitab yang tunanetra. dia mengajar Is- mael cara membacanya. Lalu. Kita belajar sama-sama. Ismael ti- ´ dak percaya Angel mau belajar Braille demi dia. saat ketika mereka bisa melihat lagi. jadi saya bilang Saksi- Saksi Yehuwa. Tapi.Meksiko: Mereka belajar Braille bersama-sama mau belajar. saya akan ajari Bapak huruf Braille. ´ dan memakai publikasi Braille.” kata Angel. Mereka senang membahas tentang Firdaus di masa depan. ”Saya buta. seorang guru pengganti membahas tentang agama. dia langsung belajar cara membaca Braille dan membuat huruf-hurufnya di karton tebal. Sekarang. Tak lama kemudian. saya tidak bisa baca Alkitab. ´ Angel menepati janjinya. ”Jangan khawatir. kita kurang kerjaan. ´ ”Tidak.

dia akan membuka pintu. Guru saya minta maaf dan berjanji ka- lau para Saksi datang lagi. Saya minta mereka tidak membuang bacaan kita karena itu bisa mengubah dan menyelamatkan hi- dup mereka. 56 BUKU TAHUNAN 2017 . ”Jadi saya berdoa supaya berani memberi kesaksian. tapi kare- na Yehuwa minta kita membagikan nasihat bagus dari Alkitab. Saya bilang kepada mereka bahwa kita datang ke ru- mah-rumah. bukan karena kurang kerjaan.

Enam bulan setelahnya. Sekarang. dia penyiar belum terbaptis. ”Empat bulan kemudian. Saya kaget karena dia sudah belajar. Saya tidak mengenalinya karena dia sudah memotong rambut dan mencukur jenggotnya.” PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 57 . Saya se- benarnya tidak percaya dia akan melakukannya. dan membaca publikasi kita. saya bertemu dia lagi. dia mencari saya di sekolah dan berterima kasih karena saya memberi dia kesaksian. Brasil: Mengabar di Amazon mendengarkan.

Dalam waktu empat bulan saja. Di sana. Karena Jehizel adalah Saksi Yehuwa. Kita masih menunggu hasil-hasil bagus lainnya. Lalu. ” Siangnya. aku tahu kenapa kamu begini. Badan Pimpinan menyetujui diadakannya program pe- ngabaran khusus selama setahun penuh untuk meng- injil kepada orang-orang yang tinggal di daerah-daerah terpencil di Amazon. ”Sekarang. setelah diejek. tidak ada penyiar.org. ada banyak orang yang belum pernah mendengar kabar baik.500 penyiar yang mendaftar. ada 90 orang yang hadir. Mariana menelepon Jehizel. umat Yehuwa di Brasil mencoba mengin- jil ke daerah Amazon yang luas. ”Mariana. Sela- ma tinggal di sana.org Selama enam tahun terakhir. Jadi. Mariana merasa Jehizel tidak tahu caranya menikmati hidup. Pada perhimpunan terakhir sebelum mereka pulang. dia sering diejek oleh Mariana.500 publikasi dan memulai sekitar 200 pelajaran Al- kitab. Di sana. Lalu pilih ’Cari Video’. Sepuluh saudara-saudari tinggal selama 11 hari ˜ di Anam a. dan pilih kotak ’Anak Muda’. Memperkenalkan Situs jw. Jehizel dan Mariana selalu sekelas. Mereka tinggal di Venezuela. ada le- bih dari 6. jw. coba buka situs kami. kantor cabang memilih 53 kota di sepanjang Sungai Amazon. Jehizel mengatakan. Mereka berhasil memberikan lebih dari 12.” 58 BUKU TAHUNAN 2017 . yang sekarang dilanjutkan dengan telepon. Suatu hari. sebuah kota terpencil. Dia berkata.Mengabar di Amazon Tahun lalu. para Saksi juga mengadakan per- himpunan.

Jehizel bertanya. aku tidak akan ejek kamu lagi. ya?” ”Tidak. Karena bingung. Empat Pertanyaan untuk Sang Pastor ´ Gerole. ”Kamu mengejek aku lagi. yang bekerja sebagai sekretaris di gerejanya di Haiti.” Mariana pun belajar Alkitab dan sekarang rutin berhimpun.” kata Mariana. padahal hal- hal yang aku lakukan malah membuat hidupku su- sah. aku sadar selama ini aku salah. Dia ´ Haiti: Gerole dan putrinya memandu banyak pelajaran Alkitab 59 . ”Setelah buka situs kalian. Aku pikir aku ’menikmati hidup’. sangat terkesan karena Saksi-Saksi Yehuwa bisa menjawab semua pertanyaannya dari Alkitab.

sang pastor tidak bisa menunjukkannya. 60 BUKU TAHUNAN 2017 . dan mereka memulai 23 pelajaran Alkitab di desa mereka. hanya 144. dia mendapat lebih ba- nyak pengetahuan Alkitab daripada setelah 30 tahun ´ pergi ke gereja. ”Tapi menurut saya.” kata sang pas- tor.” Ketika Gerole meminta buktinya dari Alkitab. semua orang yang taat kepada Allah akan pergi ke surga. ´ Gerole sangat kecewa. Dia berkata bahwa setelah belajar dengan para Saksi selama tiga bulan. Makau dan putrinya mau belajar Alkitab. tapi dia semakin bertekad untuk terus belajar Alkitab. Dia pun mengundurkan diri dari gerejanya. jadi mereka minta belajar dua kali seminggu. ”Kata Saksi Yehu- wa. Orang jahat akan dibakar se- ´ lamanya di neraka. ´ Setelah tiga bulan belajar. Gerole mendatangi pas- tor di gerejanya dan menanyakan empat pertanyaan: ”Tahun berapa Yesus menjadi Raja? Ke mana orang baik pergi setelah meninggal? Ke mana orang jahat per- gi setelah meninggal? Yesus mati di salib atau di se- buah tiang?” Pastor itu berkata bahwa dia hanya bisa jawab pertanyaan kedua dan ketiga.000 yang akan ke surga. Gerole dan putrinya baru-baru ini di- baptis. Kebenaran menyen- tuh hati mereka.

Jonathan menjelaskan 728.374. sang re- PENDUDUK sepsionis memperhatikan pa- 4.770 kaian Jonathan yang rapi lalu  bertanya apakah dia agen asu- PENYIAR ransi.464.989 bahwa dia adalah Saksi Yehu-  PELAJARAN ALKITAB wa yang sedang menemani se- 771. Karena terkesan. sang PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 61 .272 orang pasien Saksi yang mau berobat.  NEGERI Banyak yang Belajar 49 Di sebuah ruang tunggu ru-  mah sakit di Filipina. Asia dan Timur Tengah Satu Kesaksian.

memberi tahu Jona- than bahwa ayahnya. dulu rutin membaca Menara Pengawal. yang bernama Laila. yang sekarang sudah meninggal.resepsionis. Jonathan membawa bacaan-ba- caan lain untuk Laila dan mengenalkannya kepada Filipina: Jonathan mengabar kepada resepsionis rumah sakit 62 BUKU TAHUNAN 2017 . Jonathan pun membacakan Yohanes 5:28. 29 dan memberi Laila risa- lah Apa Harapan bagi Orang-Orang Tercinta yang Sudah Meninggal? Ketika datang lagi.

Mereka sudah meng- hubungi sekitar 80 persen orang di daftar itu secara langsung maupun melalui pesan singkat dan panggilan video. suami. Tak lama kemudian. Rose. Se- mua itu bermula dari satu kesaksian di rumah sakit! Memakai Teknologi untuk Bertemu Tunarungu Dinas bahasa isyarat di Sri Lanka semakin berkem- bang. Adiknya. Ibunya juga sudah dibaptis. yang semuanya tinggal bersama dia. dia dengan bersemangat menceritakan apa yang dia pelajari. Be- berapa anggota keluarga Laila masih belajar Alkitab. Sekarang.seorang saudari. dan ibu Lai- la. Rose pun mau ikut. adik. Ibu mereka sekarang rutin berhimpun. Laila pun belajar Alkitab dengan sau- dari itu. Saudara-saudari juga menyimpan 420 nama dan alamat kaum tunarungu serta koordinat peta elek- troniknya (GPS) di komputer. Waktu Rose mengunjungi adiknya di kota asalnya. dan dia juga minta belajar Alkitab. Sebe- lumnya. Laila dibaptis di kebaktian regional baru-baru ini. Rose dan adiknya dibaptis tahun lalu. sudah ada satu sidang baha- sa isyarat. Sepasang utusan injil berkata. Laila berka- ta bahwa dia belajar Alkitab dengan Saksi Yehuwa. ”Sekarang. para penyiar tunarungu punya daerah untuk dinas. para Saksi hanya punya kurang dari 80 alamat kaum tunarungu yang dicatat di potongan- potongan kertas. Abigail. Ibu mereka juga mau belajar.” PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 63 . Pada 2015. bertanya kepadanya kenapa ada banyak orang yang datang ke apartemennya. mereka hanya mengunjungi kaum tunarungu yang mereka kenal. penasaran. ikut belajar. Tetangga Laila.

seorang perintis bernama Brett men- dekati seorang pria muda dan menawarkan risalah Apa Kunci Kebahagiaan Keluarga? Saat melihat risalah itu. dia berdoa. ”Kalau agama yang saya pel- 64 BUKU TAHUNAN 2017 .Ucapan Terima Kasih dari Pejabat Pemerintahan Para Saksi di Mongolia rajin mendukung kesaksian metropolitan bahkan saat suhu mencapai minus 30 de- rajat Celsius. Belakangan. Sejak itu. Dia lalu bercerita bahwa pagi itu. Teri- ma kasih juga kepada semua yang membagikan bacaan yang bermanfaat ini di tengah cuaca yang sangat panas atau sangat dingin. dia kabur dari rumah. sebelum berte- mu Brett. Saya berteri- ma kasih kepada semua yang sudah bekerja keras me- nerjemahkan bacaan kalian ke bahasa Mongolia. Setelah baca bacaan kalian. Dia bercerita bahwa dia dibesarkan sebagai Saksi. selama lima tahun dia tinggal di jalanan dan menjadi pecandu narkoba hingga akhirnya ditemukan dan dibantu oleh sebuah organisasi amal.” Doanya Dijawab Di Hong Kong. Kita harus mencoba yang lain. Saya yakin kalian mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk membuat bacaan yang bermanfaat. saya memutuskan un- tuk menulis surat ini. Seorang pejabat pemerintahan mengam- bil bacaan kita dari rak beroda. Jadi. tapi ketika berusia 16 tahun. Bacaan kalian membuat saya sadar bahwa kita harus membaca Alkitab. pria itu menangis. dia menu- lis. ”Saya beragama Buddha. Alkitab berisi kebenaran dan bimbingan terbaik untuk kehidupan. saya mempelajari banyak aga- ma. Tapi saya percaya bahwa kita tidak boleh hanya mengikuti satu jalan.

pria itu menulis kepada Brett. Mereka pun pergi ke kedai kopi dan membahas brosur Kembalilah kepada Yehuwa. Bela- kangan. jadi mereka bertukar informasi kontak. ”Saudaraku yang terkasih. Malamnya. tolong beri saya pertan- da hari ini. pria itu harus pulang ke Prancis. PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 65 .” Dia menghubungi para Saksi di Prancis dan mulai belajar Alkitab serta berhimpun. Saya akan datang ke Balai Kerajaan terdekat hari Minggu ini. Yehuwa telah menjawab doa-doa saya.” Dia merasa doanya dijawab.Mongolia: Menjaga gerai di cuaca yang dingin ajari waktu kecil itu benar.

290 ”Belum.011 kita dengan ramah bertanya  apakah dia pernah membaca PENYIAR publikasi kita.” Saudara 744. Ja- 834.” Saudara itu menyaran-  PELAJARAN ALKITAB kan agar dia membacanya. ”Jangan menginjil di sini!  PENDUDUK Ini negara Ortodoks. Dia 66 BUKU TAHUNAN 2017 .482.121 waban yang lembut itu mem- buat kemarahannya reda. 1. seorang pria men- NEGERI datangi rak beroda dan berte- 47 riak. Dia menjawab.611. Eropa Jawaban yang Lembut  Di Georgia.

Sekitar sejam kemudian. Mere- ka berkata bahwa kalau dia berbicara baik-baik. ”Ada orang yang jahat kepada saya. Pria ini ter- kesan. hati nuraninya akan terganggu. hasil- nya akan bagus. PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 67 . Kata agama saya ini dosa. ”Saya baru bertemu orang yang tadinya mau saya bunuh. Sekarang. Cara Terbaik untuk Menyelesaikan Masalah Dua saudara di Azerbaijan mengabar kepada seorang pemuda yang sedang berdiri di depan sebuah gedung. Mereka berdua sangat suka isinya dan mau membaca yang lain. pria itu rutin datang ke gerai untuk meminta majalah terbaru.Azerbaijan pun mengambil beberapa bacaan.” Pria itu berkata. Pria itu berkata. pria itu datang lagi dan ber- kata. dan dia pun pergi. Saya tidak melukai dia.” Kedua saudara itu kaget. ”Saya tidak boleh dengarkan kalian. tetapi harus terus me- naklukkan apa yang jahat dengan apa yang baik’. Saya akan pakai pisau ini untuk balas dendam. saya terhindar dari masalah. Beberapa hari kemu- dian. Karena kalian.” Dia lalu mengeluarkan pisau dari kantongnya dan berkata. ”Membunuh itu dosa. Tapi jika dia melukai atau membunuh seseorang. dan masalah kami su- dah selesai. dia datang lagi dan minta maaf. Dia berkata bah- wa dia membacakan majalah kita kepada ibunya yang tunanetra. ”Jadi saya harus bagaimana?” Mere- ka membacakan Roma 12:17-21 dan menjelaskan bah- wa pembalasan adalah hak Allah dan kita tidak boleh ’ditaklukkan oleh apa yang jahat. tapi mereka mengatakan.

dia sering melihat gerai kita saat berbelanja. Saudara-saudari menyambutnya dengan ra- mah. mengobrol dengan tiga teman di kelas- nya tentang evolusi. Gerai Kita Membantu Saudari yang Tidak Aktif Beberapa tahun yang lalu. Meski tidak pernah mampir. Mengabar kepada Teman-Teman di Bus Sekolah Di sebuah bus sekolah di Norwegia. dan para penatua mengatur agar seorang saudari membantu dia belajar Alkitab. jw. dia membuka situs itu. Tiga anak itu tidak merespek keya- kinannya. Sejak ada kesaksian di tempat umum. Dia juga melihat pe- nampilan para Saksi yang sopan. Ronja.org. jadi Ronja merasa terganggu. Dia men-download beberapa publikasi lalu datang ke perhimpunan dengan malu-malu. Dia kagum karena bisa me- nemukan alamat Balai Kerajaan terdekat dan jadwal per- himpunan dengan sangat mudah. Dia senang bisa kembali dekat dengan Yehuwa. Jadi. Ronja minta ma- manya untuk membantu dia mencari beberapa bukti yang menunjukkan adanya Pencipta. dia mulai punya banyak teman di sidang dan kembali aktif. yang ber- usia 15 tahun. seorang saudari di Norwe- gia menjadi tidak aktif. Sekarang. 68 BUKU TAHUNAN 2017 . Tak lama setelah itu. dia rutin berhimpun dan berdinas. dia memperhatikan pos- ter dan bacaan kita yang menarik. Karena merasa tidak begitu menguasai topik evolusi. Dia juga memperhatikan logo situs Web kita.Terima kasih. Semua ini membuat- nya ingin kembali kepada Yehuwa dan umat-Nya.” Para Saksi menjelaskan bahwa ini semua sebenarnya adalah bantuan dari Yehuwa.

Ronja menjelaskan bukti- bukti yang sudah dia temukan. ”Di bus ini tidak ada yang percaya sama Yehuwa. dan ada beberapa yang memercayai dia! Pria Buta Huruf Menemukan Sebuah Buku Pada suatu sore. ketiga anak itu mengejek dia. percakap- an Ronja dan ketiga temannya didengar anak-anak lain. Mereka berkata kepa- da para saudari yang menjaga lobi bahwa mereka mau PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 69 . Tapi. siapa yang percaya Yehuwa?” Ronja kaget sekali karena se- orang anak laki-laki yang duduk di dekat situ mengang- kat tangan dan berkata. siapa yang percaya evolusi. ”Aku juga!” Ternyata. tunjuk tangan. ”Aku percaya Yehuwa!” Dua anak lain juga berkata. Salah satu anak berbicara dengan suara keras. Coba. dua pria berbahasa Arab dari Siria da- tang ke kantor cabang Denmark.Norwegia: Ronja membela imannya Di bus keesokan harinya.

pria ini bercerita bahwa dia belum pernah dikunjungi Saksi Yehuwa. Dia berkata bahwa dia menemukan buku Alki- tab Ajarkan di kotak suratnya.bertemu Saksi-Saksi Yehuwa. Petugas perpustakaan kemudian memberitahukan alamat kantor cabang. Pria ini sangat sedih karena dia adalah pengungsi dan tinggal jauh dari keluarganya. Kedua pria itu sangat senang. kotak surat itu tidak bernama. mereka pergi ke perpustakaan umum setempat lalu menunjukkan sebuah foto yang mereka ambil dengan ponsel mereka. Kedua pria ini kesulitan berbicara bahasa Dansk. dia minta salah satu teman- nya membacakan buku itu. ”Kenapa kalian tidak datang dari dulu? Saya sangat 70 BUKU TAHUNAN 2017 . seorang saudara yang bisa bahasa Arab dipanggil ke lobi. Tapi. tidak ada keterangan yang me- nunjukkan bahwa itu adalah milik orang berbahasa Arab. dia berta- nya. Karena buta huruf. Dari mana mereka tahu alamat kan- tor cabang? Rupanya. Itu adalah foto halaman penerbit buku Apa yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan? bahasa Arab. Ketika dua sauda- ra kita pertama kali datang ke rumah pria ini. dan pria itu yakin bahwa dia menemukan kebenaran. Jadi. Padahal. Ketika kedua saudara kita datang ke rumahnya. Saudara kita mendapat informasi kontak pria ini lalu berjanji akan segera datang bersama saudara lain yang juga bisa bahasa Arab. salah satu pria itu sangat ingin belajar Alkitab. Ternyata. Para saudari itu berkata bahwa mereka datang ke tempat yang tepat. dia senang karena mendapat penghiburan dari Alkitab. Jadi. Buku itu selesai dibaca da- lam tiga hari.

Mendapat Pelajar Alkitab Karena Meninggalkan Pesan Di Inggris. Mereka berjanji akan berkunjung lagi. Karena putus asa. Lama-lama. Jadi. Lalu. seorang petugas tata tertib menyambut dia de- ngan ramah dan menawarkan bantuan. Ketika dia tiba di tempat parkir. dia ingat bahwa dia pernah dengar tentang Saksi Yehuwa. ibunya dan ibu mertuanya meninggal. dia sadar rokok sangat ber- bahaya bagi kesehatan. Karena mengikuti saran di Pelayanan Kerajaan PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 71 . Tapi dia ti- dak mendapatkannya. dia keluar dari pekerjaan bergaji besar itu. Dia sangat ter- pukul. Dia berharap bisa mendapat penghiburan dan jawaban atas semua pertanyaannya di gereja. Dia pun mencari ala- mat Balai Kerajaan terdekat. dia berdoa. Dia menemukan situs Web kita dan sangat senang kare- na melihat banyak ajaran Alkitab. Dimitry ber- kata.” Dia sekarang belajar Alkitab dan merasa sangat senang dengan apa yang dia pelajari. Paul dan Faith memberikan kesaksian ke- pada seorang wanita bernama Susan. Hati yang Hampa Berubah Menjadi Bahagia Dmitry tadinya adalah manajer perusahaan temba- kau di Ukraina. dalam waktu tiga bulan.butuh kabar baik ini. Kemudian. ”Saya mau belajar Alkitab. Temannya berkata bahwa orang Kristen Ortodoks adalah orang yang ”memakai kalung salib tapi hatinya hampa” karena tidak tahu apa-apa tentang Allah. dia sudah enam bulan belajar Alkitab dan rutin berhimpun. Memang itu yang Dmitry rasakan. Susan ti- dak ada. Dia sadar bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang Allah atau- pun Alkitab. Ketika mereka datang.” Sekarang.

