SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) TENTANG KB

( KELUARGA BERENCANA )

NAMA : HARDIANSYAH

NIM : SR 163100044

SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN MUHAMMADIYAH
PONTIANAK

PROGRAM STUDI S1 NERS

2017

00 WIB Tempat: Ruang poli KB Puskesmas Gg sehat A.Menjelaskan tujuan . Menyebutkan 3 dari 5 efek samping KB dengan tepat B. Menyebutkan 3 dari 5 jenis KB dengan tepat c. Keuntungan KB 4. Tujuan Umum Setelah diberikan penyuluhan selama 20 menit diharapkan sasaran mengetahui tentang KB. Tujuan Khusus Setelah diberikan penyuluhan selama 20 menit. SASARAN Semua ibu yang melakukan konsultasi kb di puskesmas C. 11 Januari 2017 Waktu : 10. SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Topik : Keluarga Berencana (KB) Hari/Tanggal : Kamis. TUJUAN 1. Menjelaskan kembali pengertian KB dengan tepat b. Jenis KB 3.Perkenalan diri . GARIS BESAR MATERI 1.Menyampaikan salam . Menyebutkan 3 dari 5 keuntungan dan kerugian KB dengan tepat d. Pengertin KB 2. 2. PELAKSANAAN KEGIATAN No Waktu Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Peserta 1 5 menit Pembukaan . sasaran diharapkan dapat: a. Efek samping KB 5. Komplikasi KB D.

MEDIA 1. Leaflat 2.Menjawab pertanyaan peserta yang belum jelas 4 5 menit Terminasi .Mengakhiri kegiatan (salam) E. Ceramah 2. Tanya jawab F. METODE 1. 2 10 menit Pelaksanaan . Kopian materi MATERI PENYULUHAN 1.Memberi kesempatan peserta untuk bertanya . mengatur interval kehamilan. Pengertian KB Keluarga berencana adalah tindakan yang membantu individu untuk mendapatkan objek – objek tertentu.Menjelaskan dan menguraikan materi . menghindari kehamilan yang tidak diinginkan mendapatkan kehamilan yang diinginkan.Menyimpulkan hasil peyuluhan . menentukanjumlah anak dalam .

berbentuk tablet. pada pemakaian yang kurang seksama. pil kombinasi 99 % efektif mencegah kehamilan. keluarga. 2006)  Jenis – jenis pil kombinasi ada 3 macam yaitu : .Uji klinis terhadap pil memperlihatkan angka kegagalan pada tahun pertama 2. Pada dasarnya kontrasepsi pil terbagi menjadi tiga bagian. 2008). 2007).Namun.(Everett. Estrogen/progesterone dengan dua dosis yang berbeda. Kontrasepsi PIL Kontrasepsi Pil adalah metode kontrasepsi hormonal yang digunakan wanita. Jenis-jenis KB a. . yaitu pilkombinasi. Kontrasepsi Pil adalah salah satu kontrasepsi yang paling banyak digunakan kontrasepsi pil mengandung hormon ekstrogen dan progesterone serta dapatmenghambat ovulasi. mengurangi resiko anemia mengurangi resiko penyakit payudara. efektivitasnya masih mencapai 93 %. mengontrol saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami istri (Hanifa. Monofasik : pil yang tersedia dalam kemasan 21 tablet mengandung hormon . estrogen/progesterone dalam dosis yang sama. dengan 7 tablet tanpahormon (Saifuddin. dan melindungi terhadap kanker endometrium dan ovarium. .  Efektivitas Pada pemakaian yang seksama.  Kerugian .7 5di Indonesia. Bifasik : pil yang tersedia dalam kemasan 21 tablet mengandung hormon . Kontrasepsi pil ini harus diminum setiap hari secara teratur. 2. meredakan dismenorea. 2003). dengan 7 tablet tanpahormon.  Keuntungan Keuntungan menggunakan kontrasepsi pil adalah dapat diandalkan jika pemakaiannya teratur. pil yang mengandung progesteron dan pil yang mengandung estrogen. Trifasi : pil yang tersedia dalam kemasan 21 tablet mengandung hormone estrogen/progesterone dengan tiga dosis yang berbeda. (Pendit. dengan 7 tablet tanpa hormon. 2003 dan Manuaba.

