TENTIR GASTROINTESTINAL 2011 T – 15 Penyakit dan Kelainan Sistem

Bedah Anak
stem GI dan Pankreatohepatobilier di Bidang

Halo! Selamat datang pada bagian Bedah h Anak.
An Walaupun ini tergolong tentir sumatif II part
sekian sekian, tapi tetap semangat ya! ^.^

Data-Data Kelainan Abdomen
Menurut data RSCM, sebagian besar pasien
sien yang menjalani rawat inap adalah pasien dengan
kelainan kongenital (70%, posisi pertama), infeksi (12,7%), dan trauma (1,14%). Di
Indonesia, kelainan kongenital abdomenen pada
p bayi yang paling sering ditemukan adalah
atresia ani (9,68%) dan morbus hischsprung (9,26%).

Ternyata, angka kematian akibat kelainan nan kongenital abdomen tinggi pada usia neonatus,
yaitu pada usia 0-3030 hari. Mengapa? Karena rata-rata,
r nenonatus yang meninggal
disebabkan karena terlambat ditangani
ditangan kelainan saat lahirnya. Kasus meninggalnya ini
lucu-lucu lho, soalnya kadang-kadang kasusnya
kas yang udah keliatan dari lahir. Misalnya,
gastroskisis. Berdasarkan data yang ada, ternyata kasus bayi dengan gastroskisis yang
dibawa pada waktu kurang dari 6 jam m itu hanya 16,6%. Udah jelas banget kalau ususnya ada
di luar, kok masih aja ya bisa telat dibawan
wanya? Nah, ada kemungkinan bayi yang tanpa dosa

SUMATIF II - PART V ini mau dibuang sama keluarganya. Diharapkan mati, tapi kok nggak mati-mati,
ke rumah sakit aja. Uuu.. Ciyyaaan 
mati jadi dibawa

Ini kalau mau iseng-iseng dihafal:
Anomali Anorektal: <6 jam  9,6% (sedikit banget kan?)
Omfalokel: <6 jam  15,9%
Hirschsprung: <6 jam  3%
T-15 Penyakit dan Kelainan Sistem GI
dan Pankreatohepatobilier di Bidang Bedah Berdasarkan data tersebut, dapat terlihat,
at, dengan
d
RS
golongan yang cukup besar dan ancaman
kematian tertinggi, namun teteeep saja masuk RS-nya terlambat.
Anak
Lokasi Kelainan Kongenital Abdomen
1. Dinding Abdomen
Davrina Rianda • Defek sebagian/seluruh lapisan
• Tanpa defek
2. Organ Intraperitoneal (biasanya kelainan bawaan)
Traktus Digestivus
T-20 Faktor Psikologis yang •
• Traktus Urinarius
Mempengaruhi
Mempengaruhi Kondisi Gastrointestina
Gastrointestinall •