Inggris: Paul dan Faith meninggalkan pesan di depan rumah

Kita bulan November 2014 tentang meninggalkan pe-
san, Paul dan Faith menulis pesan bahwa mereka akan
datang lagi keesokan harinya. Saat datang ke rumah itu
lagi, mereka kaget karena di pintu ada pesan dari Susan.
Dia berkata bahwa dia harus belanja untuk persiap-
an pernikahan putrinya. Paul dan Faith menulis pe-
san yang mengatakan bahwa mereka akan datang lagi
minggu depan. Kali ini, Susan ada di rumah, dan mere-
ka mulai belajar dengan buku Alkitab Ajarkan.
Karena sebentar lagi putrinya akan menikah, Susan
berkata bahwa dia tidak bisa belajar pada pertemuan
berikutnya. Beberapa waktu kemudian, saat Paul dan
Faith datang lagi, tidak ada orang di rumah. Jadi, mere-
ka menulis pesan berisi nomor ponsel mereka. Mereka
senang ketika mendapat SMS dari Susan. Dia minta

72 BUKU TAHUNAN 2017

maaf karena tidak bisa bertemu mereka. Waktu itu, dia
sedang mengobrol dengan tetangganya di taman. Sejak
itu, Susan rutin belajar Alkitab dan baru-baru ini da-
tang berhimpun.
Paul dan Faith senang meninggalkan pesan untuk
memupuk minat orang-orang. ”Beberapa orang yang
kami berikan pesan akhirnya menelepon kami! Ini luar
biasa!”
Imannya Membuat Sang Perawat Mau Belajar
Pada Agustus 2014, seorang saudara di Hungaria di-
rawat di rumah sakit karena penyakit emboli paru.
Sayangnya, tidak lama kemudian dia meninggal. Istri
saudara ini menulis tentang seorang perawat bernama
¨
Tunde, yang sering merawat suaminya:
”Pada musim panas 2015, saya datang ke Kebaktian Re-
gional ’Tirulah Yesus!’ bersama anak saya. Pada hari ter-
akhir, di tempat parkir ketika saya mau pulang, seorang
wanita berhenti di depan saya, menjatuhkan tasnya, me-
meluk saya, lalu menangis. Wanita ini adalah perawat
yang merawat suami saya di ruang rawat intensif sekitar
setahun yang lalu. Dia bercerita bahwa setiap hari, pada
awal giliran jaga, seorang perawat akan ditugaskan un-
tuk merawat satu pasien. Dia selalu berdoa agar ditugas-
kan merawat suami saya. Dan itulah yang selalu terjadi!
¨
”Kata Tunde, suami saya selalu baik dan sering berce-
rita tentang harapan di masa depan. Itu semua membuat
dia mau serius belajar Alkitab dengan Saksi Yehuwa.
¨
”Tunde, yang sekarang belajar Alkitab, menung-
gu saatnya dia bisa menyambut suami saya saat

PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 73

kebangkitan. Dia mau memberi tahu suami saya bahwa
tingkah laku dan iman suami saya telah membantu dia
mengenal Yehuwa dan mengetahui janji-janji-Nya.”
Mengabar dari Kendaraan ke Kendaraan
Karena aksi protes dan penutupan jalan, beberapa
pos pemeriksaan di perbatasan Yunani dan Bulgaria ka-
dang ditutup. Akibatnya, antrean kendaraan bisa men-
capai puluhan kilometer. Sebuah sidang di Bulgaria
memanfaatkan situasi ini. Saudara-saudari menyiapkan
publikasi dalam 12 bahasa dan membawanya ke perba-
tasan. Meskipun banyak sopir merasa capek dan stres,
mereka mau diajak mengobrol. Para penyiar mende-
ngarkan dengan sabar lalu menceritakan harapan dan
penghiburan dari Alkitab. Salah satu sopir bertanya,
”Kalian Saksi Yehuwa, ya?” Setelah saudara kita mem-
benarkan, dia berkata, ”Saya yakin kalian Saksi Yehu-
wa karena cuma kalian yang mau menginjil seperti
ini.” Seorang sopir asal Austria berkata, ”Bahkan di sini,
kami tetap bertemu kalian! Kalian memang hebat! Te-
ruslah bagikan kabar baik ini kepada orang-orang.” So-
pir lain berkata, ”Saya tidak pernah tertarik membaca
bacaan kalian. Tapi sekarang, saya akan membacanya.”
Seorang sopir menangis saat saudara kita mengabar ke-
padanya. Dia bercerita bahwa dulu, dia adalah Saksi Ye-
huwa. Saudara kita menganjurkan dia agar membaca
publikasi kita dan datang ke salah satu sidang.

Bulgaria: Mengabar kepada para sopir truk

74 BUKU TAHUNAN 2017

PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 75 .

379 ingatan.574 tang ke Peringatan.609 nelepon dan berkata bahwa dia mau datang ke acara Peringatan 76 BUKU TAHUNAN 2017 . Oli- PENYIAR via selalu mengundangnya da- 98.  pada tahun 2016. selama  delapan tahun berikutnya. Olivia 29 yang tinggal di Australia meng-  PENDUDUK undang gurunya ke acara Per- 41. Oseania Setelah Sembilan Tahun. Akhirnya. Setiap tahun.  Akhirnya Sang Guru Datang NEGERI Sewaktu masih TK.051. guru ini me- PELAJARAN ALKITAB 67.

”Semua ajaran Alkitab. ”Semuanya bagus. Buku itu juga memberitahukan apa kata Alkitab ten- tang penyembahan orang mati.” Dia menambahkan. dia sangat heran.” Istrinya menjawab. Mere- ka adalah penganut Katolik yang taat. ”Sekarang coba baca lagi. Dia kagum se- kali karena proyek itu sangat teratur. Pasti ada yang salah. garis bawahi paragrafnya. dia memba- ca buku Apa yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan? untuk mencari ajaran yang salah. Sang suami pernah be- kerja di kantor dewan kota. Jadi. ”Saya sudah baca.” PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 77 . Pelajari de- ngan serius. Saat keponakan mereka menjadi Saksi dan tidak mau beribadat bersa- ma keluarga.” Setelah membacanya lagi.Fiji karena dia sangat menghargai upaya Olivia yang meng- undang dia selama sembilan tahun. Mereka termasuk di antara orang-orang yang pulang paling akhir. dia berkata. Dia Membaca Buku Itu Tiga Kali Jacintu dan istrinya tinggal di Timor-Leste. dia berkata pada istrinya. Jacintu mau membukti- kan bahwa keponakannya itu salah. Sekarang. Tapi semuanya bagus. Mereka berdua sa- ngat menikmati acara malam itu.” kata istrinya. Setelah Jacintu membaca buku itu. jadi dia masih ingat proyek pembangunan Balai Kerajaan di kota itu. ”Coba baca lagi untuk ketiga kali- nya.” ”Pasti kamu membaca terlalu cepat. Jadi dia dan suami- nya datang ke acara Peringatan. tapi pelan-pelan.

anak perempuan wanita itu membukakan pintu. tapi wanita itu tidak ada di rumah. Ajakan Sang Anak Seorang saudari perintis di Guam mengunjungi se- orang wanita berbahasa Pohnpei dan menunjukkan video Mengapa Perlu Belajar Alkitab? Saudari itu ber- janji akan datang lagi. Dia sudah beberapa kali berkun- jung. Australia: Setelah sembilan tahun. ketekunan Olivia diberkati .” Jacintu sekarang belajar Alkitab dengan para Saksi. Jacintu membaca buku itu lagi dengan sangat teliti sambil menggarisi paragrafnya. sang ibu membukakan pintu dan mau mendengarkan kabar baik dari Alkitab. Anak itu sangat suka videonya. Suatu hari. ”Isinya tidak ada yang salah! Keponakan kita ter- nyata benar. Setelah selesai. Sau- dari kita menunjukkan salah satu video Menjadi Saha- bat Yehuwa. Sewaktu saudari kita berkunjung lagi. dia ber- kata.

waktu kami ma- sih tidur. sebuah daerah yang belum pernah dikabari di Papua Nugini. ada yang mengetuk pintu. ”Seperti Domba-Domba Tanpa Gembala” Terence. Terence bercerita. pagi-pagi sekali. kami memberi- kan kesaksian dari jam enam pagi sampai siang. Jadi. Kami PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 79 .Papua Nugini: Banyak orang menunggu-nunggu kedatangan Terence dan Stella Rupanya. Stella. putrinya memberi tahu dia bahwa mereka harus datang ke gereja Tante yang menunjukkan video. dan istrinya. banyak orang sudah menunggu di luar. ”Pada hari pertama. seorang pengawas wilayah. Ternyata. pergi ke Inakor. Ini membuat sang ibu tertarik dan mau belajar Alkitab.

” kata Terence. Kami pun berdiskusi de- ngan mereka sampai siang. ”Saat mereka tahu kami sudah pergi. sang terapis berkata bahwa dia pernah bertemu dengan Saksi di kampung halamannya. Cile. Kemudian. Mereka ’seperti domba-domba tanpa gembala’. Orang-orang datang ke penginapan mereka. ”mereka berusa- ha mencari kami dan berhasil. ada lebih banyak orang lagi yang datang. Terence dan istrinya pergi ke dae- rah lain. Kami berdiskusi dengan mere- ka mulai jam dua siang sampai tengah malam. Agnes berterima kasih kepada Yehuwa kare- na diberi kesempatan untuk membela Dia. Alkitab saya hanya berisi ` Injil. jadi dia berpikir bahwa Allah mung- ` kin kejam.berhenti untuk mandi. Sang 80 BUKU TAHUNAN 2017 . 4. ` Agnes ingat bahwa di JW Broadcasting. Setelah itu. Sang terapis berkata. harus menjalani fisioterapi karena lengannya sakit. pada kunjungan berikut- nya. ”Sepertinya ayat yang tadi Ibu baca tidak ada di Alkitab saya. Saat kami pulang ke peng- inapan. ”—Mat. Ini terjadi setiap hari. pagi-pagi sekali. 9:36. dia memberi sang terapis risalah Mungkinkah Penderi- taan Berakhir? dan membacakan Penyingkapan 21:3. dia menunjukkan video itu dari tablet-nya. Sang te- rapis berkata bahwa dia sudah melihat banyak sekali orang menderita. ada sekelompok orang lain lagi yang sudah menunggu kami.” Lalu. Jadi. setelah tahu bahwa Agnes adalah seorang Saksi Yehuwa. Hadiah-Hadiah untuk Sang Terapis ` Agnes.” Besok- nya. seorang perintis di Kaledonia Baru. pernah ada laporan tentang Cile. tapi Terence dan istrinya sudah pergi.

”Saya juga mau berikan Al- kitab lengkap supaya kamu bisa baca Penyingkapan 21:3. ”Dua hadiah ini sangat luar biasa. PENGABARAN DAN PENGAJARAN DI SELURUH BUMI 81 . Sang terapis berkata bahwa dia mau membawa buku itu selama ber- libur ke Cile supaya bisa membacanya sampai habis. ayat yang minggu lalu saya bacakan!” Sang te- ` rapis langsung berdiri dan memeluk Agnes.Kaledonia Baru: Sang terapis sangat tersentuh terapis tersentuh saat melihat Betel dan Balai Kebaktian ` di Cile. 4. Terima kasih banyak!” ` Saat datang lagi. Lalu. Agnes berkata. Dia ber- kata. Agnes memberikan buku Apa yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan? dan menjelaskan lebih ba- nyak tentang alasan manusia menderita.

inisiatif. dan ke- beranian saudara-saudari kita di Georgia sela- ma ’masa yang menyenangkan dan masa yang susah’. pertumbuhan rohani di sana tidak langsung terlihat. berita Kerajaan tersebar luas dan meng- ubah kehidupan banyak orang. 82 .Georgia ILUSTRASI Yesus tentang ragi sangat cocok un- tuk menggambarkan tersebarnya berita Keraja- an di Georgia. iman. Tapi akhir- nya. Bacalah kisah yang menarik dan luar biasa tentang kasih. 13:33) Sama seperti ragi yang mengembangkan adonan. 4:2. kesetiaan. (Mat.—2 Tim.

.

yang diselimuti salju. Kebanyak- puncak-puncak gunungnya an adalah etnik Georgia. era Masehi.Sekilas tentang Georgia Negeri Georgia terkenal Penduduk Penduduk dengan pegunungannya Georgia berjumlah sekitar yang memesona dan 3. 84 .7 juta orang. Se. yaitu Georgia timur Bahasa Bahasa Georgia dan barat. Keduanya terdiri tidak mirip bahasa negeri- dari beberapa wilayah. Sekitar 10 per- ter. sennya adalah Muslim. negeri tetangganya. musik. Sumber sejarah menunjuk- kebiasaan. Ting- Agama Mayoritas pen- gi beberapa gunung di duduk beragama Kristen sana mencapai 4. Secara geografis. kan bahwa alfabet Georgia dan makanan yang sudah ada sejak sebelum berbeda-beda.500 me- Ortodoks. tiap wilayah memiliki iklim. negeri ini dibagi menjadi dua. tarian.

Membuat roti khas Georgia ) Memanen anggur sangatlah menyenangkan / Minuman anggur difermentasi dalam guci tanah liat & Svaneti Atas ..

Memanen anggur di daerah Kakheti 86 . bidang pariwisata bagian barat Georgia. Bela. di kangan. juga ikut meningkatkan memiliki iklim subtropis. Buah sitrun tumbuh subur di daerah ini. perekonomian Georgia. di bidang pertanian.Mata Pencaharian Banyak Iklim Bagian timur Geor- penduduk Georgia bekerja gia memiliki iklim sedang. Pesisir Laut Hitam.

Di Georgia.Makanan Di Georgia. Menu utama biasanya dan membuat minuman adalah sejenis semur yang anggur mereka sendiri. Roti khas Georgia Kebanyakan keluarga dipanggang di oven tanah mempunyai kebun anggur liat. membuat minuman anggur . roti yang difermentasi dan di- selalu tersedia di meja ma. simpan di guci tanah liat. kaya rempah-rempah. Se. kan. ada sekitar jak dulu. orang Georgia 500 varietas anggur lokal.

216 PENDUDUK RASIO.720.619 32.400 200 . 1 PENYIAR BANDING 3. Sokhumi SVANETI Ushguli Tkvarcheli RUSIA Lentekhi Jvari Shovi Tkaia Tsageri Chkhorotsku Oni Zugdidi Ambrolauri Tkibuli Poti Senaki Kutaisi Chiatura Laut Hitam Dusheti Samtredia Khashuri Gori Ozurgeti Telavi G E O R G I A Manglisi TBILISI KAKHETI Batumi Khulo Akhaltsikhe Keda Tsnori Akhalkalaki Marneuli 0 mil 50 U TURKI 0 km 25 ARMENIA AZERBAIJAN NEGERI (kilometer persegi) PENYIAR PADA 2016 HADIRIN PERINGATAN 2016 69.700 18.

Berhimpun di tepi pantai dekat Sokhumi. 1989 1924-1990 Mereka yang Pertama-tama Menemukan Kebenaran GEORGIA 89 .

seraya waktu berlalu. Turki. 13:33) Tapi. dan daerah-daerah lain. untuk mengatur pengabaran di Armenia. Dia Mendambakan Keadilan Sewaktu Perang Dunia II pecah. Georgia adalah bagian dari Uni 90 BUKU TAHUNAN 2017 . di Georgia. Siswa-Siswa Alkitab telah berusaha me- nemukan orang-orang yang mencari kebenaran di Georgia. Pada 1924. Saat itu. Vaso Kveniashvili masih remaja. Siria. sudah ada beberapa orang yang mendengar kebenaran. perkembangannya ti- dak langsung terlihat. Lebanon. Georgia. Namun. & Vaso Kveniashvili pada tahun 1964. (Mat. sebuah kantor dibuka di Beirut. berita Kerajaan akhirnya tersebar dan benar- benar mengubah kehidupan banyak orang di Georgia. tak lama setelah dia dibebaskan ) Perhimpunan di hutan SEJAK 1920-an. Kala itu.

”Saya merasa dunia kriminal lebih adil daripada peme- rintah ataupun masyarakat. Vaso. Vaso bergabung dengan sebuah geng dan akhirnya terlibat dalam kejahatan terorganisasi. Dia mengenang. Vaso dipenja- rakan dan diasingkan ke kamp kerja paksa di Siberia. ”Saya mendambakan keadilan.” Tapi. terpaksa mencuri agar dapat memenuhi kebutuh- an dirinya dan adik-adiknya. Vaso belakangan sa- dar bahwa manusia tidak bisa memberikan apa yang dia cari.” Karena melakukan tindakan kriminal. Ibu Vaso telah meninggal. yang adalah anak ter- tua. dia bertemu dengan seorang Saksi Yehuwa GEORGIA 91 . jadi ayah Vaso direkrut sebagai tentara Soviet. Di sana.Soviet. Dia bercerita.

Sayangnya. dan tidak ada Saksi lain yang Vaso kenal.yang dipenjarakan karena kepercayaannya.” kenang Vaso. Sementara itu. Di sana. seorang wanita muda asal Georgia. untuk pertama Keluarga Gudadze pada tahun 1960-an . dia te- tap berkirim surat dengan Saksi yang dia kenal di kamp kerja paksa. saudara yang setia itu akhirnya meninggal. ”Kami tidak punya publikasi. Dia menunggu selama hampir dua puluh tahun sam- pai akhirnya bertemu lagi dengan Saksi Yehuwa. tapi saya berusaha sebisa- nya mempelajari kebenaran dari saudara itu. Penderitaan Membawa Berkat Pemenjaraan di kamp konsentrasi Nazi justru mem- bawa berkat bagi Valentina Miminoshvili.” Setelah bebas pada 1964. saya menemukan yang saya cari-cari. ”Akhirnya. Vaso kembali ke Georgia dan mencari Saksi-Saksi Yehuwa. Peng- alaman Vaso akan kita lanjutkan nanti.

tak ada Saksi yang dia kenal. mendapat kebenar- an dari para Saksi yang diasingkan ke sana. Dia berka- ta. Setiap ada paket. Dia bercerita. dia kembali mengabar de- ngan berhati-hati. Antonina ingat cara Yehuwa menjawab doa-doanya. Valentina pulang dan mence- ritakan kebenaran kepada orang-orang. dia bertemu Saksi Yehuwa. ”Suatu hari. Selama enam tahun. sebuah kota di Georgia ti- mur. dia bertemu para Saksi lagi dan belakangan dibaptis. Di sana.kalinya. ”Saya terus minta agar Yehuwa mempertemukan GEORGIA 93 . saya dapat paket dari Mama di Siberia. dia akan menjadi jawaban doa seseorang. saya bersyukur karena Yehuwa membimbing. saya mendapat makanan rohani dengan cara itu. Setelah perang berakhir.” Meski begitu. Di sana. yang berasal dari Siberia. menguatkan. Yehuwa Menjawab Doa-doanya Pada 1962. Dia sangat kagum dengan iman mereka yang kuat. Valentina dibebaskan lalu pindah ke Georgia barat. dia kehilangan kontak dengan para Saksi. dia tinggal di Khashuri. Tapi. Saudari Antonina Gudadze pindah dari Si- beria ke Georgia karena suaminya yang tidak seiman memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. ada beberapa publikasi yang disembunyikan dengan rapi. Setelah pin- dah. Pada tahun 1967. Hatinya juga sangat tersentuh karena mendengar kebenaran dari Alkitab. Antonina. dia diper- hatikan kalangan berwenang. dan merawat saya secara rohani. Di dalamnya. Di sana. Dia tidak menyangka bahwa seben- tar lagi. Dia pun dihukum selama sepuluh tahun di kamp kerja paksa di Rusia.

Tapi. karena ada semakin banyak 94 BUKU TAHUNAN 2017 . Salah satunya adalah Vladimir Gladyuk. Mereka tanya. Jadi. Georgia barat. Lyuba dan Vladimir Gladyuk saya dengan saudara-saudari. Pada 1969. sejumlah Saksi ditindas oleh ka- langan berwenang di bagian-bagian lain Uni Soviet. Awalnya. mereka pindah ke daerah yang kondisinya lebih aman. seorang saudara yang bersemangat. Kebenaran Mulai Berakar di Georgia Barat Pada tahun 1960-an. mereka yang pindah ke Georgia berhimpun dalam bahasa Rusia. saya tahu mere- ka adalah saudari rohani saya. Kami berpelukan dan menangis. dua wani- ta masuk ke toko tempat saya bekerja. ’Kamu Antonina?’ Dari wajah mereka. Betapa bahagianya Antonina saat tahu ada perhimpun- an di Georgia barat! Dia datang sebulan sekali meski harus menempuh jarak lebih dari 300 kilometer. dia pindah dari Ukraina ke kota Zugdidi.” Valentina Miminoshvili adalah salah satu saudari itu. Suatu hari.

di pesisir Laut Hitam. Buktinya. ”Saya Mendengarkan dengan Sungguh-Sungguh” Babutsa Jejelava. dan ada 45 orang yang hadir. yang sekarang berusia 90-an. pada Agus- tus 1970. dan kami ber- syukur atas berkat-berkat dari Yehuwa. Vladimir dan keluarganya pindah ke kota Sokhumi.” Pada musim semi itu. Peringatan diadakan untuk pertama kalinya di Sokhumi. Pe- ngabaran juga sangat berhasil. pengaturan di- buat agar ada perhimpunan dalam bahasa Georgia.orang Georgia yang rutin berhimpun. Sidang berkem- bang sangat cepat. Pada musim semi 1972. ”Kami merasa kaya secara rohani. Dia ber- cerita. ada 12 penduduk lokal yang dibaptis. terma- suk orang-orang pertama di Sokhumi yang langsung Babutsa Jejelava pada tahun 1979 dan 2016 .

Babutsa khawatir dia tidak akan bertemu Saksi Yehu- wa lagi. ”Saya mendengarkan dengan sungguh-sungguh. ayo pindah ke apartemen saya! Saya punya dua kasur. Jadi. dia bertanya. Babutsa menceritakan perasaannya ketika dia men- dengar isi percakapan mereka. Dia mengenang. ’Saya sudah menemukan mereka.” Waktu mendengar bahwa Allah punya nama. se- orang perintis yang sangat bersemangat dari Ukraina. ”Saya tahu Lyu- ba sudah menikah.’ Babutsa punya ide. ”Setelah ini. kami akan datang lagi Sabtu depan. ’Kalau begitu. Dia berta- nya apakah dia bisa melihat buktinya dari Alkitab. ya?” Kedua saudari itu menjawab.menerima kebenaran pada awal 1973. Dia mengenang. jadi saya tanya Itta apa dia sudah menikah. dia pun ikut mengobrol.” Hari Sabtu pun tiba. Dia mengajukan begitu banyak pertanyaan sampai-sampai diskusi itu berlangsung selama tiga jam. ”Suatu hari. Itta bilang belum. Ba- butsa ingin memastikan bahwa dia tidak akan kehi- langan kontak dengan umat Allah. Babutsa senang sekali karena dua saudari itu benar-benar datang! Pelajaran Alkitab langsung dimulai. Saat pelajaran hampir selesai.” Mereka adalah Lyuba. Dua adalah biarawati. dan Itta Sudarenko. dan belakangan saya tahu dua wanita lainnya Saksi Yehuwa. 96 BUKU TAHUNAN 2017 . Dia berpikir. Jangan sampai saya kehi- langan mereka. ”Tenang saja. istri Vladimir Gladyuk. kita tidak akan bertemu lagi. Saya bilang. saya lihat empat wanita yang seru sekali mengobrol.

