Makalah Fisika Sekolah

LISTRIK

DISUSUN
OLEH KELOMPOK VII
1. SINDI A 241 15 103
2. DEWI STERI WAHYUNI A 241 15 084
3. PUPUT AMANDA WIZAHFITRI A 241 15 103

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2017

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami senantiasa kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah
melimpahkan karunia nikmat bagi umat-Nya atas terselesaikannya makalah ini, untuk
menyelesaikan tugas kelompok kami. Makalah ini membahas tentang”.LISTRIK”.
Dalam penyusunan makalah ini, kami banyak mendapat tantangan dan hambatan akan
tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Oleh karena itu, kami
mengucapkan terima kasih kepada bapak selaku dosen pengampuh mata kuliah pendidikan
Kewarganegaraanyang telah membimbing kami. Serta kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan makalah ini.
Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan makalah
yang kami buat ini masih belum sempurna. Oleh karena itu dengan segala
kerendahan hati kami mohon saran dan kritik demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

Palu, Februari 2017

Kelompok VII

..........................2 Saran......................................................9 Amperemeter dan Voltmeter DC.............................4 Daya dan Energi Listrik......2 1..6 2........ 2.....................................................ii DAFTAR PUSTAKA..........3 Tujuan.................................... BAB III PENUTUP 3....................................iii BAB I PENDAHULUAN 1...............1 1.............1 Kesimpulan..................... DAFTAR PUSTAKA HALAMAN JUDUL......................................................2 1......................................................................................................................... 2....................... DAFTAR PUSTAKA ........................1 Arus Listrik.................................................................................................... 2..................................................................................... 2.............................................................................................................................1 Latar Belakang.....................................................7 Ggl dan Rangkain Ggl.......................5 Arus Bolak-Balik AC..........................................................15 3...............................................................................i KATA PENGANTAR.......................6 Rangkaian Seri dan Paralel Resistor....................................................2 Rumusan Masalah....3 Hambatab Jenis.................................... BAB II PEMBAHASAN 2................................................................................................................................................................................ 2.................................................................4 Manfaat Penulisan..........................3 2..........................2 Hambatan Listrik dan Beda Potensial..................................................8 Daya pada Rangkaian Listrik Rumah Tangga.......10 2...

Korsleting listrik tidak bisa dianggap sebagai hal sepele karena dapat menimbulkan kebakaran. serta mengenai penghematan energi listrik. Secara tidak langsung. Apa yang dimaksud dengan hambatan listrik dan beda potensial? 3. Semakin lama tidak ada satupun alat kebutuhan manusia yang tidak membutuhkan listrik. Berdasarkan uraian di atas maka penulis ingin menjabarkan tentang konsep dasar kelistrikan. Kemudahan yang ditawarkan oleh energi listrik. Manusia terkadang melakukan hal-hal ceroboh. BAB I PENDAHULUAN 1. seperti pencurian listrik yang dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Apa yang dimaksud dengan Arus listrik? 2. hal ini juga akan memperbesar efek pemanasan global yang mengancam kehidupan manusia. 1. oleh karena itu manusia selalu berfikir bagaimana menciptakan dan menggunakan energi listrik secara efektif dan efesien. Apa yang dimaksud dengan hambatan jenis? . Semakin banyak penggunaan alat- alat listrik.1 Latar Belakang Listrik dapat dikatakan sebagai suatu bentuk hasil teknologi yang sangat vital dalam kehidupan manusia. mencakup masalah arus listrik sampai pada pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas. Namun. maka semakin banyak pula gas rumah kaca yang dihasilkan bumi. Pada dasarnya energi listrik tidak dapat diperbaharui. penggunaan listrik secara berlebihan akan membawa dampak negatif bagi kehidupan. tidak selamanya menguntungkan manusia. maka rumusan masalah dari makalah ini adalah: 1. maka energi listrik akan cepat habis. Apabila manusia tidak dapat menggunakannya secara efektif dan efisien.