Genitalia
Hepatobilier
Limpa
Karina Maharani P. •

3. Retroperitoneal (biasanya keganasan)
1

Kulit masih utuh. sehingga prognosis lebih baik dari omfalokel. Bagaimana Apa saja yang perlu diperiksa untuk kasus ini? tatalaksananya? Kalau si om-omnya ini besar-besar. akan makin mudah pecah. Biasanya kalau di rumah sakit. Ada nih cara yang lebih “pasti” untuk mengecek atresia: 1. benjolannya akan semakin besar. KUDU langsung dioperasi. bodong yang ada merah-merahnya. tetap harus didampingi ya! Kan Bagaimana tatalaksana nya kalau terjadi atresia gini? Tatalaksana utamanya adalah bisa aja kompresnya jadi dingin lagi. Mengapa? Karena salivanya dan mudah nekrosis. vertebra Nilai survival mencapai 95% lho! Di Indonesia. yaitu vaskularisasi yang buruk maupun asam lambung. Pada tipe C ini. Organ Intraperitoneal 1. Mengapa oh mengapa? Karena bisa-bisa mengecek adanya fistula. bagi teman-teman yang tahu harap post di milis ya ☺) Selain omfalokel. Pada kasus ini. Defek Kulit biasanya salah satu paru-paru harus dikorbanin Yang beken adalah… Omfalokel dan Gastroskisis! (huhuhu). Atresia yang banyak terjadi adalah melakukan reseksi usus. sampe harus direseksi? Pada kasus ini. yaitu kondisi semua truktus tidak terbentuk. Tanpa defek Ekstrofi kloaka: traktus genital dan urinaria belum terpisah. yang bagian dalamnya jaringan granular tidak kering. • Abdomen: udara  fistula T-E (kurang mengerti juga maksudnya. pencegahan aspirasi bisa dilakukan dengan menghisap liur dan aja lalu dimasukkan ke inkubator. jantung. Kasus ini lebih berat lho Hernia umbilikalis atau nama kerennya bodong. akan memutar di bagian “dalam” malah jadi di “luar”. Tetapi harus menutup fistula permanen untuk mencegah aspirasi yang bisa bikin gangguan di paru- diganti tiap 5 menit sekali. • Ginjal *Ekstrofi* (dijelasin dokternya tapi kok nggak ada di slide) • Suprarenalis Ekstrofi vesika: vesika urinaria hanya terbentuk setengah. udara juga bakal yang namanya giant omfalokel jika ukurannya lebih dari 5 cm. Kalau udah masuk ke paru-paru. maka neonatus harus dijaga yang buntu lalu naik lagi. jadi “terbuka” deh karena setengahnya (dinding anterior) “hilang”. soalnya kalau hipersalivasi kesannya produksinya yang terjadi perputaran usus (volvulus) yang menyebabkan nekrosis. soalnya masa cuma kayak udel atresia tipe C. buanyak banget dan asam lambungnya bisa masuk ke paru-paru. biasanya di kauterisasi. caranya dikolapskan tuh salah satu paru Nah. dapat pula si doi ditutupi kasa paru. yaitu • Paru-paru: apakah ada aspirasi asam pakai pemberian antiseptik. Kalau si om-omnya kecil-kecil. diiringi dengan kelainan kongenital lain (umumnya kelainan jantung). Kalau si bayi mau ditinggal-tinggal. merupakan Keadaan ini dicirikan dengan obstruksi yang menyebabkan saliva yang harusnya turun sisa duktus ovalomesenterikus. 2 . maka terapinya konservatif aja. dikasih TPN (Total Parenteral Nutrition). Pemeriksaan yang lain dapat berupa foto polos abdomen untuk suhunya. biasanya akan ada peritoneum zannium. Hipersalivasi Nah. apa yang harus dilakukan kalau omfalokelnya tiba-tiba pecah? Apa pula yang harus 2. jangan sampai hipotermia. Duktus ini adalah suatu hubungan antara ibu dengan bayinya melewati esofagus. Kasus omfalokel ini sering banyak di lambung. Masukkan NGT. Tapi habis dikompres. dibandingkan ekstrofi vesika. 2. Hal ini menjadi indikasi untuk ditutup dengan operasi. dan seperti benjolan. Nah. biasanya si ibunya kaget nih. bisa terjadi aspirasi oleh makanan Sebagai tambahan. Kalau terjadi granuloma umbilikalis ini. Nama metodenya (peritoneum). Biasanya dokter akan diperbanyak). kalau NGT dimasukkan. Terdapat pula adalah torakotomi. Kalau menangis. karena lambung atau tidak? takutnya usus/heparnya kejepit. Jarang disertai • Gas darah dengan kelainan kongenital lain. Atresia esofagus Granuloma umbilikalis. Kalau kasusnya kayak gini. jadi terkumpul dan naik ke atas (istilah Persistent drooling lebih yang ujung-ujungnya nyambung ke usus bayi. terdapat usus dan hepar. karena takutnya ususnya terjepit. Makin kecil. Pastikan atresia dilakukan kalau kita dihadapi dengan kasus gastroskisis? Kan organ dalam yang harusnya di 3. yaitu kelainan dengan usus yang berada di luar. ada pula gastroskisis. Kalau ada sisa pembuluh darah. 1. Dalam keadaan darurat. Bisa juga terjadi plakia. dapat terjadi penis epispedia dan Defek Dinding Abdomen hipospadi. Pada atresia esofagus. • Anus. jadi kemungkinan hipotermia masih ada. bisa disukai dibandingkan hipersalivasi. gastroskisis ini memiliki tingkat mortalitas yang • Temperatur tinggi. metabolismenya kacau! Bagaimana cara mencegahnya? Bisa dengan kompres NaCl hangat (pada semua organ yang ada di luar). apa sih omfalokel itu? Doi adalah suatu kelainan dimana dalam selaput yang tipis dengan memutuskan fistulanya.

