Keyword : bagaimana cara mengukur suhu tubuh pemeriksaan umum pediatri.

Pdf

Result

Nama alat : Thermometer

1. Thermometer gelas
2. Elektronik
3. Timpani

Pada anak-anak, variasi suhu normal lebih lebar karena mekanisme pengaturan
panasnya masih belum matang. Sejalan dengan pertambahan usia, suhu rata-rata tubuh
menurun dari 37,2°C (99,0°F) pada anak-anak menjadi 37°C (98,6°C) pada dewasa dan
menjadi 36°C pada orang lanjut usia.
Pengukuran suhu tubuh merupakan bagian rutin pada hampir semua penilaian klinis,
karena dapat menggambarkan tingkat keparahan penyakit (misalnya, infeksi). Suhu tubuh
dapat dicatat dalam derajat Celcius atau derajat Fahrenheit, dan berikut ini adalah konversi
antara keduanya:
C = 5/9 x (°F – 32)
F = (9/5 x °C) + 32
Sebagai contoh:
37°C = (9/5 x 37) + 32
= 66,6 + 32

= 98,6 °F

Merapikan kembali baju pasien .Memberitahu pasien agar membuka mulut dan mengangkat lidah sedikit .Menunggu sekitar 5 menit . Air sabun e. 3. Pengukuran oral : . ditahan dengan tangan kiri.Memasukkan termometer pelan-pelan sampai bagian ujung tempat . 2. Biasanya dilakukan untuk anak lebih dari 6 tahun. Rectal Anak tengkurap di pangkuan ibu. Vaselin Pemeriksaan Suhu : a. Oral Termometer diletakkan di bawah lidah anak. dua jari tangan kiri memisahkan dinding anus kanan dengan kiri.Mencuci tangan .Mengatur posisi pasien . Tissue c.Memberitahu pasien .Memberitahu pasien .Menurunkan air raksa bila perlu . Alat dan bahan untuk pemeriksaan suhu : a.Membaca hasil pengukuran dengan segera . Termometer b.Mengamati angka yang ditunjuk air raksa dengan benar .Suhu Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan dengan beberapa cara : 1.5 lebih rendah dari suhu rektal. dan termometer dimasukkan anus dengan tangan kanan ibu.Mencuci termometer dengan larutan sabun dan membilas dengan bersih . Pengukuran di aksila : .Meletakkan termometer di ketiak dengan posisi tepat .Mengambil termometer.Mengembalikan air raksa dan meletakkan kembali di tempat semula .Mencuci tangan b. Aksiler Termometer ditempelkan di ketiak dengan lengan atas lurus selama 3 menit. Umumnya suhu yang diperoleh 0.Mencuci tangan .Menurunkan air raksa bila perlu .Mengamati angka yang ditunjuk air raksa dengan benar . mengelap dengan gerak berputar dari bagian yang bersih . Air bersih d.Keringkan termometer .

Mengambil termometer dari anus . membilas dengan air bersih.Mencuci termometer dengan larutan sabun. membilas dengan air bersih. dan mengeringkannya .Mencuci tangan .Menurunkan air raksa dan megembalikan ke tempat semula.Meraba sfingter dengan ujung tempat raksa - Memasukkan ujung tempat raksa dengan hati-hati ke rektum .Mengambil termometer sambil memberitahu pasien untuk membuka mulut .Mencuci tangan c.Mengatur posisi pasien .Mengelap termometer secara perlahan - Membersihkan rektum dengan kertas tissue .Membuka bagian rektal pasien .Memberitahu pasien .Menunggu selama 5 menit. Pdf Result Nama alat : Thermometer kulit Cara : . . dan mengeringkannya . Pengukuran di rektal : .Menolong pasien kembali ke posisi semula - Membaca hasil pengukuran . .Mengamati angka yang ditunjuk air raksa dan menurunkan bila perlu .Mencuci termometer dengan air sabun.Memberitahu pasien agar menutup mulut dan jangan menggigit .Membaca hasil pengukuran .Memasang termometer selama 5 menit .Menurunkan air raksa dan mengembalikan ke tempat semula .Mencuci tangan Keyword : cara menilai suhu tubuh anak berdasarkan ICF CY.raksa (mercury chamber) masuk dibawah lidah.Melumasi ujung tempat raksa dengan vaselin sesuai kebutuhan .Mengelap termometer .

Cukup tempelkan saja thermometer pada dahi. maka thermometer strip tersebut akan medeteksi suhu tubuh melalui perubahan warna pada cairan. Dengan menggunakan cairan krystal. Sumber .