Bagaimana itu Amperemeter dan Voltmeter arus DC 1. Pengertian Daya dan Energi listrik 5. Bagaimana itu rangkaian Seri dan Paralel resistor? 7. Apa yang dimaksud dengan Daya dan Energi listrik? 5. Bagaimana itu Ggl dan rangkaian Ggl? 8. Pengertian Arus listrik 2. 4. Bagaimana itu rangkaian Seri dan Paralel resistor 7. Bagaimana daya pada rangkaian listrik rumah tangga 9. Pengertian hambatan jenis 4. Bagaimana itu Arus Bolak-Balik? 6. Bagaimana itu Arus Bolak-Balik 6. Bagaimana daya pada rangkaian listrik rumah tangga? 9. Bagaimana itu Ggl dan rangkaian Ggl 8. Bagaimana itu Amperemeter dan Voltmeter arus DC? 1.4 Manfaat Penulisan Harapan yang ingin diwujudkan dalam makalah ini tercakup secara teoretis dan secara praktis yang meliputi: 1. Pengertian hambatan listrik dan beda potensial 3. . Secara teoretis Makalah ini diharapkan berguna untuk memberikan sumbangan terhadap usaha peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.3 Tujuan Penulisan Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan yang dapat dirumuskan dalam pembuatan makalah ini antara lain untuk mengetahui: 1.

Alat yang diberi daya oleh baterai R arus +– B al at 6V + – dapat berupa bola lampu. Dalam hal ini. Muatan listrik dapat berpindah apabila terjadi beda potensial. dari kutub positif ke kutub negatif. misalnya baterai atau akumulator. Beda potensial dihasilkan oleh sumber listrik. baterai (sumber beda potensial) digambarkan dengan simbol: .1(b). sedangkan yang pendek menyatakan kutub negatif.lawanan arah dengan arus elektron. yaitu kutub positif (+) dan kutub negatif (–). BAB II PEMBAHASAN 2. pemanas. diagram rangkaiannya tampak seperti pada Gambar 7. kita dapatkan rangkaian listrik tampak seperti pada Gambar 7. dari anoda ke katoda. muatan dapat mengalir melalui kawat pada rangkaian.1 Arus Listrik Arus listrik didefinisikan sebagai aliran muatan listrik melalui sebuah konduktor.1(a). dari satu kutub baterai ke kutub yang lainnya.Aliran muatan seperti ini disebut arus listrik.Setiap sumber listrik selalu mempunyai dua kutub.Arah arus listrik ini ber. dan sebagainya. radio. Apabila kutub-kutub baterai dihubungkan dengan jalur penghantar yang kontinu. Garis yang lebih panjang menyatakan kutub positif. . Ketika rangkaian ini terbentuk.Arus ini bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah.

............. dan pada saat yang sama elektron- elektronmeninggalkankutubnegatifbateraidan memasuki kawat di ujung yang lain.. Ketika kawat penghantar pertama kali dihubungkan... Konduktor banyak mengandung elektron bebas.1) Dengan Qadalah jumlah muatan yang melewati konduktor pada suatu titik selama selang waktu t ... bila kawat penghantar dihubungkan ke kutub........kutub baterai seperti pada Gambar 7. (7. bedapotensial antara kutub- kutub baterai mengakibatkan adanya medan listrik di dalam kawat dan paralel terhadapnya.Berarti....1836)......Satuan-satuanterkecilyangsering digunakan adalah miliampere (1 mA = 10-3 A) atau mikroampere (1A = 10-6 A).. Arus listrik yang mengalir pada kawat tersebut didefinisikan sebagai jumlah total muatan yang melewatinya per satuan waktu pada suatu titik.1. Dengan demikian. Maka arus listrik Idapat dirumuskan: Q I = t ........ dianggap muatan positifmengalirpadasatuarahyangtetapekuivalendengan muatan negatif yang mengalir kearah yang berlawanan ... Satu ampere didefinisikan sebagai satu coulomb persekon(1A=1C/s)..... sebenarnya elektron bermuatan negatiflah yang mengalir pada kawat... Sesuai dengan ketentuan mengenai muatan positif dan negatif.... Alat untuk mengukur kuat aruslistrikdinamakanamperemeter(disingkatammeter)... elektron-elektron bebas pada satu ujung kawat tertarik ke kutub positif... Arus listrik diukur dalam coulomb per sekon dan diberinamakhususyaituampereyangdiambildarinama fisikawan Prancis bernama Andre Marie Ampere (1775 . Ada aliran elektron yang kontinu melalui kawat yang terjadi ketika kawat terhubung ke kedua kutub..