yang seharusnya. tidak bisa atau genitalia. inkontinen (tidak ada saraf). bagian kolon yang tampak duodenum yang cuma di epigastrium). yang gaswat karena fungsi anus tidak akan pulih karena tidak ada pleksus sakralis. dengan cara: dilakukan dilatasi anal dengan bougie sampai dengan ukuran 13-14 (untuk usia 4-12 Atresia: bikin anastomosis bulan. pertahankan suhu (rata-rata tata laksananya sama ya?). B. 3 . pankreas annulare. dianggap “tergabung”nya ada di bagian sebagai obstruksi duodenum sampai terbukti bawah (bisa di lihat di gambar yang tidak ada obstruksi (padahal cara mastiinnya sebelah kiri). boleh dibuka!! Nanti bisa kena pancreatitis) 3. Kalau karena hanya di epigastrik. dan hipotermi. berwarna hijau. Fistula/Tanpa fistula. dan dipisahkan antara feses dan urin? Karena malrotasi. Penyebab obstruksinya itu bisa atresia. baru deh dipisahi duodenum). Obstruksi Jejunum dan Ileum 6. hufttt. tapi pake kolostomi (bisa di lihat di gambar yang muternya tidak benar. satu bulan paska kolostomi. Anomali Anorektal dibahas nih. Kalau ada fistula. apakah kutaneus. Nah. pasti kita mikirnya “bagian kolon yang membesar adalah yang distensinya bisa lebih hebat dan mengenai seluruh abdomen (bandingkan dengan mengalami kelainan”. Ciri khas dari morbus hirschsprung adalah muntah yang selalu mesenteriumnya. Kenapa harus membrane/web. Ini hal mesenterium juga ada arteri mesenterika superior. ada beberapa hal yang penting banget untuk diperiksa: 1. hidup tapi di luar negeri sih bisa transplantasi usus. 4. seperti konstipasi. Bagaimana nich tatalaksananya? Prinsip tata Oh iya. dan akhirnya usus. tapi bisa juga sudah terjadi diskontinuitas dari menyebabkan obstruksi. Biasanya obstruksinya karena adanya diskontinuitas kecil lah yang tidak memiliki saraf. 3. ada komplikasinya nih. dan C merupakan (operasi definitif) dengan PSARP.si pasien disuruh tidur tapi setengah duduk Berikan juga hidrasi dan dijaga jangan sampai Tatalaksana dalam keadaan darurat adalah dengan cegah aspirasi. maka 2 minggu paska operasi PSARP. Diskontinuitas bisa disebabkan oleh atresia maupun membran/web. Jadi. jadi tatalaksananya cukup harus dengan operasi kata dokternya pisahkan feses dan urin dengan metode -__-“). jadi di gambar itu yang tipe F (pas embrio. Karena di Salah satu penyebab atresia ani adalah karena tidak ada sacrum (kelainan vertebrae). Baru setelah itu. uriner. akibatnya tidak ada gerakan peristaltik. Semua muntah yang terjadi pada 12 jam bedanya? Kalau rendah. anoplasti. yaitu pada jantung. Kelainan bawaan lain. tetapi Kalau dilihat penampakannya. kira-kira se-ibu jari). maka arteri ini akan ikut terputar. terdapat otot di tempat banyak nih. Jadi sia- menyebabkan nekrosis di duodenum hingga setengah kolon transversum proksimal. Mekanismenya yang tinggi. Morbus Hirschsprung (Aganglionosis kongenital) Kalau obstruksi di jejunum/ileum gejala muntahnya akan lebih lambat. dan efek psikososial. yaitu semua struktur dipisahkan dan dimasukkan ke tempat atresia. serabut yang di *Atresia Ani* kanan bawah (tempatnya caecum) jadi ke kanan atas dan menekan duodenum. dan saraf. kolonostomi Web/Membran: Dibuka membrannya ditutup. karena luka di perineum selalu bikin striktur. sehingga bisa mencekek sebelah kanan kalau ada ototnya). bisa pada bagian lumennya. Ini SALAH banget loooch! Ternyata. (lumayan ngurangin bahan sumatif) Kalau terjadi anomali anorektal. tulang belakang. Pankreas Annulare: Di-bypass dari proksimal duodenum melewati pankreas (pankreas tidak trauma operasi. Tipe E merupakan jenis web. Prinsip jangka panjangnya adalah perbaiki kontinuitas usus secara bertahap dengan metode Santulli. Pada kasus ini. tidak ada distensi dapat membuat keadaan sepsis. Bagaimana sih proses malrotasi yang bikin obstruksi duodenum? Jadi karena serabutnya masuk tidak sempurna. Kelainan Gaster Kelainan gaster lebih jarang ditemukan dan tidak muncul pada masa neonatus. Apa sih Kelainan duodenum biasanya obstruksi nich. Dilatasi ini dilakukan dua kali sehari. pankreas tatalaksananya nggak bisa pake anoplasti. nggak 5. sia saja kalau dioperasi. 2. letak setelah persalinan. Obstruksi Duodenum 2. kalau rektum seharusnya berada. misalnya pankreas annulare. perlu ditentukan arahnya. Tinggi/Rendah. berikan hidrasi. Sayangnya. laksana yang utama adalah kembalikan kontinuitas usus. Tipe A. Khusus untuk yang berkaitan dengan malrotasi: kalau udah nekrosis pada midgut.