tingkat keefektivitasannya tinggi. efektivitasnya berkurang bila digunakan bersamaan dengan obat epilepsi dan kemungkinan terjadi tumor hati. Kontrasepsi Suntik Kontrasepsi Suntik adalah alat kontrasepsi yang mengandung hormon progesterone dan ekstrogen. mual. 2007). pusing dan amenorea.perdarahan diluar siklus haid.4 kehamilan per 100 perempuan selama tahun pertama pemakaian. (Manuaba. (Hanifa. kontrasepsi ada ada 2 macam yaitu suntil yang sebulan sekali (syclopen) dan suntik 3 bulan sekali (depo propera). peningkatan resiko hipertensi dan tidak cocok digunakan ibu yang merokokpada usia 35 atahun.  Efek Samping Efek samping kontrasepis pil Kombinasi adalah pertambahan berat badan. akan tetapi ibu lebih suka menggunakan suntik yang sebulan karena suntik sebulan dapat menyebabkan perdarahan bulanan teratur dan jarang menyebabkan spoting. cermat. 2003).Dan tinggat kegagalannya sangat kecil. (Pendit.  Efek samping Efek samping kontrasepsi suntik adalah sakit kepala. . tidak ada perlindungan terhadap penyakit menular. nyeri payudara ringan. tidak menggagu pengeluaran pengeluaran asi. 2008).  Keuntungan Keuntungan kontrasepsi suntik adalah kontrasepsi sederhana setiap 8 sampai 12 mingggu. kembung. perdarahan tidak teratur dan amenore. perdarahan bercak. mual. (Everett.  Kerugian Kerugian kontrasepsi suntik adalah perdarahan tidak teratur. perubahan mood. (Everett. Kerugian menggunakan kontrasepsi pil adalah harus diminum secara teratur.(Saifuddin. 2003). sakit kepala.  Efektifitas Efektivitas kontrasepsi suntik adalah antara 99 % dan 100 % dalam mencegah kehamilan. dan konsisten. berat badan meningkat.1 – 0.2007). b. 2006). Keefektifannya 0. depresi.

yang di isi dengan 68 mg 3-keto desogestrel dan lama kerjanya 3 tahun. Jedenadan indoplan Terdiri dari 2 batang yang di isi dengan 75 mg levonolgester dengan lama kerjanya 3 tahun.  Efek samping Efek samping kontrasepsi implant adalah nyeri . Implanon terdiri dari satu batang putih lentur dengan panjang kira – kira 40 mm. . berat badan bertambah. Kontrasepsi Susuk Implant adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan kedalam bawah kulit.  Jenis – jenis suntik Jenis kontrasepsi suntik ada 3 macam yaitu depo propera yang berisi progesterone asetat dan diberikan dalam suntikan 150 mg setiap 12 minggu. meningkatnyajumlah darah haid. (Saifuddin. 2003)  Keuntungan Keuntungan kontrasepsi implant adalah dipasang selama 5 tahun. perubahan berat badan. perubahan moot.  Jenis – jenis Jenis – jenis kontrasepsi susuk adalah : Norplan dari 6 batang silastik lembut berongga dengan panjang 3. dan merupakan kontrasepsi jangka panjang 5 tahun serta efek perdarahan lebih ringan tidak menaikan tekanan darah.  Kerugian Kerugian kontrasepsi implant adalah terjadi perdarahan bercak.4 cm. (Everett. 2007). penyulit tidak terlalu tingggi. Noristerat berisi noresteron dan diberikan dalam suntikan 200 mg setiap 8minggu. dan diameter 2 mm. Sangat efektif bagi ibu yang tidak boleh menggunakan obat yang mengandung estrogen. yang memiliki keefektivitas yang cukup tinggi. jerawat.4 mm. ( Everett. menimbulkan acne. mual. gatal atau infeksi pada tempatpemasangan. biaya ringan. 1999).(Hanifa. nyeri tekan pada payudara. rambut rontok. dapat dilayani di daerah pedesaan. c. dengan diameter 2. sakit kepala. control medisringan. yang di isi dengan36 mg levonolgestrel dengan lama kerjanya 5 tahun. (Manuaba 2008). 2007).syclopem diberikan melaui suntikan setiap 4 minggu. dan membutuhkan tenaga yang ahli untuk memasang dan membukanya.

