1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Melakukan pengolahan data menjadi informasi yang berguna merupakan

kelebihan komputer. Sistem pengolahan data yang baik senantiasa dapat mengatasi

masalah-masalah yang terjadi dan dapat menghasilkan informasi secara tepat,cepat

dan akurat.Dengan informasi yang dihasilkan, dapat segera melakukan pengambilan

keputusan yang tepat serta cepat.Tentunya informasi ini akan sangat berguna bagi

mereka yang membutuhkan.

SMA SANTO.FRANSISKUS ASISI Pontianak Utara merupakan salah satu

SMA yang terletak diPontianak Utara. SMA ini telah berdiri sejak tahunSelama

lebih dari 28 tahun SMA ini berdiri, sistem pengolahan data penerimaan siswa baru

masih menggunakan sistem pembukuan serta lama, sedangkan alur penerimaan

siswa baru masih terbagi dalam beberapa bagian sehingga tidak efisien karena

membutuhkan waktu yang lama serta sumber daya manusia yang banyak untuk

menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Selama ini SMA ST.FRANSISKUS ASISI Pontianak Utara, bisa dikatakan

kurang optimal. Sebagai contoh yaitu saat penerimaan siswa baru

SMAST.FRANSISKUS ASISI Pontianak utara, masih menggunakan Sistem

pembukuan yang mana setiap siswa yang mendaftar harus mengisi formulir

pendaftaran terlebih dahulu. Selanjutnya guru/staff petugas yang bertanggung jawab

harus menyeleksi setiap formulir yang diisi oleh calon atau wali dari siswa tersebut.

Tentunya ini akan membutuh kan waktu yang sangat lama, Karena setelah

karena masih menggunakan sistem Pembukuan serta tidak terkomputerisasi. 2 menyeleksi calon siswa. Dengan melihat contoh kasus ini. maka masih banyak kekurangan baik dari segi efisiensi waktu. panitia harus mereka pulang daftar nama dan nilai siswa yang diterima. Selain itu tanpa adanya sistem informasi yang mendukung pada saat penerimaan siswa baru akan memberikan dampak yang negatif pada sekolah tersebut karena keterlambatan dalam pengambilan keputusan saat penerimaan siswa baru. Padahal para pendaftar sangat menginginkan hasil yang cepat. SDM.Padahal kegiatan penerimaan siswa baru merupakan salah satu. tepat dan akurat untuk dapat mengetahui apakah diterima atau tidak nya disekolah tersebut. . biaya yang perlu diperbaiki.

Sedangkan tujuan dalam penulisan Makalah ini adalah untuk memenuhi persyaratan mengikuti Ujian Akhir Semeter (UAS) pada semester empat (4) dengan matakuliah METODE PENELITIAN . Membentuk pola pikir mahasiswa untuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan pengetahuan. penulis memiliki maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Menerapkan dan mempraktekan ilmu pengetahuan yang telah didapat dalam perkuliahan. 3 1. Melakukan penelitian mengenai suatu masalah di bawah bimbingan yang cermat dari dosen pembimbing.2. Adapun maksud dan tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut Adapun maksud penulisan Makalah inia dalah: A. untuk menghasilkan pengetahuan baru dari penelaahan yang original. Maksud dan Tujuan Dalam penulisan makalah matakuliah Metode penelitian ini. C. B.

2. ) 3.untuk mendapatkan informasi secara lengkap maka penulis melakukan suatu metode suatu tanya jawab mengenai semua kegiatan yang berhubungan dengan sistem informasi pengolahan data penerimaan siswa baru pada SMA ST. Wawancara(Interview) Dalam penulisan laporan Makalah ini. 4 1. 1. untegrasi. analisa kebutuhan. penempatan situs web dan pemeliharaan. BentukPenelitian Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sebagai bentuk penelitian dimana definisi dari metode kualitatif dan kuantitatif merupakan metode penelitian yang secara definisi maupun pelaksanaanya bertolak belakang. pengembangan perangkat lunak. MetodePenelitian Metode penelitian ini penulis membahas mengenai bentuk penelitian. TeknikPengumpulan Data Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut : A. dan teknik pengumpulan data. uji coba sistem. Pengamatan(Observation) . perancangan implementasi.FRANSISKUS ASISI Pontianak Utara B.3. MetodePengembanganPerangkkatlunak Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall (Metode waterfall adalah suatu proses pembuatan situs web secara terstruktur dan berurutan dimulai dari penentuan masalah.

4. 5 Penulis melakukan pengamatan-pengamatan langsung terhadap kegiatan yang berhubungan dengan masalah yang diambil. maka digunakan sistematika penulisan yang bertujuan untuk mempermudah pembaca menelusuri dan memahami laporan Makalahini. kegiatan rutin setiap tahun ajaran baru pada lembaga pendidikan. 1. Ruang Lingkup Didalam penulisan laporan Makalahini. penulis membahas tentang Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Penerimaan Siswa Baru Pada SMA ST. 1. . Hasil dari pengamatan tersebut langsung dicatat oleh penulis dan dari kegiatan observasi dapat diketahui kesalahan atau proses dan kegiatan tersebut. Sistematika Penulisan Untuk mengetahui secara ringkas permasalahan dalam penulisan Laporan Makalah ini. proses pembuatan laporan. proses seleksi.FRANSISKUS ASISI Pontianak Utara Agar Laporan Makalah ini mencapai sasaran maka ruang lingkup pembahasan meliputi proses alur pendaftaran. C. Studi Pustaka Selain melakukan kegiatan diatas penulis juga melakukan studi kepustakaan melalui literatur-literatur atau referensi-referensi yang ada diperpustakaan Akademi Manajemen Informatika Bina Sarana Informatika maupun diperpustakaan lainnya.5.

BABII LANDASAN TEORI Pada bab ini penulis menjelaskan tentang konsep dasar sistem.dan peralatan pendukung (toolssistem). serta sistematika penulisan secara keseluruhan. diagram alir data (DAD) system berjalan. metode penelitian. bab ini juga menguraikan tentang permasalahan dan alternatif pemecahan masalah. . BABIV PENUTUP Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai kesimpulan serta saran yang berhasil ditarik dari seluruh pembuatan Laporan Makalah ini. Yang mungkin bermanfaat bagi SMA ST. maksud dan tujuan. BABIII ANALISA SISTEM BERJALAN Pada bab ini penulis membahas mengenai hal yang bersifat umum. 6 BABI PENDAHULUAN Pada bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang secara umum.tujuan perusahaan dengan menguraikan sejarah perusahaan dan struktur organisasi dan prosedur system berjalan. kamus data system berjalan yang memiliki sub bab antara lain berisi spesifikasi bentuk dalam keluaran.FRANSISKUS ASISI Pontianak Utara dalam memutuskan kebijakan-kebijakan yang akan datang. ruang lingkup yang membatasi permasalahan.

Related Interests