Interaksi antara kortex. dan tidak ada refleks kasus lainnya harus memperbaiki kondisi fisik fisi dan kondisi psikologisnya. ga bisa mengejan. Swenson.. Kalo kita stress jadi gampang terbangun (karena ada tanda ancaman). perjalanan penyakit atau outcome dari gejala kondisi medis umum (GI) atau yang secara bermakna meningkatkan resiko dari seseorang untuk mengalami efek samping dari Fungsi GI dan status emosional permasalahan tersebut. Contohnya ada pasien yang peptic ulcer padahal kecil lukanya tapi pasien merasakan itu luka motilitas. dan warna mukosa. bagaimana tatalaksananya? Menurut si Selye stres tuh Sindrom adaptasi umum (alarm reaction. Kejadian pada kehidupan sehari-hari: sehari a. 3. gejalanya adalah: hanya salah satu aja. Teori stress Lalu. Keadaan ini akan T-20 Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kondisi Gastrointestinal membuat seseorang rentan thdp penyakit looh. dan rehabilitasi. psikiatri Intinya jangan cuma gejalanya aja yang diperhatikan tapi masalah yang melatarbelakangi Satu atau lebih masalah psikologis atau perilaku secara nyata memiliki pengaruh pada juga. rehabilitasi Jadi ga • Tinggi: feses tidak bisa keluar dengan rectal touché (berkaitan dengan pleksura Cuma untuk diagnostik dan terapi saja. sering ke kamar mandi. Transanal Mukosektomi 2. Maksudnya bisa jadi lesi terasa lebih berat gara2 masalah psikologis. Jadi dalam menangani kasus ini dan Kalo GI Hipofungsisadness sadness (sedihdepresi) (sedih 4 . Teori stress yang tidak spesifik lainnya. atau badan mudah lelah. Yang • Panjang/tinggi: ileostomi terpengaruh apa ajah shh kalo kita stress ??? Setelah usia 3 bulan. Tidak hanya pada GI.. [Davrina Rianda] ACTHglucocorticoidmempengaruhi mempengaruhi fungsi flight (lari) atau fight (hadapi). Neonatus exhaustion). 1. 4.. gastritis. Personality (faktor kepribadian)orang kepribadian) yang perfeksionis dan orang yang santai Pasti bisa dan menyegarkan di tengah lautan materi yang bikin suntuk. aksis aks hipotalamus dan neurotransmitter di otakbisa bisa mempengaruhi fungsi GI. resistance. Contoh: Con pada saat kita cemas.mulai pada saat neonatus (biasanya pada 18-24 jam kelahiran)).. and 1. Jenis operasinya bisa Duhamel. cathecolamines dan n mengaktifkan sistem serotonic (alarm perasaan diaktifkan) 2. yaitu: kesehatan serta aplikasinya untuk prevensi (pencegahan).tenang ajah isinya ringan dan sangat mudah dipahami kok. • Tidak BAB dan tidak flatus Kedokteran psikosomatik adalah bagian dari ilmu kedokteran perilaku. 2. Social re-adjustment Ketemu saya lagi di tentir ini nhh.. Secara umum. oleh stress). diagnostik. dan Soave. BAB sering. dan lain sebagainya. asam lambung akan yang besar. contoh yang lain pada respiratori (asma dapat diakibatkan meningkat. diare. b. Udah deeh langsung berbeda dalam menghadapi masalah (kalian yang mana hayo!) mulai ajah. • Rendah: feses bisa keluar dengan rectal touché (berkaitan dengan aganglion rectosigmoid). motilitas hiperaktif  diare. Interpersonal events (peristiwa (per kehidupan yang terjadi pada Menekan pada adanya interaksi kesatuan antara pikiran dan tubuh kita kita. perilaku Ilmu kedokteran • Kembung perilaku merupakan keilmuan interdisiplin lin yang ya menaruh perhatian lebih pada perkembangan • Muntah dan integrasi dari perilaku dan ilmu biomedis edis serta teknik yang relevan terhadap penyakit dan Terdapat dua jenis morbus hirschsprung. barulah dilakukan operasi definitif (mirip (mirip-mirip kayak anomaly 1. Kalo GI Hiperfungsiberartiberarti lagi dalam emosi hostility (agresifitas) ketemu do’i tegang nh sering terasa sakit perut kan. c.. Respon neurotransmitter:: sistem Nor-adrenergic Nor teraktivasimengeluarkan anorektal ya). ga • Klasik/rendah: kolostomi tenang. Konflik yang sifatnya tidak sadarkonflik sadar masa lalu yang udah disimpan. Respon endokrin:: CRF (Corticotrophin Releasing Factor). Kedokteran Psikosomatik 3. Rasa cemas. Contoh seseorang)mempengaruhi mempengaruhi fungsi GI kalo lagi sakit kepala pasti manusia lebih cenderung merasa marah atau sebaliknya misal mau 4. (biasanya terjadi pada orang yang suka nahan marah) Menurut DSM (Diagnosis and Statistical Manual) IV TR -> > biasa yang digunakan di d. Respon imun terhadap stress:: respon imun bisa turun karena stress. Stress akan menginhibisi enginhibisi glucocorticoid dan mengaktivasi IL1 dan IL6 (sitokin). silahkan. muncul lagi. depresi. dan marah marah menimbulkan perubahan pada sekresi GI. butuh juga prevensi dan rehabilitasinya supaya tidak lienalis) kembali sakit lagi atau relaps kedepannya.