dan sebaliknya. Makinbesar hambatan ini. Ketika membicarakanarus yang mengalir pada rangkaian. dan dinyatakandengan persamaan: I I V R (a) (b) Gambar 7. melalui eksperimennyamenyimpulkan bahwa arus I pada kawat penghantar sebandingdengan beda potensial V yang diberikan ke ujung-ujung kawatpenghantar tersebut: I∝V. Dengan demikian. makin kecil arus untuk suatu teganganV. Semakin besar hambatan listrik.2 Arah arus konvensional.2. yang dimaksud adalah arah aliran muatan positif. tetapi juga padahambatan yang dimiliki kawat terhadap aliran elektron. Arah arus yang identik dengan arahmuatanpositifiniyangdisebutaruskonvensional.Pernyataan ini dikenal dengan Hukum Ohm. semakin kecil kuat arusnya. Misalnya. 3. jika kita menghubungkan kawat penghantar kekutub-kutub baterai 6 V.George Simon Ohm (1787-1854). arus I yang mengalir berbandinglurus dengan beda potensial antara ujung-ujung penghantardan berbanding terbalik dengan hambatannya. tampak seperti pada Gambar 7.3 grafik hubungan (a) kuat arus dengan beda potensial (b) kuat arus hambatan . maka aliran arus akan menjadi duakali lipat dibandingkan jika dihubungkan ke baterai 3 V.Kuat 1 arus listrik berbanding terbalik dengan hambatan:I∝ Aliran elektron pada kawat R penghantar diperlambatkarena adanya interaksi dengan atom-atom kawat.2 Hambatan Listrik dan Beda Potensial Dalam arus listrik terdapat hambatan listrik yang menentukan besar kecilnya arus listrik.Besarnya arus yang mengalir pada kawat penghantartidak hanya bergantung pada tegangan. arus konvensional aliran elektron Gambar 7.

.3 Hambatan Jenis Kita mungkin menduga bahwa hambatan yang dimilikikawatyang tebal lebih kecil daripadakawatyangtipis... V I= ........ dan pengering rambut... energi listrik diubah menjadi energi panas pada hambatan kawat yang . hambatan dinyatakan dalam satuanvolt per ampere (V/A) atau ohm (Ω)........... (7.. Ohm juga merumuskanbahwa hambatan R kawat logam berbanding lurus denganpanjang l............ Hubungan ini (persamaan (7..2)) sering dituliskan: V = I .......... serta kuat arus I dan hambatan listrik R.....2) R Dengan R adalah hambatan kawat atau suatu alat lainnya.............. Kita tentunya juga memperkirakanbahwa semakin panjang suatu penghantar..... 2............. Pada alat-alat listrik sepertipemanas listrik....... (7....karena akan adalebihbanyak penghalang untuk aliran elektron. 2... ditunjukkan seperti pada Gambar 7... Berdasarkan eksperimen.......Hambatan jenis kawat berbeda-beda tergantung bahannya.3.................... dan I adalah arus yang mengalir..........karena kawatyang lebih tebal memiliki area yanglebihluas untuk aliran elektron......R .. berbanding terbalik dengan luas penampanglintang kawat A.......m) Konstanta pembanding disebut hambatan jenis(resistivitas).4 Daya dan Energi Listrik Energi listrik berguna untuk kita karena dapat diubahmenjadi bentuk energi lain. (7.. dan bergantung kepada jenis bahan tersebut.....makahambatannya juga semakin besar..................Secara matematis dituliskan: I R= ρ ………..3) Dalam satuan SI.... V adalah beda potensial antara kedua ujung penghantar...........4) A Dengan : R = hambatan kawat penghantar (Ω) l = panjang kawat penghantar (m) A = luas penampang lintang penghantar (m2) ρ = hambatan jenis kawat penghantar (Ω.......... kompor listrik....... Grafik hubungan antara arus I dan beda potensial V...

Dayayang diubaholehperalatanlistrikmerupakan energiyangdiubah bilamuatanQbergerakmelintasibedapotensialsebesarV. pada banyak lampu (Gambar 7. dirumuskan: energi yag diubah QV P = daya = = waktu t Muatan yang mengalir tiap satuan waktu Q/t merupakanarus listrik.dikenal dengan nama “elemen pemanas”. energi listrik diubah menjadi panas.Pada setiap tumbukan.4 filamen kawat mengubah eergi listrik menjadi Cahaya. Gambar 7.5 pada setrika. terjadi transfer energi dari elektron ke atom yang ditumbuknya. karena arus biasanya agak besar.dirumuskan:perubahan energi tiap satuan waktu. sehingga energi kinetik atom bertambah dan menyebabkan suhu elemen kawat semakin tinggi. I. Gambar 7. dan sisanya lebih dari 90% menjadi energi panas. Kemudian. filamen kawat yang kecil menjadi sedemikian panas sehingga bersinar.4). Energi listrik dapat diubah menjadi energi panas atau cahaya pada alat-alat listrik tersebut. sehingga didapatkan: . dan terjadi banyak tumbukan antara electron dan atom pada kawat.Hanya beberapa persen energi listrik yang diubah menjadi cahaya tampak.Dayalistrikmerupakankecepa tan perubahanenergitiapsatuanwaktu.

