Assalamu Alaikum wr.

wb

Yang Kami Hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang Bapak Banggakan Anak-anaku Seluruh Siswa SMA Negeri 7 Jakarta

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT
karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat
wal’afiat pada hari yang cerah ini.
.....................
Perlu kalian mulai pahami dari sekarang bahwa Ada bayak hal yang barangkali
perlu kita ketahui bersama supaya nanti dalam proses belajar mengajar tercipta
kondisi yang baik untuk proses belajar mengajar kita.

Salah satu yang perlu bapak sampaikan adalah bahwa sudah pasti di setiap
sekolah akan diberlakukan tata tertib sekolah termasuk di sekolah ini.

Anak-anaku yang bapak banggakan
Ada satu hal yang mungkin terus harus kita bangun yaitu kesediaan kalian untuk
mememnuhi tata tertib yang akan diberlakukan.

Kalian akan melihat hasilnya nanti ketika disiplin ini sudah menjadi kebiasaan
kalian adalah akan tercipta proses belajar mengajar yang berhasil baik dan
menjadikan kalian bisa nyaman belajar secara maksimal.

Karenanya kerjasama kalian semua dengan memahami arti pentingnya sebuah
sikap disiplin sudah pasti akan berbuah keberhasilan.

Bapak dan pihak sekolah tidak bisa memaksa kalian untuk melakukan sesuatu
aturan kecuali ada kesadaran kalian untuk bisa kerjasama dengan baik.

Anak-anaku yang bapak cintai
Mari kita coba melihat betapa kerjasama kita untuk membangun kedisiplinan ini
begitu penting. Setidaknya ada 2 hal yang bisa kita lihat bersama.

Pertama : Kedisplinan Adalah Harga Diri
Ketika disiplin ini tumbuh maka secara perlahan dan pasti sekolah kita akan
dihargai oleh oleh orang lain atau sekolah lain. Sekolah kita akan dilihat sebagai
sekolah yang bonafid, dan bisa jadi dianggap sebagai sekolah pavorit. Ini adalah
kebanggan buat kita semua. Sekolah kita dianggap sebagai sekolah yang
berkualitas.

Dengan demikian maka akan muncul rasa bangga kalian terhadap diri sendiri. Ia unggul di banding teman-teman yang lainnya dan bisa dipastikan orang seperti ini sangat berpeluang besar meraih keberhasilan gemilang di hari depannya. Dan semoga dengan kedisiplinan ini mengantarkan kalian semua menjadi orang-orang yang bisa membawa nama harum sekolah kita dan menjadi kebanggaan ibu dan bapak kalian. Lebih hebat lagi kalian akan menjadi orang yang merasa lebih mandiri dari sebelumnya. .Seseorang yang mencoba untuk mendisiplinkan dirinya adalah ciri orang yang punya karakter. Setiap orang adalah pemimpin. Kedua : Kedisplinan Adalah Kebanggaan Alangkah sangat beruntung jika diantara kalian sudah ada yang mulai menyadari secara mendalam betapa pentingnya disiplin. Sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya. yakni memimpin diri sendiri untuk mencoba hidup disiplin. Inilah salah satu tanda yang sangat nyata apakah kalian bisa memimpin atau tidak.wb. Semoga apa yang bapak sampaikan bermanfaat buat kita semua. Wassalamu 'alaikum wr. Jiwa kepemimpinan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan barangkali alangkah tepat jika disiplin mentaati peraturan sekolah ini dilihat oleh kalian sebagai ajang latihan untuk memimpin diri. Kalian akan merasa menjadi orang yang berhasil melakukan sesuatu. Coba lihat dan amati saja nanti. orang yang lebih optimis. Sadar atau tidak sadar kalian akan merasakannya sendiri. Dan yang namanya pemimpin ia pasti orang yang dikatakan sukses. Mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan atau tidak pantas untuk disampaikan. Sekian dulu apa yang saya sampaikan. Maka alangkah bahagia jika kalian sudah bisa memimpin.

