YUSINDAH SEFTIANA

E1A013031

KELAS A

1. Apakah merek aqua dan mie sedap melanggar peraturan merek
karena itu merupakan frasa umum?
Kita kenali dulu apa itu arti merek. Merek adalah sebuah tanda dalam bentuk gambar,
nama, kata, huruf, figur, komposisi warna, atau kombinasi elemen-elemen tersebut yang dipakai
sebagai daya pembeda barang dan jasa di antara para pedagang dengan pedagang lainnya,
misalnya berfungsi sebagai lencana asal. Aqua dan sedap merupakan frasa umum tapi kenapa
dikabulkan untuk menjadi merek .Dalam mengajukan merek tentu saja ada peraturannya ada
syarat-syaratnya syarat-syaratnya yaitu menurut pasal 5 UUM Tahun 2001 merek tidak dapat
didaftarkan apabila mengandung salah satu unsur di bawah ini:
1. Bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama,
kesusilaan atau ketertiban umum.
2. Tidak memiliki daya pembeda.
3. Telah menjadi milik umum.
4. Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan
pendaftaran.
Adapun syarat-syarat lainnya yaitu:
1. Didaftarkan dengan itikad tidak baik (misalnya merek bajakan);
2. Bertentangan dengan peraturan dan hukum, moralitas dan agama, atau ketertiban umum;
3. Tidak memiliki daya pembeda (misalnya nomor 1 saja, atau kata yang umum);
4. Telah menjadi milik umum (misalnya generik – kata yang seringkali digunakan untuk
mendeskripsikan barang);
5. Penjelasan atas barang atau jasa yang pendaftarannya dimintakan;
6. Identik atau mirip dengan merek yang sudah terdaftar sebelumnya untuk barang dan jasa
yang sejenis;

Dalam syarat- syarat lain point ke 4 tertulis disitu “4. atau 9.” dan aqua itu merupakan bahasa asing yang mempunyai arti itu “air” air itu merupakan frasa umum yang telah menjadi milik umum sama seperti sedap yang juga adalah suatu kata yang biasa masyarakat untuk menyatakan sesuatu barang atau apapun itu “baik” sebenarnya menurut point ke 4 ini aqua dan sedap ini tidak layak atau seharusnya memang tidak boleh untuk dijadikan suatu merek karena telah menjadi milik umum atau seding digunakan untuk mendeskripsikan suatu barang namun kita balik lagi ke point 3 dan pasal 5 ayat 2 yang intinya merupakan “tidak memiliki daya pembeda” mari kita teliti lagi lebih jelas merek aqua dan sedap ini Jelas terlihat disitu aqua itu sebenarnya mereknya “ DANONE AQUA” iya awalnya memang banyak yang mengira “DANONE” itu adalah PT yang mengeluarkan aqua itu bukan masuk kedalam merek tapi sebenarnya mereknya itu adalah “DANONE AQUA” itulah yang membuat pembedanya ada kata danone walaupun aquanya itu adalah seuatu frasa umum jadi merek aqua dibolehkan untuk menjadi merek resmi yaitu “DANONE AQUA” . Identik atau mirip dengan merek terkenal untuk barang dan jasa sejenis atau tidak sejenis (sebuah merek dianggap sebagai merek terkenal hanya jika telah memnuhi beberapa kriteria).Telah menjadi milik umum (misalnya generik – kata yang seringkali digunakan untuk mendeskripsikan barang). Merupakan atau menyerupai nama orang terkenal . Itu merupakan syarat-syarat agar merek dapat dikabulkan untuk didaftarkan untuk kasus aqua dan sedap ini memang jika kita lihat sedap dan aqua telah memenuhi syarat2 di atas namun kita lihat pasal 5 ayat 2&3 uu no 15 tahun 2001 dan dalam syarat lain-lainnya di point 3 dan 4 lebih spesifik lagi karena memang aqua dan sedap itu merupakan frasa umum. Serupa dengan indikasi geografis yang terkenal (misalnya Sampanye atau Toraja). 8. Telah menjadi milik umum. 7.” dalam uu no 15 tahun 2001 pasal 5 ayat 3 tertulis “3. foto atau nama badan hukum (misalnya nama perusahaan).