.. Satuan daya listrik dalam SI adalah watt (1 W = 1 J/s)........................9) t Jadi daya listrik juga didefinisikan sebagai banyaknyaenergi listrik tiap satuan waktu....................... Satuan energi listrik adalah joule ( J)............6) V2 P= .....................t ....t W P= ..arusmengalirdengantetappadasatuarahyang .............I ....................5) Persamaan (7...................5Arus Bolak-Balik (AC) Apabilasebuahbateraidihubungkanpadasuatu rangkaian.......................6...................Energi listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh pelanggan listrik diukur dengan satuan kWh (kilowatt-hour).......... (7. maka: W = P .........R ........1 kWh = 3... (7..........8) Karena P = I ....................... Daya atau laju perubahan energi pada hambatan R dapat dituliskan berdasarkan Hukum Ohm sebagai berikut: P = I2.........7) R dengan: P = daya listrik (watt) I = kuat arus listrik (A) R = hambatan kawat penghantar (Ω) V = beda potensial listrik (V) Energi listrik pada suatu sumber arus listrik dengan beda potensial selama selang waktu tertentu dinyatakan oleh: W = V........ (7........5) menunjukkan bahwa daya yangdihasilkan dapat diubah oleh suatu perangkat untuk nilai arus I yang melewatinya dan beda potensial V di antara ujung-ujung penghantar.... (7............... V.......... P = I...........V ... (7..106 J 2....

maka arus I adalah: V v 0 sin2 π ft I= = R R I = I0.6 grafik hubungan arus degan waktu pada (a) arus searah. sedangkan di beberapa negaramenggunakan frekuensi 50 Hz.... Berdasarkan Hukum Ohm. balikselaluberubah- ubahmenurutwaktu.sehinggaarusyangdihasilkannyajuga sinusoida......... (7........... Teganganyangdihasilkanolehsuatugeneratorlistrik berbentuksinusoida.frekuensi f sebesar 60 Hz...Nilaiarusdanteganganbolak..kantorolehperusahaanlistriksebenarnyaadalaharuslistrik bolak-balik(AC)....... (b) arus bolak-balik. hasilkanarusbolak-balik atauAC(alternatingcurrent)...............disebutarussearahatauDC(directcurrent)............ Arus dianggap positifketika elektron-elektron R mengalir ke satu arah dan negative jika mengalir ke arah yang berlawanan..... (7..... Aruslistrikyang dipasok kerumah-rumahdankantor. dimana V0disebut sebagai tegangan puncak..Padasebagian besar daerah Amerika Serikat dan Kanada............ Besarnya daya yang diberikan pada hambatan R pada setiap saat adalah: .11) V0 Nilai I0 = adalah arus puncak.Untukgenerator listrik padapusatpembangkit tenagalistrik meng...Frekuensi fadalah jumlah osilasi lengkap yang terjadi tiap sekon.. jika sepanjang teganganV ada hambatan R..sin22 π ft ..Tegangansebagai fungsiwaktudapatdinyatakan... arus Gambar 7...dan mempunyai polagrafiksimetrisberupafungsisinusoida(Gambar7......... Arus listrik bolak-balikarahnyaselaluberubahsecara periodikterhadapwaktu.6) Potensial listrik V berosilasi antara +V0 dan -V0. V = V0sin 2 π f..6)....

. berarti daya yangsama dapat dihasilkan pada arus searah yang nilai I dan Vnya sama dengan nilai rmsIdan V pada arus bolik-balik...kita dapatkan juga daya rata-ratanya: R 2 P = 1 v0 2 R Akar kuadrat dari arus atau tegangan merupakan nilairms (root mean square atau akar-kuadrat-rata-rata)..sin2 2ft............707...... R....15) V 2rms P= ....14) √2 Nilai Vrmsdan Ikadang-kadang disebut “nilaiefektif ”................................ V 0 ...... (7..Gambar 7.. I 0 ……………………………………... Daya rata-rata yang dihasilkan.....13) √2 V0 V rms = = 0........R ........................ (7.......12) ❑❑ Karenaarusdikuadratkan....R = I02....... sehingga diperoleh persamaan daya rata-rata: P= I2 rms ......7.........15) dan (7.. (7...........7 daya pada sebuath resistor pada rangkaia AC ❑ P = I 2... nilai sin 22 1 πft bervariasi antara 0 dan 1........... ADALAH P = 2 V2 i02.. .... didapatkan : I0 I rms = = 0...............16)..........berartidayaselalu posif.(7.......... P... (7................. KAREMA P sin2f π ft ....707. perhatika Gambar 7.....16) R Dari persamaan (7.. Keduanya dapat disubstitusikan langsung ke dalamrumus daya..