Mengulas jalannya upacara Upacara pada pagi ini Alhamdulilah dapat kita laksanakan saya tak lupa mengucapkan terimakasih kepada petugas upacara yang dapat melaksanakan tugasnya mudah-mudahan untuk upacara yang akan datang lebih ditingkatkan lagi terutama untuk kelompok paduan suara. 1.Yang dimaksud dengan berusaha dan kerja keras contohnya . Anak-anakku sekalian pada kesempatan ini pesan yang akan saya sampaikan : 1.harus di tempuh dengan berusaha dan kerja keras.tanpa belajar yang sungguh- sungguh tak mungkin kita bisa naik kelas dan lulus ujian tetapi kalau kitanya sungguh-sungguh.Solawat serta salam semoga terlimpah curah kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW kepada keluarga para sahabatnya sampai kepada kita selaku umat yang taat pada ajarannya.serta para siswa yang saya cintai dan saya banggakan Yang pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya pada kesempatan pagi ini kita dapat berkumpul di lapangan untuk melaksanakan kegiatan upacara senin pagi yang biasa kita laksanakan.Pesan yang saya sampaikan dengan tema kerja keras menuju sukses.Jalan menuju cita-cita tidak selamanya mulus.tertib.ingin lulus ujian.Anak- anakku sekalian Perlu kalian ketahui kesuksesan adalah suatu keberhasilan yang sesuai dengan harapan atau yang dicita-citakan.dan hidmat.Godaan yang paling berat yaitu malas dan bolos . harus rajin sekolah artinya jangan pernah bolos 2.Bismilahirohmanirohim Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarokatuh Alhamdulilah Wasukurilah Wasalatu Wasalamu Ala Asrofil Ambiyai Walmursalin Waalaalihi Wasohbihi Ajmain Ama Badu Yang terhormat B apak Kepala SMAN Darmaraja Yang saya hormati Bapa/Ibu Guru.Untuk mengejar kesuksesan itu harus menjauhi godaan.Makanya kita harus menjauhi godaan tersebut caranya kita harus selektif dalam bergaul dan memilih teman .Untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah. Punya cita-cita dan semangat yang tinggi .Seperti halnya apabila kita ingin naik kelas. 2.Staf TU.bahkan ingin menjadi orang yang sukses tentunya kita harus belajar yang giat dan sungguh-sungguh jangan asal-asalan .semangat yang tinggi maka akan tercapai segala apa yang kita cita-citakan.Kadang-kadang berserakan kerikil tajam maksudnya banyak sekali hambatan yang merupakan .Tadi sudah sya katakan bahwa kesuksesan dan keberhasilan itu harus dibarengi dengan usaha dan kerja keras. rajin belajarbaik di sekolah maupun di rumah dan 3.Dan juga saya mohon kepada peserta upacara harap dlam pelaksanaan upacara ini dilaksanakannya dengan penuh di siplin.

juga peribahasa mengatan berakit rakit ke hulu berenang-renang ketepian .giat.Wb .Rupanya pesan yang saya sampaikan cukup sekian.mohon maaf atas segala kekurangannya. Wabilahi Taufik Walhidayah Wass.Oleh karena itu mari mulai saat ini kita harus punya cita-cita untuk menjadi orang sukses caranya dengan dibarengi belajar yang rajin.Jadi ingat .semangat yang tinggi dan jangan lupa berdoa.Untuk itu perlu semangat dan kerja keras yang tinggi.ujian yang harus kita tempuh. tercapainya cita-cita adalah kristalisasi keringat.

orang yang lebih tua atau kepada yang usianya sebaya dengan kalian. enak di ajak berteman. yang bapak sayangi.wb. Anak-anak ku siswa SMA Negeri 18 Sukabumi. Setiap orang akan sangat merasa senang ketika ada orang berbuat sangat sopan kepada kita. Ibu dan bapak guru yang kami hormati. kepada keluarga. Menjadi disukai orang atau tidak disukai siapapun. Nabi Muhammad Saw. Bagaimana cara berprilaku sopan santun. Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. suka menghina atau merendahkan. Kata-katanya kasar. . teman. Mana yang akan kita pilih diantara dua sikap tadi.. di rumah atau pun di tempat kalian mengaji mengenai pentingnya berbuat sopan santun terhadap sesama. dirinya sangat menghargai kita. Sholawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada penghulu semua utusan. Kepala Sekolah yang kami hormati. Tentu siapapun sangat senang memiliki teman yang sopan karena mereka merasa sangat dihargai. petantang-petenteng. Ketika lewat jangankan permisi mengucapkan kata basa-basi atau menyapa pun tidak.Tema Pidato : Perilaku Terpuji | Etika Judul pidato : Indahnya Memiliki Sopan Santun Pelaku Pidato : Bapak Guru Assalamu alaikum wr. orang yang lebih muda. Kepada siapa saja dan kapan saja. tidak merasa diri lebih pintar atau kaya. perbuatannya tidak menyebalkan. Dan seluruh anak-anak ku siswa SMA Negeri 18 Sukabumi. wb. yang bapak banggakan. siapapun akan sangat merasa sangat tidak suka kepada orang yang berprilaku tidak sopan. penghulu dan pimpinan kita. Kalian tentu sudah di ajarkan baik di sekolah ini. sahabat dan umatnya hingga akhir jaman. Kepada guru. Kata-katanya tidak kasar dan tidak menyakitkan. Juga sebaliknya. Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati Bapak-ibu guru yang kami hormati Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 18 Sukabumi yang bapak banggakan Assalamu Alaikum wr. Orang yang sopan tahu bagaimana menghargai sesama dan siapapun. Semua tergantung sopan santun kita.. . Semakin orang bebuat sopan maka mereka akan semakin di hargai.

Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. kepada kakak kita maupun kepada adik kita. tapi si pelayan ini malah menjawabnya dengan ketus. Anak-anak ku semua yang bapak banggakan. dan sebagainya. kepada guru ngaji kita.Kita sebagai warga negara Indonesia sudah tahu bahwa kita adalah bangsa yang memiliki adat ketimuran yang salah satu cirinya memiliki budaya sopan santun. Hati-hatilah! Terkadang sopan santun itu hilang pada diri kita. Sopan santun harus kita lakukan di sekolah. ketika kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan. kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini. kita bertanya pada si pelayan dengan baik-baik. Budaya sopan santun ini tentu harus diterapkan dimana saja. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. dan dimana saja. dan dalam situasi. jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi pak. padahal pembeli itu kan raja. kepada ayah dan ibu kita. Pendidikan yang cukup. Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. ketika kita berbelanja di suatu mall. pembawaan diri individu itu sendiri. ia rasakan. ditempat bergaul. Orang yang sopan mencoba lebih banyak mendengar dan lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda.. hormat. ditempat umum. Seperti apakah pribadi yang sopan santun? Pribadi sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat. Kita harus sopan kepada guru kita di sekolah . dan taat kepada suatu peraturan. kapan saja dan kepada siapa saja. apalagi kalau kita menawar-nawat. individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian. Contoh kecilnya saja. Misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu. bu…. kondisi apapun.dalam berteman pun seperti itu.. dan hanya lihat-lihat tapi akhirnya tidak jadi membeli pasti si pelayan itu akan memasang muka ketus dan perkataan tidak enak. Sikap santun yaitu baik. Misalnya sopan santun yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya. Sopan santun harus dilakukan kepada siapa pun. pembawaan diri yang baik terhadap . tersenyum. Kemudian sopan santun yang baik dapat dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Juga kita harus sopan juga kepada sesama seusia kita.

Assalamu alaikum wr. Sekian yang bisa bapak sampaikan. Jadilah orang yang di senangi dan disayangi orang lain. Masih banyak perilaku sopan santun dalam prakteknya. dalam situasi guru sedang menjelaskan pelajaran. mendengarkan dengan baik. Jadilah orang yang banyak teman dan disukai siapapun dengan cara memiliki sifat sopan santun ini. tutur kata yang dijaga. kekurangan individu seseorang secara fisik. Semoga mulai dari sekarang kalian mulai memikirkan dan memeriksa. Masih banyak lagi pengertian sopan santun yang lebih spesifik dan mudah dimengerti. Begitu indah rasanya memiliki teman seperti kalian untuk di ajak bergaul ketika kalian memiliki sopan santun. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Semoga dalam diri kita semua terpatri kerpibadian yang memiliki sopan santun. akan tertutup rapi dan tidak terlihat jika di bungkus dengan sikap sopan santun nya yang melekat dalam hatinya. dan harus menggunakan sendok dan garpu. misalnya.situasi apapun.wb. Tidak boleh bunyi. ini hanya bagian penglihatan saja secara kasat mata. Dengan memiliki sikap sopan santun maka disukai teman. dan bila bertanya pun harus dengan yang baik. Ini tentu sikap yang kurang sopan. Bagaimana nantinya setiap orang memiliki sikap sopan santun tetapi hanya ukurannya saja yang berbeda dan bagaimana kita mengembangkan sikap itu ?! Di sekolah seperti di dalam kelas. Lalu ketika kalian sedang makan di meja makan semua nasi harus bersih dari apapun. setelah selesai makan sendok dan garpu diletakan secara silang dengan posisi sendok di atas dan garpu di bawah. Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan. . apakah kalian sudah memiliki sopan santun. terkadang faktor keturunan juga dapat mempengaruhi individu tersebut. Mungkin sifatnya yang begitu berhati emas yang mampu menutupi kekurangannya. lalu lebih memperhatikan seseorang yang ada di depan kita.