organisasi dan/atau perusahaan yang sama atau menyerupai Lambang Negara termasuk ancaman pidananya dalam Pasal 69 UU No. Maknanya adalah larangan untuk ‘membuat lambang’ untuk organisasi (PSSI) yang sama atau menyerupai lambang Negara dalam hal ini Garuda Pancasila. perkumpulan. organisasi dan/atau perusahaan yang sama atau menyerupai Lambang Negara’. partai politik.24 Tahun 2009. Apakah lambang PSSI yang merupakan burung garuda melanggar peraturan hak cipta karena tidak boleh menggunakan lambang Negara untuk suatu lambang organisasi atau merek? Menurut Pasal 57© UU NO 24 Tahun 2009 14 UU No. Sama seperti sedaap ini sebenarnya mereknya itu adalah “MIE SEDAAP” bukan sedaap saja memang banyak masyarakat yang mengangkap “MIE” yang tertulis dalam merek sedaap itu bukan merek tetapi hanya gambaran bahwa yang dijual itu merupakan produk MIE tetapi sebenarnya MIE itu masuk ke merek jadi disitulah pembedanya setelah menggunakan frasa umum jadi walaupun menggunakan frasa umum ada juga pembedanya yaitu “MIE SEDAAP” KESIMPULAN Jadi aqua dan sedaap itu dibolehkan dijadikan merek walaupun merupakan frasa umum atau kata yang seringkali digunakan untuk mendeskripsikan suatu barang karena mereka mempunyai pembeda seperti pasal 5 ayat 2 uu no 15 tahun 2001 yaitu sebenarnya mereknya itu adalah “DANONE AQUA” dan “MIE SEDAAP” 2. perkumpulan. Isi dari pasal tersebut adalah larangan untuk membuat lambang untuk perseorangan. . 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta menyatakan bahwa lambing PSSI yaitu burung garuda merupakan pelanggaran hak cipta karena disebutkan. Tapi mari kita cermati kata-kata dari Pasal tersebut yaitu larangan untuk ‘membuat lambang untuk perseorangan. partai politik.

juga dikatakan bahwa Lambang Negara sebagai lencana atau atribut sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 huruf e dipasang pada pakaian di dada sebelah kiri. di rumah warga negara Indonesia. f.24 Tahun 2009? Marilah kita melacak lagi pasal- pasal dalam undang-undang ini. pada surat dan lencana gelar pahlawan. b. d. pejabat pemerintah atau warga Negara Indonesia yang sedang mengemban tugas negara di luar negeri. dalampenyelenggaraan peristiwa resmi. dalam buku dan majalah yang diterbitkan oleh Pemerintah. Apakah timnas PSSI dapat disebut sebagai warga Negara Indonesia yang sedang mengemban tugas Negara? Semestinya. Dengan menggunakan lambang Negara Garuda Pancasila pada baju timnas ini telah melanggar ketentuan hukum lain dalam UU No. Berikut pada Pasal 54 (3) UU No. sebagai lencana atau atribut pejabat negara.24 Tahun 2009 menyebutkan bahwa Lambang Negara dapat digunakan sebagai: a. h. g. tim nasional yang sedang berjuang untuk menjaga keharuman nama bangsa apalagi dalam pertandingan olahraga melawan Negara-negara lain. Dapatlah kita lihat bagaimana bangganya Indonesia . c. e. dan/atau i. tanda jasa. dalam buku kumpulan undang-undang. pada kertas bermaterai. sebagai cap dinas untuk kantor. bisa disebut sebagai mengemban tugas Negara. dan tanda kehormatan. Pasal 52 UU No.24 Tahun 2009. sebagai cap atau kop surat jabatan.