..V1...R.........17) Hambatan total pengganti susunan seri resistor (Rs) yang terhubung dengan sumber tegangan (V ) dirumuskan: V = I...........6Rangkaian Seri dan Paralel Resistor Apabila kita menggambarkan diagram untuk rangkaian...Biladua atau lebih resistor dihubungkan dari ujung ke ujung(Gambar 7....Dengan demikian...R3 .2. V2=I..... elemen pemanas.kita menyajikan baterai.R1..... 1. dikatakan mereka dihubungkan secara seri.V1=I............ V = V1+ V2+ V3= I...... Kawat penghantar yang hambatannya dapat diabaikan dibandingkanhambatan lain pada rangkaian dapat digambarkan sebagai garis lurus.... kapasitor.. Berdasarkan Hukum Ohm.... Muatan listrik yang melalui R1juga akan melaluiR2 dan R3..R........ kekekalan energimenyatakan bahwa tegangan total Vsama dengan jumlahsemua tegangan dari masing-masing resistor.. (7... Jika V menyatakan tegangan pada ketigaresistor.........8)....19) ...18) Persamaan (7..2...... R2.R1+ I.... dan resistor dengan simbol yang digambarkan pada Tabel 7.R2+ I. dan V3=I..... V2.. dan V3adalah beda potensial pada masing-masingresistor R1... (7... dan R3.. Karena resistor-resistortersebut dihubungkan secara seri. Rangkaian Seri Resistor Rangkaian seri juga disebut rangkaian berderet... maka Vsama dengan tegangan sumber (baterai)...... atau alat penghambatlainnya......... alat-alat yang dirangkai tersebut dapatberupa bohlam.....18) disubstitusikan ke persamaan (7.Selain resistor..R..17) didapatkan: Rs= R1+R2+ R3.. arus I yang sama melewatisetiap resistor.... (7.

............ maka arus yang mengalir pada komponen lain yaitu R2 dan R3tidak terputus..... (7...9).19)...... Pada rangkaian paralel (Gambar 7..9)...... maka arus ke komponen yang lain juga berhenti. arus total yangberasal dari sumber (baterai) terbagi menjadi tiga cabang..masing- masingmengalamitegangan yangsamayaituV.. jika salah satu komponen terputusarusnya.... arus yang masuk ke dalamtitik cabang harus sama dengan arus yang keluar dari titikcabang........ dan R3 Oleh karena muatan kekal...21) R1 R2 R2 Hambatan penganti susunan paralel (R3) akan menarik arus (I ) dari sumber yang besarnya sama dengan arus total ketiga hambatan paralel tersebut.20) Ketikarangkaianparaleltersebutterhubungdengan sumberteganganV.....9....Pada rangkaian paralel resistor. Dari persamaan (7............ R2 . Arus yang mengalir pada hambatan pengganti harus memenuhi: V I= ... Tetapipada rangkaian seri..sehingga: V V V I1= ..... (7.. dan I3 = ..... arus dari sumber terbagi menjadi cabang-cabang yang terpisah tampak seperti pada Gambar 7.........22) RP .. (7.... 2...Pemasangan alat-alat listrik pada rumahrumah dan gedung-gedung dipasang secara paralel..... Rangkaia Paralel Resistor Rangkaian paralel juga disebut rangkaian berjajar... menunjukkan bahwa besar hambatan total pengganti pada rangkaian seri sama dengan jumlah hambatan pada tiap resistor......Berartiteganganpenuhbateraidiberikan kesetiapresistor. dan berturut-turutsebagai arus yang melalui resistor R1.. I2....... Arus yang keluar dimisalkan I1..... sehingga diperoleh: I =I1 +I2 +I3 ........... Jika kita memutuskan hubungan dengan satu alat (misalnya Rpada Gambar 7.... I2= ..................

