TERAPI LATIHAN

Aktif dan Pasif Stretching pada Biceps Brachii dan Rectus Abdominis

Disusun Oleh :

Afifah Agyani (P3.73.26.1.15.052)

Elsie Margaret (P3.73.26.1.15.058)

Pangestu Haryanto (P3.73.26.1.15.077)

Rika Rachmahani (P3.73.26.1.15.079)

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA III
PROGRAM STUDI D IV FISIOTERAPI
2017

Selanjutnya lakukan gerakan hyper abduksi horizontal 5. Posisikan tangan pasien antara posisi supinasi dan pronasi 4. Posisikan pasien dalam keadaan berdiri atau duduk 2. Pasien diposisikan duduk dengan posisi tegap 2. Tahan hingga 5 detik.BIceps Brachii Active Stretching 1. Posisi terapis berada dibelakang pasien 3. kemudian ulang hingga beberapa kali untuk membantu mengulur otot biceps anda. Passive Stretching 1. Pastikan posisi lengan dalam keadaan antara pronasi dan supinasi 3. Lalu lakukan gerakan fleksi shoulder 4. Satu tangan terapis menekan bagian shoulder dan tangan lainnya memegang bagian elbow .

Kemudian letakkan kedua telapak tangan disebelah kedua sisi tuubuh anda . Pasien kemudian duduk di atas thera band 3. kemudian lakukan gerakan ini beberapa kali untuk membantu mengulur otot pada perut anda. kemudian ulang hingga beberapa kali untuk membantu mengulur otot biceps anda. terapis tidak memberikan bantuan pada pasien 4. Posisikan badan anda tengkurap 2. Siapkan thera band untuk membantu pasien pada saat melakukan stretching 2. 1. Tahan hingga lima sampai tujuh detik. Lakukan gerakan seperti kayang pada pasien hingga menyentuh lantai. Rectus Abdominis Active Stretching 1. 5. Tahan hingga 5 detik. Kemudian lakukan gerakan abduksi horizontal hingga mencapai batas maksimal pasien 6.

Terapis berada dibelakang pasien dan menahan thera band agar tidak bergerak 3. Angkat kedua tangan pasien ke atas 4. kemudian lalu kan secara berulang untuk mengulur otot pada perut anda Passive Stretching 1. 4. usahakan bgaian pelvic tetap berada dibawah. Angkatlah setengah badan anda dari kepala hingga ke pinggang dan pandangan mata harus lurus ke depan. Tahan posisi tersebut hingga lima detik. 3. . Posisikan pasien duduk di atas thera band 2. Tahan posisi tersebut hingga lima sampai tujuh detik untuk mengulur otot perut pasien. Secara perlahan terapis menarik kedua lengan pasien ke belakang seperti posisi kayang 5.