Seandainya pertandingan olahraga antar negara ini memang merupakan tugas Negara. identitas. tentunya pada saat dihadapkan dengan tim dari Negara-negara lain. Pasal 57 (a) UU No. seharusnya sudah cukup sebagai dasar untuk diperbolehkannya menggunakan lambang Negara. Penggunaannya pada kaos timnas mungkin ditujukan untuk menunjukkan identitas bahwa tim yang sedang bertanding adalah tim nasional Indonesia dan bukan pemain dari Negara lain yang juga berwarna merah mengingat adanya pemain-pemain asing yang . Bagaimana kompaknya penonton menyanyikan lagu Garuda di Dadaku.24 Tahun 2009 tersebut. atau merendahkan kehormatan Lambang Negara’. Perlu diperhatikan juga bahwa dalam pertimbangannya.dan antusiasnya masyarakat pada saat timnas Indonesia memenangkan pertandingan demi pertandingan melawan Negara-negara lain. tentunya harus ada keterangan pendukung bahwa tugas timnas melawan tim sepakbola Negara-negara lain merupakan salah satu bentuk tugas Negara. melarang setiap orang untuk ‘mencoret.24 Tahun 2009 baik penjelasannya tidak memberikan makna ataupun perluasan dari kata-kata tersebut. menggambari.24 Tahun 2009. Seperti misalnya analogi yang dilakukan pada pasal mengenai pencurian (Pasal 362 KUHP) bahwa pengertian ‘barang’ dalam pasal tersebut meliputi juga barang yang tidak kasat mata dalam hal ini ‘listrik’. atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai.24 Tahun 2009). Tentunya penggunaan lambang Negara Garuda Pancasila pada kaos Timnas Indonesia ini juga tidak pernah dimaksudkan untuk membuat rusak. Setidaknya seharusnya mengenai hal ini pengaturannya sama seperti pada pengaturan tentang bendera merah putih yang dapat dikibarkan atau dipasang pada pertandingan olahraga (Pasal 11 (1) UU No. Seperti mendapatkan sengatan nasionalisme secara serentak. dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan Negara sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945. menodai lambang Negara sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 57 (a) UU No. UU ini menyebutkan bahwa lambang Negara merupakan sarana pemersatu. tanpa harus secara fisik ada di luar negeri sebagaimana yang disebutkan Pasal 52 (e) UU No. sehingga suatu organisasi ataupun warga Negara dapat dihukum. Tentunya untuk memperluas makna ‘di luar negeri’ juga harus ada penafsiran dari hakim karena UU No. Tapi agar argumen ini kuat. menghina.24 Tahun 2009.Apabila merusak Lambang Negara. menulisi.

badan legislative membaca kembali UU ini dan memperbaiki pasal-pasal yang kiranya harus direvisi ataupun diperjelas.’ termasuk adanya larangan membuat lambang yang mirip atau menyerupai lambang negara GARUDA PANCASILA. Kemungkinan pertimbangan lainnya untuk menjawab pertanyaan Paling diharapkan dari adanya gugatan ini adalah setidaknya.berkewarganegaraan Indonesia pada timnas kita. maupun penggunaan lambang GARUDA PANCASILA dalam benda-benda lain. KESIMPULAN Jadi lambang Burung Garuda yang merupakan lambang Negara Republik Indonesia yang dijadikan lambang oleh PSSI di baju PSSI itu tidak apa-apa tidak melanggar peraturan perundang-undangan karena pemain PSSI juga mengenakan baju itu untuk bermain sepak bola untuk mewakili Negara Republik Indonesia di Negara lain atau sebagai ciri dari Negara Republik Indonesia . yang menyatakan: ‘melarang setiap orang untuk menggunakan Lambang Negara untuk keperluan selain yang diatur dalam Undang-Undang ini. seperti misalnya Pasal 57 (d) UU No.24 Tahun 2009. Apabila tidak dilakukan revisi atau penjelasan maka akan ada lambang lain yang harus siap digugat karena menggunakan lambang Negara seperti di bawah ini.