..Substitusi persamaan (7. tegangan kutub baterai (tegangan yangsebenarnya diberikan) dirumuskan: Vab=ε – I........ didapatkan nilaihambatan pengganti (RP) rangkain parallel : 1 1 1 1 = + + .. kemudian yang akankita ukur adalah tegangan di antara kedua kutub tersebut......20) akan diperoleh: I = I1 + I 2 + I 3 V V V V = + + RP R1 R2 R3 Jika kita bagi setiap ruas dengan V... Sebenarnya istilah “gayagerak listrik” tidak tepat karena tidak mewakili “gaya” sepertiyang diukur dalam satuan newton. Dengan demikian..r .....11...24) dengan: V = tegangan di antara kutub baterai (V) ε = ggl bateri (V) I = arus yang mengalir (A) r = hambatan dalam baterai (Ω) 3.... Sebuah baterai secara riil dimodelkan sebagai gglεyangsempurna dan terangkai seri dengan resistor r yang disebuthambatan dalam baterai.. Beda potensial antara kedua kutub sumber.......... (7.. Dengan demikian untukmenghindari kebingungan....... rangkaian Ggl Seri dan Paralel a.. Simbolεbiasanya digunakan untukggl (jangan kacaukan dengan E untuk medan listrik).... tampak seperti pada Gambar 7...... r....... yang ditentukan oleh reaksi kimia padabaterai: V=ε......... kita lebih memilih menggunakansingkatannya ggl.. kita tidak akanpernah bisa memisahkannya dari baterai..... pengertian Ggl Komponen seperti baterai atau generator listrik yangmengubah energi tertentu menjadi energi listrik disebutsumber gaya gerak listrik atau ggl.... Kedua titik a danb menunjukkan dua kutub baterai..... ragkain Ggl seri ....Ketika tidak ada arus yang ditarik dari baterai..23) Rp R1 R2 R3 2..Oleh karena r ini berada di dalam baterai..apabila tidak ada arus yang mengalir ke rangkaian luardisebut ggl dari sumber...21) dan (7.. adapenurunan tegangan di dalam baterai yang nilainya samadengan I ..22) ke dalam persamaan (7...7 Ggl dan Rangkain Ggl 1.. tegangan kutubsama dengan ggl. (7. Jika arus I mengalir dari baterai.

.......... Apabila dua atau lebih sumber ggl (misalnya baterai)disusun seri..... (7..26) Untuk n buah sumber tegangan sejenis yang memilikigglεdan hambatan dalam r..........25) Sementara itu. hambatan dalam penggantinya adalah: rs =r1 + r2 + …............28) Dengan demikian..... ternyata tegangan total merupakan jumlahaljabar dari tegangan masing-masing sumber ggl.............. (7................................ Apabila terdapat n buah sumber tegangan (ggl) dirangkaisecara seri...5 Vdihubung- adalah 3.......................jika duabuah baterai masing-masing 1..... nilai kuat arus yang mengalirmelewati hambatan (resistor R) adalah: εs nε I= = ..... Untuk lebihtepatnya. Contohnya.......... (7...... kita juga harus memperhitungkan hambatan dalambaterai.....ε..........27) rs = n ...0 V......... r .......... (7. maka sumber tegangan pengganti akanmemilikiggl sebesar: εs = ε1 +ε3+ …......... ragkaian Ggl paralel Apabila dua atau lebih sumber ggl (misalnya baterai)disusun paralel..................... ..... ternyata membangkitkan arus yang lebihbesar...... +rn ..13......................... bila dirangkai secara seri akanmemiliki ggl pengganti dan hambatan dalam penggantiseri masing-masing: ε= n ...29) R+ r s R+ nr dengan: I = arus yang mengalir (A) εs = ggl pengganti seri dari sumber yang sejenis (V) R = hambatan resistor (Ω) rs = hambatan dalam pengganti seri (Ω) ε= ggl baterai (V) I = arus yang mengalir (A) r = hambatan dalam baterai (Ω) n = jumlah sumber ggl yang sejenis b..+ εn.. (7... perhatikan Gambar 7................

..................................13 rangkai parallel ggl Apabila terdapat n buah sumber tegangan (ggl)dirangkai secara paralel................. (7..... (7..................33) n Dengan demikian....... maka sumber tegangan penggantiakan memiliki ggl total V sebesar: V = V1 = V2 = Vn-1 = ......... gambar 7........ (7........ (7..... = Vn ................. nilai kuat arus yang mengalirmelewati hambatan (resistor R) adalah: εp ε I = = r ..........30) Sementara itu............34) R+ r p R+ n dengan: I = arus yang mengalir (A) εp = ggl pengganti paralel dari sumber yang sejenis (V) R = hambatan resistor (Ω) rp = hambatan dalam pengganti paralel (Ω) n = jumlah sumber ggl yang sejenis ε= ggl sumber/baterai (V) r = hambatan dalam baterai (Ω) .....................31) r1 r1 r2 rn Untuk n buah sumber tegangan sejenis yang memiliki ggl ε dan hambatan dalam r.............32) r εp = ............. (7.............................. bila dirangkai secara paralel akan memiliki ggl pengganti dan hambatan dalampengganti paralel masing-masing: εp = ε.............. hambatan dalam penggantinya adalah: 1 1 1 1 = + +…… + ...................