’ Dia lalu men- jawab pertanyaan saya dari Alkitab.” Tak lama setelahnya. kita bisa buka Alkitab dan berdiskusi!’ ” Itta se- tuju. Jika sejumlah pelajar sudah siap dibaptis. mereka yang baru dibaptis sangat ingin agar rumah mere- ka bisa dipakai berhimpun. Itta menjawab dengan sabar.dan di tengah-tengahnya ada lampu. ”Beberapa kali saya tidak bisa tidur karena memikirkan apa yang saya pelajari. ”Saya pikir kekayaan akan membuat dia susah menerima kebenaran. Natela Chargeishvili. Babutsa mengenang masa-masa itu. saya salah. me- reka dengan rajin menceritakan kabar baik kepada te- man. walau sudah malam. dia lang- sung menerima kebenaran. rekan kerja. ’Itta. coba ambil Alkitab. Sejak pertama kali kami membahas Alkitab. Syukurlah. Malah. Pada Agustus 1973. ’Oke. Iman Mereka Semakin Kuat Karena Berhimpun Perhimpunan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang baru mengenal kebenaran. Babutsa mulai mengabar! Babutsa punya seorang sahabat. acara seperti itu diadakan di luar kota Sokhumi. Saya bangunkan Itta dan bilang. Babutsa bercerita. pertanyaan tiba-tiba muncul di benak saya. Orang-orang yang datang berhimpun disambut dengan ramah sehingga kasih di antara saudara-saudari semakin kuat. seperti me- reka yang sudah lama mengenal kebenaran. GEORGIA 97 . Kadang. Jadi.” Tiga hari setelah Itta pindah ke apartemennya. dan dia pun pindah ke apartemen Babutsa. Saya ada pertanyaan!’ Sambil mengucek-ucek mata. acara khu- sus akan diadakan secara diam-diam. dan tetangga mereka.

para penyiar akan menanyakan alamatnya dan membuat janji untuk bertemu lagi. Me- reka kadang bertemu orang dari kota dan desa lain yang datang untuk berbelanja atau mengunjungi kerabat. Jadi. penindasan malah membuat kabar baik makin tersebar. kami berdoa bersama dan bersyukur kepada Yehuwa. Meski para penyiar merasa sedih. Dua hari setelah acara khusus itu. Setelah Vladimir dan saudara-saudara lainnya be- bas. Ada 35 calon baptis. Itta Sudarenko. Dia ber- cerita. dan Natela Chargeishvili divonis beberapa tahun penjara. polisi menghentikannya dan menangkap bebe- rapa saudara-saudari. saya 98 BUKU TAHUNAN 2017 . para penyiar menga- bar ke kota dan desa lain. Setelah pembaptisan selesai. mereka tidak sempat dibaptis. Vladimir. Sayang- nya. Dalam waktu sekitar dua tahun.” Penindasan Membuat Kabar Baik Makin Tersebar Dua hari setelah pembaptisan itu. mereka langsung menghubungi para calon baptis. mereka bertekad un- tuk terus mengabar. Selama rezim Komunis. ”Kami merasa Ye- huwa mendukung kami. mereka akhirnya bisa dibaptis. termasuk Vladimir Gladyuk. para penyiar di kota-kota be- sar mengabar di jalan dan taman yang tidak ramai. Vladimir kembali ditangkap. Jika ada yang berminat. Saat acara berlang- sung. Agar tidak menarik perhatian. jadi tidak ada yang curiga. ”Saya punya kerabat di mana-mana. Belakangan. namun dengan lebih hati-hati.di pantai Laut Hitam. Babutsa Jejelava termasuk di antara mereka yang mengabar ke banyak daerah di Georgia barat. Vladimir mengenang.

” Hanya dengan bantuan kamus. ”Saya Menyalinnya Seharian” Publikasi yang sudah diterjemahkan diedarkan di antara para Saksi dan peminat agar mereka bisa 1 Meskipun beberapa bagian Alkitab sudah diterjemahkan ke dalam ba- hasa Georgia sejak abad kelima M. saya sering harus menerjemahkan bahan pelajaran untuk para pelajar Alkitab.” Publikasi Bahasa Georgia Makin Dibutuhkan Semakin lama.—Lihat kotak ”Alkitab Bahasa Georgia”. dia menerjemahkan artikel- artikel dari majalah kita ke bahasa Georgia.1 Babutsa ingat betapa sulitnya memandu pelajaran Alkitab tanpa publikasi bahasa Georgia. Karena Alkitab bahasa Georgia susah dida- pat. beberapa pelajar bahkan menjadi ”penyalin” Fir- man Allah.sudah memandu pelajaran Alkitab dengan lebih dari 20 orang di Zugdidi dan 5 orang di Chkhorotsku. mereka rela menyalin sendiri publikasi yang mereka butuhkan. Dia juga berhasil menerjemahkan seluruh Injil Matius! Para peminat sangat tersentuh karena beberapa ar- tikel sudah diterjemahkan ke bahasa mereka. Me- reka semua akhirnya dibaptis. Jadi. seperti beberapa hamba Allah pada zaman Alkitab. Dia berkata. Jadi. Ketika berkunjung kembali atau memandu pelajaran Alkitab. publikasi bahasa Georgia semakin di- butuhkan. para penyiar merasa bahwa para pel- ajar sangat membutuhkan Alkitab dan publikasi da- lam bahasa yang paling mereka mengerti. GEORGIA 99 . Alkitab susah didapat selama era Ko- munis. ”Saya hanya punya Alkitab dan beberapa publikasi ba- hasa Rusia.

” Menara Pengawal dan Menyelidiki Kitab Suci Setiap Hari yang disalin dengan tangan ke dalam bahasa Georgia .membacanya bergantian. pulpen. satu keluarga lang- sung berusaha mendapatkannya supaya mereka bisa menyalinnya. Saya hanya berhenti untuk meregangkan tangan. Meski mera- sa tidak sanggup. Raul Karchava. yang berusia 13 tahun. Saya menya- lin seharian. ”Papa bawa dus berisi buku catatan. diminta ayahnya menyalin Kitab-Kitab Yunani. saya akhirnya mau. Setiap orang hanya diberi waktu beberapa hari atau beberapa minggu untuk membaca satu publikasi. saat Kitab-Kitab Yunani bahasa Georgia modern tersedia. dan pen- sil. Jadi. Dia bercerita. Dia harap itu bisa menyemangati saya.

ke- luarga Raul boleh meminjamnya beberapa minggu lagi supaya Raul bisa selesai menyalin. kebutuh- an rohani pelajar Alkitab yang jumlahnya semakin ba- nyak tidak bisa terpenuhi. Meski banyak yang ingin meminjam buku itu. Jadi. saudara-saudari mem- buat publikasi di rumah dengan alat mimeograf lalu membagikannya. Raul berha- sil menyalin ke-27 buku dalam Kitab-Kitab Yunani Kristen! Walaupun ada banyak penyalin yang rajin. Bagaimana dengan Georgia timur? Di ibu Alat mimeograf kecil dipakai untuk mencetak publikasi di rumah oleh para Saksi yang berani 101 . Mereka se- nang sekali. Pengabaran di Georgia barat berkembang sema- kin cepat. Ini pekerjaan yang berbahaya. Hanya dalam dua bulan.

saya tidak bisa tidur. besoknya Larisa ber- lari ke gerejanya dan membaca lagi perintah ”Jangan 102 BUKU TAHUNAN 2017 . sewaktu Oleksii membaca- kan Keluaran 20:4. ”Kami ingin buktikan bahwa Gereja Ortodoks adalah satu-satunya agama yang be- nar. Mereka telah dipenjarakan selama bertahun-tahun di penjara Soviet karena kepercayaan mereka. kalangan berwenang Soviet di be- berapa daerah berusaha menakut-nakuti para Saksi de- ngan mengusir mereka dari rumah. pasangan yang sangat religi- us. Setelah beberapa kali berdiskusi. kami kehabisan argumen. Malamnya. pasangan asal Ukraina yang pindah ke Tbilisi. menceritakan pertemuan pertama mereka de- ngan Oleksii dan Lydia. ’Apakah benar berdoa dengan gambar atau patung sebenarnya melanggar hukum Allah?’ ” Karena ingin dapat jawaban. Putri mereka. Larisa. Keluarga Kurdas menceritakan kebenaran kepada Zaur dan Eteri Kessaev.” Larisa melanjutkan. saya selalu membaca Sepuluh Perintah di antara dua gambar keagamaan di dinding. 5. tapi mereka terus memberikan bukti dari Alkitab. yang kala itu berusia 15 ta- hun. yang kisahnya diceritakan di awal? Kebenaran Sampai ke Ibu Kota Selama 1970-an. Ini dialami Ole- ksii dan Lydia Kurdas.kotanya. Saya terus berpikir. saya kaget. ”Di gereja. siapa yang bisa membantu orang- orang yang mencari kebenaran seperti Vaso Kvenia- shvili. Tbilisi. Tapi suatu sore.

Akibatnya. Beberapa bahkan curiga dia adalah mata- mata Soviet. Larisa dan orang tuanya akhirnya dibaptis dan termasuk Saksi-Saksi Yehuwa pertama di Tbilisi. Vaso Kveniashvili bertemu dengan seseorang yang menghadiri perhimpunan di Tbilisi. dia sadar arti pe- rintah itu. Vaso senang karena akhirnya bisa bertemu lagi dengan Saksi Yehu- wa setelah menunggu sekian lama. para Saksi tidak mengizinkan Vaso ikut ke- giatan mereka karena dia dikenal punya latar belakang kriminal.” Untuk pertama kalinya. . Jangan membungkuk kepadanya. . Larisa Kessaeva (Gudadze) pada tahun 1970-an membuat patung pahatan . Dia Akhirnya Menemukan Keadilan Dua puluh tahun setelah pertama kali mendapat ke- benaran. GEORGIA 103 . Awalnya. Vaso tidak boleh berhimpun selama empat tahun.

dia pun diterima di sidang dan dibaptis. Sekitar 24 tahun sejak pertama kali mendengar kebenaran. Vaso Kveniashvili menjadi Saksi Yehuwa Setelah para Saksi yakin Vaso tidak punya niat ja- hat. Akhir- nya. Vaso bersahabat dengan ”Allah keadilan” yang dia cari-cari sejak muda! (Yes. negeri itu siap menyambut perkembangan luar biasa yang akan terjadi. pengabaran di Georgia barat dan timur sudah stabil. Pada 1990. 104 BUKU TAHUNAN 2017 . Kini. Ada sekitar 900 penyiar yang memandu 942 pelajaran Alkitab. 30:18) Dia terus setia ke- pada Yehuwa sampai dia meninggal pada tahun 2014.

Davit Samkharadze  LAHIR 1967  BAPTIS 1989  PROFILDia melayani sebagai pengawas wilayah. Sejak 2013. dia mengajar sekolah-sekolah Alkitab. Saya Ingin Sekali Berubah PADA 1985. Saya tidak mungkin bisa berubah tanpa bantuan Yehuwa. saya berdoa kepada Allah dan memohon agar Dia membantu saya berubah. ’Saya tidak mau seperti mereka. Ternyata. saya mampir ke rumah tante saya. Enam bulan kemudi- an. Yehuwa membantu saya menjadi orang yang lebih baik. saya masih melakukan hal-hal yang tidak saya inginkan. Saya sangat tidak suka dengan ketidakadilan dan penindasan di dunia militer. saya dibaptis.’ Tapi kadang. Saya setuju untuk belajar Alkitab. saya kembali ke ru- mah. saya direkrut menjadi tentara oleh pemerintah Soviet. Suatu malam. saat berusia 18 tahun. Jadi saya berpikir. ada beberapa Saksi yang sedang ber- kumpul untuk beribadat. dalam perjalanan ke tempat ker- ja. Saya ingin sekali berubah. yang adalah Saksi Yehuwa. Setelah menyelesaikan dinas militer. Karena mereka ramah. Besoknya. sepulangnya dari sebuah pesta. saya pun duduk dan mendengarkan acaranya. GEORGIA 105 .

Karena saya adalah pandai besi. Jadi. dan dua anak kami bisa tidur sekamar. Kali- an bisa pakai kamar yang satu lagi. menjadi Saksi Yehuwa. dia memanggil semua kerabat untuk membujuk saya agar tidak bergaul lagi dengan para Saksi. kota terbesar kedua di Georgia. Saya Memohon Bimbingan Yehuwa MAMA sangat marah dan kecewa saat saya dan istri saya. Selain itu. ”Kami punya apartemen. dia minta saya pindah ke kotanya. saya bertemu seorang pelajar Alkitab saya. Saya memutuskan untuk pindah ke kota lain. saya mudah da- pat pekerjaan. Istri. saya memohon bimbingan Yehuwa. kota itu sangat membutuhkan penyiar. Di sana. ”Saya.” katanya.” 106 BUKU TAHUNAN 2017 . Tsitso. Suatu hari. Dia tinggal di kota kecil. Saya diberi pilihan: berhenti men- jadi Saksi Yehuwa atau tidak dianggap sebagai keluarga. Dia juga melayani sebagai salah satu pengawas wilayah pertama di Georgia sambil membesarkan empat anak. Waktu dia tahu bahwa saya ingin pindah ke Kutaisi. saya ingin pindah ke Kutaisi. Tak lama setelah itu. Tamazi Biblaia  LAHIR 1954  BAPTIS 1982  PROFIL Dia membantu mencetak publikasi secara diam-diam. Jvari.

saya jawab bahwa saya mau tinggal di apartemennya untuk sementa- ra kalau saya bisa mendapat pekerjaan dan kontrakan de- ngan cepat. rumah kami dipakai untuk acara Peringatan dan acara khusus lainnya. saya diminta membantu mencetak publikasi secara diam-diam. Karena rumah kami cukup luas. Tanpa diduga. Tak lama setelah- nya. Karena sedang mencari bimbingan Yehuwa. Selama bertahun-tahun. dia datang lagi dan membawa daftar lowongan pekerjaan. saya sudah dapat pekerjaan dengan gaji yang ternyata sangat besar. Beberapa hari kemudian. Bos saya juga mengizinkan kami tinggal di rumah dinas yang besar. saya dan Istri menyediakan rumah kami untuk proyek itu. sorenya. kami pindah ke Jvari. Ada lebih dari 500 orang yang dibaptis di rumah kami! Saya sangat bersyukur karena melihat sendiri bimbingan Yehuwa dan mengikutinya! . Sejak hari pertama.

dicatat pe- merintah dan diawasi agen keamanan khusus. Natela Grigoriadis  LAHIR 1960  BAPTIS 1987  PROFIL Sebagai seorang manajer pembelian. Saya mendekati Genadi Gudadze. mereka butuh mimeograf yang lebih canggih. Adik saya juru ketik. dan dia bisa bantu kami. ”Bagi Allah Semua Perkara Mungkin” PADA akhir 1980-an. dia membantu mencetak publikasi secara diam-diam. dan menyarankan untuk mencetak sendiri majalah kami. termasuk kertas. di perhimpunan. semua peralatan untuk mencetak. Kala itu. Tapi. para penatua sudah memakai mimeograf buat- an sendiri untuk mencetak beberapa publikasi. hanya pemandu Pel- ajaran Menara Pengawal yang punya majalahnya. Para penatua membuat mimeo- 108 BUKU TAHUNAN 2017 . dan persediaan kertas stensil yang banyak. Saya berhasil mendapat mesin ketik dari teman kerja yang tahu cara mendapatkan mesin yang sudah tidak ter- pakai dan tidak diawasi pemerintah. dia punya banyak pengalaman dan koneksi. juru ketik berpengalaman. dan itu biasanya hanya salinan tangan. Namun. untuk rutin mencetak publikasi. mesin ketik. tak lama setelah dibaptis. Jadi. salah satu penatua.

. ”Kita harus cari kertas dari tempat lain. Genadi berkata. Dia mau menyampaikan perminta- an saya kepada kepala kantor. ’Ini tidak mung- kin. Yehuwa memang membantu saya. kami mulai mence- tak Menara Pengawal bahasa Georgia yang pertama. masalah muncul. bagaimana kami bisa membelinya? Saya berulang kali berkata. Suatu hari. Jadi. yang ternyata adalah sua- minya! Akhirnya. tapi dia tidak bisa membelinya karena dia di- awasi polisi. Tapi. saya bisa rutin membeli kertas stensil di sana. 19:26. Saya bertemu dengan seorang juru ketik yang ramah.graf baru dan menemukan sumber untuk membeli kertas. ”Jangan terus-terusan bilang. Semuanya lancar. Dan. Besoknya. dan sejak itu.” Dia pernah melihat dus- dus berisi kertas stensil di sebuah kantor yang dioperasikan pemerintah. saya pergi ke kantor itu. dengan berdebar-debar. ”Ini tidak mungkin!” Genadi menjawab dengan tegas. Saya terus memikirkan kata-kata Genadi. Tak lama kemudian. kami tidak pernah kehabisan kertas.’ ’Bagi Allah semua perkara mungkin’!”—Mat.

kemurahan hati. dan Mazmur dalam bahasa Georgia Kuno kemung- kinan berasal dari pertengahan abad kelima M atau sebe- lumnya. berisi keempat Injil dalam bahasa Georgia Alkitab Bahasa Georgia SELAIN bahasa Armenia. dalam Menara Pengawal 1 Juni 2013. Misalnya. bahasa Georgia termasuk yang perta- ma punya terjemahan Alkitab. dan be- berapa bahasa lain. terciptalah beberapa versi terjemahan Alkitab. Semua ini adalah nilai-nilai moral yang masih dijunjung masyarakat Georgia. me- muat banyak kutipan dan kiasan dari Alkitab. 110 BUKU TAHUNAN 2017 . 1 Untuk informasi lebih lanjut. kisah tragis Ratu Shushanik. dan kasih ke- pada orang yang tidak dikenal. yang dibuat sekitar tahun 1220. Latin. Manuskrip Injil. penerjemahan dan pencetakan Alkitab bahasa Georgia makin berkembang.Manuskrip Mokvi. lihat artikel ”Harta yang Tersembunyi Berabad-abad”. surat-surat Paulus. Dalam karya sastranya Vepkhvistqaosani (Kesatria dalam Balutan Kulit Macan Kumbang). Pada abad-abad setelahnya. dari abad ke-14. Siria Kuno. yang kemungkinan ditulis pada akhir abad kelima. seperti persahabatan. Jadi. Koptik.1 Alkitab sangat memengaruhi karya sastra dan nilai mo- ral orang Georgia. pe- nyair Shota Rustaveli menyebutkan nilai-nilai moral Kris- ten.

” —1 Kor. 3:6. GEORGIA 111 . Saudara-saudara pada pertemuan di Tbilisi pada 1992 1991-1997 ”Allah yang Menumbuhkannya.

para Saksi sering menceritakan ka- bar baik dari Alkitab kepada orang-orang yang mengan- tre. pergolakan politik dan sipil mem- buat kehidupan makin sulit. Tapi. yang saat itu adalah pengawas wilayah. orang-orang rela mengantre hampir sepanjang hari demi sepotong roti.” Mengabar kepada orang-orang yang sedang mengantre untuk mendapat roti pada 1990-an . tahun Uni Soviet di- bubarkan. Selama masa itu. ”Pada tahun-tahun yang suram itu. Kami mendapat ratusan formulir berisi alamat orang-orang yang meminta pelajaran Alkitab.” kata Genadi.GEORGIA merdeka pada 1991. ”kelihatannya semua orang senang menerima kebe- naran. Menurut Genadi Gudadze.

27) Levani mengenang. ”Semua alamat sudah diambil oleh para penyiar. Rumah mereka jauh. Roini dan Nana sekarang mela- yani sebagai perintis biasa bersama dua anak mereka. Mereka sangat terkejut saat me- lihat Levani dan seorang saudara lain di depan rumah mereka pada suatu pagi yang dingin.” Beberapa bulan kemudian. Jadi. saudara-saudara ter- lantik membaca daftar nama dan alamat orang-orang yang minta dikunjungi. tenaga. yang melayani sebagai pe- natua di Tbilisi. para penyiar dengan se- nang hati akan datang ke rumah mereka. mereka rela mengorbankan waktu. dan sumber daya untuk menceritakan kabar baik kepa- da orang lain. dan banyak penyiar sudah memandu beberapa pelajaran Alkitab. jadi kami tidak mengunjungi orang-orang. 20:26. Mereka akhirnya mengirim perminta- an ketiga bersama surat yang berisi permohonan agar para Saksi tidak berutang darah. GEORGIA 113 . Saudara Levani Sabashvili.” katanya. ”Waktu itu sedang Tahun Baru. Lalu. pasangan ini mengirim permintaan lagi. Mereka langsung mulai belajar Alkitab. Berusaha Sebisanya Mencari yang Berminat Mereka yang telah mendapat kebenaran sangat ber- syukur. ”namun tidak ada yang mengunjungi pasangan ini.” Pasangan yang haus akan kebenaran itu adalah Roini dan Nana Grigalashvili. (Kis. ingat bahwa ada sepasang suami istri yang minta dikunjungi. Pada akhir setiap perhimpunan. kami merasa ti- dak bisa menunda lagi. Meski punya tanggung jawab keluarga. Tapi.

Badri dan Marina Kopaliani serta beberapa orang lain- nya pergi ke desa-desa terpencil untuk mengabar. serta dua putra re- maja mereka. mereka menem- puh perjalanan sekitar 150 kilometer melewati jalanan yang berkelok-kelok. seorang wanita mengundang Badri dan is- trinya ke tempat kerjanya. Ada satu orang yang kaget dan bertanya. Badri. Suatu hari. Pada akhir pekan. Kadang. Marina. Badri bercerita. pergi ke Dusheti. dae- rah pegunungan yang indah di utara Tbilisi. tapi setelah berdoa. saya mulai membahas ayat-ayat di Matius 24 tentang tanda hari- hari terakhir. ’Kenapa kami tidak pernah diberi tahu oleh pendeta kami?’ ” Genadi Gudadze melayani sebagai pengawas wilayah pada awal 1990-an 114 . ”Ada sekitar 50 orang yang sudah menunggu kami di ruangan be- sar! Awalnya saya kaget. Gocha dan Levani. untuk sampai ke desa-desa terpencil.