Metode jangkapanjang. Kesuburan cepat kembali setelah IUD dilepas.  Jenis – jenis IUD Menurut Speroff 2003. Tidak mengurangi laktasi. Tidak ada interaksi dengan obat – obatan. tidak mempengaruhi produksi asi. (Pendit.  Keuntungan Menurut Saifuddin.2%. Dapat digunakan hingga menopause. jenis IUD ada beberapa macam yaitu : Lippe lopp yang terbuat dari plastic.Kontrasepsi ini sangat efektif digunakan bagi ibu yang tidak boleh menggunakan kontrasepsi yang mengandung hormonal dan merupakan kontrasepsi jangka panjang 8 -10 tahun.2006). IUD dapat segera aktif setelah pemasangan. berbentuk huruf S.Metode jangka panjang (8 – 10 tahun pemakaian). Menurut PKMI. Sof – T adalah IUD tembaga yang berbentukmirip rongga uterus. yang dililit tembaga pada lengan horizontal dan lilitan tembaga memiliki inti perak pada batang. IUD adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan kedalam rahim yang megandungtembaga.8 kehamilan / 100 perempuan dalam 1 tahun pertama pemakaian.6 - 0. kawat tembaga yang dililit pada batangnya dan berbentuk 2/3 lingkaran elips.  Efek Samping . 2007 keuntungan IUD ada beberapa hal. Nova T mempunyai inti perak pada kawat tembaganya pada batang dan sebuah lengkung besar pada ujung bawah. Tidak mempengaruhi hubungan seksual. Meningkatkan kenyamanan hubungan suami istri karena rasa aman terhadap resiko kehamilan. yaitu : Sangat efektif 0.Tetapi efek dari IUD dapat menyebabkan perdarahan yanglama dan kehamilan ektopik.Levonogestrel adalah alat yang berbentuk T mempunyai arah merekat padalengan vertical. 2007 keuntungan pemakaiankontrasepsi IUD adalah : Dapat segera aktif setelah pemasangan. Angka kegagalan pada tahun petama 2. Kontrasepsi IUD IUD adalah suatu benda kecil dari plastic lentur. 2003 dan V Taree.Dapat di pasang segera setelah melahirkan. TCU – 380A adalah alat yang berbentuk T. kebanyakan mempunyai lilitan tembaga yang dimasukkan kedalam rahim. Tidak ada efek samping hormonal. Tidak mempengaruhi kualitas dan volume asi. Multiload 375.d.

Keunggulan kontap adalah merupakan kontrasepsi yang hanya dilakukan atau dipasang sekali.1%- 0. 2003 antara lain : Haid lebih banyak dan lama.  Komplikasi Komplikasi yang ditimbulkan karena pemasangan kontrasepsi IUD menurut Manuaba 2008 yaitu : . aman dan mempunyai nilai demografi yang tinggi.  Tubektomi . Kehamilan insitu  Kerugian Kerugian pemakaian kontrasepsi IUD adalah : Menstruasi yang lebih banyak dan lebih lama. Saat haid terasa sakit. Kontap ada 2 macam yaitu tobektomi yang dilakukan pada wanita dan vasektomi yang dilakukan pada pria. Perdarahan spoting (bercak – bercak). Kadang – kadang nyeri haid yang hebat. Infeksi dapat terjadi saat pemasangan yang tidak steril. e. sering terjadi saat pemasangan dengan disertai ras sakit sehingga perlu dibuka segera dan dilakukan observasi terhadap infeksi atau perdarahan infeksi dapat menimbulkan kehamilan ektopik karena pernah memakai IUD . Perforasi. Abortus infeksi. Efek samping adalah akibat yang ditimbulkan atau reaksi yang disebabkan oleh benda asing yang masuk kedalam tubuh dan tidak diharapkan. Pemasangan IUD tanpa diketahui telah terjadi kehamilan dapat menimbulkan perdarahn yang banyak karena terjadi peningkatan aliran darah menuju uterus dan mudah terjadi infeksi sampai abortus serta sepsis. Ada 2 macam yaitu tubektomi yang digunkan pada wanita dan vasektomi yang digunakan pada pria. Ekspulsi (IUD yang keluar atau terlepas dari rongga rahim). relatif aman.5 5 dalam tahun pertama sedangkan kegagalan pada kontap wanita kurang dari 1% perseratus setelah satu tahun pemasangan. Terjadinya pedarahan yang banyak. Angka kegagalan kontap pada pria 0. Efek samping IUD menurut Saifuddin. Perdarahan spoting. Kontap adalah alat kontrasepsi mantap yang paling efektif digunakan. Kontrasepsi Mantap Kontap adalah kontrasepsi permanen yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Sedangkan kerugian pemakaian kontrasepsi IUD adalah : Haid menjadi lebih lama dan banyak. perlu tenaga terlatih untuk memasangkan dan membuka IUD.

