You are on page 1of 9

MANAJEMEN KEBIDANAN PADA AKSEPTOR KB

Tanggal masuk : 7 Juli 2007
Jam : 06.30 WIB
Tanggal pengkajian : 7 Juli 2007
Jam : 06.30 WIB
Diagnosa masuk : Akseptor KB IUD

I. PENGKAJIAN
A. Data Subyektif
1. IDENTITAS (BIODATA)
Nama pasien : Ny.Dewi Puja Nama suami : Tn. Subeni
Umur : 28 tahun Umur : 35 tahun
Suku/ bangsa : Jawa/Indonesia Suku/ bangsa : Jawa/Indo.
Agama : Islam Agama : Islam
Pendidikan :SMA Pendidikan : STM
Pekerjaan : IRT Pekerjaan : swasta
Penghasilan :- Penghasilan : Rp 700.000,00
Alamat : Trenggalek
2. KELUHAN UTAMA
Ibu mengatakan ingin memasang KB spiral. Ibu mengatakan hari ini
merupakan menstruasi hari ke 6.
3. ALASAN KUNJUNGAN SAAT INI
Kunjungan rutin
4. RIWAYAT MENSTRUASI
Menarche : 13 tahun
Lama haid : 6 hari
Banyaknya : 3 x ganti softek/ hari
Siklus : 30 hari
Teratur/ tidak : teratur
Dismenorhoe : tidak pernah
Fluor albus : tidak ada
Jumlah :-
Warna/ bau :-

Persl. POLA MAKAN DAN MINUM Makan : 3 x sehari. . Perkw. 5. RIWAYAT PENYAKIT YANG LALU Stroma : tidak ada Gangguan hati : tidak ada Hipertensi : tidak ada Jantung : tidak ada Tumor : tidak ada Asma : tidak ada . PERSALINAN. baca majalah Tidur : siang 1 jam. POLA ELIMINASI BAB : 1 x sehari BAK : 4-5 x sehari Keluhan : tidak ada 9. komposisi: nasi. ♂ 3200 50 2 th 6. NIFAS YANG LALU Kehm. 1 porsi sedang. T4 Usia Jenis Penol Penyulit Anak ket ke Ke persl Keham. RIWAYAT KEHAMILAN. sayur. lauk Minum : 7-8 gelas sehari Perubahan pola makan : tidak ada 7. Kehm Persl Nfs J BB PB K 1 1 BPS 9 bln Spt Bidan . . . POLA AKTIVITAS SEHARI-HARI Istirahat : nonton tv. . RIWAYAT PENYAKIT YANG SEDANG DIDERITA Stroma : tidak ada Gangguan hati : tidak ada Hipertensi : tidak ada Jantung : tidak ada Tumor : tidak ada Asma : tidak ada Migrain : tidak ada DM : tidak ada 11. RIWAYAT KB Kontrasepsi yang pernah digunakan pil. malam 6 jam Seks : 3 x seminggu Aktivitas: aktivitas sebagai ibu rumah tangga biasanya 8. ♀ 3200 48 5 th 2 1 BPS 9 bln Spt Bidan . suntik 10.

ada pembengkakan kelenjar limfe. kepala tidak ada benjolan. . Pemeriksaan Fisik a. tidak rontok. konjungtiva tidak anemis. bersih. Muka : simetris. Axilla : bersih. tidak ada nyeri tekan. 7. tidak ada serumen. Leher : tidak ada pembengkakan kelenjar tyroid dan tidak ada pembengkakan vena jugularis. 4. Status Pasien Keadaan umum : baik Kesadaran : composmentis Keadaan emosional : stabil Tekanan darah : 120/70 mmHg Suhu tubuh : 367 0C Denyut nadi : 82 x/ mnt Pernapasan : 24 x/ mnt 2. rambut bersih. Mata : kelopak mata tidak oedeme. Mulut & gigi :lidah bersih. Telinga : simetris. gigi bersih dan tidak ada caries. sklera tidak ikterus. tidak ada sekret. 8. 3. Data Obyektif 1. 2. 6. Inspeksi 1. tidak pucat. Hidung : simetris. bersih. tidak gingivitis. LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA Ibu tidak percaya adat orang dulu yang tidak menggunakan KB 14. gusi tidak epulis. 5. POLA SPIRITUAL Ibu percaya dalam agamanya boleh menggunakan IUD B. tidak berketombe. Migrain : tidak ada DM : tidak ada Haid terlalu lama/ berlebihan : tidak ada 12. Kepala : simetris. RIWAYAT PENYAKIT YANG KETURUNAN DM : tidak ada Gangguan jiwa : tidak ada Asma : tidak ada 13.

Ekstremitas : Atas : tidak oedeme. Punggung : Posisi tulang belakang normal 12. Pemeriksaan Penunjang Lain Tidak dilakukan . tidak ada pembesaran kelenjar bartholini b. Pemeriksaan Bimanual Terasa masih ada benang e. simetris Bawah : tidak oedeme. Pemeriksaan Laboratorium Tidak dilakukan f. tidak varises. tidak oedema. Palpasi Payudara : tidak tegang. tidak varices. Dada : Payudara : Simetris : Ya Papila mammae : Menonjol Kebersihan : Bersih Pengeluaran : Kolostrum belum keluar Benjolan : Tidak ada 10. simetris 13. 9. tidak varises. Abdomen : Benjolan : tidak ada Bekas luka operasi : tidak ada 11. Inspceculo Vagina : teraba benang Serviks : tidak ada erosi porsio d. tidak ada benjolan Abdomen : fundus uteri kosong c. Anogenital : pada perinium ada luka jahitan.