Waktu itu. ”Ibu tidak mau sewa meja juga? Nanti makannya bagaimana?” Apartemen Saudari Badridze berhasil menampung semua hadirin Peringatan. Acara Peringatan di apartemen Saudari Ia Badridze dihadiri 200 orang Acara Peringatan yang Membuat Penasaran Semakin banyak orang Georgia bisa mendengar kebe- naran karena adanya acara Peringatan kematian Yesus. dia harus menyewa banyak kursi. Tapi. orang biasanya menyewa kursi dan meja. para penyiar tadinya ingin mengadakan Peringatan di rumah pribadi. sejumlah auditorium besar disewa untuk acara Peringatan di berbagai daerah di Georgia. Namun. Bersama anak-anaknya. GEORGIA 115 . Di Geor- gia. Salah satunya terjadi pada tahun 1990. karena Saudari Badridze menyewa kursi saja. yang ternyata mencapai 200 orang! Para tetangga jadi penasaran dan mengaju- kan banyak pertanyaan tentang Saksi-Saksi Yehuwa! Acara Peringatan yang Berkesan Pada 1992. para pemilik toko terus bertanya. Saudari Badridze menawarkan apartemen- nya yang terletak di lantai 13 untuk tempat Peringat- an. dia mengosongkan ruang tamu. saat ada acara besar. Di Gori.

dan ada 10. 116 BUKU TAHUNAN 2017 . Setiap bu- 1 Pada 1992. yang waktu itu tinggal di Georgia ba- rat. Jadi. Pada Mei 1992.869 penyiar di Georgia. para penyiar berusaha sebisa-bisanya untuk mengikutinya.” Walaupun itu terdengar tidak ma- suk akal. ”Seorang pengawas wilayah bertemu be- berapa dari kami untuk membahas apa yang harus dila- kukan.—Lihat peta. ”Bukannya di kota ada auditorium besar? Kenapa kalian tidak menye- wanya?” Alasannya karena kapasitas gedung itu lebih dari 1. pertemuan diadakan di Tbilisi selama tiga jam untuk menyemangati para perintis yang ditugas- kan selama lima bulan ke daerah-daerah itu. Davit Samkharadze bercerita bahwa saat pengawas wilayah mengetahuinya. bagaimana para Saksi bisa pergi ke daerah-daerah itu? Tamazi Biblaia. dia bertanya. ruangan itu bisa terisi penuh.” (2 Tim. 4:2) Jadi. bercerita.036 orang yang datang!1 Para Perintis yang Bersemangat Mengabar ke Daerah-Daerah Baru Pada 1992. jauh melebihi jumlah penyiar yang hanya 100 lebih sedikit. ada 1. Tapi. Kala itu. Pengawas wilayah lalu menyarankan. Kami tidak tahu banyak tentang dinas perintis istimewa. Georgia dilanda krisis ekonomi.000 orang. Mereka sangat senang dan terkejut kare- na ternyata ada 1. ”Jika setiap pe- nyiar bisa mengundang sepuluh orang. kami tahu kabar baik harus segera dibe- ritakan.332 yang meng- hadiri Peringatan. mereka memilih 16 perin- tis dan menugaskan mereka ke berbagai daerah. masih ada sejumlah wilayah yang belum dikabari.

Dua saudari perintis.” Pada bulan-bulan setelahnya. Manea Aduashvili dan Nazy Zhvania. dia sudah me- nunggu kami bersama dengan 30 orang yang dia un- dang. begitu kami sampai. mengenang. para penatua mengunjungi mereka untuk memberi- kan dukungan rohani dan juga bantuan materi jika perlu. ”Kami tahu bahwa ada satu peminat yang tinggal dekat Ozurgeti. Manea. ada 12 orang yang siap dibaptis! Pengorbanan Mereka Terbayar Dua saudara perintis. yang saat itu berusia 60 tahun. Dalam lima bulan. ditugaskan ke kota Ozurgeti. perkembangan sangat terlihat. Jadi. Pavle Abdushelishvili dan Pa- ata Morbedadze. Penduduk di Para perintis ditugaskan selama lima bulan ke daerah-daerah ini Lentekhi Shovi Tsageri Oni Ambrolauri Ozurgeti G E O R G I A TBILISI Batumi Akhaltsikhe Akhalkalaki .lan. Waktu kami tiba di rumahnya. Hari itu. ditugaskan ke Tsageri. kami langsung membuat janji untuk berte- mu dia. kami mendapat beberapa pelajar Alkitab baru.

Dia bercerita. para pelajar Alkitab butuh bantuan. tapi sama sekali 118 BUKU TAHUNAN 2017 . Jadi Pavle harus membuat keputusan. yang terletak di wilayah Kakheti. kebanyakan sidang di Georgia ha- nya punya satu penatua atau hamba pelayanan.” kata Pavle. Paata di- undang membantu penerjemahan di daerah lain. Tak lama setelahnya. Biasa- nya. Saat itu. saya ber- kumpul dengan keluarga itu dekat perapian di ruang tamu lantai bawah. Tapi. Sidang di sana punya 300 penyiar.sana percaya pada ajaran leluhur yang dicampur de- ngan ajaran gereja. Malamnya.” ”Saya tinggal di rumah satu keluarga. Joni Shalamberidze dan Pavle Abdushelishvili—yang pernah melayani di daerah terpencil—diminta mem- bantu di kota Telavi. musim dingin yang ekstrem hampir tiba. mereka semua dibaptis. dan masa tugas para perintis hampir berakhir. Para Penatua Melatih yang Lain Pada awal 1990-an. ada 11 orang yang memenuhi syarat untuk menjadi penyiar belum terbaptis. saya berdinas seharian. saya memakai topi hangat dan tidur de- ngan selimut tebal. jadi saya memilih untuk tetap tinggal. ”Saya tahu bahwa melewati musim dingin di Tsageri tidak mudah.” Sewaktu para penatua mengunjungi Pavle pada mu- sim semi. ”Biasanya. Ketika waktunya saya naik ke kamar untuk tidur. sidang terdiri dari beberapa kelompok yang ber- himpun sendiri-sendiri karena para penyiar tinggal di beberapa kota dan desa yang berjauhan.

Pemandangan di Tsageri . Pavle Abdushelishvili & Joni Shalamberidze dengan Tamazi Biblaia pada awal 1990-an GEORGIA 119 .

jadi saudara-saudara kita menghabiskan banyak waktu dengan orang yang tidak seiman.”—1 Kor. Semua 120 BUKU TAHUNAN 2017 . De- ngan begitu. Dua perhimpunan itu sangat berkesan bagi Naili Khutsishvili dan kakaknya. dua perhimpunan ini tidak dirancang untuk melatih penyiar mengabar. Sidang itu terdiri dari 13 kelom- pok yang berhimpun sendiri-sendiri. Joni dan Pavle langsung tahu penyebabnya. Penduduk desa biasanya saling membantu di ladang. Jadi. ”Banyak saudara punya ladang dan kebun anggur yang luas. saudara-saudari semakin saling mengasihi. Setelah rezim Komunis jatuh. 15:33. di sana sudah ada 5 penatua dan 12 hamba pelayanan. organisasi Yehuwa mengarahkan sidang-sidang untuk mengadakan Seko- lah Pelayanan Teokratis dan Perhimpunan Dinas seba- gai bagian dari perhimpunan mingguan mereka. 10) Joni berkata. pengabaran dilarang hingga awal 1990-an. para Saksi berkumpul dalam ke- lompok kecil hanya untuk membahas Pelajaran Buku Si- dang dan Pelajaran Menara Pengawal. Joni bercerita.tidak punya penatua. 4:9. Lali me- ngenang. (Pkh. ”Itu masa-masa yang luar biasa.” Saat Joni dan Pavle meninggalkan Kakheti tiga tahun kemudian. mereka bisa menyemangati satu sama lain sambil bekerja. Lali Alekperova. selama masa itu. Perhimpunan Melatih Saudara-Saudari Mengabar Di Georgia. Para saudara tidak maju secara rohani. ”Di sidang. Meski bermanfa- at. Joni dan Pavle menyarankan agar saudara-saudara meminta bantuan rekan seiman untuk memanen.

Leri bercerita. dua saudara muda. Tapi dengan bantuan Yehuwa. dua saudari masuk ke ruang perhimpunan dari pintu utama dan naik ke panggung!” Lali menambahkan. beberapa saudara membuat publikasi di rumah dengan mesin duplikat yang dio- perasikan dengan tangan.senang sekali karena para saudari kini bisa ber- partisipasi. jadi ada saja masalah. Le- vani Kopaliani dan Leri Mirzashvili. teks yang sudah diterjemahkan ke bahasa Georgia dike- tik dengan rapi sehingga mirip majalah bahasa Inggris. mereka menggunting huruf- huruf yang bagus dari koran dan menempelkannya ke halaman sampul. Setelah itu.” ”Dalam satu pertunjukan. Caranya. ”tuan rumah sedang membaca koran. Namun. ”Kami tidak berpengalaman. GEORGIA 121 .” Makanan Rohani Semakin Dibutuhkan Selama bertahun-tahun. dan dia mendengar ada yang mengetuk pintu. Saudara-saudara dengan kreatif mempersiapkan satu majalah (master copy) yang akan diperbanyak. mengikuti kursus komputer. kedua perhimpunan itu membantu kami semakin pintar mengabar. Majalah itu pun siap diperbanyak! Ketika komputer mulai ada. Mereka lalu menggunting gambar-gambar dari majalah bahasa Inggris dan menempelkannya ke majalah yang sudah diketik. ”Meskipun ka- dang pertunjukannya agak aneh.” kata Naili. karena permintaan untuk publikasi semakin tinggi. Saat dipersilakan masuk. mereka akhirnya me- makai jasa percetakan komersial yang harganya masuk akal.

. Untuk menyiapkan majalah bahasa Georgia yang akan diperbanyak. saudara-saudara menggunting huruf dari koran dan menempelkannya ke sampul majalah bahasa Inggris ) Beberapa majalah pertama yang dicetak di Georgia 122 .

keluarga Datikashvili. salah satu anak mereka. Yehuwa dengan pengasih membantu mereka melalui organisasi-Nya. Marina. pindah ke Amerika Seri- kat. satu keluarga asal Georgia. ”Mereka bilang akan ada yang da- tang untuk melatih kami melakukan penerjemahan. Organisasi harus membuat jenis tulisan baru untuk membantu proses fotokomposisi dan pencetakan.” Meski ada kesulitan.” Mencetak publikasi bahasa Georgia tidaklah mudah. Aku Menjadikan Segala Sesuatu Baru!” dalam baha- sa Georgia dicetak di Jerman. GEORGIA 123 . yaitu Sistem Penerbitan Elektronik Multibaha- sa (MEPS). ”Mereka menjelaskan cara penerjemahan biasanya dilakukan. majalah empat warna berhasil dicetak dan dikirim ke sidang-sidang di seluruh Geor- gia. saudara-saudara dari Georgia bertemu de- ngan para wakil kantor cabang dari Jerman. Peters- burg. program milik Organi- sasi. Sebelumnya. permintaan makin tinggi dan makin sulit dipenuhi. Jadi. belakang- an mengenal kebenaran. tak lama kemudian.kami bisa cepat belajar dan akhirnya bisa mengetik isi dan menyusun tampilan majalah kami. Dia banyak membantu sauda- ra-saudara di Betel Brooklyn dalam menggambar abjad Georgia untuk dimasukkan ke sistem MEPS. Tepat pada saat itu. pada akhir 1970-an. Namun. Titik Balik Pada kebaktian internasional tahun 1992 di St. beberapa risalah dan brosur ”Lihat- lah. Rusia. Hasilnya. Karena alfabet Georgia unik.” kata Genadi Gudadze. Di sana. belum memilikinya.

Bantuan untuk Mengatur Penerjemahan Pada 1993.” kata Michael. Leri Mirzashvili. Michael Fleckenstein dan istrinya. Hasilnya. makanan rohani bisa dikirim ke sidang-sidang secara teratur. kami kaget karena sudah ada satu tim yang bekerja dengan lancar. Akibatnya. Mere- ka dilatih oleh organisasi Yehuwa. keadaan di sana seperti yang mereka ceritakan dalam pertemuan di St. Paata Morbedadze. ”Dalam bayangan saya. ”Saat kami tiba di Tbi- lisi 18 bulan kemudian. perjalanan menjadi ti- dak aman.” Dalam beberapa bulan. tiba di Tbilisi dari cabang Jerman untuk membuat kan- tor penerjemahan. dan Levani Kopaliani bekerja di kantor penerjemahan Tbilisi pada 1993 . Suatu hari pada November 1994. Petersburg. ada 11 penerjemah yang be- kerja sepenuh waktu di sebuah apartemen kecil. Aleko Gvritishvili melewati perbatasan negara dengan dua saudara lain. khususnya jika melewati perbatasan negara. termasuk Georgia. Mengantarkan Makanan Rohani pada Masa yang Sulit Setelah Uni Soviet dibubarkan. pergolakan sipil dan konflik etnik muncul di banyak negara bekas Uni Sovi- et. Silvia.

”Banyak saudara yang ikut mengan- tarkan publikasi sudah berkeluarga. salah satu orang berkata. Belakangan. sekelompok pria bersenjata menghentikan mereka dan menyuruh mereka keluar dari mobil. sekitar 6. dan Tsnori. ”Kami sadar saudara-saudari butuh makanan rohani. ”Bawa bacaan kalian dan pergi—kalau kalian kembali.Tiba-tiba. ”Alasan utamanya karena kami sangat bersyu- kur kepada Yehuwa dan mengasihi-Nya. Zaza Jikurashvili. para saudara terus mengantarkan ma- kanan rohani. yang banyak berkorban untuk membawa publikasi ke Georgia. para saudara berhasil menemukan ja- lur yang lebih aman antara Jerman dan Georgia. Kebaktian yang Menguatkan Iman Ketika situasi politik lebih stabil pada 1995. GEORGIA 125 .” Aleko bercerita. Se- telah sekitar dua jam. Marneuli. Kami bersyukur karena para istri sangat mendukung kami. para Saksi merencanakan kebaktian distrik pertama mereka. Kami terus berdoa kepada Yehuwa. ”Mere- ka menyuruh kami berdiri berjajar seperti orang yang akan dieksekusi.” Kenapa mereka mau melakukannya meski itu berbahaya? Dia melan- jutkan. ”Me- reka marah waktu lihat publikasi. berkata. kami akan bakar mobil kalian dan bunuh kalian.000 delegasi dari seluruh Georgia menghadiri kebaktian di tiga lokasi: Gori. saudara-saudari se- lalu menerima publikasi selama tahun-tahun yang sulit itu. Kami juga mau menunjukkan kepedulian Yehuwa kepada saudara- saudari.” kata Aleko.’ ” Meski begitu.” Karena pengorbanan para pria ini. Pada musim panas 1996.

Semuanya merasakan bahwa umat Allah benar-benar bersatu dan saling menyayangi. yaitu di daerah perkemahan de- kat gunung yang indah. masih ada berkat-berkat lain yang menanti umat Yehuwa di Georgia. sudah ada 11. bernya- nyi. Dulu. tak jauh dari kota.000 orang! Jadi. Kebaktian di Gori terutama sangat berkesan bagi ha- dirin. para penyiar merasa auditorium di kota itu terlalu besar untuk Peringatan. Tujuh tahun kemudian. ada 904 penyiar yang memberikan lapor- an dinas. 13:35. semua sidang terus berkembang dan semakin menaati arahan Organisasi. 1:3) Se- jak 1990 sampai 1997. Pada 1990. Untuk itu. (1 Tes. dan menikmati pergaulan yang menyenangkan.082 penyiar! Perkembangan rohani yang dimulai puluhan tahun lalu kini sudah terlihat dan tersebar ke seluruh negeri. Organisasi melantik beberapa pengawas wilayah baru untuk melayani bersama para pengawas wilayah yang sudah ada di Georgia. Tapi. 126 BUKU TAHUNAN 2017 . anggota Panitia Kebaktian. Sekarang.”—Yoh. pengaturan dibuat agar pengawas wi- layah mulai mengunjungi sidang-sidang selama satu minggu. Kako Lomidze. ”Setelah acara. pertambahannya sangat luar bia- sa. mereka tidak bisa menemukan tempat yang cukup luas un- tuk hadirin kebaktian yang jumlahnya bisa lebih dari 2. Karena dinas mereka yang setia dan ’kerja keras mere- ka yang penuh kasih’. Kunjungan Pengawas Wilayah Memperkuat Sidang Sejak 1996. saudara-saudari mengobrol. berceri- ta. mereka memutuskan agar kebaktian diadakan area terbuka.

) Pada masa pergolakan,
Saudara Zaza Jikurashvili dan
Aleko Gvritishvili (terlihat pada foto
bersama istri mereka) membantu
mengantarkan lektur

/ Para Saksi menghadiri kebaktian
distrik di Gori pada 1996

Marina Kopaliani

LAHIR 1957

BAPTIS 1990

PROFIL Meski membesarkan
dua putra, Marina dan suami-
nya, Badri, rajin mengabar.
Badri belakangan menjadi
anggota Panitia Negeri dan
tetap setia sampai dia
meninggal pada 2010.

Suami Saya Tidak Bisa Berhenti
Membacanya!
PADA 1989, saya dan Suami bertemu para Saksi di ru-
mah tetangga kami. Saudara Givi Barnadze, yang me-
mandu pelajaran Alkitab dengan tetangga kami, tidak pu-
nya Alkitab, karena dulu Alkitab susah didapat di Georgia.
Karena terkesan dengan apa yang kami dengar, kami
ingin punya Alkitab. Waktu Badri bertemu kakaknya, dia
bercerita bahwa dia sedang mencari Alkitab. Ternyata, ka-
kaknya baru saja membeli Alkitab bahasa Georgia cetak-
an baru. Dia mau memberikannya sebagai hadiah untuk
suami saya.
Sepulangnya Badri dari sana, dia langsung duduk dan
membaca Alkitab sampai malam. Besoknya, dia bangun
dan lanjut membaca lagi. Waktu saya pulang kerja, dia

128 BUKU TAHUNAN 2017

masih membaca Alkitab. Dia tidak bisa berhenti memba-
canya! Jadi saya sarankan agar dia mengambil cuti bebe-
rapa hari supaya bisa membacanya sampai habis. Tak
lama setelah itu, dia selesai membaca seluruh isi Alkitab.
Kami belakangan belajar memakai buku Kebenaran
yang Membimbing kepada Hidup yang Kekal dengan
Saudara Barnadze. Karena kami punya Alkitab, kami se-
nang sekali bisa berbagi dengan Saudara Barnadze. Dan,
karena kami tidak punya buku Kebenaran, dia juga ber-
bagi dengan kami. Sekitar setahun kemudian, saya dan
Badri dibaptis.

GEORGIA 129

Saya berpikir. Artur Gerekhelia  LAHIR 1956  BAPTIS 1991  PROFIL Delapan bulan setelah dibaptis. saya belum lama dibaptis. ’Bagaimana ya caranya memulai perca- kapan?’ Ternyata. saya sangat ta- kut. Saat pertama kali mengabar di Batumi. Pada 4 Mei 1992. Keesokan harinya. Banyak orang tidak bisa memban- tu kami karena kebanyakan nama jalan di sana baru di- 130 BUKU TAHUNAN 2017 . saya dan rekan dinas saya pindah ke pelabuhan Batumi. Ini Dia yang Saya Cari-Cari! SUATU hari. ”Ini dia yang saya cari-cari!” Dia sangat ingin tahu lebih banyak tentang para Saksi. Kami tidak tahu jalan. wanita pertama yang saya temui berka- ta. kami diberi daftar ala- mat orang yang berminat. jadi kami sering bertanya. Jadi besoknya. di wilayah Ajaria. Waktu itu. para penatua bertanya apakah saya mau me- luaskan pelayanan. dia langsung mulai belajar Alkitab! Sebelum pindah ke Batumi. dia meninggalkan rumah dan bisnisnya yang sukses untuk melayani di daerah yang membutuhkan. saya menghadiri pertemuan khusus bagi mereka yang siap pindah ke daerah yang lebih mem- butuhkan.

Sebuah sidang baru dengan para penatua dan perintis yang berpengalaman terbentuk hanya dalam satu hari! . kami mulai memandu pelajaran Alkitab dengan bebera- pa kelompok. semua anggota sidang saya yang dulu juga pindah ke Batumi karena ada konflik antara tentara Georgia dan kelompok separatis di Abkhazia. ’Siapa yang akan bantu mereka?’ Tanpa diduga. Empat bulan setelah kami pindah.ganti. sudah ada lebih dari 40 orang yang rutin berhimpun. Kami berpikir. mereka tertarik mendengar kabar baik. Tapi. Jadi. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 sampai 15 orang.

re- kan kerja. saya adalah anggota penting Partai Komunis di daerah asal saya. Senaki. Dulu Saya Merasa Hidup Saya Sudah Lengkap WAKTU mendengar kebenaran Alkitab pada 1989. teman-teman. Tapi. Setelah saya belajar Alkitab. Jadi saat itu. dan saya tidak bisa lagi bekerja di dunia politik. dan saya sering menjadi anggota Majelis Agung Soviet Georgia. meski saya Komunis. Saya juga bertunangan dengan seorang pemuda. saya percaya Allah ada. dia lulus dari kelas pertama Sekolah bagi Penginjil Kerajaan di Tbilisi. Jadi. saya merasa hidup saya sudah lengkap. keluarga menolak saya. Karena saya belajar dengan Saksi. keluarga. semua pertanyaan saya terja- wab. Papa dan Mama selalu mengajar saya untuk mengasihi Allah. yang sama dengan parlemen seka- rang. jadi saya memutuskan untuk membaktikan kehidup- an saya kepada Yehuwa. Pada 2015. Saya 132 BUKU TAHUNAN 2017 . dan tunangan saya tidak menyukainya. Madona Kankia  LAHIR 1962  BAPTIS 1990  PROFIL Dia mantan anggota Partai Komunis yang telah membantu banyak orang mengenal kebenaran.

saya pindah ke Kutaisi. Di sana. Saya jawab bahwa saya tidak pernah menyesali keputusan saya. Saya merasakan manfaat didikan mereka. Saya harus pindah. Setelah saya dibaptis. dan keluar dari Partai Komunis dan Majelis Agung Soviet. keputusan saya untuk menjadi Saksi membuat orang-orang resah. Jadi. Karena saya cukup dikenal di kota saya.merasa tidak ada pilihan lain. saya ber- syukur karena mereka mendidik saya untuk mengasihi Allah dan sesama. Meski orang tua saya tidak mendukung keputusan saya. putus dengan tunangan saya. Orang sering bertanya apakah semua pengorbanan saya sebanding dengan apa yang saya dapatkan. . saya langsung mulai merintis. teman dan keluarga saya semakin menentang saya.