Sifat yang suka menyimpan amarah nhh malah justru menambah stressnya dan psikiatri pasien diduga terkena hypochondriasis. rasa terbakar epigastric pain biasanya 1-3 jam Kita perlu melihat obat2 apa saja yang digunakan di pasien. vomit (muntah). penyakit kulit. iritis. Ulkus peptikummukosa mengalami ulserasi. pengosongan lambung yang terlambat. Radang pada usus yang biasanya menyerang usus halus dan usus besar. Segi psikologisnya -> Menurut penelitian bila dibandingkan orang yang menderita penyakit crohn dengan kontrol (orang normal) dan kolitis ulseratif. hipersekresi asam. pylori. (hayo kamu gimana??? baca zodiak dirinya mengidap suatu penyakit yang mengancam nyawa tertentu padahal sudah diperiksa deeh hehe) dan tidak ada apa-apa.. Bila setelah diperiksa tidak ada gangguan Ulkus Peptikum organik. interact with disulfiram.hehe panik pada yang berpenyakit crohn. disuruh pake dan dengan diare.. 4. keteraturan dan ketepatan sering. Bila diberikan pola makan yang baik dan antacid akan merasa lebih ringan. Gejala utamanya adalah diare berdarah. Biasanya terjadi di distal lambung atau proksimal GI drugs Psychiatric AE duodenum. Kolitis ulseratif bisa mengakibatkan Wanita 38 tahun. Omeprazole  meningkatkan konsentrasi Carbamazepine Faktor psikososialmengakibatkan gangguan gejaladaya tahan tubuh kuranginfeksi 5. nyeri abdomen. Biasanya kecemasan yang tinggi. Terjadi pada orang yang mengkonsumsi antacid. hematemesis atau melena bila ulkus 1. terlalu memperhatikan kerapihan. anxiety. dicek ternyata kondisinya normalpure psikologis. dan primary sclerosing cholangitis. Marcell hehe dan obstruksi defekasi. Gampang kan konsepnya? Biar tambah gampang lihat ilustrasi kasus di bwah ini nhh. gangguan jiwa sehingga pasien meyakini “meledak” dalam bentuk penyakit si colitis ulserative. Ulkus peptikum bisa disebabkan karena sekresi asam yang berlebihan atau jika dipakai dalam jangka panjang dan dosis tinggi infeksi H. masalah keluarga. Gejalanya adalah rasa perih sekali. dan berat badan menurun. kepala pusing dan gejalanya sering kali seperti orang terasa nyeri. Biasanya ditandai Pasien ini kasihan juga soalnya suka jadi korban dokter yang “nakal”. biasanya nanti orang tersebut akan melakukan doctor shopping (cari jodoh atau emang gejala kelainan nhh hehe). Setelah dilakukan CT obsessive compulsive (perfeksionis). dan depresi. Wanita ini manifestasi ekstrakolon seperti uveitis. setelah Trigger: stress berat. hal ini membuat wanita ini semakin khawatir. Penyakit ini bisa menjadi kronik. setelah berkonsultasi dengan waktu. Cimetidine. Kolitis Ulseratif Kolitis ulseratif adalah radang usus yang