Ibu mengatakan ingin 06.Tidak ada benjolan pada payudara dan abdomen .II. Terjalin hub yg koo- terapeutik dg pasien peratif antara pasien dengan petugas kesehatan 2. segera mencari keuntungan dan pertolongan jika . masan ibu dan efek samping.Tidak terasa nyeri pada abdomen . Jelaskan pada ibu 2.Tidak terjadi infeksi .Tidak terjadi perforasi uterus . Mengurangi kece- tentang cara kerja. Lakukan komunikasi 1. terdapat lendir warna kecoklatan III.IUD terpasang tepat .Tidak muntah keringat dingin Intervensi : 1. INTERPRETASI DATA Tgl/ Jam Dx/ Mslh/ Kbthn Data Dasar 7 Juli 2007 Dx: Akseptor KB Ds : .Konjungtiva tidak anemis . INTERVENSI Tgl/Jam Dx/Mslh/Kbthn Intervensi Rasional 7-7-2007 Dx: Akseptor KB Tujuan : jam 06.Ibu mengatakan hari ini adalah menstruasi hari ke 6 Do : KU : baik Kesadaran : composmentis TTV : TD : 120/70 mmHg N : 82 x/ mnt S : 367 0C RR : 24 x/mnt BB : 52 kg .Muka tidak pucat .30 IUD IUD dapat dipasang WIB tanpa adanya komplikasi Kriteria : .30 WIB IUD memasang KB spiral .Inspceculo : porsio tidak erosi.

Menjelaskan pada ibu tentang: a. kerugiannya terjadi komplikasi 3. Dengan kandung untuk BAK dulu kemih yang kosong mempermudah petu- gas dalam melaku- kan pemeriksaan 4. Melakukan komunikasi terapeutik pada Jam 06. Sebagai dokumenta- register si tindakan IV.dipesan dilakukan kembali serta tanggal pemasangan agar ibu pelepasannya tidak lupa 7.30 IUD klien dengan bahasa yang sopan dan WIB mudah dimengerti 2. Mendeteksi adanya memeriksa benang ekspulsi IUD IUD secara rutin terutama saat haid terutama setelah haid konalis agak melebar 6. Anjurkan pada ibu 3. Ajarkan pada ibu cara 5. Dokumentasi ibu tanggal tindakan setelah pemasangan. Catat dalam kartu KB 6. cara kerja IUD: . Catat dalam buku 7. IMPLEMENTASI Tgl/Jam Dx/Mslh/Kbthn Implementasi 7-7-2007 Dx: Akseptor KB 1.Menghambat kemampuan sperma untuk masuk tuba falopii . Persiapan alat yang yang digunakan dan lengkap dan teknik lakukan pemasangan pemasangan yang IUD dengan teknik benar akan mendu- yang benar kung keberhasilan pemasangan IUD 5. Persiapkan peralatan 4.

Tidak mempengaruhi hubungan sex .Efektifitas tinggi. Efek samping: . mencatat dalam kartu KB ibu tanggal pemasangan dan pemesanan kembali serta tanggal pelepasannya 7.Harus memeriksa benang dari waktu ke waktu - . efektif segera setelah pemasangan .Perubahan siklus haid . Tidak ada efek samping hormonal . Menganjurkan pada ibu untuk BAK dulu 4.Mencegah sperma dan ovum bertemu . Persiapan peralatan yang digunakan dan melakukan pemasangan IUD dengan teknik yang benar 5.Membantu mencegah kehamilan ektopik .Mempengaruhi fertilisasi sebelum ovum mencapai kavum uteri .Dapat dilepas kapan saja d. Kerugian: .Klien tidak dapat memasang atau melepas sendiri 3. Metode jangka panjang .Tidak mencegah pus .Dismenorhoe c.Haid lebih lama dan banyak . .Spotting antar menstruasi . Keuntungan: .Sedikit nyeri dan perdarahan setelah pemasangan . EVALUASI Tgl/Jam Dx/Mslh/Kbthn Evaluasi . Mencatat dalam buku register V. Tidak mempengaruhi volume ASI .Mencegah implantasi telur dalam uteri c. Mengajarkan pada ibu cara memeriksa benang IUD secara rutin terutama setelah haid 6. Tidak ada interaksi dengan obat- obatan .

ibu tidak merasa mual O : KU : baik Kesadaran : composmentis Ibu tampak tenang IUD sudah terpasang dengan benar A : Akseptor KB IUD P : . D SEBAGAI AKSEPTOR KB IUD DI BPS NY.Anjurkan ibu untuk segera periksa jika ada keluhan ASUHAN KEBIDANAN PADA NY.Anjurkan ibu untuk kontrol 5 hari lagi .7-7-2007 Dx: Akseptor KB S : Ibu mengatakan merasa lega IUD 06. NANING SUSIANA E KARANGANYAR – TRENGGALEK .30 WIB IUD sudah terpasang.

2005. Oleh : ILMA ANWARI Bd.DH.33 AKADEMI KEBIDANAN DHARMA HUSADA KEDIRI 2006/2007 .