Dia berkata. Perang antara kelompok separatis dan tentara Georgia pun dimulai. setahun setelah konflik dimulai. orang-orang butuh penghiburan. saudara-saudara ketakutan dan ragu untuk mengabar. wilayah otonomi Abkhazia berusaha memisah- kan diri. Jadi. menyemangati kami. kita harus terus mengabar. Gizo: Saya dibaptis pada usia 21 tahun. Kalau mau tetap dekat dengan Yehuwa. Tapi Igor. ”Saat ini. Gizo Narmania dan Igor Ochigava Dua saudara ini bekerja sama untuk membantu rekan- rekan seiman selama perang di Abkhazia. Abkhazia. Kota Jvari jaraknya 85 kilometer dari kota kami. Sewaktu perang pecah. 134 BUKU TAHUNAN 2017 . saya harus pergi ke sana sebulan sekali untuk mengambil publikasi. timbul berbagai kesulitan. Kelompok ini adalah bagian dari sidang yang ber- ada di Jvari. Pada 1992.” Jadi. tak lama setelah Uni So- viet bubar. Akibatnya. Kasih di Antara Umat Yehuwa Tidak Berkesudahan Igor: Kami bergabung dengan kelompok di kota Tkvarcheli. yang adalah pengawas yang baik.

—Yoh. kami tidak bisa melewati rute yang biasa kami lalui ke dan dari Jvari untuk mengambil publika- si. Tapi. jadi saya pergi sendirian sebulan sekali. Igor: Karena perang. GEORGIA 135 . tetap ada risiko bertemu sekelompok pria bersenjata atau menginjak ranjau darat. Namun. Seraya musim dingin mendekat. kami merasakan bahwa kasih sejati di antara umat Allah tidak berkesudahan.dengan berhati-hati. Walau tidak ada pertempuran di Tkvarcheli. Saya tidak mau nyawa saudara- saudara terancam. Dia berencana pergi ke Jvari untuk mengambilnya. kota kami akhirnya dikepung. setiap hari kami terus memberitakan kabar baik dari Alkitab kepada orang-orang. Kami semua sangat senang sewaktu mendengar bahwa sauda- ra-saudari di Jvari telah mengatur bantuan untuk kami! Gizo: Suatu hari. saya selalu bisa mengantarkan publikasi yang membantu kami tetap kuat secara rohani. Kami mengkhawatirkan keselamatannya karena dia harus melewati beberapa pos pemeriksaan dan bisa jadi bertemu dengan pria-pria bersenjata dan perampok. Betapa senangnya kami ketika Igor pulang dengan sela- mat beberapa hari kemudian.—1 Kor. Hidup kami jadi susah. 15:13. Dengan bantuan Yehuwa. Igor bertanya kepada keluarga kami apakah rumah kami bisa dipakai untuk menyimpan dan membagikan persediaan makanan sumbangan saudara- saudari. 13:8. saya tahu ja- lan yang aman lewat kebun teh dan pegunungan. Dia membawa mobil yang pe- nuh dengan makanan yang cukup untuk memenuhi kebu- tuhan kami sepanjang musim dingin! Selama masa-masa yang sulit itu. persediaan makanan semakin menipis dan kami semua khawatir tidak bisa bertahan hidup. karena saya dibesarkan di daerah itu.

Jadi. Saya Melihat Sendiri Apa yang Alkitab Katakan! SAYA pertama mendengar tentang para Saksi ketika ber- kuliah di Kutaisi. Pepo Devidze  LAHIR 1976  BAPTIS 1993  PROFIL Dia dibesarkan sebagai penganut Ortodoks dan selalu menjalankan tradisi agamanya. Setelah belajar Alkitab. Seorang tetangga berkata bahwa para Saksi tidak memakai gambar dan patung dalam ibadat serta tidak menganggap Yesus itu Allah yang Mahakuasa. para Saksi juga ada di sana. pada musim panas 1992. Karena saya tidak menyukai mereka. Banyak tetangga ikut mende- ngarkan mereka dan mengajukan pertanyaan. ”Coba kamu lihat sendiri apa yang mereka ajarkan. Tsageri. Pavle dan Paata.” Dua perintis. mereka melayani sebagai perintis istimewa. saya 136 BUKU TAHUNAN 2017 . Ternyata. Itu bertentangan dengan apa yang saya yakini sebagai orang Kristen Ortodoks. Mama berkata. dia melayani di Betel bersama suaminya. Sekarang. rutin mengunjungi satu keluarga di daerah kami. Mama telah mendengar banyak hal bagus tentang para Saksi. Saya kembali ke kota saya.

Saya bersyukur karena kedua saudara itu menjawab pertanyaan saya dengan meminta saya membaca sendiri dari Alkitab. Saya jadi mudah menerima kenyataan bahwa apa yang saya anut sejak kecil tidak sesuai Alkitab. Saya sangat terkesan. Setiap kali saya bertanya.juga ikut. Mama juga dibaptis. Karena merasakan manfaat dari membaca sendiri apa yang Alki- tab katakan. Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri apa yang Alkitab katakan! Saya pun ikut dalam kelompok yang belajar Alkitab de- ngan dua saudara itu. Belakang- an. saya sering memakai cara ini untuk memban- tu orang lain menghargai kebenaran! GEORGIA 137 . Pada musim panas berikutnya. saya dan sembilan orang dari kelompok itu dibaptis. dua saudara itu mem- buka ayat Alkitab dan meminta saya membacanya.

138 BUKU TAHUNAN 2017 . 4:2.1998 sampai 2006 Berkat pada ’Masa yang Menyenangkan dan Masa yang Susah’. —2 Tim.

masih terbilang baru dalam kebenaran dan kurang berpeng- alaman. Tapi. jumlah penyiar dan peminat di Georgia bertambah dengan cepat. Pada tahun yang sama. Badan Pimpinan menye- tujui dibukanya kantor negeri di Georgia. sebanyak 32. banyak penyiar tidak bisa mengabar dari ¨ rumah ke rumah secara terang-terangan. publikasi dikirimkan langsung dari kantor ca- bang Jerman (sekarang dikenal sebagai kantor cabang Eropa Tengah). Arno Tungler mengenang. di bawah pengawasan kantor cabang Rusia.409 orang menghadiri Peringatan kematian Kristus. Kebanyakan dari mereka butuh dilatih dalam hal pengaturan organisasi maupun pengabaran. termasuk penatua. Pelatihan Rohani Dimulai Karena kegiatan kita bertahun-tahun dilarang oleh rezim Soviet. dua lulusan Sekolah Perluas- an Gilead di Jerman. Setelah kegiatan kita didaftarkan secara resmi. banyak penyiar. Pada 1998. siapa yang bisa melatih mereka? Organisasi Yehuwa Memberikan Bantuan ¨ Arno dan Sonja Tungler. Panitia Negeri pun dibentuk untuk mengawasi pe- ngabaran.Sekolah Dinas Perintis dekat Zugdidi SEJAK akhir 1990-an dan seterusnya. Namun. Pengakuan hukum juga memungkin- kan kita membeli properti untuk membangun Balai Ke- rajaan dan kantor cabang. ditugaskan ke Georgia pada Maret 1998. ”Kebanyakan penyiar terbiasa melakukan GEORGIA 139 .

kami memperhatikan dan belajar dari saudara-saudara yang berpengalaman. Saudara- 140 BUKU TAHUNAN 2017 . bukan hanya mereka yang dapat manfa- at.” Para saudara di Georgia mulai menerima pelatihan intensif. Tapi. 27:17. ”Ada banyak yang harus dilakukan dalam dinas pengabaran dan di Betel. Arno dan Sonja ¨ Tungler kesaksian di jalan. bercerita. saudara-sau- dara yang melatih juga banyak belajar dari saudara-sau- dari setempat.—Ams. Seperti para Saksi yang ”Makedonia”. yang mulai melayani di kantor ne- geri pada Mei 1999. Jadi. yang diutus oleh Badan Pimpinan. Ada hal-hal yang sudah pernah kami baca.” Davit Devidze. Saudara-Saudari Setempat Menunjukkan Kebaikan Arno dan Sonja sangat terkesan dengan sambutan ha- ngat yang mereka terima saat tiba di Georgia. tapi kami tidak tahu cara melakukannya. tapi banyak yang tidak terbiasa me- ngabar dari rumah ke rumah atau berupaya berkun- jung kembali.

Saudara-saudara setempat melayani bersama para utusan injil yang berpengalaman di kantor negeri . Mereka semua.saudari di sana benar-benar berusaha membuat mereka betah. termasuk yang masih muda.” Mereka yang ditugaskan dari negeri asing ke Geor- gia berfokus pada sifat-sifat baik penduduk setempat. me- nyatakan perasaan dan kasih sayang dengan terbuka. ”Kami kagum sekali dengan kasih yang mereka tunjukkan. yang ditugaskan dari Ka- nada pada 1999. ”Suami istri yang tinggal dekat rumah kami sering membawa makanan yang enak. Sonja ingat kemurahan hati mereka. Saudari lain dengan sabar mengajar kami bahasa Georgia. berkata. Seorang saudari meng- ajak kami berdinas. Dia mengenang. dan menjelaskan banyak hal tentang kebudayaan Geor- gia. Kami ingin meniru me- reka.” Warren dan Leslie Shewfelt. mengenalkan kami ke sidang.

Kenapa banyak orang Geor- gia berminat akan kebenaran? Tamazi Biblaia. waktu kami memberitahukan kabar baik dari Alki- tab. kebanyakan malah jadi belajar Alkitab!” Kabar baik mengubah kehidupan banyak orang. Di sisi lain. keluarga dan tetangga biasanya menen- tang. yang mengajar Sekolah bagi Penginjil Kerajaan. Jadi. ”Sebuah pintu besar yang menuju kegiat- an dibukakan bagiku. 142 BUKU TAHUNAN 2017 . sikap para utusan injil yang baik dan rendah hati juga membuat saudara-saudari di Georgia langsung merasa dekat dengan mereka.bukan pada tantangan yang mereka hadapi. mereka tidak menolaknya. Ini adalah jumlah tertinggi sampai saat itu. 16:9) Kata-katanya menggambarkan apa yang dialami para Saksi di Georgia beberapa bulan setelah Peringatan tahun 1999. Pada April 1999. menjelaskan.” Davit Samkharadze. ada 1. ”Ketika seseorang mulai belajar Alkitab.669 orang yang menghadiri Per- ingatan. Pada tahun 1998 saja. banyak orang yang tulus mu- lai menerima kebenaran. ada 36. bercerita. namun ada banyak penentang. ”Ada Banyak Penentang” Rasul Paulus mengatakan tentang pengabarannya di Efesus. waktu mereka berusaha membuat orang itu berhenti belajar Alkitab. Orang-Orang yang Tulus Menerima Kebenaran Selama tahun 1990-an. Tapi. ”Orang-orang di sana biasanya diajar untuk mengasihi Allah sejak kecil. yang bertahun-tahun melayani seba- gai pengawas wilayah.” (1 Kor.724 orang yang dibaptis.

para anggota kelom- pok Ortodoks yang fanatik. GEORGIA 143 . terma- suk Presiden Shevardnadze. Malah. Mereka juga diingatkan ke- napa orang Kristen kadang dianiaya. Hal seperti itu belum pernah terja- di sebelumnya. yang dipimpin oleh Va- sili Mkalavishvili. Para Saksi di sana mendapat pengarahan tentang cara menanggapi serangan. seorang pendeta yang diturunkan de- ngan tidak hormat. seorang anggota parlemen Geor- gia. Dia berkata bahwa para Saksi adalah orang-orang berbahaya. mengatur unjuk rasa di Tbilisi dan membakar publikasi kita di depan umum. melancarkan fitnah besar-besaran terhadap para Saksi. 3:12. namun tidak ada tindakan nyata yang diambil. Guram Sharadze. Mereka menyerang hadirin dengan pentung kayu dan salib besi sehingga sejumlah Saksi harus dilarikan ke rumah sakit. Tanggapan Organisasi Yehuwa terhadap Tantangan Organisasi Yehuwa langsung bertindak untuk mem- bantu. Sayangnya. Pada 17 Oktober 1999. Pada bulan Agustus tahun itu. Ini menyu- lut serentetan penganiayaan yang berlangsung selama empat tahun. sekitar 200 orang menghenti- kan perhimpunan di Sidang Gldani di Tbilisi. dan para Saksi terus dianiaya.—2 Tim. mengecam penyerangan- penyerangan itu. Pada saat yang sama. para penyerang itu tidak ditahan. ”masa yang menye- nangkan” untuk mengabar tampaknya sudah berlalu. polisi biasanya baru datang ke lokasi kejadian lama setelah penyerangan terjadi. Sejumlah pejabat. Saat itu. Mere- ka dipimpin oleh beberapa anggota kelompok fanatik.

dan penyerangan 144 BUKU TAHUNAN 2017 .Sejak 1999. Saksi-Saksi Yehuwa di Georgia menjadi sasaran aksi protes. pembakaran buku.

mengatakan. organisasi Yehuwa mengambil langkah- langkah hukum untuk membela saudara-saudari di meja hijau. ada satu sau- dara yang membawa ponsel dan berjaga dekat tem- pat perhimpunan. dua penatua dari kantor ca- bang akan berkunjung untuk menguatkan saudara-sau- ´ dari. Para penatua dengan bijaksana mengambil langkah-langkah pencegahan untuk me- ´ lindungi penyiar. mereka biasanya melihat saudara-sau- dari yang bahagia dan tersenyum. tapi penganiayaan terus berlanjut. dia akan langsung memperingatkan para penatua. halaman 18-24. ”Biasanya. penga- cara asal Kanada yang membela saudara-saudari kita selama masa itu. GEORGIA 145 . ”Ketika para penatua ini datang ke perhimpunan.” 1 Untuk informasi lebih lanjut tentang perjuangan hukum kami untuk mendapatkan hak beragama dan berhati nurani. kami mengajukan lebih dari 800 ke- luhan tentang tindakan kelompok Vasili Mkalavishvili. dan mere- ka terus berhimpun. Andre berkata.” Terus Melayani Yehuwa Meski Diancam Saudara-saudari kita tidak terintimidasi. Jika dia melihat sekelompok orang mendekat. Kantor pusat Saksi-Saksi Ye- huwa memulai kampanye untuk memberi tahu ma- syarakat tentang penyerangan yang dialami para Saksi. Seorang saudara anggota Departemen Hu- kum di kantor cabang Georgia mengenang. Saudara Andre Carbonneau. Selain itu.” Setiap ada penyerangan. Kami meminta bantuan pemerintah dan berbagai orga- nisasi hak asasi manusia. Ini luar biasa. ”Selama empat tahun itu. lihat Sedarlah! 22 Ja- nuari 2002.

para penyiar menunjukkan iman dan keberanian yang sangat besar. . juga tetap bersemangat. ´ Andre ingat dia pernah mengobrol dengan seorang wa- nita yang akan menjadi penyiar belum terbaptis. mereka tetap setia kepada Yehuwa Orang-orang yang tidak secara langsung diserang. ”Waktu saya melihat penyerangan di TV. Mereka tetap 146 BUKU TAHUNAN 2017 .” Dengan Berani Membela Rekan Seiman Pada masa yang sulit itu. termasuk para pelajar Alkitab. Rumah keluarga Shamoyan (kiri) dan depot publikasi (kanan) dibakar & Meskipun isi rumah beberapa Saksi diporak-porandakan. Saya mau jadi orang Kristen sejati. saya melihat mana orang Kristen yang sejati dan mana yang palsu. Wani- ta ini berkata.

dan melawan pemerintah. ”Saudara-saudari setempat yang bekerja GEORGIA 147 . mengenang. yang kala itu membantu para Saksi di Georgia.. Saudara-saudari menghadapi tentangan di luar dan di dalam ruang pengadilan ) Para saudara yang berani dari Departemen Hukum di Amerika Serikat membela rekan-rekan seiman mereka di pengadilan rajin mengabar. John Burns. para pengacara yang membela para Saksi memper- taruhkan reputasi dan karier mereka. Para Saksi sering disalahgambarkan di media massa sebagai kelompok yang memecah-belah keluarga. Jadi. Para saudara yang membela rekan se- iman mereka di pengadilan juga sangat beriman. me- nolak pengobatan medis. seorang pengacara dari kantor cabang Kanada.

Meskipun pe- kerjaan mereka menjadi taruhannya. Jadi. Warga Georgia Memprotes Kekerasan Penyerangan terhadap para Saksi terus berlanjut.” Ribuan warga Georgia menandatangani petisi yang mengecam kekerasan atas para Saksi . 1:7.—Flp. pada 8 Januari 2001.” Para Saksi yang berani tersebut ikut ”membela dan secara hukum meneguhkan kabar baik”. mereka tidak ta- kut menyatakan diri sebagai Saksi Yehuwa di pengadil- an. para Saksi mulai mengedarkan pe- tisi untuk meminta perlindungan sekaligus meminta agar para penyerang dihukum. ”Tujuan kami adalah untuk membuktikan bahwa kebanyakan masyarakat Georgia sebenarnya menentang kekerasan terhadap para Saksi dan dalang di balik ini semua adalah seke- lompok kecil orang fanatik. Saudara Burns menjelaskan.sebagai pengacara bersedia membantu.

Babilina ingin tahu tentang Allah. Yehuwa memanggil orang-orang yang tulus untuk keluar dari agama palsu. Mes- kipun petisi itu disampaikan kepada Presiden Sheva- rdnadze. Dia selalu menjauhi para Saksi. ”Buku ini bisa membuat kalian tahu banyak tentang Alkitab. kekerasan terhadap para Saksi tidak berakhir. GEORGIA 149 . untuk apa saya ke gereja?’ Dia langsung menghubungi para Saksi di kota Poti dan belajar Alkitab. seorang pemimpin agama menunjukkan buku Pengetahuan yang Membimbing kepada Kehidup- an Abadi dan menyuruh hadirin meminta buku itu dari Saksi-Saksi Yehuwa. Yehuwa terus memberkati umat-Nya. Ketika berusia 30-an. Walaupun kelompok agama yang fanatik terus menye- rang umat Allah. Jadi dia me- mutuskan untuk mendengarkan ceramah-ceramah yang diadakan oleh seminari Gereja Ortodoks. dia pergi ke banyak kota dan desa un- tuk mengajar orang tentang kehidupan para santo dan santa. tapi sekarang seorang pendeta malah menyuruhnya me- minta buku dari mereka! Dia berpikir. Dia berkata. Orang-orang yang fanatik terus menyerang.” Babilina kaget. Hanya dalam waktu dua minggu.375 orang de- wasa di seluruh Georgia—yang kebanyakan adalah penganut Ortodoks—menandatangani petisi itu. Babilina Kharatishvili ada- lah anggota Gereja Ortodoks Georgia yang taat. 133. Pada sa- lah satu acara. ’Kalau Saksi Ye- huwa-lah yang bisa mengajar saya tentang Allah. Sementara itu. Terbebas dari Agama Palsu Selama puluhan tahun. Tapi.

Tapi cucunya.Babilina memberitahukan kebenaran dari Alkitab kepada cucunya. saya lang- sung berhenti melakukan semua jenis penyembahan berhala. Jadi. belakang- an dibaptis dan melayani Yehuwa sampai sekarang. Izabela. Dia Mau Menjadi Biarawati Saat berumur 28 tahun. pada 2001. dia bekerja paruh 150 BUKU TAHUNAN 2017 . Sayangnya.” Dia ingin menjadi Saksi Yehuwa. dia pindah ke Tbilisi pada 2001. Eliso Dzidzishvili memutus- kan menjadi biarawati. Izabela Seraya pengetahuannya bertambah. Saya yakin itu keputusan yang benar. Tkibuli. tidak ada biara. ”Saya baca sendiri dari Alkitab bahwa me- nyembah patung dan gambar itu salah. Sambil mencari lowongan di sebuah biara. Babilina mem- buat beberapa perubahan besar dalam hidupnya. Waktu itu dia berumur 70 tahun lebih. Babilina sakit dan meninggal sebelum dia dibaptis. Dia berkata. Karena di kota asalnya.

dan Nunu Kopaliani (kanan) waktu sebagai guru les privat. Dari ja- waban pendeta itu. Eliso pergi ke gereja setempat dan mena- nyakan beberapa pertanyaan kepada pendeta. (Mrk. saya sadar bahwa penyembahan berhala benar-benar melanggar perintah Allah. Nunu dengan sa- bar membuka ayat-ayat dari Alkitab. dia mengajak saya membaca brosur Apa yang Allah Tuntut dari Kita? Sewaktu kami membacanya dan membu- ka ayat-ayat. yang dulu ingin menjadi biarawati. GEORGIA 151 . 7:7. Eliso sadar bahwa ajaran gereja ti- dak sesuai Alkitab. Salah satu muridnya ada- lah anak dari seorang saudari bernama Nunu.Eliso Dzidzishvili (kiri). Tapi. dia langsung bel- ajar Alkitab dengan para Saksi dan tak lama kemudian dibaptis. 8) Setelah yakin bahwa dia sudah menemukan kebenaran. Suatu hari. Saya sa- ngat membela agama Ortodoks.” Belakangan. Eliso bercerita. ”Kami sering bahas Alkitab.

