MAKALAH

DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA

ROBOT YANG BERFUNGSI SEBAGAI OBAT PELANCAR PENCERNAAN

Dosen Pembimbing : Salastri Rohiat, M.Pd

Disusun Oleh:

Kelompok : 3 (Tiga)

1. Evando (A1F016006)

2. Anggi Wahyu Nugroho (A1F016014)

3. Diana Andari (A1F016026)

3.Areski Febriani (A1F016031)

5. Rita Handayanti (A1F016035)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

UNIVERSITAS BENGKULU

2017

1

Makalah ini berisikan tentang informasi mengenai robot gelatin yang bisa dikonsumsi sebagai obat untuk gangguan pencernaan. Bengkulu. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Diharapkan. dengan adanya makalah ini dapat memberikan pengetahuan lebih mengenai penemuan ini. Semoga dapat bermanfaat. Amin. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. 11 April 2017 2 . KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga berhasil menyelesaikan makalah ini yang berjudul “PENEMUAN ROBOT GELATIN SEBAGAI OBAT”.

...........................................................................................................................ii Bab I Pendahuluan ...........................................................................1 D.......................................................................................................................... Latar belakang ..i Daftar isi .........................7 3 ........................6 A................................................ Tujuan penelitian .................................................................................6 Daftar pustaka ....................................................................................................................... .......................................................... ........................................................................................................................................................ Kesimpulan...............1 A..................................................................1 B......................................................2 Bab III Penutup............................................... Manfaat penelitian ................................................................................ Rumusan masalah ............. Daftar isi Kata pengantar ......................1 C...............................................................................................................................1 Bab II Isi................................................................................................................................................. .............................

Selain itu. Bagaimana proses pembuatan robot obat ? 2. Rumusan Masalah 1. Misalnya saja. amoksisilin atau kiaritromisin dan metronidazol dapat disembuhkan dalam satu minggu. rasa nyeri pada operasi dapat dihilangkan dengan anestesi dan analgetika. Berbagai penyakit infeksi dapat dilawan dengan antibiotika. ukuran maupun rasanya. Tujuan 1. Namun. Hal itu bisa saja dikarenakan bentuk. BAB I Pendahuluan A. Karena obat. Untuk mengetahui bagaimana kontribusi robot obat dalam bidang kesehatan D. Pasien dengan hipertensi dapat ditolong dengan berbagai obat antihipertensi. Manfaat Dengan adanya makalah mengenai penemuan robot sebagai obat yang bisa dimakan. bahkan dapat ditiadakan. tidak semua obat itu bisa dikonsumsi dengan muudah oleh manusia. dicegah. Ratusan obat telah ditemukan dan memperkaya formularium dan pilihan para dokter dalam usaha mengurangi penderitaan orang sakit. Tukak lambung dan tukak duodenum yang dahulu (sebelum 1976) dapat menimbulkan berbagai komplikasi dan membutuhkan pengobatan lama. diharapkan agar dapat memberikan tambahan informasi dan ilmu pengetahuan kepada pembaca. keefektifan kerja obat dalam mengatasi penyakit juga masih sangat perlu dikembangkan. sekarang dengan omeprazol. B. Banyak tantangan yang masih dihadapi dunia kedokteran pada umumnya dan dunia farmasi khususnya untuk dapat mengatasi segala permasalahan tersebut. seperti betabloker. maka banyak penderitaan umat manusia dapat dikurangi. 4 . Bagaimana kontribusi robot obat dalam bidang kesehatan ? C. diuretika. Untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan robot obat 2. Latar Belakang Obat tidak dapat dipisahkan dari hidup manusia sejak zaman nenek-moyang sampai zaman modern di masa yang akan datang. antagonis kalsium dan ACE- inhibitor.

Atau bahkan teknologi tersebut dapat langsung menjadi obat. Berbeda dengan komponen robotik yang ditenagai mesin 5 . Dalam hal ini obat-obatan sangat banyak dibutuhkan diberbagai dunia. Analisis Masalah perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat. industri atau dalam bidang lainnya. Dalam hal ini pengembangan teknologi berperan dalam menghambat keterhabisan bahan baku obat-obatan. Yang mungkin saja suatu saat akan ada penyakit baru yang tingkat penyembuhan lebih tinggi. Robot itu berfungsi sebagai obat yang bisa ditelan manusia. Saat ini pengembangan teknologi sangat penting untuk peningkatan mutu obat-obatan. Pembahasan Para ilmuwan telah memikirkan menciptakan robot yang dapat dicerna oleh tubuh.Actuator adalah komponen robotik yang bisa bergerak di dalam tubuh manusia. B. Tetapi. Pada saat ini mungkin ketersediaan bahan baku untuk membuat obat-obatan masih banyak atau masih memadai. BAB II Isi A.Baru-baru inisekelompok ilmuwan asal Swiss menciptakan robot yang memiliki bentuk berbeda dari biasanya. untuk sekitaran 30 tahun kedepan mungkin saja bahan bakunya telah habis. Ilmuwan Intelligent Systems Laboratory di Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne ini memanfaatkan actuator yang terbuat dari gelatin. Baik dibidang farmasi. Hal ini berkaitan dengan masalah yang kami buat mengenai robot yang digunakan sebagai obat.

