LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI

INFORMASI

( PTI )
MODUL II

Nama :Dede Irpan

Nim :2011081037

Prodi :Tekhnik Informatika

LABORATURIUM KOMPUTER

FAKULTAS ILMU KOMPUTER(FKOM)
UNIVERSITAS KUNINGAN
2011

Dasar Teori 2. Kesimpulan 5. Tugas 4. Lampiran . Praktek 3.ISI : 1.

dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan user (pengguna) contohnya : MS office. c. Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. apple. program data base. b. coreldraw. machintos dll. contoh : visual basic. software grafis (adobe photoshop.Software 1. maka software inilah yang pertama sekali akan muncul. Software Driver Program ini gunanya agar hardware yang kita pasang dalam komputer dapat berinteraksi dengan komputer contoh perangkat-perangkat yang memerlukan driver adalah seperti : printer. dan pada software inilah program aplikasi lainnya diinstal. scanner. autocad dll). Praktek A. dan video cards. Linux. Operating sistem Adalah software utama. d. macam-macam software OS adalah windows (XP. Instalasi software aplikasi microsoft office 2003 Langkah untuk menginstal software microsoft office 2003 adalah sebagai berikut : 1. 2. Software Aplikasi Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada. Ada pula beberapa tipe komputer software diantaranya : a. program PHP dll. win 2000). dimana pada saat menghidupkan komputer. Lakukan proses instalasi dengan mengklik double pada icon name “set up“ type “aplication” . program web dll. Software program Software program yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program (membuat program baru) seperti Games. C++. Dasar Teori Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software aplikasi. vista.

2. dan Organization. lalu next. Isikan informasi mengenai User name.initials.. Kemudian isikan serial number nama file README dan di copy- paste pada kolom yang tersedia kemudian pilih Next : 3. ..

4. Dan lakukan instalasi dengan tekan “Install”. tekan browse. Lalu centang license pada “I accept the terms in the Agreement” yang berisi pernyataan tentang microsoft 2003 lalu pilih next.. Office akan diinstall. 5. Bila typical install yang anda pilih. Selanjutnya pada recomendasi install terdapat dua macam pilihan. berikut hasilnya. lalu tentukan letaknya. . Tentukan pula dimana Ms. anda dapat memilih Typical install untuk instalasi yang telah diatur otomatis. atau costum install (instalasi yang diatur sendiri). misalnya C:\Program Files\Microsoft office\ 6. atau memilih salah satu diantara yang lainnya yaitu complete install (instalasi secara lengkap).

. B. Instalasi Software Driver Fungsi dari software driver adalah untuk meningkatkan kinerja dari hardware/perifheral seperti printer. VGA dll agar supaya bisa digunakan secara optimal. Lalu satu paket microsoft office 2003 terinstall pada PC anda. projector. 7. Sedang melakukan proses instalasi. Tunggu beberapa saat untuk persiapan install 8. Tekan Finish. 10. soundcard. 9.

jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept. • Jawab : 1. 3. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil. Disana akan terdapat pilihan. Klik Finish. CARA MENGINSTAL SCANNER 1. 4. 2. b. Tugas 1. pilih Settings. Klik Start. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. 2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd). namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Lalu jelaskan dari instalasi software driver tersebut. anda pilih yes. 5. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Your Hardware From The List Below. 3. 3. Proses install akan berjalan secara otomatis. this time only kemudian next. Pada posisi scanner sudah menyala. Cara Menginstal modem 1. Lakukan instalasi software driver (minimal 3 software driver). a. 6. Dan jelaskan perubahan kinerja dari hardware sesudah instalasi software driver tersebut.pilih Control Panel. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard. Maka akan muncul window Control Panel . 1.

Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. lalu tekan Next. Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu). lokasi lain menggunakan menu Browse). Pada windows Control Panel. maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini. selanjutnya tekan Next 6. yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet. maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem trsebut terpasang. ( Dalam contoh ini driver pada komputer utama sudah terinstall ). Setelah selesai. 4. Klik Finish untuk mengakhiri set up modem Anda. C. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda. 2. Apabila file driver berhasil di ambil. Untuk melakukan koneksi internet. Klik pada menu Start kemudian pilih pada Printer and Faxes . kemudian tekan Next. Langkah pertama kita setting dulu pada komputer utama yang tersambung langsung pada printer. Bila anda ingin menambah driver modem baru. Sebagai contoh. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda. 5. klik Add) 3. driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem. pilih icon Modem dan klik dua kali sehinga muncul window Instal New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya makan akan tampil window Modem Properties. maka modem akan terpasang pada PC anda. dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar. 1. Cara menginstall Printer. pilih dirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM. 1.

2. kemudian pilih menu Sharing… 3. Jika sudah di klik Apply maka printer siap untuk di setting pada komputer yang lain . Klik kanan mouse kamu pada salah satu driver printer yang akan disharing. kemudian klik Apply. Sesaat kemudian tampil jendela tempat driver printer yang telah terinstal. Jendela printer sharing akan tampak seperti gambar di bawah ini. pilih pada Share this printer.

4. lalu klik Next . Sesaat kemudian printer and faxes akan muncul. Nanti akan muncul Add printer Wizard. Klik pada tombol Start kemudian klik pada Printer and Faxes 5. klik pada tombol Add a printer 6. Sekarang saatnya beralih pada komputer yang lain yang ingin disambungkan printer di komputer utama tadi agar bisa juga untuk mengoperasikan printer.

Selanjutnya agar lebih mudah browse for a printer. nanti akan muncul printer yang telah kamu sharing pada komputer utama tadi. Selanjutnya dobel klik pada nama komputer utama yang terdapat printer sharing tadi. Lalu pilih A network printer. lalu klik next 9.7. or a printer attached to another computer. lalu klik Next . pilih jenis printernya. dan klik next 8.

Maka akan muncul window Control Panel 2. klik tombol Finish 2. yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). 10. Pada windows Control Panel. Setelah selesai. lalu tekan Next. Klik Start. . Klik Finish untuk mengakhiri set up modem Anda. penjelasan instalasi software driver contoh pada instalasi modem : 1. maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem trsebut terpasang. Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda. Apabila file driver berhasil di ambil. Sebagai contoh. kemudian tekan Next. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda. Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar. pilih icon Modem dan klik dua kali sehinga muncul window Instal New Modem 3. klik Next 11.pilih Control Panel. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem. Kemudian nanti akan muncul jendela pemberitahuan. maka modem akan terpasang pada PC anda. 5. Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Jika muncul gambar seperti ini. 4. pilih Settings. selanjutnya tekan Next 6. pilih drive yang sesuai. maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini. Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu).

biasanya hardware mengalami kinerja yang agak lambat dari sebelumnya itu dikarenakan dengan adanya instalasi software yang baru. . 4. 3. Kesimpulan.dan berjalan dengan baik. dan printer dapat disimpulkan bahwa dalam penginstallan harus dperhatikan agar tidak ada kesalahan. modem. Dari hasil praktikum menginstall Microsoft Office 2003 dan tugas menginstall scanner. Perubahan kinerja hardware sebelum dan sesudah instalasi software.

Related Interests