Saudara Tamazi Khutsishvili. program pembangunan Balai Kerajaan dimulai meski- pun kondisi di negeri itu tidak kondusif. Kadang. Tak lama kemudian. 3:3. kami mendengar kabar bahwa para penentang akan datang dan menghancur- kan Balai itu. yang membantu proyek di Chiatura. Tak lama setelahnya. sidang-sidang yang baru terbentuk mem- butuhkan tempat untuk beribadat.—Ezr. semua orang di kota itu tahu bahwa kami sedang mem- bangun Balai Kerajaan.” 152 BUKU TAHUNAN 2017 . Menurut perkiraan. para sukarelawan pembangunan mulai membangun ulang sebuah bangunan yang dipa- kai oleh beberapa sidang di Tbilisi. Georgia barat.Membangun Balai Kerajaan Meskipun Ditentang Pada 2001. ”Ada lima belas orang yang bekerja di proyek ini setiap hari. mengenang. mereka mengerjakan dua proyek lainnya—satu di Tbilisi dan satu lagi di Chiatura. Setelah itu. Jadi. ada sekitar 70 Balai Kerajaan yang dibutuhkan.

”Kami terus bekerja. Namun. Saat tembok baru didirikan dan be- ton masih basah. para penentang datang dan meroboh- kan bangunan itu. penantian panjang saudara-saudari kita di Georgia berakhir. dan Balai itu pun selesai da- lam tiga bulan. Sekali lagi. kelompok fanatik menakut- nakuti para Saksi. ada tujuh Balai Kerajaan yang dibangun di Georgia. proyek pembangunan dimulai di kota Samtredia. Vasili Mkalavishvili. Perubahan 1 Sejak 2001 sampai 2003.”1 Penantian Panjang Berakhir Pada Oktober 2003.Balai Kerajaan di Tbilisi (kiri) diganti dengan yang baru (kanan) Lantas. apakah proyek itu berhasil? Tamazi berka- ta. Para anggota kelompok Ortodoks yang fanatik dengan pemimpin mereka. Semua ancaman itu hanya omong kosong. saat ditahan . pada November 2003.

Kitab-Kitab Yunani Kristen Terjemah- an Dunia Baru bahasa Georgia dirilis. Umat Allah Dihujani Banyak Berkat Tak lama setelah penganiayaan berakhir. beberapa anggota ke- lompok Ortodoks fanatik yang menyerang para Saksi ditangkap. Kebaktian Distrik ”Pembebasan Sudah Dekat!” ta- hun 2006 juga menjadi tonggak sejarah. para Saksi di Georgia menerima banyak berkat. Para delegasi 154 BUKU TAHUNAN 2017 .Alkitab Terjemahan Dunia Baru bahasa Georgia dirilis pada 2006 di pemerintahan membuat toleransi agama sema- kin digalakkan. Hasilnya. Pada kebaktian dis- trik tahun 2004.

akan berkhot- bah.sangat senang saat mendengar bahwa Geoffrey Jack- son. Itu benar-benar hari yang berseja- rah. Seorang saudari menuturkan. GEORGIA 155 .” Lebih dari 17. Mereka sangat terkejut saat Saudara Jackson meng- umumkan dirilisnya Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru yang lengkap dalam bahasa Georgia! Banyak delegasi tidak bisa membendung air mata bahagia. . . ”Kebahagiaan kami saat menerima Alkitab itu tidak bisa diungkapkan lewat kata-kata.000 orang hadir dalam kebaktian yang istimewa itu. . seorang anggota Badan Pimpinan.

—1 Ptr. pe- kerjaan pengabaran di negeri ini bisa dilakukan dengan terbuka. 156 BUKU TAHUNAN 2017 .Penganiayaan Berakhir! Banyak dari kita masih ingat berita-berita yang menyedih- kan dari Georgia sejak 1999 sampai 2003. (Yak. Ada tak terhi- tung banyaknya saudara-saudari di seluruh dunia yang mendoakan para Saksi di Georgia. 2:17. Para Saksi di Georgia sangat bersyukur atas ke- pedulian dan kasih yang ditunjukkan oleh semua saudara- saudari mereka. 5:16) Betapa ba- hagianya saudara-saudari di sana saat penderitaan mere- ka berakhir pada akhir tahun 2003! Sejak saat itu.

dan Yehuwa memberkati kerja ke- ras mereka. 54:17. Beberapa tahun belakangan ini. UMAT Yehuwa di Georgia tidak pernah lelah membe- ritakan kabar baik. Di daerah GEORGIA 157 . Hasilnya. kabar baik tersebar ke seluruh penjuru negeri.” —Yes. para perintis dan penyiar yang rajin berfokus membantu orang-orang yang tinggal di daerah yang jarang dikabari. Mengabar di stasiun kereta gantung di Khulo ”Inilah Milik Pusaka Hamba-Hamba Yehuwa.

Para penyiar di Svaneti ) Ana dan Temuri Bliadze 158 BUKU TAHUNAN 2017 . yang letaknya sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut .Atas: Para penyiar bersiap-siap mengabar di Ushguli.

Temuri dan Ana baru saja membeli tanah untuk membangun rumah baru. mereka memutuskan untuk tetap ting- gal di daerah tugas agar dapat membantu para pelajar Alkitab. ”Penyiar setempat sering berjalan kaki untuk sampai ke desa-desa kecil. mereka mencoba tinggal di Ajaria selama seminggu. Tujuannya agar para penyiar mau membantu pengabaran di sana.” Ana menambahkan. kami merasakan berkat Yehuwa. GEORGIA 159 . Temuri bercerita tentang kesan pertamanya. sebuah kota kecil di Ajaria. mere- ka mendengar bahwa para penyiar di daerah pegu- nungan Ajaria butuh bantuan. ”Pindah ke tempat yang jauh sa- ngat sulit karena kami sangat akrab dengan sidang dan keluarga kami. dan saya lang- sung berpikir itu akan sangat berguna di sana. Saat Temuri dan Ana Bliadze baru menikah. kantor cabang Georgia setiap tahun memberikan daftar wilayah yang belum dikabari ke- pada sidang-sidang. Para Perintis yang Kreatif Para perintis-istimewa-sementara sangat membantu pengabaran di daerah terpencil.pegunungan. Tapi sekarang. Banyak yang telah membuat pengorbanan besar agar dapat membantu.” Mereka sudah tiga tahun lebih membantu kelompok di Keda. Kami punya mobil besar. mereka berkesempatan untuk meluas- kan pelayanan. Sejak 2009. Tapi. Ketika masa tugas me- reka berakhir. Awalnya. beberapa desa hanya bisa dijangkau de- ngan mobil jip besar atau kereta gantung.

mereka memandu 9 pelajaran Alkitab. 160 BUKU TAHUNAN 2017 . Jadi. dan 18! Ketika masa tugas mereka berakhir. bulan ber- ikutnya 12. Para pengunjung yang datang ke Manglisi sangat suka dengan makanan khas daerah itu. lalu 15. Dua saudari ini mendapat banyak hasil bagus dalam pengabaran. yaitu se- lai yang dibuat dari biji pinus. dua saudari perintis. Di sana.Khatuna Kharebashvili dan Khatuna Tsulaia di Manglisi Misalnya. kedua saudari ini mengumpulkan biji pinus hijau untuk dijadikan selai. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. ditugaskan ke kota Manglisi yang in- dah. Lalu. yang dua-duanya ber- nama Khatuna. Tapi suatu hari. Pada bulan per- tama. me- reka menemukan cara lain untuk mendapat uang. mereka memutuskan untuk tetap tinggal di Manglisi agar bisa membantu para pelajar Alkitab. tidak ada Saksi. mereka menjualnya ke pasar. mereka ha- rus kreatif.

seorang pelajar Alkitab memberi mereka beberapa anak ayam. Para perintis lain pindah ke daerah-daerah yang membutuhkan bantuan. Salah satu saudari itu menuturkan. saya jadi banyak belajar. GEORGIA 161 . Salah satu dari mereka tahu cara memelihara ayam. di sana sudah ada satu kelompok. ”Kami mau memberi- kan yang terbaik untuk Yehuwa.” Gela mengenang. Mandarin. Giorgi berkata. seperti Arab. Jadi. Suatu hari. Mere- ka lalu bergabung dengan kelompok dan sidang baha- sa-bahasa tersebut. Inggris.” Seka- rang. dan Turki. ”Karena melayani sebagai penatua di daerah yang membutuhkan. Persia. Azerbaijani. Pelajar Alkitab ini memberikan anak-anak ayam itu kepada mereka. saudara-saudari. 21:17. ”Berkat bantu- an Yehuwa. serta para pelajar Alkitab. me- reka pun membuat peternakan kecil. Jadi. kami bisa tinggal di Manglisi sampai lima tahun. Jadi. Saya senang sekali bisa dipakai Yehuwa untuk mem- bantu ’domba-domba kecil-Nya’. Menjadi Perintis di Ladang Bahasa Asing Beberapa tahun belakangan ini. mereka mulai belajar bahasa asing. Dia bercerita bahwa salah satu ayamnya bertelur di tempat yang tersembunyi dan tiba- tiba membawa pulang anak-anaknya. Banyak perintis sadar bahwa ini adalah kesempatan untuk mencoba bentuk dinas lain. Saudara Giorgi dan Gela ber- usia 20-an ketika mereka pindah ke salah satu negara te- tangga Georgia. ”—Yoh. kami pindah ke sini. banyak orang asing datang ke Georgia.

Salah satunya adalah karena di Georgia. seper- tiga dari 3. melayani di Turki selama beberapa tahun. saya merasa bahagia. bercerita. yang juga bernama Gela. ”Saya merasa Yehuwa mendukung saya sejak hari pertama pindah ke sini. yang merintis di Istanbul. berka- ta. selama lebih dari sepuluh tahun. Waktu saya sendiri jadi se- orang ayah. ”Saya tertarik pada kebenaran karena tahu Yehuwa adalah Bapak yang baik.” 162 BUKU TAHUNAN 2017 . Tapi. ”Waktu masih belajar bahasa. tapi kami tidak menyesali keputusan kami dan tetap berfo- kus pada dinas. De- ngan merintis di ladang bahasa asing. Turki. (Pkh. Giorgi menambahkan. Dia mengenang. saya mau anak-anak merasa dekat dengan saya. keluarga biasanya sangat akrab. hampir setiap hari saya dapat pengalaman luar biasa seperti di Buku Tahunan. Konstantine. saya tidak begitu menikmati di- nas. Apa yang membuat mereka begitu bersemangat? Ada beberapa alasan.197 perintis yang ada di Georgia berusia 25 tahun ke bawah. 12:1) Malah. setelah bisa berkomunikasi dengan saudara- saudari dan orang-orang.” Mereka ’Mengingat Pencipta Mereka yang Agung’ Banyak dari mereka yang pengalamannya dicerita- kan dalam buku ini adalah anak-anak muda yang ’mengingat Pencipta mereka yang Agung pada hari- hari masa muda mereka’. Kami hanya melakukan apa yang wajib kami lakukan.” Saudara lain. yang membesarkan lima anak dalam kebenaran.” Nino. ”Tantangannya banyak.

bercerita. para penatua memberi saya banyak tugas sederhana. benar- benar berupaya membuat keluarga mereka akrab. mereka belajar melihat dan menghargai hal-hal positif dalam diri orang lain. Ada seorang penatua muda yang menjadi teladan .” ”Sekarang Kehidupan Saya Bermakna!” Para penatua mendukung orang tua dengan melibat- kan anak muda dalam kegiatan di sidang sedini mung- kin. ”Tidak seperti kakak-adik saya. salah satu kakak Nestori. Nestori. Koba. Lalu. ”Kami sering bertanya kepada anak-anak apa saja yang mereka sukai dari kami dan kakak-adik me- reka. yang punya tiga anak. Dia berkata. kami minta mereka menceritakannya saat ibadat keluarga. ”Sejak saya kecil. Saya jadi merasa bagian dari sidang. yang dibaptis saat berusia 11 tahun.” Teladan dan bantuan para penatua juga sangat ber- harga. Malkhazi dan istrinya. masa remaja saya tidak mu- lus. berka- ta. Hasilnya.

Mari.” Anak-anak muda mendapat banyak manfaat karena bekerja dan bergaul dengan saudara-saudari yang ma- tang. saya mendapat banyak pelajaran rohani. dan teladan bagus dari saudara-saudari sangat membantu kaum muda di Georgia. me- layani di sebuah daerah terpencil. dan kakak mereka. Selain belajar beberapa keahlian. Pekerjaan Penerjemahan Semakin Berkembang Pada 2013. saya belajar dari orang lain.” Sekarang Nestori. ”Kami sayang anak-anak muda. Jadi. bahwa aku mendengar anak-anakku tetap berja- lan dalam kebenaran. Mamuka. ”Dengan bekerja di proyek internasional seperti itu.bagus buat saya. ”Seka- rang kehidupan saya bermakna!” ”Anak-anakku Tetap Berjalan dalam Kebenaran” Kantor cabang mendukung para orang tua dengan mengajak anak muda ikut dalam proyek teokratis.”—3 Yoh. Sa- lah satu anggota Panitia Cabang berkata. yang bekerja dengan para hamba inter- nasional ketika membangun Balai Kebaktian di Tbilisi. 4. Dia berusaha memahami saya dan tidak menghakimi. kami mau membantu mereka meraih cita-cita rohani. berkata. ”Bagiku tidak ada alasan yang lebih besar untuk bersyukur daripada hal- hal ini. Badan Pimpinan meminta semua cabang untuk mencari tahu apakah publikasi dalam bahasa- bahasa lain yang ada di wilayah cabang mereka perlu 164 BUKU TAHUNAN 2017 .” Keakraban dalam keluarga. Dia benar-benar membantu saya kembali kepada Yehuwa. dukungan penatua. Koba. Para orang tua mereka merasa- kan apa yang ditulis Rasul Yohanes. Koba berkata.

”Sekarang Para Saksi di Georgia dan para hamba internasional bekerja sama membangun Balai Kebaktian di Tbilisi . cabang Georgia memutuskan untuk me- nerjemahkan beberapa publikasi ke bahasa Svania dan Mingrelia. Bahkan mereka yang awalnya tidak mau menerima publikasi akhirnya berubah pikir- an dan menerima publikasi dalam bahasa ibu mereka. bercerita. Tujuannya agar semakin banyak orang mende- ngar kabar baik. Para perintis yang bersemangat di Svaneti berkata.” Semua penyiar berbahasa Mingrelia sangat terharu ketika perhimpunan mulai diadakan dalam bahasa me- reka. seorang perintis muda.dibuat. Karena itu. Giga. ”Orang-orang Svania sangat suka dengan hal rohani dan sangat merespek Alkitab. dua bahasa yang sangat mirip dengan baha- sa Georgia sehingga dianggap sebagai dialek.

Anggota Panitia Cabang Georgia: Wayne Tomchuk.” Zuri. Tapi. ada banyak peristiwa yang menyedihkan dan juga menye- nangkan. ”Dalam kehidupan saya. 2013 saya bisa komentar dengan kata-kata sendiri. menyampaikan khotbah untuk menahbiskan kompleks kantor cabang yang telah direnovasi dan 166 BUKU TAHUNAN 2017 . seorang penatua di sidang bahasa Mingrelia di Tkaia. Jones ) Penahbisan kantor cabang di Tbilisi. tidak ada yang sampai membuat saya menangis. Joni Shalamberidze. David Splane. Michael E. Nah. anggota Badan Pim- pinan.” Peristiwa Bersejarah Baru-Baru Ini Suatu acara yang sangat penting diadakan pada Sab- tu. mengungkapkan.. Saya tidak perlu menerjemahkan apa yang mau saya katakan. waktu kami bernyanyi lagu Kerajaan bahasa Mingrelia di perhimpunan untuk pertama kali- nya. semua hadirin menangis. termasuk saya. 6 April 2013. Levani Kopaliani.

GEORGIA 167 .

mereka rela melayani dengan bersemangat di mana pun dibutuhkan.” Sekolah Alkitab bagi Pasangan Kristen. Besoknya. kabar baik bisa tersebar ke seluruh negeri itu. Acara di- hadiri 15. Kini. Banyak yang menye- diakan rumah mereka untuk menampung para tamu. Ini adalah pertemuan internasio- nal terbesar yang pernah diadakan Saksi Yehuwa di Georgia.200 orang. ”Sekarang saya jadi tahu seperti apa Dunia Baru nanti. ”Merentangkan Diri kepada Perkara-Perkara yang Ada di Muka” Berkat upaya dan keberanian para penginjil yang per- tama mengabar di Georgia. 4:13. ada lebih dari 18. Kasih mereka yang tulus kepada Allah dan sesama serta iman. ada le- bih dari 200 siswa yang telah diwisuda. Saudara-saudari sangat bahagia karena bisa saling menganjurkan. terbukti menja- di berkat bagi para Saksi di Georgia. dan inisiatif mereka benar-benar diberkati Yehuwa. Sejak 2013.000 Saksi di Georgia yang me- niru teladan mereka. 168 BUKU TAHUNAN 2017 . Jadi. Para Saksi ini dengan senang hati membantu orang lain merasakan kuasa Firman Allah.diperluas. Seorang saudara muda berkata. Saudara Splane menyampaikan khotbah istimewa yang disambungkan dengan Internet ke tem- pat-tempat perhimpunan di seluruh Georgia. dan sebuah bangun- an untuk sekolah Alkitab. keberanian. 3:13. —Flp. sebuah Balai Kebaktian. Mereka sangat bersyukur atas pelatihan yang mereka dapatkan. yang sekarang adalah Sekolah bagi Penginjil Kerajaan. Para Saksi setempat menyam- but 338 delegasi dari 24 negara.

dia baru mau dibaptis setelah dia menghadiri perhimpunan dalam bahasanya sendiri. Gulizar adalah salah satu dari banyak orang Kurdi yang menerima kebenaran di Georgia belakangan ini. ba- hasa Kurdi. Tapi. Gulizar sudah menjadi penyiar belum terbaptis selama delapan tahun.Orang-Orang Kurdi Menerima Kebenaran ”WAKTU berdoa. Siapakah orang Kurdi? GEORGIA 169 .” kata Gulizar. saya sering memberi tahu Yehuwa bahwa saya bersyukur bisa belajar tentang Dia dalam bahasa saya sendiri.

Ada kira- kira 20. Irak. mereka percaya kepada Allah dan menghargai hal-hal rohani. ada sekitar 500 penyiar berbahasa Kurdi. Turki. Sekarang. dan ada tiga sidang bahasa Kurdi. Siria. termasuk Armenia. Pada 2014. Jerman. Kis. 2:9) Bahasa Kurdi termasuk rumpun bahasa Iran. 18:11. jutaan orang Kurdi tinggal di berbagai nega- ra. (2 Raj. Orang Kurdi sudah tinggal di Timur Tengah selama ber- abad-abad. Di Georgia. dan Ukraina. mereka sangat senang karena kebaktian regional pertama da- lam bahasa Kurdi diadakan di Tbilisi. Iran. Menurut para ahli. Umumnya.000 orang Kurdi di Georgia. dan Turki. Kebaktian ini diha- diri oleh para delegasi dari Armenia. mereka adalah keturunan bangsa Media yang ada dalam Alkitab. .

Tapi. Dokter itu ada di Tbilisi. Operasi yang sulit itu berjalan lancar. dia harus langsung dioperasi. yang tadinya cuma kami baca di publikasi. kedua ne- nek Sanel. dia akan punya masalah kesehatan yang serius. Dan me- mang. para penatua yang tergabung dalam PPRS telah menghu- bungi lebih dari 250 ahli bedah yang mau bekerja sama untuk melakukan operasi tanpa darah. saat Sanel lahir. kami merasakan sendiri kasih persaudaraan kita. GEORGIA 171 . ibu Sanel belum benar-benar pulih setelah melahirkan se- hingga tidak bisa membawanya ke sana. ”Selama kami tinggal di rumah sakit sela- ma lebih dari 20 hari.Kasih Persaudaraan Sangat Nyata JAUH sebelum Sanel lahir. yang adalah Saksi Yehuwa. Di sana. saudara-saudari di Georgia datang dan menawarkan bantuan.1 Syukurlah. para dokter sudah memberi tahu orang tuanya bahwa jika dia lahir dengan selamat. Banyak yang menunjukkan rasa simpati mereka. Sekarang. Jadi. membawa Sanel ke rumah sakit di Tbilisi. wilayah yang sudah me- misahkan diri dari Georgia. para saudara dari PPRS langsung menemukan seorang ahli bedah yang mau be- kerja sama. Kedua nenek Sanel menulis. ibu kota Georgia. Orang tuanya tinggal di Abkhazia.” 1 Di Georgia. tidak ada ahli bedah yang mau mengoperasi Sanel tanpa darah. Orang tua Sanel menghubungi Panitia Penghubung Ru- mah Sakit (PPRS).

bertekad 172 BUKU TAHUNAN 2017 . menyebar ke seluruh Eropa tanpa terbendung.SERATUS TAHUN YANG LALU 1917 ”TAHUN yang baru disambut dengan peperangan. kekacau- an. yang berusia 19 tahun. Stanley Willis. Misalnya. Perang Dunia I. Meskipun Siswa-Siswa Alkitab pada waktu itu tidak sepe- nuhnya mengerti mengenai kenetralan Kristen. banyak dari mereka berusaha menghindari utang darah. pembantaian di seluruh dunia yang saat itu disebut Perang Besar. di Inggris.” kata Watch Tower 1 Januari 1917. Ya. dan pertumpahan darah.