proseduraman dan sederhana . angka kegagalan lanjutnya adalah antara 1dalam 3000. . .99. . 2007).  Vasektomi Vasektomi adalah pilihan kontrasepsi permanent yang popular untuk banyakpasangan. . efektivitas permanen.4 % .Angka kegagalanlangsungnya adalah 1 dalam 1000. hematoma. Kondom Kondom adalah suatu selubung atau sarung karet yang dipasang pada penis ( kondom pria) atau vagina ( kondom Wanita) pada saat senggama. Dengan angka kegagalan 1 – 5 per 100 kasus . masalah urologi. .Efektivitas Tubektomi ini mempunyai efektivitas nya 99. dapat segeraefektif setelah pemasangan. .8 % per 100 wanitapertahun. Keuntungan Keuntungan adalah metode permanent. meras berduka dan kehilangan. Kontra indikasi Kontra indikasi adalah ketidak mampuan fisik yang serius.Vasektomi adalah pemotongan vas deferen. yang merupakan saluranyang mengangkut sperma dari epididimis di dalam testis ke vesikula seminalis. Tubektomi adalah satu – satunya kontrasepsi yang permanent.metode ini melibatkan pembedahan abdominal dan perawatan di rumah sakit yang melibatkan waktu yang cukup lama. menghilangkan kecemasan akan terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Efek samping Efek samping adalah infeksi. Keuntungan Keuntungan tobektomi adalah efektivitas tinggi. granulose sperma. Efek samping Efek samping tubektomi dalah jika ada kegagalan metode maka ada resikotinggi kehamilan ektopik.Efektivitas Vasektomi adalah bentuk kontrasepsi yang sangat efektif.(Everett. 3. Kerugian Kerugian tobektomi adalah melibatkan prosedur pembedahan dan anastesi. permanen. .tidak didukung oleh pasangan. Kondom pertama kali dipakai untuk menghindari terjadinya penularan penyakit kelamin terbuat dari karet tipis ( Lateks). tidak mudah kembali kesuburan.

Memberi perlindungan terhadap PMS .Barier penis sewaktu melakukan coitus .jepit ujung kondom sehingga yakin tidak ada udara .Kondom yang mempunyai kantong kecil diujungnya.Angka kegagalan cukup tinggi ( 3-15 kehamilan per 100 wanita pertahun) . Ilmu Kebidanan. 2003 .Simpan kondom ditempat yang kering dan sejuk .Kondom hanya digunakan untuk sekali pakai .Gagal karena kondom yang bocor atau kurangnya kedisiplinan pemakai.Infeksi ringan .Tidak menggangu kesehatan klien .Reaksi alergi terhadap kondom karet DAFTAR PUSTAKA Hanifa Wiknjosastro.Mungkin mengurangi kenikmatan hubungan seksual .Murah dan dibeli secara umum .Jangan memakai Vaselin sebagai pelumas karena dapat merusak karet . .  Cara kerja: .Tidak mengganggu produksi ASI .Pakailah kondom manakala penis sudah ereksi penuh .Tidak perlu pemeriksaan medis .Gunakan lubrikan ketika vagina kering untuk mencegah pergesekan atau sobeknya kondom . Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.Memerlukan penyediaan setiap kali hubungan seksual  Efek Samping .Sarungkan dan tinggalkan sebagain kecil dari ujung kondom untuk menampung sperma .Mencegah pengumpulan sperma pada vagina  Efektifitas .Perlu dipakai pada setiap saat hubungan seksual .Metode kontrasepsi sementara  Kerugian .Periksa kondom setelah senggama untuk melihat adanya kerusakan ataukah masih utuh atau tidak  Keuntungan .Keluarkan penis dari vagina sewaktu masih dalam keadaan ereksi dan tahan sisi kondom untuk mencegah tertumpahnya sperma ke dalam atau dekat vagina .Pernah dilaporkan kondom yang tertinggal di vagina .