sekring atau sakelar pemutus20 A. Hubungan pendek terjadiapabila dua kawat bersilangan sehingga jalur arus keduanyaterhubung. Hal ini menyebabkan hambatan pada rangkaiansangat kecil. sehingga arus akan sangat besar. biasanya dipasang sekring (sakelar pemutus arus) pada rangkaian. sebenarnya merupakan sakelar pemutusarus yang membuka rangkaian ketika arus melampauisuatu nilai tertentu.2.14). Sekring(Gambar 7. meskipun biasanya relatif sangat kecil.Risiko yang mungkin terjadi adalah kawat pembawa arusmenjadi sedemikian panas sehingga menyebabkan terjadinyakebakaran. Untuk mencegah kelebihan beban. akan membuka rangkaian ketika arus yangmelewatinya melampaui 20 A. Apabilakawatpenghantar membawaarus yang melebihi bataskeamanandikatakan terjadi “kelebihan beban”.8 Daya pada Rangkaian Listrik Rumah Tangga Kawat dalam bentuk kabel listrik yang mengalirkan arus listrik ke komponen atau peralatan listrik memiliki hambatan. di mana R adalah hambatan kawat. Akan tetapi. R. Misalnya. Kawatpenghantar yang lebih tebal tentuMemiliki hambatan yang lebih kecil. . sehingga membawaarusyang lebih besar tanpa menjaditerlalu panas. jika arus cukup besar maka kawat akan menjadipanas dan menghasilkan energi panas dengan kecepatan.

16 menunjukkan sebuah galvanometer yang bekerja dengan prinsip gaya antara medan magnet dan kumparan pembawa arus. 2.dari sebuah galvanometer merupakan arus yang dibutuhkan agar jarum menyimpang dengan skala penuh. . Bagian terpenting amperemeter atau voltmeter adalah galvanometer. Sensitivitas arus skala-penuh.15 menunjukkan peralatan listrik dalam rumah tangga yang dirangkai secara paralel. Bila sensitivitas I m adalah 50 mA. maka untuk arus 50 mA akan menyebabkan jarum bergerak ke ujung skala. Gambar 7. Jika tidak ada arus. arus yang mengalir pada rangkaian tersebut harus diperiksa.Rangkaian listrik rumah tangga dirancang dengan ber- bagai peralatan yang terhubung sehingga masing-masing menerima tegangan standar dari perusahan listrik. I . Gambar 7. Penyimpangan jarum galvanometer sebanding dengan arus yang melewatinya. Bila sebuah sekring terputus atau sakelar pemutus terbuka. jarum seharusnya berada di angka nol dan biasanya ada tombol pemutar untuk mengatur skala titik nol ini. yang berupa jarum penunjuk pada suatu skala tertentu. dan voltmeter untuk mengukur beda potensial atau tegangan. sedangkan arus 25 mA akan menyebabkan jarum menyimpang setengah skala penuh.9 Amperemeter dan Voltmeter DC Amperemeter adalah alat untuk mengukur kuat arus listrik.

Resistor R yang dihubungkan seri dan biasanya besar. Amperemeter yang terdiri dari galvanometer yang dipasang paralel dengan resistor disebut resistor shunt m (“shunt” adalah persamaan kata “paralel dengan”). dengan menggunakan galvanometer yang hambatan dalamnya r = 30 Ω dan sensitivitas arus skala penuh sebesar 50 mA. galvanometer dengan sensitivitas I 50 mA dapat mengukur arus dari 1 mA sampai dengan 50 mA. mengakibatkan hambatan dalam amperemeter sangat kecil pula. Galvanometer dapat digunakan secara langsung untuk mengukur arus DC yang kecil. Voltmeter juga terdiri dari galvanometer dan resistor. Penyusun-an resistor shunt tampak seperti pada Gambar 7. sebuah resistor dipasang paralel dengan galvanometer.18). apakah skala ini linier? Bila ada beda potensial 15 V di antara kutub-kutub voltmeter. Hambatan shunt adalah R. Sebagai contoh.17. kita menginginkan arus 50 mA mengalir melaluinya agar dihasilkan simpangan skala penuh. mengakibatkan voltmeter mempunyaihambatan dalam yang besar. Kemudian dengan merancang suatu voltmeter yang membaca dari 0 sampai dengan 15 V. Nilai R dipilih menurut penyimpangan skala penuh yang diinginkan dan biasanya sangat kecil. dan hambatan kumparan galvanometer (yang membawa arus) adalah r. Untuk mengukur arus yang lebih besar. .(Gambar 7. Contohnya.