”Saya men- dapat beberapa berkat dari cobaan-cobaan ini. Washington. Namun. Espionage Act (Undang-Undang Spionase) mulai diberlakukan.—Mz. Siswa-Siswa Alkitab tidak terkejut melihat semua keka- cauan akibat perang. dia dijatuhi hukuman kerja paksa di penjara. merenung. hal- hal yang dianggap sulit oleh orang lain. Undang-undang ini menyatakan bahwa upaya apa pun untuk menghalangi perekrutan tentara ada- lah tindakan kejahatan. Amerika Serikat secara resmi ikut berperang. saya akan diadili. Dua bulan kemudian. Dalam pidatonya kepada Kongres Amerika Serikat pada 2 April 1917. Sebelum diadili. seseorang bisa menanggung dengan sabar . Amerika mulai memasuki medan perang. Kolonel menyuruh saya mengenakan seragam militer. Ketetapan ini membuat pemerintah AS berhak merekrut ribuan pria untuk menjadi tentara. ”Saya me- rasa mendapat kehormatan karena bisa memberikan ke- saksian ini. dan jika saya menolak. Untuk merekrut tentara dengan cepat.” Saat Stanley menolak.Kebaktian Siswa-Siswa Alkitab di Tacoma. Para musuh kebenaran langsung menggunakan peraturan ini untuk menyerang umat Yehu- wa yang suka damai.” Dia menggunakan waktunya di penjara dengan baik. ”Dengan ’roh kuasa’ yang diberikan oleh Kebe- naran. . 94:20. Namun.” Tidak lama setelah itu. dia menulis. dia tetap positif. pada bulan Mei Amerika Serikat membuat Selective Service Act (Pendaftar- an Wajib Militer). Salah satu berkat terbesarnya adalah saya bisa punya banyak waktu sendirian sehingga bisa berdoa. mereka te- lah memberitakan nubuat Alkitab tentang hal ini. dia menulis. SERATUS TAHUN YANG LALU 1917 173 . Pagi ini. Empat hari kemudian. . Presiden Woodrow Wilson se- cara resmi menyatakan perang terhadap Jerman. dan belajar. Umat Yehuwa di Amerika Serikat pun menghadapi masalah kenetralan. Selama puluhan tahun. AS untuk tetap netral. Sebu- lan kemudian. Dia bercerita.

Saudara Russell telah memimpin Zion’s Watch Tower Tract Society se- jak 1884 dan menjadi presiden badan hukum ini sampai dia wafat pada Oktober 1916. Dia juga berupaya menguasai reke- ning Organisasi di London. Keempat orang ini. dia tidak punya hak untuk melakukannya. dia ditugaskan untuk mengabar. Diuji dan Disaring Di Amerika Serikat. dia mengutus Paul S. mengunjungi sidang-sidang. Sa- lah satu masalah yang muncul berhubungan dengan Paul S. Johnson ke Inggris sebagai salah satu wakil keliling dari Organisasi. Sayangnya. yang sekarang disebut pengawas wilayah. Johnson. beberapa saudara. terjadi masalah pengorganisasian ti- dak lama setelah wafatnya Charles Taze Russell. Saat dia tiba di Inggris pada November 1916. Dia malah terus membujuk Saudara Ruther- ford agar mengizinkannya kembali ke Inggris. tidak suka dengan pengaturan Saudara Rutherford. Saudara Rutherford menyuruh dia pulang ke Amerika Serikat.banyak yang tidak siap menghadapi perselisihan yang se- bentar lagi terjadi di antara umat Allah. 174 BUKU TAHUNAN 2017 . L. Setelah upaya- nya gagal. Dia pun yakin bahwa dia seharusnya menjadi pe- nerus Saudara Russell. Sebelum Saudara Russell meninggal. Johnson berusaha memengaruhi dewan direksi. Tapi. Padahal. Johnson mengeluarkan beberapa anggota keluarga Betel Inggris yang menentang dia. Empat anggota dewan itu akhirnya berpihak kepadanya. seorang rohaniwan keliling. Di sana. menginginkan kekuasaan yang lebih besar. perlakuan istimewa itu membuat dia sombong. bersama beberapa orang lainnya. Johnson pun kembali ke Brooklyn. termasuk empat anggota de- wan direksi. Saat Joseph F. Rutherford mulai memimpin. dia tidak mau me- nerima teguran. saudara-saudari senang menyam- but dia. dan membuat laporan tentang pekerjaan pengabaran di wilayah itu. L. Karena itu.

Saudara Rutherford menggunakan haknya seba- gai presiden untuk melantik empat pria lain yang setia un- tuk mengisi posisi yang kosong. untuk pertama kalinya. seperti yang Johnson coba lakukan di Inggris. Apa dasarnya? Hukum di Amerika Serikat mengharuskan anggota dewan direksi suatu badan hukum dipilih oleh para anggota badan itu se- tiap tahunnya. hanya ada tiga anggota dewan yang dipilih. Meskipun ada beberapa Siswa Alkitab yang ber- pihak pada mereka lalu membentuk beberapa organisasi lain. Andrew N. Tidak ada pemilihan untuk em- pat posisi lainnya. Rutherford menge- luarkan mereka dari dewan direksi. SERATUS TAHUN YANG LALU 1917 175 . di pertemuan tahunan 6 Januari 1917. Tetap Maju Meski Ditentang Sementara itu. Jumlah kolportir. upaya me- reka gagal. Nah. dan William E. karena mereka tidak dipilih lagi pada pertemuan tahunan. Empat penen- tang tadi tidak berhasil mendapatkan lagi posisi mereka di dewan direksi. mereka sebe- narnya bukan anggota resmi dari dewan direksi! Jadi. Van Amburgh seba- gai sekretaris-bendahara. Rutherford sebagai presiden. Pierson sebagai wakil presiden. meningkat dari 372 menjadi 461. Tapi. kebanyakan Siswa Alkitab tetap setia. dan beberapa orang menganggap bahwa mereka akan menjabat seumur hidup. pada Juli 1917. Keempat pria yang tidak setia itu se- belumnya memang telah ditunjuk untuk menjadi anggota dewan direksi. Tapi. Tentu saja. Jumlah pengawas keliling. atau perintis biasa. meningkat dari 69 men- jadi 93. Jadi. Saudara Rutherford khawatir mereka akan berusaha me- nguasai dana Organisasi di Amerika Serikat. Selain itu. yang saat itu disebut rohaniwan keliling. Saudara Rutherford dan saudara-saudari lainnya yang setia di Betel terus bekerja untuk mendukung pekerjaan Kerajaan. empat penentang ini marah besar dan mulai berusaha merebut kembali posisi mereka. Mereka adalah Joseph F.

Para pekerja itu menya- dari bahwa mereka bekerja di Betel karena mendapat kehor- matan. bukan karena mereka berhak berada di Betel. The Finished Mystery. The Watch Tower me- laporkan. . kebanyakan saudara- saudari masih mendukung Saudara Rutherford dan para anggota dewan direksi yang setia. yang sekarang dikenal seba- gai perintis ekstra. ”Pengaturan baru untuk para pekerja Betel . 176 BUKU TAHUNAN 2017 . Pada 17 Juli 1917. ini jelas menunjukkan bah- wa Tuan memberkati pekerjaan yang berpusat di sini. The Watch Tower meminta sidang-sidang membuat pemungutan suara untuk tahu seberapa banyak yang ma- sih mendukung Organisasi. dirilis. Pada akhir tahun itu. jumlah mereka mencapai 100 orang. Hasilnya. Pada bulan Desember tahun itu. ujian bagi saudara- saudara ini belum berakhir. di Brooklyn. jumlah [publikasi yang dicetak] terus ber- tambah setiap bulan jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada 1916 . semua publikasi dicetak oleh percetakan komersial. buku tersebut sudah habis sehingga Organi- sasi memesan lagi 850. Meskipun tahun 1918 awal- nya kelihatan menjanjikan. Di beberapa sidang. . peristiwa-peristiwa selanjutnya menjadi masa tersuram dalam sejarah Organisasi kita. Bagi kami. 1 Sampai 1920. sebuah buku baru. Tapi. kolportir khusus. dan sekarang pekerjaan berlangsung dengan baik dan lancar seperti yang seharusnya terjadi di lembaga- lembaga yang diatur dengan baik .000 buku kepada per- usahaan yang mencetak publikasi kita. ”Sejak 1 Januari.” Pada September 1917. .” Terus Diuji dan Disaring Para penentang telah dikeluarkan dari Organisasi. . The Watch Tower mengomentari. te- lah rampung. Sete- lah itu. .1 Pengaturan baru untuk pekerjaan di Betel yang dimu- lai oleh Saudara Russell pada 1916 akhirnya selesai pada 1917. mulai dilantik. .

142 Yang Ambil Bagian dalam Peringatan: 18.358 Persentase Kenaikan dari Tahun 2015: 1.754 Rata-Rata Pelajaran Alkitab Setiap Bulan: 10. Saksi-Saksi Yehuwa mengeluarkan lebih dari 213 juta dolar AS untuk keperluan para perintis istimewa.085.340.Jumlah Keseluruhan 2016 Kantor Cabang Saksi-Saksi Yehuwa: 89 Negeri yang Melaporkan: 240 Jumlah Sidang: 119.847 Rata-Rata Penyiar yang Mengabar Setiap Bulan: 8. Semuanya anggota Ordo Pelayan Sepenuh-Waktu Khusus Saksi-Saksi Yehuwa. dan pengawas keli- ling dalam tugas lapangan mereka. 19.818 rohaniwan terlan- tik melayani di fasilitas cabang.535 Rata-Rata Perintis Ekstra Setiap Bulan: 459.264 Selama tahun dinas 2016.485 Hadirin Peringatan di Seluruh Dunia: 20.115.157.393 Rata-Rata PI dan PB Setiap Bulan: 1.013 Puncak Penyiar dalam Dinas Kerajaan: 8. JUMLAH KESELURUHAN 177 .8 Jumlah yang Dibaptis: 264.017 Jumlah Jam Dinas: 1.983.763. utusan injil.132. ˛ Di seluruh dunia.

437 443 24.376 4 Burkina Faso (K-3) 18.839 572 29.776 10.487 2 Amerika Serikat (E-32) 324.306 9 Anguilla (O-32) 14.062 Armenia (G-9) 2.000 2.622 1 Cook.231.204.146 -2 Botswana (O-6) 2.609 263 1. Kep.357 4 Azores (G-1) 245.262.353 1 Azerbaijan (G-9) 9.651 82 593 43 16 Cile (M-35) 18.907 271 12 Barbados (Q-33) 285.542 112 2.024 128.826.000 5.884 76.985 2.957 3 Cad (K-6) 14.759.254 705 3 Cayman.725.766 742 331 727 Bahama. Rep.635 2.789.000 148 122 135 14 Bosnia dan Herzegovina (C-10) 3.040 174 414 164 -4 Angola (N-6) 25. (L-6) 4.191.810.178 268 10.854 Belgia (E-4) 11.500 2.408 2.118.669. Rasio.081 411 25.555 2 Benin (L-4) 11.000 2.924 2.224.574 575 5. Kep.418 359 66.718 1.063 77 2.887 829.039 1.058 99 1.710 3 Bulgaria (F-7) 7. Rata2 Peny.759 881 12. Banding 2016 2015 Afrika Selatan (P-6) 54.743 249 808.910 25.490.263 1.000 14.787 1.198.561 403 21.000 13.284 1.563 1. (H-34) 60.000 769 18.019 7 Australia (O-19) 24.706 12.999 Aruba (Q-29) 104.900.416.160 3.397 1.496.482.642 282 570.915 237 75.401 67.755 150.730 21.186.267.653 Burundi (M-7) 9.740 489 190 463 Argentina (N-36) 43.760 70 211 61 -2 Antigua (P-32) 92.800 218 1.000 437 167 421 -4 . Kep.652 1 Bangladesh (J-14) 160.989 1.595 691 12.000 5.057 201 121.249 3 Afrika Tengah. (G-35) 392.547 1.702 136 2.241.903 1.026 Andorra (F-4) 72.998. % Kenaikan Negeri atau Daerah Penduduk 2016 1 Peny.622 Dominika (P-33) 73.000 102.000 26.600 11.037.764 253 240 237 9 Chuuk (L-21) 48.662 498 124 444 -1 Bolivia (M-36) 10. (O-26) 14.513 Belanda (E-4) 17.181 1.719 385 14.054.689 Austria (F-5) 8.490 Belarus (E-7) 9.012 3 Bermuda (F-36) 61.109 Brasil (L-37) 206.606 531 99.000 2.052 289 148.457 3 Bonaire (Q-30) 18.699.995.Laporan Tahun Dinas 2016 dari Saksi-Saksi Yehuwa Sedunia Puncak Peny.974 195 77 188 -3 Curaçao (Q-30) 158.406 6.525 -1 Albania (D-11) 3.000 1.563 29.025 2 Denmark (D-4) 5.037 2.609 5.396.818 1 Belize (H-33) 367.893 2.

564 226 764 953 179 2.098 17.577 864 1.725 35.716 456 712 1.568 75.510 2.115 42.438 787.779 11.787 8.686 2.186 4.656 174.766 35.230 116.081 28.105 23.023 62.631 6.432 42.770 1.423 4.054 2.978 47.964 11.340 517 1.480.454 1.798 2.016 270 4.656 45 97 277 44 497.274 309.840 66.318 14.818 124.515 91 141 484 62 731.056.090 5.910.503 150.343 3.259 4.253.231 24.734 273.551 30.093 916.239 78 1.460 6.731 1.162 448 12 17 94 5 117.961 564.210 792 1.297 5.331 1.420 162 232 75.948 327 945 24.667 793 12.512 953 51 54 74 14 185.242.549 7.663 1.154 7.923.099 102 137 266 44 563.123 9.556 1.983 11.715 42.195.859 10.715.544 139 132 312 53 682.734 11.696 20.883 2.140 2.198 1.842 12.814 979 19.991 2.951 595.786.925 194 2 8 22 3 38.422 1.596 21.549 299 3.404 5.674 716 1.160 2.739 243 10 16 120 6 131.238 8.349 12.994 11.488 14.911 730 15 45 86 15 171.992 2.379 4.630 56 92 216 27 395.694 605 1.562 1.013 30.828 158 496 1.799.753 1.182 5.265.356 5. Huruf dan angka setelah nama tiap negeri menunjukkan lokasi negeri tersebut pada peta setelah bagan ini.287 5.040 273.322.622 192 3.113.463 5.784 362 4.924 4.554 2.495.272 40.148 1.369 5.815 91.588 60.470 32.347 643 969 2.262.054 21.646 .992 1.199 9.102 2.661 485 1.125 139 313 462 15 26 48 7 98.400 12.517.291 51.290 60 149 661 55 890.508 562 1.720 243 645 37 3 5 12 2 19.259 6.170 24 89 185 16 325.462 15.987 65 113 194 26 399.364 147.512 2.337 5.506 41 141 203 30 458.944.911 182.802 51.012 35.558 111 354 111.699 3.042 12.093 332 8.303 69 122 347 13 510.075 2.268 89 1.012 29.939 6.836 1.779 437 3 16 72 10 112.615 4.070 62 1 5 6 2 16.176 133 3.480 747.445 2.659 217 10 14 23 3 52.381 270 534 1.181 170 6 20 3 34. Yang Dibaptis Rata2 Rata2 Jumlah Jumlah Rata2 Hadirin 2015 2016 PE PB dan PI Sidang Jam Pelajaran Alkitab Peringatan 96.019 433 949 2.880.394.064 182 450 1.587 687 38 32 69 18 174.902 180 358 1.216 480 1.027 118 9 11 2 26.296 23.951 168.165 1.168 2.235 3.679 354 4. Rata2 Peny.119.000 4.136 11.

090 433 3.208 50 8.660 25.439 133.352 262 7.585 716 6.604 5.188.730 90.881 -3 Filipina (K-18) 100.647 41.751.202 2.330.277 9. Puncak Peny.401.714 4 Guyana (J-37) 767.118 2. (O-29) 10.704 281 36.515 97 2.400 39.554 486 19.528.803.565 348 22.046 Guam (K-20) 159.084 150 39.850 473 1.818 Jerman (E-5) 82.772.216 Ghana (L-3) 28.373 1 Kanada (C-31) 36.663 43.910 5 Indonesia (M-17) 258. Rep.358 736 217 705 -5 Guatemala (H-33) 16.967 2 Inggris (E-3) 65.714 239 11.944 4.000 41.006 317 113.577.000 44.521 .865 37.071.333 118 2.200 1.537 3.754 1 Honduras (H-33) 8.148.954 Kazakstan (F-11) 17.056.636 4 El Salvador (H-33) 6.173 591 213.947.431 1 Finlandia (C-7) 5.092 242 250.249 Jamaika (H-34) 2.849 220 -4 Georgia (G-9) 3.085 3.107 810 6 Guinea-Bissau (K-2) 1.700.899 1.362 11.327 565 190 542 -6 Guadeloupe (P-32) 409.472 4 Haiti (O-28) 9.700 5.243 Kaledonia Baru (O-23) 275.996 1 Gambia (K-2) 2.391.031 -1 Etiopia (L-8) 99.682 4. Kep.000 10.665.407 2 Islandia (B-1) 329. (C-2) 48.000 20.000 22.116 1 Falkland.035 -2 India (J-12) 1.821. Rasio.000 169 331 161 11 Grenada (Q-32) 107.606.055 8.481 214.912 12 243 11 Faroe.890.573.822 2 Guinea (K-2) 12.051 26.259 134 241 124 -2 Greenland (A-38) 56. Banding 2016 2015 Dominika.400 18.976 418 38. % Kenaikan Negeri atau Daerah Penduduk 2016 1 Peny.579 17.110 183 88.111 163 11.741 9. Kep.725 997 17.981.684 165.131 483 202. (Q-37) 2.949 Ekuador (K-34) 16.721 577 38.000 134 358 129 15 Fiji (N-24) 897.175.321 5.231 442 22.016 3 Guyana Prancis (J-37) 244.308 18.564 4 Italia (G-5) 60.539 -2 Jepang (G-19) 126.671 10.607 211 128.111.861 29. Rata2 Peny.993.517 Irlandia (E-2) 4.143 138.098 290 2.122 857 15.065 324 4.437 209.346.551 251.315.713.316.258 3 Gibraltar (G-3) 32.429 -1 Hungaria (A-10) 9.100 247 3.487.908 1 Hong Kong (J-17) 7.720.609 1.477 297 18.021 15.397 -1 Gabon (M-5) 1.456 1.199.670.596 149 6 Guinea Ekuatorial (L-5) 875.851 1 Estonia (D-6) 1.000 398 827 368 Israel (H-8) 8.563 1.993 6.079 115.000 23.713.624 496 164.261 471 134.257 986 10 Kamerun (L-5) 24.619 200 18.252 4 Kamboja (K-16) 15.

513 11.091 3.941 31.224 7.604 17.708 6.041 55.946 1.749 5.710 120 203 2.378 32.581.526.718.587 420.321.258 2.442 399 9.606 4.223 7.130 8.216 124.618 3.054.869 1.277 4.309 6.430 250.509 171 397 1.496 253 726 2.352 220 3.653 115 104 212 16 511.759 50.033 300 2.061 3.170.324 81.198 42.875 4.373 124 169 386 49 703.858 38.617 256 5.915 19. Yang Dibaptis Rata2 Rata2 Jumlah Jumlah Rata2 Hadirin 2015 2016 PE PB dan PI Sidang Jam Pelajaran Alkitab Peringatan 36.058 268 440 664 120 1.621 269.708.256 22.456 118.393.603 4.779 85.678 6.494 25.239 97.940.463.140 517 2.038 2.523 2.306 32.353 2.315 50.570.198 894 26 43 558 14 525.976 10.547 25.688.795 12.291 13.528 67.900 9.676 438.962 251 675 1.356 8.616 14.074 58 228 504 55 832.813 92.491 2.718 3.020 5.271 5.742 120.326.361 1.733 2.475 740 25 48 122 9 194.815 301 491 1.253 4.446 32.941 105 177 442 48 737.093.121 3.069 5.231 6.027 59 1.662 477 6.159 29.153 14.412 11.551 8.631 39.166 1.750 6.586 124.312 3.552 1.681 19.244 442 6.362 11.158 47 185 145 8 10 31 5 39.781 1.364.524 8.267 57.866 2.554 141 9 17 37 3 70.745 1.164 33.286 354.110 6.885 2.193 7.524 2.280 226.721 2.903 9.133 74.935 8.156 20.563 6.570 61.790 37.182 3.985.613 24.Rata2 Peny.821 64.242.788 9.593 39.404 134.975 19.968 214.126.889 156 317 579 12 22 69 10 118.734 65.728 13.864 3.167 7.833 280 5.731 56.329.289 300.060 5.140 2.688 12.660.414.151.322 3.397 2.743 98.590 12.478 230 13 14 36 4 66.508 22.966 127 2 10 21 2 33.963 163.685 18.130.655 584.653 474 1.869 624 10.637 274.141 3.415 684 9.127 34.164 100 173 199 33 508.097 33.511 55 90 241 27 402.604 10 19 112 8 35 4 38.225 5.077 367 4 24 52 6 82.099 26.055 1.279 501 1.647 12.059 81.291 1.036 25.542.216 231 4.976 60.842 609 1.341 441 639 18.036 114.958 2.494 274.468 3.150 11 1 1 1.314 12.379 2.004 6.240 1.871 3.281 65 348 935 119 1.972 177 239 543 42 1.917 297 4.801 41.251 5.128 86.464 10.857 893 10.480 187 2.009 1.374 42.067 .456 2.545 526 1.426 1.013 452 605 2.821 199.823.376 3.239 583 11.780 184.825 589 702 1.074 765 44 39 120 20 238.409 23.543 41.696 1.666 7.123 1.643 791 2.032 1.477.354 148.751 12.400 490 1.958 20 130 493 79 724.691 160.