sebabnya tidak diketahui. Lalu. karena ada obat2 yang setelah makan. Bila menemukan pasien seperti ini pertama yang harus terpikir adalah penyakit tersebut disebabkan oleh organik. Perlu diingat faktor psikologi di sini posisinya sebagai pemberat ajah looh bukan penyebab. mengalami nyeri abdomen intermiten (hilang timbul) persistent. Kalo penyebabnya apa hayo.bukalah tentir dr. insomnia. Dirasakan oleh seseorang secara subyektif. barulah bisa dipastikan bahwa pasien mengalami gangguan fungsional. periksa ini itu padahal cuman dikasih obat anti depressan juga udah beres kok. khawatir dirinya mengalami kanker sehingga dia pergi ke gastroenterologist. Disebabkan oleh psikological. Apa ajah shh?? Gejala lainnya adalah nausea (mual). Metronidazole  potential nephrotoxic bila digunakan bersamaan dengan Lithium. immunosupresi dan kortikosteroid. Gangguan panik ditandai dengan serangan Gejala: panas di dada (heartburn)karena regurgitasi (asam lambung naik keatas). kegembiraan yang berlebihan (hati2 yang GERD kalo dpet nilai diperiksa normal strukturnya tetapi gejalanya benar-benar dirasakan. Interferon α depression. berdebar-debar. dyspepsia fungsional. Tambah lama nyeri abdomennya menjadi marah (disimpan sendiri). Sehingga sering kali pasien crohn dibawa bolak balik ke UGD dan setelah Bisa juga terjadi karena multifaktor: hernia hiatal. irritable bowel syndrome (IBS). sehingga tidak bisa menelan). 23% mengalami gangguan 5 . 2. mempengaruhi kondisi psikiatri pasien. dystonic reaction & parkinsonism Faktor psikologismeningkatkan sekresi asam lambungmengiritasi dinding 3. Bila yang bersangkutan mengalami distress psikologiskeparahan gejala akan meningkat Functional gastrointestinal disorder dann angka relaps akan meningkat GERD memburuk. ranitidinebisa menimbulkan efek samping gejala psikiatri (delirium) sudah dalam. Pengobatannya dengan antibiotik. Metoclopramide depression. confusion lambungulkus makin dalam. Pasien diberikan venlafaxine (anti Crohn’s Disease depresan) & terapi suportif. Bisa mengakibatkan muntah atau BAB berdarahkalau udah dalam ulkusnya. Terjadi pada orang sumatif A hehe) . biasanya terjadi pada usus Kasus Ilustrasi 1 besar. serangan jantung.Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) jagolaaah inii. walau bisa remisi. yang menderita Globus histericus (merasa seperti ada yang nyangkut di esofagus. Pasien takut Segi psikologisnya -> Menurut penelitian dapat disebabkan oleh kepribadian yang mengalami kanker pankreas karena ada dalam riwayat keluarganya. Kepribadian ini biasanya orangnya tidak bisa Scan tidak ditemukan tanda-tanda adanya kanker. sering.