Medica Aesculpalus. Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. 2008. Jakarta. Keluarga Berencana & Kesehatan Reproduksi. Kapita Selekta Kedokteran. diantaranya 2 orang peserta belum menggunakan alat kontrasepsi KB. . FKUI.Jakarta: EGC Everett. 2005. perhatian peserta menjadi terganggu.Jumlah peserta yang hadir dalam penyuluhan mengenai KB sebanyak 7 orang dengan tingkat kehadiran 100%. . LAPORAN DOKUMENTASI HASIL PENYULUHAN KB DI RUANG KEMUNING BRSU TABANAN TANGGAL 21 NOVEMBER 2014 A. Jakarta :EGC Glasier Anna dkk.Manuaba IBG. sebanyak 7 orang peserta belum paham mengenai jenis-jenis kb dan fungsinya.. Suasana selama penyuluhan sangat kondusif namun dikarenakan tempat penyuluhan yang panas. Peserta . ( 2007 ). Buku saku kontrasepsi & kesehatan seksual reproduktif. Proses Penyuluhan . 2007.. dkk. Mansjoer.Jakarta : EGC Arif. Edisi 3. Dari 7 orang peserta yang hadir. S. B.Ilmu Kebidanan.

namun ada beberapa kekurangan seperti masih terpaku pada teks. E. jenis. Dari 7 orang peserta yang mengikuti penyuluhan. . . . C.Moderator : mampu memimpin jalannya penyuluhan dengan baik dan dalam manajemen waktunya. . Dari 7 orang peserta yang mengikuti penyuluhan. Selama proses penyuluhan berlangsung. Ada berapa macam jenis KB pasang? Jawab : ada 2.Media yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah alat peraga. Apa keuntungan dan kerugian dari KB pasang? . dan berinteraksi mengenai materi penyuluhan dengan persentase 72% (lebih dari target yang ditetapkan yaitu 60%). D. dan kerugian KB secara benar dengan persentase 72% (lebih dari target yang ditetapkan yaitu 60%). Organisasi Kelompok Dari observasi yang telah dilakukan oleh observer dapat disimpulkan bahwa: . masih terlalu luas dalam penyampaiannya dan masih menggunakan bahasa medis. Pendamping : dalam mendampingi peserta. namun penempatan flip chart kurang strategis sehingga peserta kurang memperhatikan flip chart tersebut. Alat peraga kontrasepsi yang dipakai sudah cukup baik sehingga peserta bisa melihat langsung contoh-contoh alat kontrasepsi . namun ada beberapa kekurangan seperti kurang bervariasinya warna dan kurang ditambahkan logo Rumah Sakit beserta instansi. penyaji sudah menyajikannya dengan cukup baik. keuntungan. tidak terdapat peserta yang meninggalkan tempat penyuluhan. . Flip chart yang dipakai sudah cukup baik. sebanyak 5 orang peserta dapat menjelaskan pengertian. . sebanyak 5 orang aktif mendengarkan. yaitu spiral dan yang berbentuk T 2. bertanya. . Pertanyaan dan Jawaban 1. Penyaji : dalam menyajikan materi penyuluhan. flip chart dan leaflet. moderator kurang membatasi waktu sehingga waktu penyuluhan menjadi sangat panjang. Leaflet yang disebar sudah cukup bagus. pendamping sudah cukup baik dalm memotivasi peserta sehingga peserta aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Struktur .

Jenis KB apa saja yang ada untuk laki-laki? Jawab : kondom dan vasektomi yaitu pemotongan saluran keluarnya sperma 5. Berapa lama KB pasang itu boleh digunakan? Jawab : 8 hingga 10 tahun . dan KB susuk 4. sedangakan kerugiannya adalah menstruasi yang lebih banyak dan lebih lama 3. pil. IUD. Jawab : keuntungannya dapat diguankan dalam jangka waktu yang panjang dan tidak mempengaruhi produksi ASI. Apa KB yang sesuai untuk ibu menyusui? Jawab : KB yang sesuai untuk ibu menyusui adalah KB suntik 3 bulan.