768 26.973 1 Kroasia (B-9) 4.116 -3 Makau (J-17) 652.459 1.023.000 5.050 2.869 683 1.939.736 22 Korea. Rasio.289 Malawi (N-8) 17.722.740.529 743 31.016 2.641 -1 Lesotho (P-7) 2.144 247 5 Kosrae (L-22) 6.909 4.459.507 162 1.915.042 -2 Luksemburg (E-4) 583.000 2.000 19.082 2 Madagaskar (O-9) 24.453 1.635 3.189 2.367 12.000 257 9.124 1 Kiribati (M-24) 114.138 225 1.504.310 3 Nauru (M-23) 10.078.350.079 930 3.336 492 342.587 1.953.992 6.653 -1 Mongolia (F-15) 2.810 10 Malaysia (L-16) 30.959.440 274 1 Nigeria (L-4) 182.000 99.443 Latvia (D-6) 1.936 3 Mali (K-3) 18.490 264 2.137 647 6.832 3 Mayotte (N-9) 236.004 2.000 171.500 859.624 215. Banding 2016 2015 Kenya (M-8) 47. Rep.766. Puncak Peny. Dem.548 292 71.615.000 747 561 694 4 Marshall.528.747 211 331 176 -4 Martinik (P-32) 396.073 56.793 1 Moldova (F-7) 4.424 1.947.479.322 5 Nevis (P-32) 12.460 156 6 Meksiko (G-31) 128.073 4.202.449 370 214.843 119 95.983 289 -2 Makedonia (D-11) 2.019 531 3. % Kenaikan Negeri atau Daerah Penduduk 2016 1 Peny.822 33.264 -2 Kuba (G-34) 11.800 206 19.806 89.256 448 3 Montenegro (D-10) 631. (M-6) 79.967 322 56.541 150 829.314 4 Kongo.412. (L-23) 69.392 258 -4 Montserrat (P-32) 5.500 329 1.576 721 6.300 30.794 83 4.616 28 236 20 Kosta Rika (J-34) 4.623 89 423 85 Lituania (D-6) 2.310 1.277. (M-5) 4.354 293 3 Malta (G-5) 419.786 3.500 5.263 19 540 15 36 Nepal (H-13) 28.019.918 95.937 4.146 292 167.134 473 6.299 200 88.161 4.860.332 4 Liechtenstein (F-4) 37.145. Rep.211 12.178 1.845 3 Madeira (H-1) 256.154 21 245 20 5 Mozambik (O-7) 28.069.958 3 Liberia (L-2) 4.139 1 Namibia (O-5) 2. Kep.222 7.000 5.372 3.724 Kosovo (D-11) 2.249 -1 Lebanon (H-8) 6.163 5.000 4. Rata2 Peny.441.885.862.962 505 99.122 1 .593 159 29. Rep.455 3 Myanmar (J-15) 54.448 1.405 146 784 134 -1 Kolombia (J-35) 49.000 370.135.108 277 2.192 515 54.000 74 162 65 16 Niger (K-4) 20.744 Mauritius (O-10) 1.055 6.700.861.000 2. (G-18) 50.480 26.886 1.684 1.582 Kirgistan (G-12) 6.290 847 2.960 2 Kongo.335 795 5.240.

223 500.194 38 141 3.619 21.832 219.381 3.543 4.405 437 6.372 55 316 473 64 1.476 2.966 1.106 4.434 95.595 138.886 5.089 8.470 1.123 8.630 5.833 7.240 2.350 262 1.596.356 70.062 6.909 329 717 1.390 2.752 8.012 672.209 4.138 1.009.837 254 154 451 89 932.503.018.328 4.592 135.847 2.295 8.996 30.236 56 107 29.262.966.094 3.800 37.524 632 6.809 85 2 2 2 1 9. Yang Dibaptis Rata2 Rata2 Jumlah Jumlah Rata2 Hadirin 2015 2016 PE PB dan PI Sidang Jam Pelajaran Alkitab Peringatan 26.297 270 3 30 55 6 95.833 136 8 7 33 4 46.003 1.481 17.375 291.013 77.458 3.101 61 179 458 46 754.941 1.042 15 126 144 32 389.232 242 4.004 458 870 4.501 1.720.014 5.282 22.602.042 162.199.548 6.952 3.247 128 129 261 44 578.751 82 124 53.261 56 1 3 1 8.228.414 147 2 13 43 3 58.023 5.963 45.275 46 131 349 36 559.293 38 105 190 24 347.671 68 181 192 57 577.086 4.080 400 443 494 78 1.772 727 1.147 3.578 659 1.210 183 6 11 31 4 49.002 2.173 5.307 67.165 10.323.242 2.202.977 134.237 204.470.776 562 1.784 23.634 21.198 7.330 284 12 20 52 7 97.893 9.185 774.646 19.490 718 9.746 6.280 2.336 2.981 132.496 4.071 209 453 1.755 152 280 577 66 1.804 231 308 1.785 62 105 197 25 388.044 47.147 21 72 101 17 235.776 7.874 .363.331 46.585 15.598 176.601 754 1.072 3.998 388 957 338.746 50.806 870.019 1.216 99.027 1.918 223.726 1.182 10.298 113 1.115 6.065 482 548 20 3 5 1 8.503 381 388 818.520 17.860 759 1.106 8.555 18.324 5.825 2.239 11 1 1 1 3.948 6.430 75.755 13.118 665 20 40 86 8 139.660 273 349 165.398 236 7 12 98 7 120.675 1.228 830 1.616 3.950 1.059.204 12.760 33.190 36.302 2.848 4.662 1.175 11.370 13.519 3.Rata2 Peny.812 294 16 12 78 5 106.096 69 1.659 32 130 2.498 1.530 13.494 8.463 167 541 19 2 10 1 10.599.651.571 73 243 272 9 13 40 7 76.379 223.555 1.233 2.123 11.702.246 9.856 80.955 12.091 435 21 33 189 9 206.876 2.069 1.099 97 116 612 76 851.168 9.546 40.001 24.947 80.476.795 7.572 42.112 341 238 712 133 1.991 2.914 37.204 112 143 802 36 880.093.585 101.802.

889 -1 Solomon.193 232 16.642 215 27.118. Rata2 Peny.200 211 228 200 3 Samoa (N-25) 194.000 121 33 116 -2 .000 78 61.604.441 474 11.977 2.759 501 127. Barthelemy (O-32) 9.025. (M-22) 596.721 10.486 5.866 15.087 1 Puerto Riko (O-31) 3. Wil.816 5.071 2 Siprus (H-7) 885. Eustatius (P-32) 4. Banding 2016 2015 Nikaragua (H-33) 6.398 523 40.239 119.484 Prancis (F-4) 64.594 677 15.915 2 ´ St.407 1.108 79 267 75 -6 Palestina.995.708. Rasio.102 2.680.917 11.229 5 Saba (O-32) 1.242 331 13.151 -1 Rusia (C-15) 146.140 48.810.321 Slovenia (B-8) 2.000 11. Helena (N-3) 4.263 12.146 3.393 1 Sri Lanka (L-13) 20.455 409 110.477 11 225 9 Rumania (F-6) 21.895 Senegal (K-2) 15.437. (H-8) 4.750.074.620 3 Papua Nugini (M-20) 7.112 5 Paraguay (M-37) 6.415 -1 Rwanda (M-7) 11.981 75 480 70 1 Polandia (E-6) 38.430 337 274 324 -3 Sierra Leone (L-2) 6.269 -1 Pulau Norfolk (P-23) 1.999 201 48.364 810 241 778 3 Selandia Baru (Q-24) 4.160 273 3.718.535 1 Pakistan (H-12) 192.905 1.664 447 11.311 11.991 1 Pohnpei (L-22) 35.490 Reunion (O-10) 861.126 14. Kep.700 28.810. % Kenaikan Negeri atau Daerah Penduduk 2016 1 Peny.018 127.563 1 Slovakia (F-6) 5.826.839.529 2 Pantai Gading (L-3) 23.855 249 121.826.759 415 26.085 3.136.502 1.214 2.039 292 1.000 128.318 112.984 3.486 975 2 Palau (L-19) 21.772 25.564.194 210 258 202 -7 San Marino (F-5) 33.087 4 Rodrigues (O-11) 41.109 2.667 73 3 Panama (J-34) 3.584 343 2.446 27.207 661 9.190 24 50 23 -4 Norwegia (C-4) 5.935 1 Spanyol (G-3) 46. Puncak Peny.500.600 2.500 17.427.068.800 12 150 9 -25 Saipan (K-20) 48.533.579 144 25.947 -2 Portugal (G-2) 9.969 3.669 50 833 43 -10 Rota (K-20) 2.842.205 3 Serbia (C-11) 8.651 2 Niue (O-26) 1.000 40.982 3 Peru (L-35) 31.592.681 4.142 10.355 1.586 1.894 2.121 195 170 193 -4 ˜ ´ ´ Sao Tome & Prıncipe (M-4) 195.155.577 4.932 320 118.796 6 299 6 20 Republik Cheska (E-5) 10.020 29 139 25 14 St.211.524 171.503 30 317 27 4 St.034 186.899 548 356 510 -2 Samoa Amerika (N-26) 54.086 1.000 1.828 850 170.855 Seychelles (M-9) 92.133 2.

863 31 91 22 1 3 1 6.150 172.179 24.593 9.274 76.565 48 2 3 5 1 9.260 4.628 323 5.815 345 708 202 18 27 2 54.140 222 2.479 190.309 2.613 48.859 3.654 18.844 29.165 960 45 37 105 19 187.081.683 227 2.493 3.182 65 269 .768.992 12 25 40.067.513 15.903 190.411 26.531 223.419 8.987 64 190 16.796.201 10.669 42.720 1.933 25.073 3.786 164 235 121.205 4.527 1.665 2.457 2.775 251 340 809 108 1.600 8.077 4.656 2.539 193.507 107.370 798 2.381 333 6 11 47 4 78.224 401 927 2.915 78 52 267 52 402.891 2.016 3.302 511 705 1.985 7.977 1.692.790 26 3 6 1 9.911.045 2.424 5.336.277 13.249 186 2.965 20 70 11.776 2.394 647 9.288.222.824 406 893 2.781 317 4.864 88.262 1.025.873 96 313 754 29 69 143 11 283.315 46.981.276 223 588 915 140 1.916 186 201 485 109 1.139 485 7.559.988.177 10.521 21.856 598 9.976 5.Rata2 Peny.346 10.308.704 1.702.018 1.502 28.585 651 1.450 55 105 9 1 1 4 1 3.526 3.556 25.307 69.298 88.929 311 725 1.214 27.536 358.624 317 3.392 80 7 15 2 25.069.452 120.918.371 28.037 125 105 249 39 554.533 79.339 40 93 118 3 2 3 10.002 11.305 18.135 3.471 261 829 1.058 2.253 14.896 23.168 45 84 156 25 334.607 1.809 547 7.870 2.771 1.399 26.389 26.821 4.596.633 1.861 80 292 618 63 1.344 23.272 218 11 12 34 3 61.298 4.382 4.565 53.528 7.411 15.241 5 1 599 3 16 15. Yang Dibaptis Rata2 Rata2 Jumlah Jumlah Rata2 Hadirin 2015 2016 PE PB dan PI Sidang Jam Pelajaran Alkitab Peringatan 27.429 55.199 8.069 2.811 369 511 519 27 37 84 12 153.865 35.740 6.312 293.438 6.064.497 5.314 50.079 2.838 9.519 2.472 233 604 980 168 2.889 85.054 873 2.044 109.061 1.538 125.547 1.308 24 1 3 1 3.806 8.719 389 590 1.493 12 1 3 3.997 4.669 8.536 76 168 424 41 651.007.062 14.710 1.549 26 43 194 8 18 37 3 61.714 28.482 1.980 85 200 371 38 734.448 40.054 789 1.089 3.090 61.873 11.899 50.911 34 115 233 30 444.225 7.541 15.596 69 4 5 21 1 22.118 181 220 71 5 10 2 14.977 4.

206 84 3.423. Rasio.989 3.003 4 Virginia (AS).775 40.477 7.943 73 136 52 -19 Uganda (L-7) 36.829 27.877 2.327.408 1.640 345 44.340. Vincent & Grenadines (Q-32) 109.430 436 22.232 10.840 1.179 -3 Suriname (J-37) 540.8 .558 3 Tonga (O-25) 106.893.919 2 Swaziland (P-7) 1.356 -1 Uruguay (O-37) 3.126 2. Kitts (O-32) 44. Maarten (O-32) 39. Rata2 Peny.779.157 374 19.645 345 318 328 -2 Sudan (K-7) 41.480.715 376 28.690 28.326 235 452 197 -5 Trinidad & Tobago (R-33) 1.538.337 624 5 Sudan Selatan (L-7) 12.941 4 Tanjung Verde (K-1) 527.457 322 113 297 -5 St.883 183.500 23 109 17 13 Togo (L-4) 7. Martin (O-32) 36.659 256 120 245 -4 Virginia (Inggris).549 141.394.879 20.634 Vanuatu (N-23) 270.106 1 Swedia (B-6) 9.493 6 Timor-Leste (N-18) 1.637 147.200.360.675 141 9.217 400 3.911 4. Banding 2016 2015 St.415 619 172 571 -3 Wallis & Futuna.000 2.537 Zambia (N-7) 15.000.544.269 16.141 2 Tanzania (M-8) 55.838 1 Tahiti (M-27) 268.207 3.787 11.800 4.568 6 Zimbabwe (O-7) 15.206 239 2.2 Jumlah Seluruhnya (240 Negeri) 8.000 3.822. Kep.635 16.586 87 181.376 29 392 27 -4 Yunani (G-6) 10.024 624 66.574 14. (O-31) 106. Lucia (Q-33) 186.322 9.132.000 22.847 8.286 14 449 13 -7 St.327 431 18.982 181 2. % Kenaikan Negeri atau Daerah Penduduk 2016 1 Peny.680 210 144.088 9.470 717 377 624 12 Venezuela (J-36) 31. Kep. Puncak Peny.000 10.000 2.764.433 318 12 Tinian (K-20) 2.786 290 11.095 4 Ukraina (E-7) 42.727 8 Turks & Caicos (N-29) 34.933. (N-25) 11.266 5.167.238 Swiss (F-4) 8.383 778 240 739 2 St.925 2.904 330 106 316 -5 Tuvalu (M-24) 9.183 211 209 200 -1 St. Kep.162 3 Taiwan (J-17) 23.078 7.167 12.574 3 31 Negeri Lain 41.540 339 117 325 -4 St.255 45. Pierre & Miquelon (D-37) 6.358 1.028.242 340 3.504 43 268 37 -16 Yap (L-19) 11. (O-31) 30.787.126 19.846 299 140.335 1 Thailand (K-15) 68.287.510.635 1 Turki (G-8) 79.

613 5.963 3.592 651 1.953 22.142 .045 69 214 6.303 1.469 2.798 1.942.329.377 1.086 11.900 73.819 3.943 6.691 1.254 210.582 240 845 3.229 10.781 62.017 119.440 10.020 64 1 3 1 8.118 2.763.614 332 617 1.578 34.057 157 2.617 19.297 907 19.592 55.393 1.485 1.675 10.565 14.814 249 593 9.196.983.086 389 6.200 310 3.960 332 8 15 56 6 89.439 24.237 14.115.236 286 1.167 10.553 109 1.105 595 27 43 80 16 176.054 28.188 7 19 336 2 25 45 8 93.865 480 1.063 147 2.192 241 846 586 17 32 90 10 147.706 782.558 2.785 9.806 4.361 3.329.762 66.042 2.471 5.105 275 3.071 11.168 19.990 293 5.838 47.543 258 678 1.527 43.509 3.505 551 1.788 32.535 459.929.364 3.264 20.849 44.459 2.805.079 155 245 482 46 853.874 1.920 141.307 9.861 477 3.729 7.186 260 685 727 17 46 105 11 199.662 519 1.196 101 145 28.067 929 1.179.040 3.485 1.085.727 208 7 9 27 3 39.129 345 604 1.027 171.078 14 1 5 1 5.972 36.754 10.443 82.737 462 1.247 5.268.302 23.721 9.849 107 259 307 55 694.242 11.063 164 134 277 87 686.444 1.653 2.327 138.247 11.611 256 0 14 30 4 59.180 4. Yang Dibaptis Rata2 Rata2 Jumlah Jumlah Rata2 Hadirin 2015 2016 PE PB dan PI Sidang Jam Pelajaran Alkitab Peringatan 203 2 7 29 4 48.860 7.403 557 33 39 78 14 158.679 4.611 352 945 1.619 27 47 19.098 92 137 407 33 634.632 467.903 242.389 4.723 34.136 4.129 68 185 28 1 2 10 1 13.987.618 4.161 20. Rata2 Peny.258 221 310 1.032.514 108 184 494 38 796.323 147 4.478 3.169 5.546 7.457.953 1.130 1.492 15.986 284 22 23 69 4 109.837 9.733 660 1.197 107.105.586 35.927 9.225 2.647 16.950 607 919 15 1 3 1 4.208 340 11 18 31 5 75.094.476 18.706 44 1 3 1 8.011 35.196 126 2.176 415.706 116.890 8.925 80.458.157.832 420 505 1.591.279 264.900.247 313 5 15 26 5 64.317 12.218 5 63 173 35 304.445 24.855 1.339 2.

KONGO KONGO TANZANIA E YC S ASCENSION KEP. LL M BURUNDI HE REP. WILAYAH YORDANIA KUWAIT NEPAL CANARY ALJAZAIR PALESTINA PAKISTAN BAHRAIN SAHARA LIBIA M ES I R ARAB QATAR BARAT SAUDI INDIA J UNI EMIRAT ARAB TANJUNG MAURITANIA OMAN VERDE MALI NIGER SENEGAL ERITREA CA D YAMAN K BURKINA S UDA N GAMBIA FASO JIBUTI SOKOTRA GUINEA. AFRIKA SIERRA SELATAN SRI LANKA L LEONE LIBERIA TENGAH TOGO KAMERUN UGANDA PANTAI GADING MALADEWA ˜ ´ ´ KENYA SAO TOME & PRINCIPE RWANDA GABON ES GUINEA EKUATORIAL REP. GUINEA NIGERIA SOMALIA BISSAU GHANA SUDAN ETIOPIA BENIN REP. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 A GREENLAND HUNGARIA SLOVENIA B KROASIA ISLANDIA SWEDIA BOSNIA & FINLANDIA HERZEGOVINA SERBIA C KEPULAUAN NORWEGIA FAROE ESTONIA KOSOVO MONTENEGRO D LATVIA IT MAKEDONIA PULAU MAN DENMARK A LITUANIA L IA IRLANDIA UTARA BELANDA KALININGRAD ALBANIA IRLANDIA JERMAN BELARUS INGGRIS YUNANI E POLANDIA GUERNSEY BELGIA LUKSEMBURG UKRAINA REP. HELENA ZAMBIA MAURITIUS ZIMBABWE NAMIBIA MADAGASKAR O RODRIGUES SAMUDRA BOTSWANA MOZAMBIK REUNION AT L A N T I K SWAZILAND P AFRIKA S E L ATA N SELATAN LESOTHO SAMUDRA Q TRISTAN DA CUNHA R KEP. KERGUELEN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 . CHESKA JERSEY PRANCIS AUSTRIA SLOVAKIA K A Z A K S T A N MOLDOVA SWISS F LIECHTENSTEIN RUMANIA ANDORRA KIRGISTAN IT BULGARIA AL GEORGIA PORTUGAL MONAKO IA UZBEKISTAN ARMENIA G SPANYOL SAN MARINO TURKI TURKMENISTAN YUNANI TAJIKISTAN AZORES GIBRALTAR TUNISIA SIPRUS AZERBAIJAN SIRIA MADEIRA MALTA LEBANON IRAK IRAN AFGANISTAN ISRAEL H MAROKO KEP. KOMORO ANGOLA MAYOTTE N MALAWI ST. DEM.

14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 A B R U S I A ALASKA C D E MONGOLIA REPUBLIK F DEMOKRATIK RAKYAT KOREA SAMUDRA PA S I F I K G JEPANG C I N A REPUBLIK KOREA U TA R A BHUTAN H MIDWAY BANGLADESH MYANMAR TAIWAN J LAOS HONG KONG PULAU WAKE HAWAII MAKAU THAILAND TINIAN SAIPAN FILIPINA K KAMBOJA ROTA VIETNAM YAP GUAM KEPULAUAN POHNPEI MARSHALL BRUNEI PALAU CHUUK L M A L AY S I A KOSRAE PULAU NATAL NAURU SINGAPURA K I R I B A T I M I N A PAPUA TUVALU D O N E S I KEPULAUAN NUGINI TOKELAU SOLOMON KEP. WALLIS & TIMOR LESTE KEPULAUAN COCOS FUTUNA N VANUATU FIJI SAMOA SAMOA AMERIKA NIUE KALEDONIA TONGA O BARU A U S T R A L I A KEPULAUAN COOK PULAU NORFOLK P HINDIA SELANDIA Q BARU R 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 .

PIERRE & MIQUELON E A M E R I K A S E R I K A T SAMUDRA F AT L A N T I K BERMUDA U TA R A KEPULAUAN G KEPULAUAN BAHAMA MEKSIKO CAYMAN KUBA SAMUDRA BELIZE JAMAIKA H PA S I F I K GUATEMALA HONDURAS EL SALVADOR NIKARAGUA GUYANA KOSTA RIKA VENEZUELA J SURINAME PANAMA GUYANA PRANCIS KOLOMBIA ´ KEPULAUAN GAL APAGOS EKUADOR K KEPULAUAN MARQUESAS B R A S I L L PERU KEPULAUAN TUAMOTU BOLIVIA M TAHITI PARAGUAY PULAU PITCAIRN CILE KEPULAUAN AUSTRAL N TURKS & CAICOS ARGENTINA KEPULAUAN VIRGINIA (INGGRIS) ST. MAARTEN ST. VINCENT & KEPULAUAN Q ARUBA CURAÇAO GRENADINE BARBADOS FALKLAND BONAIRE GRENADA TRINIDAD & TOBAGO GEORGIA SELATAN R 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 . MARTIN ANGUILLA URUGUAY HAITI REPUBLIK ´ O ST. LUCIA ST. 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 A GREENLAND B C K A N A D A D ST. BARTHELEMY DOMINIKA ST. EUSTATIUS GUADELOUPE P MONTSERRAT DOMINIKA MARTINIK ST. KITTS PUERTO RIKO NEVIS KEPULAUAN VIRGINIA (AS) SABA ANTIGUA ST.

.jw.org/id atau hubungi Saksi-Saksi Yehuwa. buka www.Untuk informasi lebih lanjut.

Laporan Dinas Saya Tahun 2017 Penempatan Jumlah (Tercetak dan Pemutaran Kunjungan Pelajaran Alkitab Jam Elektronik) Video Kembali Berbeda yang Dipandu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember 192 Jumlah .