... karena jujur akan mengantarkan pada kebaikan. Marilah kita bersamapanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala berkah dan karunia-Nya. Tak lupa semoga shalawat serta salam tetap tercurahkan pada nabi besar kita Muhammad Saw... ( HR. Yang terhormat bapak Kepala Madrasah..baik jujur dalam hal perkataan dan perbutan..Bagaimana caranya? Pertama dimulai dari diri kita sendiri..berkata jujur pada bapak ibu guru dan berkata jujur pada sesama teman.dan begitu seterusnya.kata yang sudah sangat kita kenal..dua kebohongan akan menghasilkan tiga kebohongan. dan dari hal - hal yang kecil.. berkata apa adanya... " Selalulah berkata jujur.. Sifat yang harus dimiliki oleh setiap umat islam... dalam keadaan sehat penuh semangat kita dapat melaksanakan upacara hari senin ini dengan tertib... Nah...dan kebaikan akan mengantarkan pada surga.menyadari kewajiban kalian... Orang yang terbiasa selalu bersikap jujur.. Muttafaquin Alih ) Sebagai umat Muhammad sudah selayaknya kita bersikap jujur.. lupa bawa bu!karena ... Ammiin.mengerjakan PR juga termasuk bersikap jujur.kata jujur itu apa? perlukah kita bersikap jujur? dan apa manfaat kita bersikap jujur?... dua kejujuran akan menghasilkan tiga kejujuran...dan begitu seterusnya..menjalankan amanat yang sudah diberikan oleh bapak ibu guru. Misalnya berkata jujur pada kedua orang tua.. .. Jangan sampai kalian berbohong.. dikelas bilang tidak membawa buku dengan alasan hilang bu! karena .serta siswa siswi MI ..bapak ibu guru yang kami hormati.....Satu kebohongan akan menghasilkan dua kebohongan.. tidak berdusta dan tidak menipu.Sebaliknya orang yang terbiasa berkata tidak jujur maka hatinya pun akan terdorong untuk berdusta.sudah tidak mengerjkan PR..sebab satu kejujuran akan menghasilkan dua kejujuran. berkata sebenarnya. Mengutips sabda Rasulullah. Jujur adalah berkata benar. Dan sesunggungnya dosa itu mengantarkan pada neraka. amma ba'du..Assalamu'alaikum wr.karena kalian sudah bersikap jujur pada diri sendiri.wb Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah.kata yang sudah sering kita dengar. Contohnya lagi mengerjakan PR ... Pada kesempatan kali ini. yang kami sayangi. tidak berbohong.Wassalatuwassalamuala ashrafil anbiyai wal mursalin waalaalihi wa'ash habihi ajmain..meneladani sifat beliau. .. Sebaliknya kebohongan akan mengantarkan keburukan dan dosa...kami ingin menyampaikan sedikit tentang " Kejujuran". padahal alasan sebenarnya belum mengerjkan PR.Terlepas dari itu semua ada sebagian dari kita yang belum memahami sepenuhnya tentang kejujuran tersebut.. Jujur adalah salah satu sifat terpuji yang dimiliki oleh nabi dan para sahabat.hatinya pun akan selalu mendapat dorongan untuk bersikap jujur.. Kata jujur.

.. Saya yakin siswa .... bukan malah bermain yang tidak jelas. lebih baik kalau minta ijin kekamar mandi sendiri saja.. Terhindar dari masalah 4.. Saya himbau juga kepada siswa siswi MI . pertama tidak mengerjakan PR yang kedua berbohong tidak membawa buku. dan malah bermain yang tidak jelas.... 1. misalkan ijin ke kamar mandi.siswi dari kelas satu sampai enam sudah berani kekamar mandi sendiri tanpa diantar temannya. Dicintai oleh Allah dan Rasulullah Dan yang terakhir..wb .. Selanjutnya manfaat bersikap jujur. Wassalamu'alaikum wr..apabila ada kesalahan kata. padahal tidak seharusnya. ijin buang air besar maupun buang air kecil kalau sudah selesai hendaknya kembali ke kelas.. kalau kalian ijin sendiri ke kamar mandi pasti bapak ibu guru mengizinkan. jelas dengan kita meneladani sifat nabi saja kita mendapat berkah dan pahala 3....padahal tadi ijinnya buang air besar. Mendapat berkah dan pahala.. Menjadikan hati tenang.. Sehingga menjadikan kita dekat dengan Allah..Berarti dua kebohongan yang sudah dilakukan.. Hanya itu yang bisa kamis sampaikan. semoga usaha kita bersikap jujur mendapat pertolongan dan tutunan dari Allah.karena tidak merasa terbebani oleh kebohongan 2. sudah menjadi kebiasaan kalau kalian diantar teman pasti lama sekali. dan menjadikan kita sebagai hamba yang dicintai Allah.. Itu termasuk juga berbohong... Wabillahi taufiq wal hidayah. kurang lebihnya kami minta maaf..