Robot ini nantinya akan membantu memasukkan obat ke dalam tubuh pasien yang membutuhkan. Robot gelatin ini sama sekali tidak memiliki komponen mesin elektronik dan diklaim benar-benar aman untuk ditelan.Christopher Bettinger. Meski begitu. sehingga mengakibatkan pergerakan yang agresif. Dilansir Daily Mail. Benda itu akan merangkak sendiri menyampaikan obat dalam tubuh manusia dan hewan.Selain itu juga bisa digunakan dalam penyaluran makanan. Para ilmuwan tengah menguji robot ini saat mencoba mengambil apel besar. 6 .Bahan yang digunakan untuk membuat robot ini pun sama dengan material yang digunakan pada sosis. Ilmuan saat ini masih menciptakan bagian pertama dari robot yang bisa dimakan.Mesin mininya akan dilatih untuk mengantar obat pada manusia. biasanya untuk kapsul. tim dari Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne (EPFL) menciptakan bagian-bagian robot tersebut dari gelatin yang bersifat elastis. tanpa perlu alat tambahan karena robot itu sendiri sudah merupakan makanan. actuator justru bergerak dengan cairan atau udara yang bisa bereaksi terhadap unsur kimia. direktur Laboratory of Intelligent Systems menyebut robot 'Edible Robotics' ini digerakkan secara otomatis. Lapisannya yang halus bisa memperbaiki jaringan gastrointestinal manusia tanpa menyebabkan efek samping. mengungkapkan alasan mengapa ilmuwan memilih gelatin sebagai bahan yang pas untuk pembuatan robot. engineer biomedik dan ilmu kesehatan di Carnegie Mellon University.sungguhan. robot unik tersebut masih dalam tahap uji coba. Gelatin adalah bahan yang aman untuk membuat lapisan luar obat pada umumnya.Dario Floreano.

Penelitian para ilmuan tersebut diharapkan agar robot tersebut bisa menjadi ‘obat’ yang bertugas untuk membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan manusia. robot ini menggunakan reaksi kimia sebagai bahan bakar agar mereka bisa bekerja. Bagian yang sudah dibuat ilmuwan berukuran panjang 90 milimeter. 7 . Karena dapat kita ketahui bahwa dengan adanya penemuan obat robot gelatin ini akan menjadi gerbang untuk penemuan-penemuan selanjutnya yang akan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.Sejauh ini penelitian mengenai robot tersebut masih terbatas. ia juga menciptakan stabilitas kesehatan bagi manusia kelak. Jika ia bisa mengambil makanan yang besar. pasti ia tentu dapat melancarkan saluran pencernaaan dengan menyedot sisa makanan yang lebih kecil. lebar 20 meter dan tebal 17 milimeter. Dilakukan uji coba skala besar dengan meletakkan satu buah apel dan melihat apakah bisa mengambil apel sebesar itu. Hasilnya positif. Selain itu. Sedangkan mesin untuk robot yang bisa dimakan dikembangkan oleh ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology dan University of York. dengan adanya penemuan robot gelatin sebagai obat tersebut akan snagat memberikan kontribusi yang sangat besar di bidang kesehatan maupun bidang farmasi. Menurut kami.Dalam tubuhnya.

8 . BAB III Penutup Kesimpulan Dengan adanya penelitian dan pengembangan mengenai robot gelatin yang bisa dikonsumsi sebagai obat ini akan sangat bermanfaat. Dan bisa menjadi contoh agar akan adanya penemuan- penemuan lainnya dengan menggunakan ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Daftar Pustaka http://pekanbaru.liputan6.tribunnews.com/read/2887038/jadi-obat-pencernaan-robot-gelatin-ini-bisa-ditelan 9 .com/2017/03/16/robot-pun-nanti-bisa-dimakan-ilmuwan-telah-ciptakan- bagiannya http://tekno.