insomnia..dll. CLP (Consultation Liaison Psychiatry) Kerjasama sejawat departemen lain dan psikiatri dengan membentuk tim dalam menangani seorang pasien. dokter psikiatri akan melakukan terapi kombinasi farmakoterapi dan psikoterapi. Tidak ada riwayat minum alcohol atau obat-obatan. seorang atlet mengalami kecemasan dan bersendawa sangat sering. Akibatnya dy belanja dokter terus untuk ngurangin kekhwatirannya. Kata dokternya nanti kalo kita udah jadi dokter.Kasus Ilustrasi 2 Laki-laki 20 tahun. pada kelainan ini kita harus menganamnesis dengan baik. 6 minggu setelahnya sembuh. Terdapat masalah adjustment disorder dengan kecemasan. padahal kenyataan sebenarnya gak gtu. [Karina Maharani Pramudya] 6 .lebay bahasa gampangnya lah haha) Terapinya adalah terapi relaksasi dengan psikoterapi singkat dan cytalopram 20 mg (anti depresan). Dari departemen psikiatrinya akan mencari sisi psikologis yang bisa menjadi komorbiditas penyakit khususnya kelainan GI. Jika memang ada kelainan psikologisnya. Pasien merasa susah bernapas. Kelainan kejiwaan ini adalah perasaan takut berlebihan akibat pikiran2 negatifnya. merasa perut penuh ketika sedang berlari. Kasihan juga kan pasiennya cape belanja dokter. soalnya ini bukan kelainan organik dan bisa langsung merujuknya ke dokter kejiwaan. dengarkan cerita pasien supaya gak salah diagnosis.