BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Puskesmas merupakan organisasi kesehatan fungsional yang menjadi pusat

pembangunan kesehatan yang berfungsi mengembangkan dan membina kesehatan

masyarakat serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan terdepan dan terdekat dengan

masyarakat dalam bentuk kegiatan pokok yang menyeluruh dan terpadu di wilayah

kerjanya. Puskesmas juga dapat diartikan sebagai satu satuan organisasi yang diberikan

kewenangan kemandirian oleh dinas kesehatan kabupaten atau kota untuk melaksanakan

tugas-tugas operasional, pembangunan kesehatan di wilayah kecamatan.

Visi pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah

tercapainya Kecamatan Sehat menuju terwujudnya Indonesia Sehat. Kecamatan

Sehat adalah gambaran masayarakat kecamatan masa depan yang ingin dicapai

melalui pembangunan kesehatan, yakni masyarakat yang hidup dalam lingkungan

dan berperilaku sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan

kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan

yang setinggi-tingginya. Indikator Kecamatan Sehat yang ingin dicapai mencakup

4 indikator utama yakni lingkungan sehat, perilaku sehat, cakupan pelayanan

kesehatan yang bermutu dan derajat kesehatan penduduk kecamatan Rumusan visi

untuk masing-masing puskesmas harus mengacu pada visi pembangunan kesehatan

puskesmas di atas yakni terwujudnya Kecamatan Sehat, yang harus sesuai dengan

situasi dan kondisi masyarakat serta wilayah kecamatan setempat. Misi

pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah mendukung

1

yang keduanya jika ditinjau dari sistem kesehatan nasional merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama. maka peranan dan kedudukan puskesmas adalah sebagai ujung tombak sistem pelayanan kcsehatan di Indonesia. Sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan di Indonesia.23 Tahun 1992 adalah setiap kegiatan untuk meningkatkan dan memelihara keesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dana atau masyarakat. pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan. diselenggarakan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan. penyembuhan penyakit (kuratif). mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerjanya. keluarga dan masyarakat berserta lingkungannya. pemulihan kesehatan (rehabilitatif) 2 . Jika ditinjau dari sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. pencegahan penyakit (preventif). Upaya Kesehatan menurut undang – undang kesehatan No.serta memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan. juga bertanggung jawab dalatn menyelenggarakan pelayanan kedokteran.tercapainya misi pembangunan kesehatan nasional. puskesmas bertanggungjawab menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat. yakni terwujudnya Kecamatan Sehat Menuju Indonesia Sehat. Misi tersebut diantaranya yaitu menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya. maka Puskesmas bertanggungjawab dalam menyelenggarakan pelayartan kesehatan masyarakat. memelihara dan meningkatkan mutu. Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. peningkatan kesehatan (promotif). Untuk tercapainya visi pembangunan kesehatan melalui puskesmas.

Upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat.1 Tujuan Umum Memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan upaya pokok pada daerah kerja Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016. Upaya Kesehatan Kerja. Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular. 1.2 Tujuan Khusus 3 .2.dan Upaya Pengobatan.2 Tujuan 1.yang secara menyuluruh. Upaya kesehatan wajib tersebut diantaranya Upaya Promosi Kesehatan. yakni upaya lain di luar upaya puskesmas tersebut di atas yang sesuai dengan kebutuhan. Upaya kesehatan pengembangan dipilih dari daftar upaya kesehatan pokok puskesmas yang telah ada. Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut. Upaya Kesehatan Jiwa. Pengembangan dan pelaksanaan upaya inovasi ini adalah dalam rangka mempercepat tercapainya visi puskesmas. Upaya Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana. Upaya Kesehatan Mata. 1. Upaya kesehatan pengembangan puskesmas adalah upaya yang ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan yang ditemukan di masyarakat serta yang disesuaikan dengan kemampuan puskesmas. Upaya kesehatan pengembangan puskesmas dapat pula bersifat upaya inovasi.2 Upaya kesehatan tersebut dikelompokkan menjadi dua yakni upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan. yakni Upaya Kesehatan Sekolah.2. Upaya Kesehatan Usia Lanjut. dan Upaya Pembinaan Pengobatan Tradisional. terpadu dan berkesinambungan. Upaya Perbaikan Gizi.Upaya Kesehatan Olah Raga. Upaya Kesehatan Lingkungan.

c. Memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan Upaya Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana pada daerah kerja Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016. b.a. Memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan Upaya Promosi Kesehatan pada daerah kerja Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016. 1. Memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan Upaya Perbaikan Gizi pada daerah Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016. d. Memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan Upaya Kesehatan Lingkungan pada daerah kerja Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016. Memberikan gambaran gambaran kegiatan pelaksanaan Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular pada daerah kerja Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016.3 Manfaat Manfaat makalah ini untuk memberikan gambaran gambaran kegiatan pelaksanaan Upaya Pengobatan pada daerah kerja Puskesmas Beruntung Raya tahun 2016. e. 4 .