0 V 2 nilai tegangan: = . 105 5 = 2. Voltmetermdigunakan untuk mengukur beda potensial antara duatitik dan kedua ujung kawatnya (kawat penghubung) dihubungkan ke dua titik tersebut. sehingga tidak memengaruhi perhitungan secara signifikan. maka makin kecil pengaruhnya terhadap rangkaian yang diukur. Skala akan kembali linier jika tegangan yang akan diukur sebesar 6. .0 V 5 Voltmeter juga dapat dirangkai paralel dengan elemenrangkaian yang tegangannya akan diukur.0 V. 10−5 = 300 kΩ – 30Ω ≈ 300 kΩ Bila kita perhatikan bahwa r = 30 Ω sangat kecil jika dibandingkan dengan nilai R ≈ 300 kΩ . Makin besar hambatan dalamnya r.0 V I= 3. 10 A = 20 μ A Ini akan menghasilkan dua per lima simpangan skalapenuh. arus yang melalui voltmeter akan sebesar: 6. sebanding dengan 6.0 . Dari Hukum Ohm kita dapatkan: 15 V = ( 50Aμ )(r + R) maka: 15 V R= × 5.0 .0 . 15.

Contohnya. Skala ini yang menunjukkan ada berapa ohm hambatan pada meter per volt pembacaan skala penuh. dapat dipakai sebagai pengukur beda potensial.19 menunjukkan sebuah multimeter digital (DMM). 10 = 33 μA. Multimeter merupakan alat multiukur.000 Ω/V. merupakan kebalikan sensitivitas dalam Ω/V (Ω/V = A --1). kuat arus listrik. Misalnya. Voltmeter dan amperemeter mempunyai beberaparesistor seri atau shunt untuk memberikan suatu jangkauan (range) pilihan.0 V Im = 4Ω 3. .000 Ω dirangkai seri dengan galvanometer.0 V di mana 30. Gambar 7. dan Ohmmeter). Sensitivitas multimeter biasanya ditunjukkan pada tampilannya dan dinyatakan dalam ohm per volt ( Ω/V). jika sensitivitas multimeter 30.000 Ω/V menghasilkan simpangan skala penuh pada 1. Voltmeter. multimeter dengan sensitivitas 30. berarti pada skala 10 V memiliki hambatan 300. Alat ini juga disebut AVOmeter (AVO = Amperemeter. Ini berarti sensitivitas arus adalah: 1. maupun hambatan.0 .000Ω . Sensitivitas arus skala penuh.

.

.

Arus ini bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah. Energi listrik berguna untuk kita karena dapat diubahmenjadi bentuk energi lain. Rangkaian paralel adalah suatu penyusunan komponen- komponen di mana arus terbagi untuk melewati komponen-komponen secara serentak. Hukum Ohm berbunyi “arus yang mengalir berbanding lurus dengan beda potensial antara ujung-ujung penghantar dan berbanding terbalik dengan hambatannya.” Arus mengalir dengan tetap pada satu arah yang disebut arus searah atau DC (direct current). Arus listrik didefinisikan sebagai aliran muatan listrik melalui sebuah konduktor.1 kesimpulan Arus listrik adalah aliran muatan listrik melalui sebuah konduktor. energi listrik diubah menjadi energi panas pada hambatan kawat yang dikenal dengan nama “elemen pemanas”. Dalam arus listrik terdapat hambatan listrik yang menentukan besar kecilnya arus listrik. kompor listrik. BAB III PENUTUP 3. Pada alat-alat listrik sepertipemanas listrik. karena arus biasanya agak besar. semakin kecil kuat arusnya. dari anoda ke katoda. Arus ini bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah. Rangkaian seri adalah suatu penyusunan komponen-komponen di mana semua arus mengalir melewati komponen-komponen tersebut secara berurutan. Energi listrik dapat diubah menjadi energi panas atau cahaya pada alat-alat listrik tersebut. dan pengering rambut. dari kutub positif ke kutub negatif. dan sebaliknya. Semakin besar hambatan listrik. dan terjadi .

Pada setiap tumbukan.2 saran DAFTAR PUSTAKA . banyak tumbukan antara electron dan atom pada kawat. terjadi transfer energi dari elektron ke atom yang ditumbuknya. 3. sehingga energi kinetik atom bertambah dan menyebabkan suhu elemen kawat semakin tinggi.